•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rilis hasil survey Diaspora Research Strategy

fokusbengkulu,kotabengkulu – Pemilihan Gubernur Bengkulu bakal digelar 23 September 2020 yang dilaksanakan serentak bersamaan dengan 269 daerah lain di berbagai tingkatan di Indonesia.

Sejauh ini, sejumlah nama bermunculan mengenalkan diri, bersosialisasi sembari berharap meraih dukungan dan simpati publik.

Aspek popularitas, kesukuan, dan elektabilitas menjadi target utama para bakal calon agar bisa diusung dan ditetapkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur.

Diaspora Research Strategy sebagai lembaga riset sosial kemasyarakatan dan pemilu baru-baru ini melakukan survei perilaku pemilih di Provinsi Bengkulu.

Survei dilakukan pada tanggal 2-7 Maret 2020 dengan  mewawancarai 700 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error kurang lebih 3,75 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Populasi survei ini adalah seluruh warga Provinsi Bengkulu yang berumur 17 tahun atau lebih atau yang sudah menikah.

Hasil survei berhasil memotret peta dukungan terkini masyarakat Bengkulu terhadap sejumlah nama yang diuji.

Pertama, secara popularitas, tujuh nama yang paling populer di Provinsi Bengkulu saat ini adalah Rohidin Mersyah 79,1 persen, Agusrin M Najamudin 76,4 persen, Helmi Hasan 64,8 persen, Ahmad Hijazi 57,1 persen, Imron Rosyadi 56,6 persen, Izda Putra 38,5 persen, dan Ferry Ramli 37,5 persen.

Nama lain di bawah 30 persen. Begitu pula tingkat kesukaan, tujuh nama tersebut cenderung disukai ketimbang nama lainnya.

Kedua, secara elektabilitas, jika Pilgub Bengkulu dilaksanakan hari ini, maka nama Rohidin Mersyah mendapat dukungan sebanyak 20,6 persen, disusul Agusrin M Najamudin 16,2 persen, Helmi Hasan 7,8 persen, Ahmad Hijazi 4,1 persen, Izda Putra 4 persen, Imron Rosyadi 3,8 persen, Ferry Ramli 2,8 persen, dan Rosjonsyah Syahili 2,4 persen.

Nama lain di bawah 2 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan mencapai 32 persen.

Peta dukungan cenderung tidak mengalami perubahan signifikan ketika dilakukan simulasi dengan menguji tujuh nama.

Rohidin Mersyah mendapat dukungan sebesar 21 persen, disusul Agusrin M Najamudin 16,2 persen, Helmi Hasan 7,8 persen, Ahmad Hijazi 4,1 persen, Izda Putra 4,1 persen, Imron Rosyadi 3,8 persen, dan Ferry Ramli 2,8 persen.

Sebaliknya, yang belum menentukan pilihan naik signifikan menjadi 40,2 persen. Dengan demikian, dari peta tersebut dapat disimpulkan bahwa hingga saat ini belum ada nama yang betul-betul dominan mendapat dukungan pemilih jelang Pilgub Bengkulu.

Hal ini ditunjukkan dengan selisih elektabilitas yang tidak terpaut jauh antara peringkat pertama elektabilitas Rohidin Mersyah dengan peringkat kedua elektabilitas Agusrin M Najamudin, yakni kisaran antara 4-5 persen.

Juga ditunjukkan dengan masih tingginya pemilih yang belum menentukan pilihan mencapai kisaran 30 sampai 40 persen, jauh lebih tinggi dari raihan elektabilitas seluruh nama yang diuji.

Artinya, di sisa waktu pelaksanaan pilkada yang masih relatif lama, pertarungan Pilgub Bengkulu 2020 masih sangat terbuka lebar. Setiap nama masih punya kesempatan untuk mendapatkan dan menaikkan dukungannya dari pemilih.

Semuanya tergantung pada kerja keras dan strategi pendekatan untuk meraih simpati pemilih.

Tidak adanya nama yang dominan pada Pilgub Bengkulu kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor:

Di antaranya, kinerja incumbent belum maksimal mengingat waktu dan masa jabatan relatif singkat, baru definitif akhir 2018, sehingga tingkat kepuasannya di bawah 50 persen.

Lalu,Mayoritas nama yang muncul mencalonkan diri adalah incumbent walikota atau bupati di mana konstituennya relatif terjaga dengan ikut berperannya mereka dalam sejumlah ajang kompetisi terutama pada Pemilu 2019 beberapa waktu lalu.

Temuan menarik lainnya dari survei ini adalah munculnya nama baru yang cukup mendapatkan tempat dan sambutan dari pemilih, yaitu nama Izda Putra dengan elektabilitas 4 persen.

Salah satu sebabnya adalah survei mendeteksi pergerakan Izda Putra yang notabene bukanlah incumbent cukup progresif dan menempati urutan ketiga dalam hal sosialisasi di masyarakat.

Temuan ini sekaligus menyiratkan bahwa ke depan yang sangat menentukan dukungan pemilih adalah kerja keras dan sosialisasi yang maksimal dari para bakal calon gubernur. (red)

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tancap Gas Usai Dilantik, Bupati : Kita Harus Banyak Bekerja

Selasa, 2 Mar 2021 11:50 WIB

Bupati Kopli Ansori (kiri) dan Sekda H Mustarani Abdin (kanan) saat rapat terbatas dengan OPD fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori...

DAU Lebong Dipangkas Rp 12 Miliar

Selasa, 2 Mar 2021 02:42 WIB

Kabid Anggaran BKD Lebong Riswan Effendi  fokusbengkulu,lebong – Langkah pemerintah pusat kembali melakukan refocusing dan realokasi anggaran di...

Pidato Perdana di Hadapan Dewan, Bupati Ajak Bergandengan Tangan Bangun Lebong

Senin, 1 Mar 2021 08:25 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wakil Bupati Drs Fahrurrozi MPd menyampaikan pidato perdananya di hadapan para anggota...

Syamsul – Hendra Bertekad Jadikan Rejang Lebong Makin Bercahaya

Minggu, 28 Feb 2021 12:18 WIB

Drs Syamsul Effendi MM - Hendra Wahyudiansyah SH, Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong 2021-2024 fokusbengkulu,rejanglebong – Drs Syamsul Efendi...

Tangkap Bandar Narkoba di Rejang Lebong, Polisi Sita Sabu dan Uang Jutaan Rupiah

Sabtu, 27 Feb 2021 06:12 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sat Resnarkoba Polres Rejang Lebong Polda Bengkulu diback up Polsek PUT berhasil menangkap seorang terduga bandar Narkoba...

Buntut Larangan Meliput, PWI Lebong Sampaikan Surat ke Kapolres

Sabtu, 27 Feb 2021 10:50 WIB

Sekretaris PWI Dwi Nopiyanto saat menyerahkan surat ke Sium Polres Lebong fokusbengkulu,lebong – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Resmi Dilantik, Kopli Ansori – Fahrurrozi Kini Nahkodai Lebong

Jumat, 26 Feb 2021 06:01 WIB

Bupati dan Wakil Bupati Lebong, Kopli Ansori - Fahrurrozi fokusbengkulu,lebong - Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA resmi melantik Bupati...

Polres Rejang Lebong Gulung Pelaku Pencurian di Batu Galing

Jumat, 26 Feb 2021 11:08 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kasus pencurian yang dilaporkan Radiansyah (25) warga Kelurahan Batu Galing Kecamatan Curup Tengah pada Rabu...

Fadil Regan Pamit, Arief Siap Bersinergi Wujudkan Lebong Bahagia dan Sejahtera

Kamis, 25 Feb 2021 08:02 WIB

Kajari Lebong Arief Indra Kusuma Adhi (tengah) berfoto bersama  fokusbengkulu,lebong -  Ada yang menarik dalam acara pisah sambut Kepala Kejari...

Pemuda Ini Ditangkap Setelah Aksinya Bobol Rumah Terekam CCTV

Rabu, 24 Feb 2021 09:40 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Seorang pemuda berinisial AA (20), warga Desa Muara Santan Kecamatan Napal Putih Kabupaten Bengkulu Utara ditangkap...

%d blogger menyukai ini: