Resmi Terbentuk, JMSI Bengkulu Gaungkan Semangat Profesionalisme dan Pers Sehat

Senin, 17 Feb 2020 04:55 WIB
Editor : Emzon Nurdin

JMSI Bengkulu

fokusbengkulu,bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Bengkulu resmi terbentuk berdasarkan hasil musyawarah mufakat sejumlah owner media siber di Bengkulu, Minggu (16/2/2020). Pembentukan JMSI Bengkulu merupakan tindak lanjut Deklarasi JMSI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“JMSI Bengkulu resmi terbentuk dengan formasi kepengurusan sementara yang nantinya akan bertugas menghantarkan ke kepengurusan definitif, serta tugas-tugas lain seperti membangun koordinasi dan sosialisasi ke seluruh stakeholder di Provinsi Bengkulu terkait kehadiran JMSI,” kata Mandataris JMSI Bengkulu Riki Susanto.

JMSI, tegas Riki, adalah wadah berhimpun bagi perusahaan media siber yang menginginkan profesionalitas, agar produk pers yang dihasilkan benar-benar berkualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam aturan.

“JMSI tidak berbasis massa karena memang ini bukan ormas, ini organisasi profesional yang bertujuan mendorong pers sehat di Indonesia. Hasil rapat tadi 10 media resmi bergabung dan kita juga terbuka bagi teman-teman yang lain,” kata Riki.

Berdasarkan data Kementerian Kominfo RI, lanjut Riki, terdapat 43 ribu lebih media siber yang beroperasi di Indonesia, namun yang terdata masih di bawah 10 persen.

“Karenanya menjadi salah satu misi besar para deklarator JMSI adalah membantu lembaga Dewan Pers melakukan pendataan perusahaan media siber di Indonesia. Tujuan besar ini tentu harus didahului dengan cara menciptakan media siber yang benar-benar profesional. Mereka akan kita fasilitasi seperti verifikasi ke Dewan Pers, termasuk peningkatan kompetensi SDM seperti UKW dan lain-lain,” terangnya.

Tak hanya itu, menjadi bagian dari industri media massa, JMSI akan menjadi fasilitator dalam menciptakan ruang-ruang bisnis baru bagi media yang tergabung.

“Ini organisasi perusahaan tentu orientasinya juga untuk kepentingan bisnis, di sinilah peran JMSI sebagai wadah kolaborasi dalam rangka membangun bisnis media yang sehat,” imbuh dia. Sementara itu, salah seorang deklarator JMSI Nasional asal Bengukulu, Rahiman Dani menyampaikan, kehadiran JMSI Bengkulu harus mampu menjadi filter agar informasi yang diterima publik benar-benar terverifikasi.

“Misi JMSI sangatlah komplit, salah satunya menjadikan media-media yang tergabung di JMSI sebagai referensi utama bagi masyarakat,” sebut Rahiman. Ditambahkannya, JMSI ke depan juga harus menjadi arus utama dalam berkontribusi untuk pembangunan.

 

“Media massa berkewajiban mendorong pembangunan terutama perannya di daerah masing-masing. Demikian pula media yang tergabung di JMSI. Namun tidak boleh menjadi jurnalis privat yang kemudian mengabaikan kepentingan publik, JMSI harus menjadi pioneer,” tutup Rahiman.

Sebelumnya para inisiator yang terdiri dari tokoh-tokoh pers Indonesia, seperti Teguh Santosa, Rahiman Dani, Dheni Kurnia, Eko Pamuji, Mahmud Marhaba, Mursyid Sonsang, Milhan Rusli, Zahrial Aziz, dan lain-lain telah sukses mendeklarasikan JMSI pada Sabtu, 8 Februari 2020.

Deklarasi yang digelar bertepatan dengan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 itu turut dihadiri Ketua Dewan Kehormatan PWI Ilham Bintang, Anggota Dewan Kehormatan PWI Rosiana Silalahi dan Sasongko Tedjo, serta utusan dari Kementerian Kominfo Prof Henri Subiakto dan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Kehadiran JMSI tak hanya diapresiasi banyak pihak, tapi juga mendapat dukungan, tak terkecuali Ketua PWI Atal S Depari, yang meyakini JMSI akan tumbuh sebagai organisasi yang sehat dan dapat memberikan manfaat bagi anggotanya, perusahaan-perusahaan media massa berbasis internet di berbagai daerah di Indonesia.

Keyakinan Atal bukan tanpa alasan, sebab sejumlah tokoh PWI di tingkat nasional juga memberikan sumbangsih yang tak kecil atas pendirian JMSI.

Percepat Munas

Salah satu kesepakatan para pemilik media dari 21 provinsi se-Indonesia sesaat setelah dideklarasikannya JMSI adalah pelaksanaan musyawarah nasional (Munas) pertama di Riau setelah hari raya Idul Fitri, Juni 2020. Yang kemudian dilanjutkan dengan mendaftarkan diri sebagai konstituen Dewan Pers.

Namun ditegaskan Plt Ketua JMSI Bengkulu, munas memungkinkan untuk digelar lebih cepat dari jadwal yang telah disepakati di Banjarmasin, oleh sebab itu JMSI Bengkulu akan menyampaikan ini sebagai usulan yang bisa menjadi bahan pertimbangan JMSI Pusat.

“Hal ini dilatarbelakangi karena teman-teman di daerah secara massif mengkonsolidasikan JMSI, terbukti dengan telah terbentuknya kepengurusan JMSI di banyak daerah, seperti Jambi, Banjarmasin, Jawa Timur, DKI, bahkan Riau satu paket pindah haluan, begitu juga provinsi-provinsi lain yang segera menyusul,” demikian Riki.

Berikut struktur kepengurusan sementara JMSI Bengkulu:

Plt Ketua: Riki Susanto (BengkuluInteraktif.com)
Plt Sekretaris: Doni Supardi (GARUDADAILY.com)
Plt Bendahara: Ogi Mansyah (RMOLBengkulu.com)

Anggota:
Hery Gunawan (BeritaTerbit.com)
Dedy Hardiansyah Putra (Tras.id)
Emzon Nurdin (FokusBengkulu.com)
Wilzentra Apriza (BengkuluSatu.co.id)
Yogi Afrizal Suprianto (RDNews.com)
Dedi Zulmi (PotretRafflesia.com)
Septari Wulandari (MannaNesia.com)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Bobol Sekolah, Dua Anak di Bawah Umur Gasak Puluhan Notebook

Sabtu, 25 Jun 2022 09:59 WIB

fokusbengkulu,kepahiang – Gedung SMPN 1 Kepahiang yang berlokasi di Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan disatroni maling pada Kamis (23/6/2022)....

Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI Dukung Pengembangan Desa Wisata di Lebong

Selasa, 21 Jun 2022 10:10 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Komisi X DPR RI mendukung penuh pengembangan sektor...

GANN Lebong Siap Bersinergi Perangi Narkoba dan Radikalisme

Senin, 20 Jun 2022 09:35 WIB

fokusbengkulu,lebong – Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Kabupaten Lebong siap bersinergi alias bekerja sama dengan pemerintah daerah,...

Tahun Ini Sedot Rp 3,4 Miliar, Kapan Pasar Modern Muara Aman Bisa Ditempati ? Begini Penjelasan Dinas PUPRP

Minggu, 19 Jun 2022 11:01 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pembangunan Pasar Modern Muara Aman di Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara kembali dilanjutkan tahun ini dan...

Hujan Lebat Picu Longsor, Rumah di Lebong Selatan Jebol

Sabtu, 18 Jun 2022 02:31 WIB

Warga bersama anggota Polri membersihkan material longsor fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sebagian besar...

Polres Lebong Dalami Dugaan Penyelewengan DD-ADD Semelako Atas

Kamis, 16 Jun 2022 04:21 WIB

Foto (Tribunbengkulu.com) : Kasat Reskrim Iptu Alexander SE  fokusbengkulu,lebong – Masih ingat dengan pengaduan terkait dugaan penyelewengan...

MT-II Berhasil, Giliran Petani Lebong Sakti Panen Padi

Rabu, 15 Jun 2022 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Program unggulan Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi MPd yakni tanam minimal dua kali setahun untuk...

Dorong Digitalisasi, Bupati Kopli Launching Tiga Tower BTS dan Teken MoU dengan PT Telkom

Rabu, 15 Jun 2022 08:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori berkomitmen mendorong digitalisasi di Kabupaten Lebong. Untuk itu, pada semester kedua tahun 2021...

Diskominfo Lebong Jalin Kerja Sama dengan PT Telkom, Bangun Tiga Menara BTS

Selasa, 14 Jun 2022 11:19 WIB

Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong, Danial Paripurna SE fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong melalui Dinas Komunikasi Informatika...

Bupati Sampaikan Pertanggungjawaban APBD 2021, Dewan Apresiasi Raihan WTP

Senin, 13 Jun 2022 10:05 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah...

%d blogger menyukai ini: