Anggota Linmas Meninggal, Bupati Rosjonsyah Beri Santunan Rp 42 Juta

Sabtu, 18 Apr 2020 01:02 WIB
Editor : Emzon Nurdin

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi terus menunjukkan kepeduliannya kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Lebong. Tidak terkecuali, kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di bawah naungan Dinas Satpol PP.

Wujud dari perhatian tersebut, Bupati Lebong dua periode itu mengikutsertakan petugas Linmas sebagai penerima Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Dengan begitu, jika ada petugas Linmas yang meninggal, pihak ahli waris bisa mengajukan klaim untuk memperoleh santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kebijakan yang pro rakyat ini sudah dirasakan oleh ahli waris salah satu pekerja yang selama ini bertugas sebagai Linmas di Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara atas nama Bustaman.

Bustaman meninggal dunia beberapa waktu lalu, Selasa (23/3). Dia meninggal bukan karena kecelakaan kerja tapi karena sakit.

BPJS Ketenagakerjaan telah menyalurkan santunan jaminan kematian senilai Rp 42 juta kepada ahli waris Bustaman, Kamis (16/4/2020) di ruang kerja Bupati Lebong.

“Santunan ini merupakan hak dari setiap tenaga kerja yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Inilah keuntungan dari setiap tenaga kerja yang terdaftar di BPJS,”  kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Curup Aziz Muslim, dilansir dari GoBengkulu.com.

Menurut Aziz, BPJS Ketenagakerjaan tidak terbatas hanya kepada pegawai berstatus Non PNS maupun pegawai BUMN,  setiap tenaga kerja di perusahaan swasta maupun tenaga kerja non pegawai juga berhak didaftarkan di BPJS Ketenagaankerjaan.

Bahkan ketika sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan lebih dari 3 tahun, setiap peserta juga akan diberikan santunan tambahan. Yakni menerima santunan berupa beasiswa kepada anak dari peserta yang dibatasi untuk dua orang anak.

Nominal santunan beasiswa itu, kata dia, mencapai Rp 174 juta. Itu berlaku untuk tingkat SD hingga Sarjana Strata Satu. Selama pendidikan SD, anak peserta menerima dana Rp 1,5 juta per tahun.

“Selanjutnya Rp 2 juta per tahun saat duduk di SMP. SMA Rp 3 juta per tahun dan Rp 12 juta per tahun saat di bangku kuliah,’’ terang Aziz.

Sementara itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi meminta Robert, ahli waris yang menerima santunan memanfaatkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan itu untuk kegiatan positif.

Bahkan jika memungkinkan, gunakan dana itu untuk peningkatan kesejahteraan keluarga sebagai modal usaha.

Ke depan, ia akan meminta seluruh OPD jajaran Pemkab Lebong mendaftarkan seluruh TKK maupun tenaga kerja non PNS sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Penyaluran santunan ini merupakan bukti konsistensi dari BPJS Ketenagakerjaan terhadap peserta yang terdaftar. Mudah-mudahan dengan sikap konsisten pihak BPJS ini, semakin menambah kepercayaan seluruh OPD jajaran Pemkab Lebong mendaftarkan setiap pekerjanya. Termasuk perusahaan BUMN maupun swasta yang ada di Lebong, saya imbau mendaftarkan tenaga kerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan,” sampai Rosjonsyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Lebong Zainal Husni SH mengatakan, premi atau iuran bulanan 732 anggota Linmas menggunakan APBD Kabupaten Lebong yang diplot di DPA Dinas Satpol PP. Per orang dibayarkan premi Rp 12 ribu per bulan.

Kebijakan ini sudah dilakukannya sejak tahun 2019 tanpa melibatkan sedikitpun Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dalam pembayaran premi tenaga kerja untuk anggota Linmas se Kabupaten Lebong. (YF/wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Hadiri Paripurna Pertanggungjawaban APBD, Bupati Pastikan Tindaklanjuti Saran dan Masukan Legislatif

Kamis, 30 Jun 2022 03:39 WIB

Bupati Bengkulu Utara Ir Mian dan Ketua DPRD Sonti Bakara SH fokusbengkulu,bengkuluutara - Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian menghadiri rapat...

Satroni Alfamart, Perampok Bersenpi Gondol Uang Rp 13 Juta

Senin, 27 Jun 2022 09:00 WIB

fokusbengkulu,lebong - Gerai ritel modern Alfamart di Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah disatroni perampok pada Minggu (26/6/2022)...

Bobol Sekolah, Dua Anak di Bawah Umur Gasak Puluhan Notebook

Sabtu, 25 Jun 2022 09:59 WIB

fokusbengkulu,kepahiang – Gedung SMPN 1 Kepahiang yang berlokasi di Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan disatroni maling pada Kamis (23/6/2022)....

Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI Dukung Pengembangan Desa Wisata di Lebong

Selasa, 21 Jun 2022 10:10 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Komisi X DPR RI mendukung penuh pengembangan sektor...

GANN Lebong Siap Bersinergi Perangi Narkoba dan Radikalisme

Senin, 20 Jun 2022 09:35 WIB

fokusbengkulu,lebong – Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Kabupaten Lebong siap bersinergi alias bekerja sama dengan pemerintah daerah,...

Tahun Ini Sedot Rp 3,4 Miliar, Kapan Pasar Modern Muara Aman Bisa Ditempati ? Begini Penjelasan Dinas PUPRP

Minggu, 19 Jun 2022 11:01 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pembangunan Pasar Modern Muara Aman di Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara kembali dilanjutkan tahun ini dan...

Hujan Lebat Picu Longsor, Rumah di Lebong Selatan Jebol

Sabtu, 18 Jun 2022 02:31 WIB

Warga bersama anggota Polri membersihkan material longsor fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sebagian besar...

Polres Lebong Dalami Dugaan Penyelewengan DD-ADD Semelako Atas

Kamis, 16 Jun 2022 04:21 WIB

Foto (Tribunbengkulu.com) : Kasat Reskrim Iptu Alexander SE  fokusbengkulu,lebong – Masih ingat dengan pengaduan terkait dugaan penyelewengan...

MT-II Berhasil, Giliran Petani Lebong Sakti Panen Padi

Rabu, 15 Jun 2022 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Program unggulan Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi MPd yakni tanam minimal dua kali setahun untuk...

Dorong Digitalisasi, Bupati Kopli Launching Tiga Tower BTS dan Teken MoU dengan PT Telkom

Rabu, 15 Jun 2022 08:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori berkomitmen mendorong digitalisasi di Kabupaten Lebong. Untuk itu, pada semester kedua tahun 2021...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus

%d blogger menyukai ini: