• 1.8K
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1.8K
    Shares

fokusbengkulu,lebong – Kendati Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong telah menyampaikan revisi nama-nama penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) ke Kementerian Sosial RI.

Dari yang awalnya, tidak layak menerima, kemudian diganti dengan yang lebih layak.

Namun, masih saja ditemukan penerima yang tidak layak. Seperti di Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah.

Parahnya lagi, si penerima berinisial MH (22) tersebut masih gadis alias belum menikah dan saat ini masih menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi (PT) di Bengkulu.

MH belakangan diketahui merupakan anak kandung dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Lebong Tengah berinisial Ro.

Jika pun memang keluarga MH layak menerima bantuan, semestinya yang tercantum dalam daftar penerima BST adalah nama salah satu dari orang tuanya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, si TKSK berinisial Ro membenarkan bahwa anaknya masuk daftar penerima BST dari Kemensos RI.

Bahkan, dia mengaku, dana BST sebesar Rp 600/bulan tersebut, sudah dua kali diambil ke kantor pos. Jadi, total bantuan yang sudah diterima yakni Rp 1,2 juta.

Anehnya, Ro mengaku bahwa dirinya tidak tahu menahu kalau nama anaknya berinisial MH itu terdaftar sebagai penerima BST.

“Saya tidak tahu pak..tau-tau, namanya (Nama MH,red) sudah ada. Data itu dari kementerian,” kilah Ro saat dikonfirmasi fokusbengkulu.com, Jum’at (12/6/2020) sore.

Dia mengakui, bahwa anaknya berinisial MH sudah menerima sejak bulan pertama BST itu disalurkan. Termasuk juga sudah mengambil BST bulan kedua yang baru saja dicairkan oleh Kantor Pos.

“Kalau seandainya TKSK tidak boleh menerima bantuan dan kami harus mengembalikan. Ya..kami kembalikan pak..,” kata Ro.

Dia juga mengakui, bahwa saat mengambil BST ke kantor pos, MH menggunakan KTP miliknya sendiri dan membawa Kartu Keluarga (KK) lama, saat Ro masih berstatus sebagai janda.

“Jadi bagaimana pak..yang jelas, nama itu sudah ada dari awal. Sejak bantuan itu keluar pak,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMDSos Kabupaten Lebong Reko Haryanto SSos M.Si melalui Kabid Sosial Yasir Hadi Broto SE mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan revisi penerima BST ke Kementerian Sosial per tanggal 13 Mei 2020.

Data revisi tersebut, kata mantan Camat Lebong Selatan ini, adalah hasil dari verifikasi dan validasi (Verval) lurah dan kades se Kabupaten Lebong.

“Data itu sudah kita kirim ke Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kemensos. Proses verval ini sendiri berjalan selama tiga hari yakni tanggal 11, 12 dan 13 Mei 2020. Hasil verval ini sudah kita sampaikan rekon-nya ke PT Pos Cabang Curup,” terang Yasir.

Dijelaskan Yasir, pascapenyaluran BST tahap pertama, dan diketahui banyak penerima yang diduga tidak layak.

Pihaknya mendapatkan informasi dari Direktorat Penanganan Fakir Miskin (FM) Kemensos RI, agar segera memverifikasi dan memvalidasi data penerima BST.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya langsung melayangkan surat ke desa dan kelurahan di Kabupaten Lebong agar melakukan verval dengan didampingi TKSK di masing-masing kecamatan.

“Dengan verval yang dilaksanakan oleh desa dan kelurahan, desa tidak lagi berkoar-koar tidak diajak. Karena yang tau isi di desa dan kelurahan, ya kades, lurah dan perangkatnya,” tandas Yasir. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Bawa Empat Paket Sabu, Pemuda Lebong Diciduk

Jumat, 11 Jun 2021 08:20 WIB

fokusbengkulu,lebong - Direktorat Resnarkoba Polda Bengkulu menciduk seorang pemuda berinisial BK (22) warga Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong...

Tinjau Kesiapan Sebelat Ulu Jadi Desa Wisata, Bupati Kagumi Keindahan dan Keasrian Alamnya

Jumat, 11 Jun 2021 04:54 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori serius mempersiapkan Desa Sebelat Ulu Kecamatan Pinang Belapis menjadi desa wisata. Terbukti, di...

Workshop BLUD, Upaya Pemkab Rejang Lebong Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan

Rabu, 9 Jun 2021 11:59 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Pemkab Rejang Lebong di bawah kepemimpinan Bupati Drs Syamsul Effendi MM dan Wabup Hendra Wahyudiansyah SH terus...

Bupati Kopli Beri Penghargaan Personel Damkar yang Berjibaku Jinakkan Api

Rabu, 9 Jun 2021 04:38 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori memberikan penghargaan kepada 28 personel Damkar (Pemadam Kebakaran) Dinas Satpol PP dan Damkar...

Bank Indonesia Dorong Pemkab Rejang Lebong Berlakukan Sistem Pembayaran Non Tunai

Selasa, 8 Jun 2021 09:06 WIB

Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM (kanan) dan kepala Kantor BI Provinsi Bengkulu Joni Marsius (kiri) fokusbengkulu,rejanglebong – Bank...

Si Jago Merah Hanguskan Belasan Ruko di Pasar Muara Aman, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Selasa, 8 Jun 2021 03:12 WIB

Kobaran api yang melalap belasan Ruko di Kelurahan Pasar Muara Aman, Selasa (8/6/2021) dini hari fokusbengkulu,lebong – Kebakaran hebat terjadi di...

Jaksa Segera Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi di Sekretariat DPRD Lebong

Senin, 7 Jun 2021 10:34 WIB

Kasi Pidsus Kejari Lebong Ronald Thomas Mendrofa SH  fokusbengkulu,lebong – Penyidikan (Dik) kasus dugaan korupsi di Sekretariat DPRD Lebong...

Tak Hanya Kejar Anggaran Pusat, Kopli Ansori Juga Minta Dukungan Pemprov Bengkulu

Jumat, 4 Jun 2021 04:13 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd terus mengambil langkah nyata agar...

Pimpin Rakor Bidang Pertanian, Bupati Kopli Geram Ada Pjs Kades dan Lurah Tak Hadir

Rabu, 2 Jun 2021 10:31 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori tak bisa menyembunyikan kekesalannya saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) teknis bidang...

Gelar Adat Syamsul – Hendra : Depati Tiang Alam dan Depati Jaya Sampurna

Selasa, 1 Jun 2021 12:18 WIB

Foto (Media Center Rejang Lebong) : Bupati dan Wabup didampingi istri sebelum acara penganugerahan gelar adat fokusbengkulu,rejanglebong – Bupati...

%d blogger menyukai ini: