• 728
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    728
    Shares

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi terus menunjukkan kepeduliannya kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Lebong. Tidak terkecuali, kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di bawah naungan Dinas Satpol PP.

Wujud dari perhatian tersebut, Bupati Lebong dua periode itu mengikutsertakan petugas Linmas sebagai penerima Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Dengan begitu, jika ada petugas Linmas yang meninggal, pihak ahli waris bisa mengajukan klaim untuk memperoleh santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kebijakan yang pro rakyat ini sudah dirasakan oleh ahli waris salah satu pekerja yang selama ini bertugas sebagai Linmas di Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara atas nama Bustaman.

Bustaman meninggal dunia beberapa waktu lalu, Selasa (23/3). Dia meninggal bukan karena kecelakaan kerja tapi karena sakit.

BPJS Ketenagakerjaan telah menyalurkan santunan jaminan kematian senilai Rp 42 juta kepada ahli waris Bustaman, Kamis (16/4/2020) di ruang kerja Bupati Lebong.

“Santunan ini merupakan hak dari setiap tenaga kerja yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Inilah keuntungan dari setiap tenaga kerja yang terdaftar di BPJS,”  kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Curup Aziz Muslim, dilansir dari GoBengkulu.com.

Menurut Aziz, BPJS Ketenagakerjaan tidak terbatas hanya kepada pegawai berstatus Non PNS maupun pegawai BUMN,  setiap tenaga kerja di perusahaan swasta maupun tenaga kerja non pegawai juga berhak didaftarkan di BPJS Ketenagaankerjaan.

Bahkan ketika sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan lebih dari 3 tahun, setiap peserta juga akan diberikan santunan tambahan. Yakni menerima santunan berupa beasiswa kepada anak dari peserta yang dibatasi untuk dua orang anak.

Nominal santunan beasiswa itu, kata dia, mencapai Rp 174 juta. Itu berlaku untuk tingkat SD hingga Sarjana Strata Satu. Selama pendidikan SD, anak peserta menerima dana Rp 1,5 juta per tahun.

“Selanjutnya Rp 2 juta per tahun saat duduk di SMP. SMA Rp 3 juta per tahun dan Rp 12 juta per tahun saat di bangku kuliah,’’ terang Aziz.

Sementara itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi meminta Robert, ahli waris yang menerima santunan memanfaatkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan itu untuk kegiatan positif.

Bahkan jika memungkinkan, gunakan dana itu untuk peningkatan kesejahteraan keluarga sebagai modal usaha.

Ke depan, ia akan meminta seluruh OPD jajaran Pemkab Lebong mendaftarkan seluruh TKK maupun tenaga kerja non PNS sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Penyaluran santunan ini merupakan bukti konsistensi dari BPJS Ketenagakerjaan terhadap peserta yang terdaftar. Mudah-mudahan dengan sikap konsisten pihak BPJS ini, semakin menambah kepercayaan seluruh OPD jajaran Pemkab Lebong mendaftarkan setiap pekerjanya. Termasuk perusahaan BUMN maupun swasta yang ada di Lebong, saya imbau mendaftarkan tenaga kerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan,” sampai Rosjonsyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Lebong Zainal Husni SH mengatakan, premi atau iuran bulanan 732 anggota Linmas menggunakan APBD Kabupaten Lebong yang diplot di DPA Dinas Satpol PP. Per orang dibayarkan premi Rp 12 ribu per bulan.

Kebijakan ini sudah dilakukannya sejak tahun 2019 tanpa melibatkan sedikitpun Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dalam pembayaran premi tenaga kerja untuk anggota Linmas se Kabupaten Lebong. (YF/wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Ketua Panwascam di Seluma Ditikam, Polisi Gerak Cepat Amankan Pelaku

Rabu, 25 Nov 2020 09:46 WIB

Polisi saat berada di TKP  fokusbengkulu,seluma – Peristiwa penikaman Ketua Panwascam Seluma Utara Husnul Hamidiah oleh pelaku berinisial KH...

Tersandung Kasus Korupsi Pasar Rakyat, Pejabat Pemprov Bengkulu Ditahan

Selasa, 24 Nov 2020 08:29 WIB

Tersangka Sy dan Rf sebelum dibawa ke sel tahanan Polres Lebong  fokusbengkulu,lebong – Eks pejabat Lebong yang saat ini dipercaya sebagai Kepala...

Program Indonesia Pintar Selaras dengan Visi Misi Kopli Ansori – Fahrurrozi

Selasa, 24 Nov 2020 12:40 WIB

Kopli Ansori - Fahrurrozi fokusbengkulu,lebong – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lebong Nomor Urut 3 Kopli Ansori dan Fahrurrozi...

Angkut Solar Subsidi, Dua Warga Bengkulu Utara Ditangkap

Senin, 23 Nov 2020 04:59 WIB

Barang bukti mobil yang digunakan mengangkut solar subsidi fokusbengkulu,bengkuluutara – Tim Subdit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) Direktorat...

Telegram Netralitas Polri Terbit, Kabid Humas : Tak Pandang Pangkat dan Jabatan

Senin, 23 Nov 2020 12:52 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Pilkada serentak tahun 2020 sudah di depan mata. Polri sebagai instrumen terpenting dalam menjaga keamanan dan...

Begini Tunanetra Memilih

Minggu, 22 Nov 2020 05:14 WIB

fokusbengkulu,lebong – Simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) yang digelar KPU (Komisi Pemilihan Umum) Lebong, Sabtu (21/11/2020),...

Siang Bolong, Pria Paruh Baya di Rejang Lebong Ini Gagahi Anak Keterbelakangan Mental

Minggu, 22 Nov 2020 01:50 WIB

Pelaku berinisial SA saat diperiksa polisi  fokusbengkulu,rejanglebong – Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Sat Reskrim Polres Rejang...

7 Personel Terpapar Covid-19, Kapolres Rejang Lebong Bantu Sembako dan Obat-obatan

Sabtu, 21 Nov 2020 07:40 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno S.IK MH, Jum’at (20/11/2020) membesuk anggotanya yang terpapar Covid-19...

Meski Pandemi, Pemilih Tak Perlu Khawatir Datang ke TPS

Sabtu, 21 Nov 2020 04:17 WIB

Komisioner KPU Lebong Yoki Setiawan saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan simulasi fokusbengkulu,lebong – Meski pelaksanaan Pilkada...

Ikuti Webinar Pemulihan Ekonomi, Ada e-Sertifikat Gratis dan Doorprize

Jumat, 20 Nov 2020 08:24 WIB

fokusbengkulu,lebong – Untuk mengurangi dampak Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Pemerintah...