• 519
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    519
    Shares

Bupati Lebong H Rosjonsyah memimpin press release terkait warga Lebong yang berstatus PDP Palembang

fokusbengkulu,lebong – Seorang bocah perempuan berinisial J, yang berusia sebelas tahun, warga Kecamatan Lebong Sakti, meninggal pada Rabu (10/6/2020) sekitar pukul 16.30 WIB. Pasien tersebut meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Mohammad Hoesin, Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Sebelum meninggal, pasien itu didiagnosa mengidap kanker kelenjar getah bening dan telah menjalani perawatan di RSUP Dr M. Hoesin Palembang selama lebih kurang satu setengah bulan terakhir.

Pasien ini telah ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) oleh pihak RSUP M Hoesin.

Penetapan status PDP, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, di saat pasien dalam kondisi kritis dan hendak dipindahkan ke ruang ICU.

Pihak RSUP Dr Hoesin mewajibkan untuk dilakukan pengambilan swab untuk diuji di laboratorium. Selain itu, di saat kritis, pasien tersebut menunjukkan gejala sesak nafas.

Hasil Swab dari PDP ini diperkirakan akan keluar sekitar lima hari ke depan.

Karena telah ditetapkan sebagai PDP Palembang, dan mengacu pada protokol Covid-19, pihak RSUP M Hoesin berencana memakamkan PDP tersebut di Kota Palembang.

Namun, rencana itu tidak terlaksana karena pihak keluarga memohon untuk membawanya ke Lebong dan dikebumikan di kampung halamannya di Lebong.

Permintaan tersebut disetujui, dengan syarat PDP itu dimakamkan dengan mematuhi protokol Covid-19.

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lebong pun, atas dasar pertimbangan kemanusiaan, juga telah mengizinkan agar PDP itu dimakamkan di Lebong, dengan protokol Covid-19. Begitu jenazah tiba di Lebong, langsung dikebumikan.

“Dari keterangan pihak keluarga PDP ini, di saat kritis dan hendak dipindahkan ke ruang ICU wajib diambil swab untuk diuji di laboratorium. Selang dua jam kemudian, anak ini meninggal,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong Rachman SKM MSi saat press release yang digelar di Kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lebong, Kamis (11/6/2020) siang.

Dia menjelaskan, karena bocah yang meninggal itu sudah ditetapkan sebagai PDP dan masuk ke dalam daftar PDP Palembang, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebong telah melakukan rapid test kepada kedua orang tua, yang mendampingi PDP tersebut selama perawatan di Palembang.

Selain itu, kedua orang tua si PDP juga telah diisolasi di RSUD Lebong. Rapid test akan dilakukan tidak hanya sekali.  Pengambilan swab, tidak menutup kemungkinan juga akan dilakukan.

Pihak Gugus Tugas Covid-19 Lebong, masih akan menunggu terlebih dahulu hasil swab PDP yang meninggal itu keluar.

Selama proses perawatan di RSUP M Hoesin Palembang, lanjut Rachman, kedua orang tua korban tidak pernah pulang ke Lebong.

Keduanya sudah menyewa semacam rumah singgah di Palembang. Kemudian, tidak ada anggota keluarga lain yang mendampingi PDP saat di RS M Hoesin Palembang.

“Kedua orang tua korban yang kontak erat dengan PDP, itu telah diisolasi di RSUD Lebong dan masuk dalam daftar ODP Lebong,” ujar Rachman.

Tidak hanya kedua orang tua si PDP, kata dia, pihaknya juga telah melakukan tracking, untuk mengetahui anggota keluarga lainnya yang juga memiliki kontak erat dengan kedua orang tua korban sepulangnya dari Palembang.

“Sudah ada beberapa orang, selain kedua orang tua korban, yang juga telah mengikuti rapid test,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur S.IK yang juga hadir dalam press release menjelaskan, sebagai langkah pencegahan, sejak Kamis (11/6/2020) pagi, anggota Polres Lebong telah memberlakukan pengamanan.

Baik itu di sekitar kediaman PDP, maupun di lokasi pemakaman. Termasuk juga mengamankan lokasi rapid test kedua orang tua si PDP.

“Pihak keluarga telah memohon dengan sangat kepada kita, agar si PDP ini bisa dimakamkan di Lebong. Oleh karena itu, atas dasar pertimbangan kemanusiaan, kita terima. Tetapi, dengan syarat harus mengikuti protokol Covid-19, dan kedua orang tua si PDP bersedia dirapid test untuk selanjutnya diisolasi di RSUD Lebong,” kata Kapolres.

Sementara itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah S.IP MSi meminta masyarakat Lebong agar tetap tenang. Semua tahapan dan prosedur telah dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Masyarakat Lebong juga diminta untuk tidak menyebarluaskan informasi yang tidak jelas sumbernya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Bupati memastikan, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lebong akan tetap bekerja semaksimal mungkin untuk melindungi masyarakat agar tidak terpapar Covid-19.

“Pihak keluarga si pasien ini juga telah mengikuti protokol kesehatan dan tengah menjalani isolasi di RSUD Lebong. Kita tunggu saja hasil uji swab. Mudah-mudahan hasilnya nanti negatif,” demikian Bupati. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Bupati Larang ASN Lebong Mudik, Apalagi Gunakan Mobnas

Selasa, 4 Mei 2021 07:21 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Ini peringatan bagi seluruh ASN di lingkup Pemkab Lebong. Khususnya bagi pejabat eselon yang...

Bupati dan Ketua DPRD Lebong Teken Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Selasa, 4 Mei 2021 05:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori dan Ketua DPRD Carles Ronsen SSos menandatangani kesepakatan rancangan awal Rencana Pembangunan...

Toyota Hilux Jatuh ke Jurang, Sopir Patah Pinggang

Minggu, 2 Mei 2021 09:50 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kecelakaan tunggal terjadi di ruas jalan provinsi di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang pada Minggu (2/5/2021) siang...

HIPMI dan JMSI Bengkulu Berkolaborasi

Minggu, 2 Mei 2021 02:18 WIB

Dari kiri ke kanan : Dewan pakar JMSI Marsal Abadi, Ketua JMSI Riki Susanto, Ketum HIPMI Undang Sumbaga dan Dewan Pembina HIPMI Yuan...

BPD Berperan Wujudkan Lebong Bahagia dan Sejahtera

Sabtu, 1 Mei 2021 10:58 WIB

Bupati Kopli Ansori saat melantik anggota BPD fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori meminta seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa...

Enam Kali Bersurat ke DPUPR Minta Jalan Provinsi Diperbaiki, Toso : Tak Pernah Direspons

Kamis, 29 Apr 2021 11:48 WIB

Plt Kabid Bina Marga Haris Santoso ST fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP)...

Penyidikan Korupsi di Setwan Lebong Terus Bergulir, Delapan Auditor Hitung Kerugian Negara

Rabu, 28 Apr 2021 11:48 WIB

Kasis Pidsus Kejari Lebong Ronald Thomas Mendrofa SH fokusbengkulu,lebong – Penyidikan kasus dugaan korupsi anggaran rutin di Sekretariat Dewan...

Waduh, Oknum Polisi di Bengkulu Utara Simpan Sabu, Ganja hingga Senpi Rakitan

Selasa, 27 Apr 2021 08:54 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Subdit III Direktorat Resnarkoba Polda Bengkulu menangkap oknum polisi berinisial BH yang diketahui berdinas di Polres...

Tindaklanjuti Larangan Mudik, Polda Bengkulu Dirikan Lima Pos di Perbatasan

Minggu, 25 Apr 2021 02:30 WIB

Rakor Lintas Sektoral yang dihadiri Wagub Dr E H Rosjonsyah  fokusbengkulu,kotabengkulu – Polda Bengkulu mendirikan lima pos di perbatasan...

Polisi Tangkap Sejoli di Bengkulu yang Nekat Edar Sabu

Sabtu, 24 Apr 2021 11:56 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Seorang pria berinisial AF (30) dan perempuan berinisial WA (24) ditangkap tim Sat Resnarkoba Polres Bengkulu pada...

%d blogger menyukai ini: