Sepeda motor pelajar yang terjaring polisi saat konvoi ditilang Sat Lantas Polres Bengkulu

fokusbengkulu,kotabengkulu – Meski saat ini sedang dalam situasi Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Namun, hal tersebut nampaknya tidak menyurutkan niat para pelajar yang hari ini merayakan kelulusan, untuk melakukan aksi corat-coret seragam. Lalu, konvoi menggunakan sepeda motor, Sabtu (2/5/2020).

Hal tersebut memang sudah diantisipasi oleh pihak kepolisian dengan melakukan patroli. Seperti yang terjadi di Kota Bengkulu.

Polisi menilang sebanyak 42 unit sepeda motor. Sepeda motor yang ditilang tersebut, ditahan selama 1 bulan. Selain menilang sepeda motor, sebanyak 57 orang pelajar.

Terdiri dari 24 pelajar laki–laki dan 33 orang pelajar perempuan yang mengendarai sepeda motor diamankan serta diberikan pembinaan oleh Sat Lantas Polres Bengkulu.

Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak SIK melalui Kasat Lantas AKP Agis Arya Denawan SIK mengungkapkan, 42 sepeda motor yang terjaring tersebut terpaksa ditilang lantaran kedapatan melakukan aksi konvoi di jalan serta melakukan aksi corat– coret.

Aksi itu membuat keresahan di tengah masyarakat. Apa lagi, pemerintah telah mengeluarkan instruksi terkait upaya penanggulangan Covid–19.

“Kita memberikan tindakan tegas sesuai dengan aturan yang ada.  Ditambah lagi dengan adanya maklumat Kapolri tentang penanggulangan penyebaran Covid–19,” kata Kasat.

Kasat menegaskan, pihaknya memastikan akan menindak jika ada pelajar yang kedapatan konvoi mengendarai sepeda motor.

Kata dia, aksi corat-coret dan konvoi itu dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

Di tempat terpisah, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Supratman MH melalui Kabid Humas Kombes Pol Sudarno SSos MH mengimbau,  seluruh orang tua untuk lebih peduli terhadap anak-anaknya dan dapat mengontrol keberadaan anaknya sehingga kejadian serupa tidak terulang. Dengan begitu, upaya pencegahan penularan covid-19 bisa lebih optimal.

“Kalau masih ada yang kedapatan berkerumun dan konvoi sepeda motor, akan kita tindak tegas,” tandas perwira yang dikenal ramah dengan awak media ini.

Konvoi Bikin Warga Dongkol

Sementara itu, aksi corat-coret dan konvoi dengan mengendarai sepeda motor juga terjadi di Kabupaten Lebong, Sabtu (2/5/2020). Seperti terpantau oleh fokusbengkulu.com, di sepanjang ruas jalan dari Kecamatan Lebong Sakti, Kecamatan Bingin Kuning hingga ke Kecamatan Lebong Selatan.

Puluhan pelajar, perempuan dan laki-laki tampak konvoi menggunakan sepeda motor dengan mengenakan seragam sudah tercoret.

Parahnya lagi, saat konvoi, para pelajar ini seperti tidak menghiraukan pengendara lain. Ada beberapa sepeda motor yang merasuk hingga ke tengah jalan.

Tak hanya sampai di situ, beberapa sepeda motor yang sudah menggunakan knalpot racing, sengaja memainkan gas.

Kondisi tersebut selain membuat pengendara lain terganggu. Juga membuat warga di sepanjang sisi jalan menjadi terusik dengan ulah para pelajar tersebut.

Seperti disampaikan oleh salah seorang pemilik warung di Desa Karang Dapo Bawah Kecamatan Bingin Kuning.

“Kebiasaan seperti ini sangat mengganggu. Bikin warga dongkol. Bermotor rame-rame, pelan. Ada yang posisi motornya di tengah-tengah, sehingga mengganggu pengendara yang lain. Belum lagi suara knalpot yang memekakkan telinga,” katanya dalam bahasa Rejang, sembari meminta agar namanya tidak ditulis.

Anggota Sat Lantas Polres Lebong saat memberikan pembinaan kepada pelajar yang kedapatan berkumpul dan menggelar aksi coret seragam

 

Terkait hal ini, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur SIK melalui Kasat Lantas AKP Panehan WS SH mengatakan, pihaknya telah melakukan patroli monitoring untuk mencegah adanya pelajar yang melakukan aksi konvoi yang bisa membahayakan pengendara lain dan pelajar itu sendiri.

“Yang kedapatan lagi konvoi, kita hentikan dan selanjutnya kita giring agar pulang ke rumah masing-masing. Ini untuk mengantisipasi keributan atau tawuran antar pelajar. Selain itu, kita juga membubarkan pelajar yang berkerumun demi menekan penularan Covi-19. Kita meminta pelajar mengenakan helm dan juga mengenakan masker,” kata Panehan.

Di sisi lain, Panehan juga menyayangkan kurangnya koordinasi dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu dan sekolah kepada pihak kepolisian terkait jam diumumkannya kelulusan.

“Seharusnya, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi juga memberikan imbauan menjelang pengumuman kelulusan agar jangan ada pelajar yang berkerumun untuk mencegah penularan virus Corona,” tandas Panehan. (red)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Membanggakan, Pemkab Lebong Sabet Peringkat 8 Nasional Standar Pelayanan Publik

Kamis, 13 Jan 2022 10:13 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd kembali menorehkan prestasi yang...

Sukses di Uram Jaya, MT-II Meluas ke Lebong Tengah, Bupati Panen Raya Padi Lagi

Rabu, 12 Jan 2022 11:12 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kegigihan Bupati Lebong Kopli Ansori dalam merealisasikan program unggulan di sektor pertanian yakni tanam minimal dua kali...

Ciduk Warga Lais, Polisi Sita Tiga Paket Sabu

Rabu, 12 Jan 2022 09:29 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara -  Sat Resnarkoba Polres Bengkulu Utara kembali berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan Narkoba di awal tahun 2022....

Mutasi Pejabat Polres Lebong : Kabag Logistik dan Kasat Reskrim Diganti

Rabu, 12 Jan 2022 08:34 WIB

fokusbengkulu,lebong – Mutasi di tubuh Polres Lebong kembali bergulir. Kali ini, ada sebanyak empat pejabat yang diganti. Yakni, Kabag Logistik...

Bupati Kopli Ansori Memang Beda, Ngantor di Kecamatan Demi Serap Aspirasi Warga

Selasa, 11 Jan 2022 08:39 WIB

Bupati Kopli Ansori (tengah) saat berbincang dengan salah seorang warga serta beberapa pejabat OPD di hari pertama ngantor di Kantor Camat Lebong...

Baru Keluar Penjara, Residivis Bertato Asal PUT Ditangkap Lagi karena Bawa Kabur Motor

Sabtu, 8 Jan 2022 11:08 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Pengap di balik jeruji besi sepertinya tidak membuat seorang pria residivis berinisial SH (38) warga Desa Kasie...

Kado Manis Awal Tahun, JMSI Ditetapkan sebagai Konstituen Dewan Pers

Sabtu, 8 Jan 2022 09:22 WIB

fokusbengkulu,jakarta - Organisasi perusahaan media massa berbasis internet, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), telah resmi ditetapkan sebagai...

Tempo 9 Jam, Polisi Berhasil Ringkus Pelaku Pembunuhan di Bengkulu Selatan

Jumat, 7 Jan 2022 01:03 WIB

fokusbengkulu,bengkuluselatan – Gerak cepat tim buser Sat Reskrim Polres Bengkulu Selatan mengungkap kasus pembunuhan terhadap korban atas nama...

Edan, IRT Muda di Rejang Lebong Simpan 1,2 Kg Sabu Senilai Miliaran Rupiah

Rabu, 5 Jan 2022 11:10 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Apa yang dilakukan oleh seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) muda berinisial FF (29), warga Kecamatan Binduriang Kabupaten...

Viral Tiga Pria Ngaku Staf Intelijen Kejati Bengkulu, Diciduk Usai Minta Uang ke Pejabat

Selasa, 4 Jan 2022 11:13 WIB

Tangkapan layar (Screenshot) video penangkapan tiga pria yang mengaku staf Intelijen Kejati Bengkulu fokusbengkulu,mukomuko – Jagat media sosial...

%d blogger menyukai ini: