• 3.2K
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3.2K
    Shares

Sepeda motor pelajar yang terjaring polisi saat konvoi ditilang Sat Lantas Polres Bengkulu

fokusbengkulu,kotabengkulu – Meski saat ini sedang dalam situasi Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Namun, hal tersebut nampaknya tidak menyurutkan niat para pelajar yang hari ini merayakan kelulusan, untuk melakukan aksi corat-coret seragam. Lalu, konvoi menggunakan sepeda motor, Sabtu (2/5/2020).

Hal tersebut memang sudah diantisipasi oleh pihak kepolisian dengan melakukan patroli. Seperti yang terjadi di Kota Bengkulu.

Polisi menilang sebanyak 42 unit sepeda motor. Sepeda motor yang ditilang tersebut, ditahan selama 1 bulan. Selain menilang sepeda motor, sebanyak 57 orang pelajar.

Terdiri dari 24 pelajar laki–laki dan 33 orang pelajar perempuan yang mengendarai sepeda motor diamankan serta diberikan pembinaan oleh Sat Lantas Polres Bengkulu.

Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak SIK melalui Kasat Lantas AKP Agis Arya Denawan SIK mengungkapkan, 42 sepeda motor yang terjaring tersebut terpaksa ditilang lantaran kedapatan melakukan aksi konvoi di jalan serta melakukan aksi corat– coret.

Aksi itu membuat keresahan di tengah masyarakat. Apa lagi, pemerintah telah mengeluarkan instruksi terkait upaya penanggulangan Covid–19.

“Kita memberikan tindakan tegas sesuai dengan aturan yang ada.  Ditambah lagi dengan adanya maklumat Kapolri tentang penanggulangan penyebaran Covid–19,” kata Kasat.

Kasat menegaskan, pihaknya memastikan akan menindak jika ada pelajar yang kedapatan konvoi mengendarai sepeda motor.

Kata dia, aksi corat-coret dan konvoi itu dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

Di tempat terpisah, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Supratman MH melalui Kabid Humas Kombes Pol Sudarno SSos MH mengimbau,  seluruh orang tua untuk lebih peduli terhadap anak-anaknya dan dapat mengontrol keberadaan anaknya sehingga kejadian serupa tidak terulang. Dengan begitu, upaya pencegahan penularan covid-19 bisa lebih optimal.

“Kalau masih ada yang kedapatan berkerumun dan konvoi sepeda motor, akan kita tindak tegas,” tandas perwira yang dikenal ramah dengan awak media ini.

Konvoi Bikin Warga Dongkol

Sementara itu, aksi corat-coret dan konvoi dengan mengendarai sepeda motor juga terjadi di Kabupaten Lebong, Sabtu (2/5/2020). Seperti terpantau oleh fokusbengkulu.com, di sepanjang ruas jalan dari Kecamatan Lebong Sakti, Kecamatan Bingin Kuning hingga ke Kecamatan Lebong Selatan.

Puluhan pelajar, perempuan dan laki-laki tampak konvoi menggunakan sepeda motor dengan mengenakan seragam sudah tercoret.

Parahnya lagi, saat konvoi, para pelajar ini seperti tidak menghiraukan pengendara lain. Ada beberapa sepeda motor yang merasuk hingga ke tengah jalan.

Tak hanya sampai di situ, beberapa sepeda motor yang sudah menggunakan knalpot racing, sengaja memainkan gas.

Kondisi tersebut selain membuat pengendara lain terganggu. Juga membuat warga di sepanjang sisi jalan menjadi terusik dengan ulah para pelajar tersebut.

Seperti disampaikan oleh salah seorang pemilik warung di Desa Karang Dapo Bawah Kecamatan Bingin Kuning.

“Kebiasaan seperti ini sangat mengganggu. Bikin warga dongkol. Bermotor rame-rame, pelan. Ada yang posisi motornya di tengah-tengah, sehingga mengganggu pengendara yang lain. Belum lagi suara knalpot yang memekakkan telinga,” katanya dalam bahasa Rejang, sembari meminta agar namanya tidak ditulis.

Anggota Sat Lantas Polres Lebong saat memberikan pembinaan kepada pelajar yang kedapatan berkumpul dan menggelar aksi coret seragam

 

Terkait hal ini, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur SIK melalui Kasat Lantas AKP Panehan WS SH mengatakan, pihaknya telah melakukan patroli monitoring untuk mencegah adanya pelajar yang melakukan aksi konvoi yang bisa membahayakan pengendara lain dan pelajar itu sendiri.

“Yang kedapatan lagi konvoi, kita hentikan dan selanjutnya kita giring agar pulang ke rumah masing-masing. Ini untuk mengantisipasi keributan atau tawuran antar pelajar. Selain itu, kita juga membubarkan pelajar yang berkerumun demi menekan penularan Covi-19. Kita meminta pelajar mengenakan helm dan juga mengenakan masker,” kata Panehan.

Di sisi lain, Panehan juga menyayangkan kurangnya koordinasi dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu dan sekolah kepada pihak kepolisian terkait jam diumumkannya kelulusan.

“Seharusnya, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi juga memberikan imbauan menjelang pengumuman kelulusan agar jangan ada pelajar yang berkerumun untuk mencegah penularan virus Corona,” tandas Panehan. (red)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tempo Lima Jam, Pelaku Penikaman di Cafe Pantai Panjang Diringkus

Minggu, 19 Sep 2021 10:34 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Gerak cepat personel Sat Reskrim Polres Bengkulu Polda Bengkulu dalam mengungkap kasus penikaman terhadap korban...

Astaga, Pria Berpeci Ini Masuk Masjid Lalu Gasak Uang Kotak Amal

Jumat, 17 Sep 2021 07:39 WIB

Tangkapan layar pelaku saat berada di dalam masjid fokusbengkulu,lebong – Jika orang lain datang ke masjid mengenakan gamis dan peci untuk...

Demi Masyarakat Lebong, Bupati Wacanakan Bangun Rumah Singgah di Dekat RSMY

Kamis, 16 Sep 2021 10:35 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Bupati Kopli Ansori punya wacana menarik demi membantu masyarakat Lebong. Apa itu ? Mess milik...

Sekda Pastikan Hasil Uji Kompetensi Jadi Pertimbangan Mutasi dan Rotasi

Kamis, 16 Sep 2021 08:02 WIB

Sekda H Mustarani Abidin SH M.Si (tengah) saat membuka uji kompetensi di Graha Bina Praja, Kamis (16/9/2021) fokusbengkulu,lebong – Sekretaris...

Pejabat Eselon II Ikut Uji Kompetensi, Berikut Daftar Namanya

Rabu, 15 Sep 2021 11:58 WIB

Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH M.Si fokusbengkulu,lebong – Perlahan tapi pasti, Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs...

PPKM Longgar, Bupati Syamsul Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Terapkan Prokes

Selasa, 14 Sep 2021 03:53 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan...

Kabur dari Rumah Sejak Agustus, Gadis di Rejang Lebong Ini Dilaporkan Hilang

Selasa, 14 Sep 2021 12:05 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Seorang gadis berusia 19 tahun bernama Rini Indah Permatasari (19) warga Kelurahan Talang Benih Gang Batu Retno RT 04...

Lecehkan Bocah 13 Tahun, Pria Asal Lubuklinggau Berurusan dengan Polisi

Sabtu, 11 Sep 2021 02:52 WIB

SU saat diperiksa polisi, Kamis (9/9/2021) fokusbengkulu,bengkuluselatan – Ada-ada saja ulah seorang pria asal Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera...

Warga Lempari Mobil Polisi Usai Penggerebekan Rumah Bandar Narkoba di Binduriang

Jumat, 10 Sep 2021 01:15 WIB

Wakapolres Rejang Lebong Kompol Edy Syafrudin menunjukkan barang bukti Narkoba  fokusbengkulu,rejanglebong – Penggerebekan rumah terduga bandar...

Anggota DPR RI Salurkan Beasiswa PIP, Pemkab Rejang Lebong Imbangi dengan Seragam Gratis

Kamis, 9 Sep 2021 12:48 WIB

Dewi Coryati (tengah) didampingi Wabup Hendra Wahyudiansyah menyerahkan SK penerima beasiswa PIP fokusbengkulu,rejanglebong – Anggota Komisi X DPR...

%d blogger menyukai ini: