• 491
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    491
    Shares

Bupati Lebong H Rosjonsyah memimpin press release terkait warga Lebong yang berstatus PDP Palembang

fokusbengkulu,lebong – Seorang bocah perempuan berinisial J, yang berusia sebelas tahun, warga Kecamatan Lebong Sakti, meninggal pada Rabu (10/6/2020) sekitar pukul 16.30 WIB. Pasien tersebut meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Mohammad Hoesin, Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Sebelum meninggal, pasien itu didiagnosa mengidap kanker kelenjar getah bening dan telah menjalani perawatan di RSUP Dr M. Hoesin Palembang selama lebih kurang satu setengah bulan terakhir.

Pasien ini telah ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) oleh pihak RSUP M Hoesin.

Penetapan status PDP, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, di saat pasien dalam kondisi kritis dan hendak dipindahkan ke ruang ICU.

Pihak RSUP Dr Hoesin mewajibkan untuk dilakukan pengambilan swab untuk diuji di laboratorium. Selain itu, di saat kritis, pasien tersebut menunjukkan gejala sesak nafas.

Hasil Swab dari PDP ini diperkirakan akan keluar sekitar lima hari ke depan.

Karena telah ditetapkan sebagai PDP Palembang, dan mengacu pada protokol Covid-19, pihak RSUP M Hoesin berencana memakamkan PDP tersebut di Kota Palembang.

Namun, rencana itu tidak terlaksana karena pihak keluarga memohon untuk membawanya ke Lebong dan dikebumikan di kampung halamannya di Lebong.

Permintaan tersebut disetujui, dengan syarat PDP itu dimakamkan dengan mematuhi protokol Covid-19.

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lebong pun, atas dasar pertimbangan kemanusiaan, juga telah mengizinkan agar PDP itu dimakamkan di Lebong, dengan protokol Covid-19. Begitu jenazah tiba di Lebong, langsung dikebumikan.

“Dari keterangan pihak keluarga PDP ini, di saat kritis dan hendak dipindahkan ke ruang ICU wajib diambil swab untuk diuji di laboratorium. Selang dua jam kemudian, anak ini meninggal,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong Rachman SKM MSi saat press release yang digelar di Kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lebong, Kamis (11/6/2020) siang.

Dia menjelaskan, karena bocah yang meninggal itu sudah ditetapkan sebagai PDP dan masuk ke dalam daftar PDP Palembang, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebong telah melakukan rapid test kepada kedua orang tua, yang mendampingi PDP tersebut selama perawatan di Palembang.

Selain itu, kedua orang tua si PDP juga telah diisolasi di RSUD Lebong. Rapid test akan dilakukan tidak hanya sekali.  Pengambilan swab, tidak menutup kemungkinan juga akan dilakukan.

Pihak Gugus Tugas Covid-19 Lebong, masih akan menunggu terlebih dahulu hasil swab PDP yang meninggal itu keluar.

Selama proses perawatan di RSUP M Hoesin Palembang, lanjut Rachman, kedua orang tua korban tidak pernah pulang ke Lebong.

Keduanya sudah menyewa semacam rumah singgah di Palembang. Kemudian, tidak ada anggota keluarga lain yang mendampingi PDP saat di RS M Hoesin Palembang.

“Kedua orang tua korban yang kontak erat dengan PDP, itu telah diisolasi di RSUD Lebong dan masuk dalam daftar ODP Lebong,” ujar Rachman.

Tidak hanya kedua orang tua si PDP, kata dia, pihaknya juga telah melakukan tracking, untuk mengetahui anggota keluarga lainnya yang juga memiliki kontak erat dengan kedua orang tua korban sepulangnya dari Palembang.

“Sudah ada beberapa orang, selain kedua orang tua korban, yang juga telah mengikuti rapid test,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur S.IK yang juga hadir dalam press release menjelaskan, sebagai langkah pencegahan, sejak Kamis (11/6/2020) pagi, anggota Polres Lebong telah memberlakukan pengamanan.

Baik itu di sekitar kediaman PDP, maupun di lokasi pemakaman. Termasuk juga mengamankan lokasi rapid test kedua orang tua si PDP.

“Pihak keluarga telah memohon dengan sangat kepada kita, agar si PDP ini bisa dimakamkan di Lebong. Oleh karena itu, atas dasar pertimbangan kemanusiaan, kita terima. Tetapi, dengan syarat harus mengikuti protokol Covid-19, dan kedua orang tua si PDP bersedia dirapid test untuk selanjutnya diisolasi di RSUD Lebong,” kata Kapolres.

Sementara itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah S.IP MSi meminta masyarakat Lebong agar tetap tenang. Semua tahapan dan prosedur telah dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Masyarakat Lebong juga diminta untuk tidak menyebarluaskan informasi yang tidak jelas sumbernya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Bupati memastikan, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lebong akan tetap bekerja semaksimal mungkin untuk melindungi masyarakat agar tidak terpapar Covid-19.

“Pihak keluarga si pasien ini juga telah mengikuti protokol kesehatan dan tengah menjalani isolasi di RSUD Lebong. Kita tunggu saja hasil uji swab. Mudah-mudahan hasilnya nanti negatif,” demikian Bupati. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Sempat Mangkir, Kades yang Diduga Korupsi DD Ini Tak Berkutik saat Dijemput Polisi

Rabu, 20 Okt 2021 11:30 WIB

Tersangka Ma (kanan) saat diperiksa penyidik Tipikor Sat Reskrim Polres Kepahiang fokusbengkulu,kepahiang – Oknum Kades Kelobak Kecamatan...

Gerebek Galian C Ilegal di Lubuk Penyamun, Polisi Amankan Dua Orang

Rabu, 20 Okt 2021 09:49 WIB

fokusbengkulu,kepahiang - Unit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) bersama Tim Jupi Sat Reskrim Polres Kepahiang menggerebek tambang Galian C yang...

Kasus Covid-19 Menurun Drastis, Dinkes Rejang Lebong Tetap Geber Vaksinasi

Selasa, 19 Okt 2021 08:12 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong menurun drastis sejak beberapa pekan terakhir. Saat ini, kasus aktif hanya...

Luar Biasa, BNNP Bengkulu Gagalkan Penyeludupan 143 Kilogram Ganja Senilai Rp 700 Juta

Sabtu, 16 Okt 2021 09:01 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong –  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu menorehkan prestasi luar biasa dalam memberantas peredaran...

Baru Sepekan Dilantik, Oknum Pejabat Pemprov Bengkulu Diciduk Gegara Tipu Warga Ratusan Juta

Sabtu, 16 Okt 2021 01:38 WIB

Hr saat diperiksa penyidik Reskrim Polres Bengkulu fokusbengkulu,kotabengkulu – Seorang oknum penjabat Pemprov Bengkulu yang baru sekitar sepekan...

Tersandung UU ITE, Eks Anggota Polri di Rejang Lebong Malah Ketahuan Tanam Ganja

Kamis, 14 Okt 2021 11:06 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Apes dialami seorang pria berinisial AYH (40). Ia ditangkap tim gabungan Sat Resnarkoba dan Sat Reskrim Polres Rejang...

Pemkab Lebong Tetapkan Pilkades Serentak 14 Desember 2021

Kamis, 14 Okt 2021 05:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong menetapkan jadwal pelaksanaan pemungutan suara atau hari H Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang...

Verifikasi Faktual di Bengkulu Selesai, JMSI Selangkah Lagi Jadi Konstituen Dewan Pers

Rabu, 13 Okt 2021 09:17 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Rangkaian verifikasi faktual (Verfak) yang dilaksanakan oleh Dewan Pers terhadap 12 Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan...

Perburuan Tikus Lanjut Tahun Depan, Pemkab Lebong Bakal Gelontorkan Rp 900 Juta

Selasa, 12 Okt 2021 06:18 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori saat dikonfirmasi di sela-sela acara panen raya di Desa Kota Baru, Kamis (7/10/2021) fokusbengkulu,lebong –...

Usai Sertijab, Hartoni Fokus Persiapkan Pilkades Serentak Desember Ini

Selasa, 12 Okt 2021 04:36 WIB

Plt Kepala Dinas PMDSos Hartoni (kanan) dan Kepala Dinas Perkim Reko Haryanto saat sertijab, Senin (11/10/2021) fokusbengkulu,lebong – Mantan...

%d blogger menyukai ini: