•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rapat menyikapi Covid-19 yang dipimpin Sekda Lebong H Mustarani Abidin SH MSi

fokusbengkulu,lebong –  Pemkab Lebong bergerak cepat menyikapi Pandemi Global Corona atau yang memilik nama resmi Covid-19.

Senin (16/3/2020) siang sejak sekitar pukul 13.30 WIB, hingga pukul 17.30 WIB, Pemkab Lebong dipimpin Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong H Mustarani Abidin SH MSi menggelar rapat pembentukan Satuan Tugas (Satgas) pencegahan penyebaran Corona di Kabupaten Lebong.

Pembentukan Satgas ini juga menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Bengkulu  Nomor 440/070/Dinkes/2020 tanggal 27 Januari 2020 tentang Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Corona.

Dari hasil rapat tersebut, Pemkab Lebong memutuskan untuk meliburkan sekolah dari tingkat PAUD sampai tingkat SMP selama 14 hari ke depan terhitung tanggal 17 Maret 2020 dan masuk kembali pada tanggal 1 April 2020.

Sementara untuk SMA yang ada di Kabupaten Lebong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) masih akan berkoordinasi dengan Pemprov Bengkulu.

Selain itu, seluruh pejabat eselon di lingkup Pemkab Lebong dilarang Dinas Luar (DL) ke luar Provinsi Bengkulu.

Terlebih ke daerah-daerah yang sudah ada warga positif Corona dan daerah-daerah yang telah menetapkan KLB (Kejadian Luar Biasa) Virus Corona.

Kemudian, kebijakan lain yang diambil, yakni Pemkab Lebong menjadikan rumah sakit dan puskesmas-puskemas yang ada di Kabupaten Lebong sebagai posko pencegahan penyebaran Corona.

“Untuk di bidang kesehatan, kita meminta kepada Dinas Keseatan untuk menyiapkan sarana dan prasarana di rumah sakit. Kemudian, pembatasan kunjungan pasien di rumah sakit,” ungkap Sekda.

Ditambahkannya, ada beberapa agenda rutin Pemkab Lebong yang sifatnya mengumpulkan orang banyak untuk sementara ditiadakan.

Seperti upacara rutin bulanan setiap tanggal 17 ditiadakan sampai dengan tanggal 1 April 2020. Sembari Pemkab Lebong melihat perkembangan terkait virus Corona.  

Begitupun dengan penerapan absensi. Terhitung tanggal 17 Maret hingga 14 hari ke depan, Pemkab Lebong menerapkan absensi manual. Tidak lagi menggunakan finger print.

“Untuk agenda-agenda Pemkab Lebong yang sudah terjadwal tetap dilaksanakan. Tetapi, itu kita batasi. Untuk narasumber dari luar provinsi, itu harus melapor ke Dinkes Lebong. Kalau narasumber dari Provinsi Bengkulu, itu sifatnya pengawasan saja. Jadi, kita dari Pemkab Lebong menyikapi ini dengan penuh kehati-hatian,” imbuh Sekda.

Lebih lanjut, Sekda kembali menggarisbawahi terkait diliburkannya aktifitas belajar mengajar di sekolah. Sekda berpesan kepada seluruh orang tua agar mengawasi anak-anaknya dan selama libur dimanfaatkan untuk belajar di rumah.

Dinas Dikbud Lebong sendiri telah diinstruksikan untuk menyiapkan tugas-tugas atau sillabus yang akan dikerjakan oleh para siswa/i selama libur.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat Lebong untuk tidak keluar dulu dari Kabupaten Lebong jika tidak ada urusan yang memang betul-betul penting dan mendesak. Kalau pun mendesak, sepulangnya dari luar daerah agar dapat melapor ke puskesmas-puskesmas atau rumah sakit terdekat. Kepada seluruh kepala desa, kita minta untuk mengawasi warganya,” kata Sekda.

Pantauan fokusbengkulu.com, selama berlangsungnya rapat, banyak masukan dan saran yang disampaikan oleh para pejabat eselon yang hadir.

Termasuk agar Pemkab Lebong segera menyediakan alat deteksi dini Corona. Selain itu, juga terkait kelangkaan masker dan hand scrub atau hand sanitizer di Kabupaten Lebong.

Dinkes sendiri saat ini hanya memiliki sekitar 40 botol hand scrub. Itu yang akan didistribusikan ke puskesmas-puskesmas. Sementara untuk persediaan masker, hanya sekitar 80 boks. 1 boks berisi 50 masker. 

“Anggaran Satgas ini nanti, itu akan kita manfaatkan dana tak terduga yang ada. Dana itulah yang akan kita gunakan untuk membeli alat deteksi dini Corona ini. Termasuk juga untuk hal-hal lain yang dibutuhkan mendesak,” imbuhnya. 

Untuk lalu lintas warga yang masuk ke Kabupaten Lebong, Sekda meminta Satgas yang terdiri dari seluruh OPD baik teknis maupun non teknis di jajaran Pemkab Lebong saling memaksimalkan peran masing-masing. 

 

Sekda Lebong H Mustarani Abidin menggelar press release usai rapat

 

“Termasuk kalau ada mahasiswa kita dari Lebong ini yang kuliah di luar, dan akan kembali ke Lebong. Ini agar dapat melapor ke Dinkes, atau Rumah Sakit,” demikian Sekda. 

Rapat tersebut tampak dihadiri oleh Kasat Intel Polres Lebong AKP Ngatmin SH, Kasi Pidsus Kejari Lebong, para Asisten di lingkungan Setda Lebong, segenap kepala OPD dan pejabat eselon di lingkup Pemkab Lebong. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Diduga Tilep Dana Desa Rp 277 Juta, Mantan Kades Semelako II Diamankan

Sabtu, 28 Nov 2020 12:12 WIB

Ilustrasi/net fokusbengkulu,lebong – Mantan Kades Semelako II Kecamatan Lebong Tengah berinisial FS menambah daftar orang yang terseret kasus...

Tragis, Pondok Dilalap Si Jago Merah, Petani di Rejang Lebong Ini Tewas Terbakar

Sabtu, 28 Nov 2020 11:26 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Tragis menimpa seorang petani warga Desa Air Pikat Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong, Dahwan (25). Si jago...

Serius Cegah Covid-19, Pjs Bupati Lebong Teken SE Larang Keramaian

Jumat, 27 Nov 2020 09:33 WIB

H Herwan Antoni (kiri) di salah satu acara yang digelar Pemkab Lebong baru-baru ini fokusbengkulu,lebong – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lebong...

Pemkab Lebong Sarat Prestasi, Raih WTP dan Diganjar Penghargaan Kemenkeu

Jumat, 27 Nov 2020 09:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Masyarakat Bumi Swarang Patang Stumang patut berbangga. Meski usia Kabupaten Lebong baru menginjak 16 tahun. Namun, seabrek...

Pria Beristri Rudapaksa IRT Muda di Pondok Kebun

Jumat, 27 Nov 2020 01:22 WIB

Ilustrasi/net fokusbengkulu,lebong – Malang nasib Bulan ---nama samaran---, Ibu Rumah Tangga (IRT) muda berusia 18 tahun, warga Kecamatan Topos....

Oknum ASN Penusuk Ketua Panwascam Seluma Utara Tersangka

Kamis, 26 Nov 2020 01:07 WIB

Tersangka berinisial Kh  fokusbengkulu,seluma – Sat Reskrim Polres Seluma menetapkan Kh (43) yang diketahui merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara)...

Kukuhkan Pengurus Pusat, Bamsoet Yakin JMSI Komit Perangi Hoax

Kamis, 26 Nov 2020 09:53 WIB

fokusbengkulu,jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan besar kehadiran Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) akan semakin...

Webinar Sukses, Pjs Bupati Lebong : Pemerintah Hadir Pulihkan Ekonomi

Rabu, 25 Nov 2020 10:56 WIB

Pjs Bupati Lebong Herwan Antoni dan Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Donni Swabuana saat webinar berlangsung fokusbengkulu,lebong – Penjabat Sementara...

Ketua MPR Hadiri Pengukuhan Pengurus Pusat JMSI

Rabu, 25 Nov 2020 12:46 WIB

Ketua Umum JMSI Teguh Santosa (kiri) dan Sekjen JMSI Mahmud Marhaba (kanan) fokusbengkulu,jakarta – Pengurus Pusat (PP) Jaringan Media Siber...

Ketua Panwascam di Seluma Ditikam, Polisi Gerak Cepat Amankan Pelaku

Rabu, 25 Nov 2020 09:46 WIB

Polisi saat berada di TKP  fokusbengkulu,seluma – Peristiwa penikaman Ketua Panwascam Seluma Utara Husnul Hamidiah oleh pelaku berinisial KH...