Rapat menyikapi Covid-19 yang dipimpin Sekda Lebong H Mustarani Abidin SH MSi

fokusbengkulu,lebong –  Pemkab Lebong bergerak cepat menyikapi Pandemi Global Corona atau yang memilik nama resmi Covid-19.

Senin (16/3/2020) siang sejak sekitar pukul 13.30 WIB, hingga pukul 17.30 WIB, Pemkab Lebong dipimpin Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong H Mustarani Abidin SH MSi menggelar rapat pembentukan Satuan Tugas (Satgas) pencegahan penyebaran Corona di Kabupaten Lebong.

Pembentukan Satgas ini juga menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Bengkulu  Nomor 440/070/Dinkes/2020 tanggal 27 Januari 2020 tentang Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Corona.

Dari hasil rapat tersebut, Pemkab Lebong memutuskan untuk meliburkan sekolah dari tingkat PAUD sampai tingkat SMP selama 14 hari ke depan terhitung tanggal 17 Maret 2020 dan masuk kembali pada tanggal 1 April 2020.

Sementara untuk SMA yang ada di Kabupaten Lebong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) masih akan berkoordinasi dengan Pemprov Bengkulu.

Selain itu, seluruh pejabat eselon di lingkup Pemkab Lebong dilarang Dinas Luar (DL) ke luar Provinsi Bengkulu.

Terlebih ke daerah-daerah yang sudah ada warga positif Corona dan daerah-daerah yang telah menetapkan KLB (Kejadian Luar Biasa) Virus Corona.

Kemudian, kebijakan lain yang diambil, yakni Pemkab Lebong menjadikan rumah sakit dan puskesmas-puskemas yang ada di Kabupaten Lebong sebagai posko pencegahan penyebaran Corona.

“Untuk di bidang kesehatan, kita meminta kepada Dinas Keseatan untuk menyiapkan sarana dan prasarana di rumah sakit. Kemudian, pembatasan kunjungan pasien di rumah sakit,” ungkap Sekda.

Ditambahkannya, ada beberapa agenda rutin Pemkab Lebong yang sifatnya mengumpulkan orang banyak untuk sementara ditiadakan.

Seperti upacara rutin bulanan setiap tanggal 17 ditiadakan sampai dengan tanggal 1 April 2020. Sembari Pemkab Lebong melihat perkembangan terkait virus Corona.  

Begitupun dengan penerapan absensi. Terhitung tanggal 17 Maret hingga 14 hari ke depan, Pemkab Lebong menerapkan absensi manual. Tidak lagi menggunakan finger print.

“Untuk agenda-agenda Pemkab Lebong yang sudah terjadwal tetap dilaksanakan. Tetapi, itu kita batasi. Untuk narasumber dari luar provinsi, itu harus melapor ke Dinkes Lebong. Kalau narasumber dari Provinsi Bengkulu, itu sifatnya pengawasan saja. Jadi, kita dari Pemkab Lebong menyikapi ini dengan penuh kehati-hatian,” imbuh Sekda.

Lebih lanjut, Sekda kembali menggarisbawahi terkait diliburkannya aktifitas belajar mengajar di sekolah. Sekda berpesan kepada seluruh orang tua agar mengawasi anak-anaknya dan selama libur dimanfaatkan untuk belajar di rumah.

Dinas Dikbud Lebong sendiri telah diinstruksikan untuk menyiapkan tugas-tugas atau sillabus yang akan dikerjakan oleh para siswa/i selama libur.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat Lebong untuk tidak keluar dulu dari Kabupaten Lebong jika tidak ada urusan yang memang betul-betul penting dan mendesak. Kalau pun mendesak, sepulangnya dari luar daerah agar dapat melapor ke puskesmas-puskesmas atau rumah sakit terdekat. Kepada seluruh kepala desa, kita minta untuk mengawasi warganya,” kata Sekda.

Pantauan fokusbengkulu.com, selama berlangsungnya rapat, banyak masukan dan saran yang disampaikan oleh para pejabat eselon yang hadir.

Termasuk agar Pemkab Lebong segera menyediakan alat deteksi dini Corona. Selain itu, juga terkait kelangkaan masker dan hand scrub atau hand sanitizer di Kabupaten Lebong.

Dinkes sendiri saat ini hanya memiliki sekitar 40 botol hand scrub. Itu yang akan didistribusikan ke puskesmas-puskesmas. Sementara untuk persediaan masker, hanya sekitar 80 boks. 1 boks berisi 50 masker. 

“Anggaran Satgas ini nanti, itu akan kita manfaatkan dana tak terduga yang ada. Dana itulah yang akan kita gunakan untuk membeli alat deteksi dini Corona ini. Termasuk juga untuk hal-hal lain yang dibutuhkan mendesak,” imbuhnya. 

Untuk lalu lintas warga yang masuk ke Kabupaten Lebong, Sekda meminta Satgas yang terdiri dari seluruh OPD baik teknis maupun non teknis di jajaran Pemkab Lebong saling memaksimalkan peran masing-masing. 

 

Sekda Lebong H Mustarani Abidin menggelar press release usai rapat

 

“Termasuk kalau ada mahasiswa kita dari Lebong ini yang kuliah di luar, dan akan kembali ke Lebong. Ini agar dapat melapor ke Dinkes, atau Rumah Sakit,” demikian Sekda. 

Rapat tersebut tampak dihadiri oleh Kasat Intel Polres Lebong AKP Ngatmin SH, Kasi Pidsus Kejari Lebong, para Asisten di lingkungan Setda Lebong, segenap kepala OPD dan pejabat eselon di lingkup Pemkab Lebong. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Membanggakan, Pemkab Lebong Sabet Peringkat 8 Nasional Standar Pelayanan Publik

Kamis, 13 Jan 2022 10:13 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd kembali menorehkan prestasi yang...

Sukses di Uram Jaya, MT-II Meluas ke Lebong Tengah, Bupati Panen Raya Padi Lagi

Rabu, 12 Jan 2022 11:12 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kegigihan Bupati Lebong Kopli Ansori dalam merealisasikan program unggulan di sektor pertanian yakni tanam minimal dua kali...

Ciduk Warga Lais, Polisi Sita Tiga Paket Sabu

Rabu, 12 Jan 2022 09:29 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara -  Sat Resnarkoba Polres Bengkulu Utara kembali berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan Narkoba di awal tahun 2022....

Mutasi Pejabat Polres Lebong : Kabag Logistik dan Kasat Reskrim Diganti

Rabu, 12 Jan 2022 08:34 WIB

fokusbengkulu,lebong – Mutasi di tubuh Polres Lebong kembali bergulir. Kali ini, ada sebanyak empat pejabat yang diganti. Yakni, Kabag Logistik...

Bupati Kopli Ansori Memang Beda, Ngantor di Kecamatan Demi Serap Aspirasi Warga

Selasa, 11 Jan 2022 08:39 WIB

Bupati Kopli Ansori (tengah) saat berbincang dengan salah seorang warga serta beberapa pejabat OPD di hari pertama ngantor di Kantor Camat Lebong...

Baru Keluar Penjara, Residivis Bertato Asal PUT Ditangkap Lagi karena Bawa Kabur Motor

Sabtu, 8 Jan 2022 11:08 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Pengap di balik jeruji besi sepertinya tidak membuat seorang pria residivis berinisial SH (38) warga Desa Kasie...

Kado Manis Awal Tahun, JMSI Ditetapkan sebagai Konstituen Dewan Pers

Sabtu, 8 Jan 2022 09:22 WIB

fokusbengkulu,jakarta - Organisasi perusahaan media massa berbasis internet, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), telah resmi ditetapkan sebagai...

Tempo 9 Jam, Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Pembunuhan di Bengkulu Selatan

Jumat, 7 Jan 2022 01:03 WIB

fokusbengkulu,bengkuluselatan – Gerak cepat tim buser Sat Reskrim Polres Bengkulu Selatan mengungkap kasus pembunuhan terhadap korban atas nama...

Edan, IRT Muda di Rejang Lebong Simpan 1,2 Kg Sabu Senilai Miliaran Rupiah

Rabu, 5 Jan 2022 11:10 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Apa yang dilakukan oleh seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) muda berinisial FF (29), warga Kecamatan Binduriang Kabupaten...

Viral Tiga Pria Ngaku Staf Intelijen Kejati Bengkulu, Diciduk Usai Minta Uang ke Pejabat

Selasa, 4 Jan 2022 11:13 WIB

Tangkapan layar (Screenshot) video penangkapan tiga pria yang mengaku staf Intelijen Kejati Bengkulu fokusbengkulu,mukomuko – Jagat media sosial...

%d blogger menyukai ini: