Buset..! di Lebong, Anak Kandung TKSK yang Masih Kuliah Terima BST Kemensos

Sabtu, 13 Jun 2020 04:53 WIB
Editor : Emzon Nurdin

fokusbengkulu,lebong – Kendati Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong telah menyampaikan revisi nama-nama penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) ke Kementerian Sosial RI.

Dari yang awalnya, tidak layak menerima, kemudian diganti dengan yang lebih layak.

Namun, masih saja ditemukan penerima yang tidak layak. Seperti di Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah.

Parahnya lagi, si penerima berinisial MH (22) tersebut masih gadis alias belum menikah dan saat ini masih menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi (PT) di Bengkulu.

MH belakangan diketahui merupakan anak kandung dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Lebong Tengah berinisial Ro.

Jika pun memang keluarga MH layak menerima bantuan, semestinya yang tercantum dalam daftar penerima BST adalah nama salah satu dari orang tuanya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, si TKSK berinisial Ro membenarkan bahwa anaknya masuk daftar penerima BST dari Kemensos RI.

Bahkan, dia mengaku, dana BST sebesar Rp 600/bulan tersebut, sudah dua kali diambil ke kantor pos. Jadi, total bantuan yang sudah diterima yakni Rp 1,2 juta.

Anehnya, Ro mengaku bahwa dirinya tidak tahu menahu kalau nama anaknya berinisial MH itu terdaftar sebagai penerima BST.

“Saya tidak tahu pak..tau-tau, namanya (Nama MH,red) sudah ada. Data itu dari kementerian,” kilah Ro saat dikonfirmasi fokusbengkulu.com, Jum’at (12/6/2020) sore.

Dia mengakui, bahwa anaknya berinisial MH sudah menerima sejak bulan pertama BST itu disalurkan. Termasuk juga sudah mengambil BST bulan kedua yang baru saja dicairkan oleh Kantor Pos.

“Kalau seandainya TKSK tidak boleh menerima bantuan dan kami harus mengembalikan. Ya..kami kembalikan pak..,” kata Ro.

Dia juga mengakui, bahwa saat mengambil BST ke kantor pos, MH menggunakan KTP miliknya sendiri dan membawa Kartu Keluarga (KK) lama, saat Ro masih berstatus sebagai janda.

“Jadi bagaimana pak..yang jelas, nama itu sudah ada dari awal. Sejak bantuan itu keluar pak,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMDSos Kabupaten Lebong Reko Haryanto SSos M.Si melalui Kabid Sosial Yasir Hadi Broto SE mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan revisi penerima BST ke Kementerian Sosial per tanggal 13 Mei 2020.

Data revisi tersebut, kata mantan Camat Lebong Selatan ini, adalah hasil dari verifikasi dan validasi (Verval) lurah dan kades se Kabupaten Lebong.

“Data itu sudah kita kirim ke Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kemensos. Proses verval ini sendiri berjalan selama tiga hari yakni tanggal 11, 12 dan 13 Mei 2020. Hasil verval ini sudah kita sampaikan rekon-nya ke PT Pos Cabang Curup,” terang Yasir.

Dijelaskan Yasir, pascapenyaluran BST tahap pertama, dan diketahui banyak penerima yang diduga tidak layak.

Pihaknya mendapatkan informasi dari Direktorat Penanganan Fakir Miskin (FM) Kemensos RI, agar segera memverifikasi dan memvalidasi data penerima BST.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya langsung melayangkan surat ke desa dan kelurahan di Kabupaten Lebong agar melakukan verval dengan didampingi TKSK di masing-masing kecamatan.

“Dengan verval yang dilaksanakan oleh desa dan kelurahan, desa tidak lagi berkoar-koar tidak diajak. Karena yang tau isi di desa dan kelurahan, ya kades, lurah dan perangkatnya,” tandas Yasir. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Eksekutif – Legislatif Sepakati APBD Lebong 2023

Jumat, 2 Des 2022 01:37 WIB

fokusbengkulu,lebong - Setelah melalui proses pembahasan yang cukup panjang dan alot, eksekutif dan legislatif akhirnya menyepakati Rancangan...

Dinas PUPR Gelontorkan Rp 800 Juta Perbaiki Jalan di Kota Arga Makmur

Jumat, 2 Des 2022 08:54 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) menggelar kegiatan...

Didampingi Kadis PUPR, Bupati Pantau Perbaikan Jalan di Bengkulu Utara

Jumat, 2 Des 2022 08:37 WIB

fokusbengkulu,bengkulutara - Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian memantau secara langsung proses perbaikan jalan di beberapa titik di Kabupaten Bengkulu...

Khidmat, Wabup Arie Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru

Jumat, 2 Des 2022 08:16 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Utara Arie Septia Adinata SE MAP memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Guru...

Komisi I Kebut Bahas Rancangan APBD Bengkulu Utara 2023

Selasa, 29 Nov 2022 01:12 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi I DPRD Bengkulu Utara 'ngebut' melaksanakan rapat kerja bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis guna...

Dewan Kebut Bahas Rancangan APBD

Selasa, 29 Nov 2022 11:30 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi I DPRD Bengkulu Utara 'ngebut' melaksanakan rapat kerja bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis guna...

Komisi II Gelar Rapat Kerja Bersama OPD, Bahas R-APBD Bengkulu Utara 2023

Selasa, 29 Nov 2022 09:52 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi II DPRD Bengkulu Utara menggelar rapat kerja pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah...

Sonti Bakara Kunjungi Stan Pameran Pekan Raya Arga Makmur

Selasa, 22 Nov 2022 07:56 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Ketua DPRD Bengkulu Utara Sontin Bakara SH mengunjungi stan pameran Pekan Raya Arga Makmur di Alun-alun Rajo Malim...

Ketua Komisi I DPRD Bengkulu Utara Hadiri Wisuda Universitas Ratu Samban

Senin, 21 Nov 2022 11:50 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Ketua Komisi I DPRD Bengkulu Utara Hasdiansyah menghadiri wisuda ke- XIV  Program Sarjana dan Ahli Madya Universitas...

Ketua DPRD Hadiri Rapat Bahas Soal Penanganan Konflik di Bengkulu Utara

Jumat, 18 Nov 2022 01:12 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara Sonti Bakara SH menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim)...

%d blogger menyukai ini: