• 728
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    728
    Shares

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi terus menunjukkan kepeduliannya kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Lebong. Tidak terkecuali, kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di bawah naungan Dinas Satpol PP.

Wujud dari perhatian tersebut, Bupati Lebong dua periode itu mengikutsertakan petugas Linmas sebagai penerima Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Dengan begitu, jika ada petugas Linmas yang meninggal, pihak ahli waris bisa mengajukan klaim untuk memperoleh santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kebijakan yang pro rakyat ini sudah dirasakan oleh ahli waris salah satu pekerja yang selama ini bertugas sebagai Linmas di Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara atas nama Bustaman.

Bustaman meninggal dunia beberapa waktu lalu, Selasa (23/3). Dia meninggal bukan karena kecelakaan kerja tapi karena sakit.

BPJS Ketenagakerjaan telah menyalurkan santunan jaminan kematian senilai Rp 42 juta kepada ahli waris Bustaman, Kamis (16/4/2020) di ruang kerja Bupati Lebong.

“Santunan ini merupakan hak dari setiap tenaga kerja yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Inilah keuntungan dari setiap tenaga kerja yang terdaftar di BPJS,”  kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Curup Aziz Muslim, dilansir dari GoBengkulu.com.

Menurut Aziz, BPJS Ketenagakerjaan tidak terbatas hanya kepada pegawai berstatus Non PNS maupun pegawai BUMN,  setiap tenaga kerja di perusahaan swasta maupun tenaga kerja non pegawai juga berhak didaftarkan di BPJS Ketenagaankerjaan.

Bahkan ketika sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan lebih dari 3 tahun, setiap peserta juga akan diberikan santunan tambahan. Yakni menerima santunan berupa beasiswa kepada anak dari peserta yang dibatasi untuk dua orang anak.

Nominal santunan beasiswa itu, kata dia, mencapai Rp 174 juta. Itu berlaku untuk tingkat SD hingga Sarjana Strata Satu. Selama pendidikan SD, anak peserta menerima dana Rp 1,5 juta per tahun.

“Selanjutnya Rp 2 juta per tahun saat duduk di SMP. SMA Rp 3 juta per tahun dan Rp 12 juta per tahun saat di bangku kuliah,’’ terang Aziz.

Sementara itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi meminta Robert, ahli waris yang menerima santunan memanfaatkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan itu untuk kegiatan positif.

Bahkan jika memungkinkan, gunakan dana itu untuk peningkatan kesejahteraan keluarga sebagai modal usaha.

Ke depan, ia akan meminta seluruh OPD jajaran Pemkab Lebong mendaftarkan seluruh TKK maupun tenaga kerja non PNS sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Penyaluran santunan ini merupakan bukti konsistensi dari BPJS Ketenagakerjaan terhadap peserta yang terdaftar. Mudah-mudahan dengan sikap konsisten pihak BPJS ini, semakin menambah kepercayaan seluruh OPD jajaran Pemkab Lebong mendaftarkan setiap pekerjanya. Termasuk perusahaan BUMN maupun swasta yang ada di Lebong, saya imbau mendaftarkan tenaga kerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan,” sampai Rosjonsyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Lebong Zainal Husni SH mengatakan, premi atau iuran bulanan 732 anggota Linmas menggunakan APBD Kabupaten Lebong yang diplot di DPA Dinas Satpol PP. Per orang dibayarkan premi Rp 12 ribu per bulan.

Kebijakan ini sudah dilakukannya sejak tahun 2019 tanpa melibatkan sedikitpun Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dalam pembayaran premi tenaga kerja untuk anggota Linmas se Kabupaten Lebong. (YF/wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Bandit Pecah Kaca Beraksi, Sasar Mobil Hakim di Bengkulu

Sabtu, 6 Mar 2021 08:42 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Komplotan bandit pecah kaca beraksi di Jalan KZ Abidin Kelurahan Kebun Dahri Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu, Rabu...

Miris, Remaja 13 Tahun di Bengkulu Utara Nekat Curi Motor

Kamis, 4 Mar 2021 10:41 WIB

Press release curanmor di Mapolres Bengkulu Utara, Rabu (3/3/2021) fokusbengkulu,bengkuluutara – Kasus curanmor terjadi di Kabupaten Bengkulu...

Mobil Manager Indomaret Tabrak Bocah 5 Tahun di Kepahiang

Kamis, 4 Mar 2021 08:19 WIB

fokusbengkulu,kepahiang – Kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas jalan Desa Suro Lembak Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang pada Rabu (3/3/2021)...

Meski Mendekam di Lapas, Napi Ini Bisa Edar Sabu

Rabu, 3 Mar 2021 06:27 WIB

Press release terkait peredaran sabu di Lapas Bentiring fokusbengkulu,kotabengkulu – Jeruji besi rupanya tak jadi penghalang bagi RK (43) yang...

Tancap Gas Usai Dilantik, Bupati : Kita Harus Banyak Bekerja

Selasa, 2 Mar 2021 11:50 WIB

Bupati Kopli Ansori (kiri) dan Sekda H Mustarani Abdin (kanan) saat rapat terbatas dengan OPD fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori...

DAU Lebong Dipangkas Rp 12 Miliar

Selasa, 2 Mar 2021 02:42 WIB

Kabid Anggaran BKD Lebong Riswan Effendi  fokusbengkulu,lebong – Langkah pemerintah pusat kembali melakukan refocusing dan realokasi anggaran di...

Pidato Perdana di Hadapan Dewan, Bupati Ajak Bergandengan Tangan Bangun Lebong

Senin, 1 Mar 2021 08:25 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wakil Bupati Drs Fahrurrozi MPd menyampaikan pidato perdananya di hadapan para anggota...

Syamsul – Hendra Bertekad Jadikan Rejang Lebong Makin Bercahaya

Minggu, 28 Feb 2021 12:18 WIB

Drs Syamsul Effendi MM - Hendra Wahyudiansyah SH, Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong 2021-2024 fokusbengkulu,rejanglebong – Drs Syamsul Efendi...

Tangkap Bandar Narkoba di Rejang Lebong, Polisi Sita Sabu dan Uang Jutaan Rupiah

Sabtu, 27 Feb 2021 06:12 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sat Resnarkoba Polres Rejang Lebong Polda Bengkulu diback up Polsek PUT berhasil menangkap seorang terduga bandar Narkoba...

Buntut Larangan Meliput, PWI Lebong Sampaikan Surat ke Kapolres

Sabtu, 27 Feb 2021 10:50 WIB

Sekretaris PWI Dwi Nopiyanto saat menyerahkan surat ke Sium Polres Lebong fokusbengkulu,lebong – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

%d blogger menyukai ini: