• 330
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    330
    Shares

THLT di Setwan saat mengisi kuesioner yang dibagikan BPK RI Perwakilan Bengkulu

fokusbengkulu,lebong – Tampaknya, Sekretariat Dewan (Setwan) Kabupaten Lebong masih terus menjadi sorotan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bengkulu.

Jika sebelumnya, sempat mencuat terkait belanja barang berupa kendaraan dinas. Kali ini, giliran Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) di lembaga wakil rakyat tersebut yang menjadi perhatian BPK.

Diketahui, jumlah THLT di Sekretariat DPRD Lebong di tahun 2020, jumlahnya mencapai 287 orang. Berdasarkan salinan undangan yang diterima sejumlah awak media di Kabupaten Lebong.

Isinya, seluruh THLT di Sekretariat DPRD Lebong dipanggil untuk wawancara dengan tim auditor BPK RI pada, Sabtu (6/6/2020) pukul 08.30 WIB, bertempat di Sekretariat DPRD Lebong.

Penelusuran awak media, BPK tidak mewawancarai secara langsung seluruh THLT di Setwan. Melainkan, dibagikan kuesioner, untuk kemudian diisi oleh masing-masing THLT. Di dalam kuesioner itu, BPK masih menulis Tenaga Kerja Kontrak (TKK), bukan THLT.

Kuesioner tersebut berisikan 13 pertanyaan. Di antaranya, apakah ada tes kompetensi TKK? Kapan?. Siapa yang merekomendasikan menjadi TKK ?. Apakah mempunyai rekening TKK ?.

Pembayaran honor TKK apakah secara tunai ataukah melalui rekening?. Kemudian, apakah honor sudah dibayarkan setiap bulan?. Serta beberapa pertanyaan lainnya.

Belum diketahui secara pasti perihal apa yang membuat BPK perlu memanggil ratusan THLT di Setwan, kemudian membagikan kuesioner.

Namun, dalam undangan yang ditandatangani oleh Plt Sekretaris DPRD Lebong, Indra Gunawan SPi tersebut, tertera THLT diminta untuk membawa KTP, fotocopy buku rekening dan fotocopy SK THLT Tahun 2020.

Seperti isu yang merebak di Sekretariat DPRD Lebong sendiri, BPK RI informasinya akan memeriksa jumlah keseluruhan THLT.  Apakah memang benar sesuai jumlah sebanyak 287 orang tersebut.

Bahkan buku rekening, SK dan KTP yang harus dibawa THLT tersebut, diduga akan menjadi bahan pemeriksaan BPK untuk menelusuri jumlah uang honorarium yang diterima THLT dan memastikan tidak adanya THLT fiktif.

Beberapa hari lalu sejumlah THLT yang aktif masuk bekerja mulai mengeluh.

Mereka tidak keberatan dengan pemotongan jika mereka tidak masuk kerja. Akan tetapi, mereka keberatan, lantaran diduga ada oknum THLT yang sangat jarang dan tak pernah hadir, namun tetap mendapatkan gaji.

“Kami ikhlas kalau dipotong sesuai jumlah ketidakhadiran kami. Tapi, kami merasa kurang adil, karena banyak THLT yang jarang masuk, kenapa bisa sama pemotongannya dengan kami. Bahkan, ada juga TLHT yang sangat jarang masuk, tetapi absensinya penuh,” ungkap salah satu THLT yang meminta namanya tidak dicantumkan, Jum’at (5/6/2020) siang.

Hingga berita ini naik tayang, Plt Sekretaris DPRD Lebong Indra Gunawan S.Pi M.Si belum bisa dikonfirmasi. Redaksi fokusbengkulu.com, telah mencoba menghubungi nomor handphone yang biasa digunakannya, namun tidak tersambung. Begitupun pesan WhatsApp (WA) yang dikirim, belum  direspon.

Sementara itu, Kabag Anggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Lebong, Beny Kodratullah, saat dikonfirmasi malah mengaku tidak tahu-menahu soal anggaran honorarium THLT di Sekretariat DPRD Lebong.

“Maaf saya tidak tahu-menahu, jangankan honor THLT. Sebagai Kabag Anggaran dan Pengawasan saja. Saya sampai saat ini tidak tahu berapa anggaran keseluruhan di Sekretariat DPRD Lebong yang sudah terserap. Karena memang selama ini saya tidak pernah dilibatkan, termasuk laporan pencairan dan realisasi anggaran. Silakan tanya Sekwan dan bendahara rutin,” kata Beny. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Sempat Mangkir, Kades yang Diduga Korupsi DD Ini Tak Berkutik saat Dijemput Polisi

Rabu, 20 Okt 2021 11:30 WIB

Tersangka Ma (kanan) saat diperiksa penyidik Tipikor Sat Reskrim Polres Kepahiang fokusbengkulu,kepahiang – Oknum Kades Kelobak Kecamatan...

Gerebek Galian C Ilegal di Lubuk Penyamun, Polisi Amankan Dua Orang

Rabu, 20 Okt 2021 09:49 WIB

fokusbengkulu,kepahiang - Unit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) bersama Tim Jupi Sat Reskrim Polres Kepahiang menggerebek tambang Galian C yang...

Kasus Covid-19 Menurun Drastis, Dinkes Rejang Lebong Tetap Geber Vaksinasi

Selasa, 19 Okt 2021 08:12 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong menurun drastis sejak beberapa pekan terakhir. Saat ini, kasus aktif hanya...

Luar Biasa, BNNP Bengkulu Gagalkan Penyeludupan 143 Kilogram Ganja Senilai Rp 700 Juta

Sabtu, 16 Okt 2021 09:01 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong –  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu menorehkan prestasi luar biasa dalam memberantas peredaran...

Baru Sepekan Dilantik, Oknum Pejabat Pemprov Bengkulu Diciduk Gegara Tipu Warga Ratusan Juta

Sabtu, 16 Okt 2021 01:38 WIB

Hr saat diperiksa penyidik Reskrim Polres Bengkulu fokusbengkulu,kotabengkulu – Seorang oknum penjabat Pemprov Bengkulu yang baru sekitar sepekan...

Tersandung UU ITE, Eks Anggota Polri di Rejang Lebong Malah Ketahuan Tanam Ganja

Kamis, 14 Okt 2021 11:06 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Apes dialami seorang pria berinisial AYH (40). Ia ditangkap tim gabungan Sat Resnarkoba dan Sat Reskrim Polres Rejang...

Pemkab Lebong Tetapkan Pilkades Serentak 14 Desember 2021

Kamis, 14 Okt 2021 05:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong menetapkan jadwal pelaksanaan pemungutan suara atau hari H Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang...

Verifikasi Faktual di Bengkulu Selesai, JMSI Selangkah Lagi Jadi Konstituen Dewan Pers

Rabu, 13 Okt 2021 09:17 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Rangkaian verifikasi faktual (Verfak) yang dilaksanakan oleh Dewan Pers terhadap 12 Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan...

Perburuan Tikus Lanjut Tahun Depan, Pemkab Lebong Bakal Gelontorkan Rp 900 Juta

Selasa, 12 Okt 2021 06:18 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori saat dikonfirmasi di sela-sela acara panen raya di Desa Kota Baru, Kamis (7/10/2021) fokusbengkulu,lebong –...

Usai Sertijab, Hartoni Fokus Persiapkan Pilkades Serentak Desember Ini

Selasa, 12 Okt 2021 04:36 WIB

Plt Kepala Dinas PMDSos Hartoni (kanan) dan Kepala Dinas Perkim Reko Haryanto saat sertijab, Senin (11/10/2021) fokusbengkulu,lebong – Mantan...

%d blogger menyukai ini: