• 1.8K
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1.8K
    Shares

fokusbengkulu,lebong – Kendati Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong telah menyampaikan revisi nama-nama penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) ke Kementerian Sosial RI.

Dari yang awalnya, tidak layak menerima, kemudian diganti dengan yang lebih layak.

Namun, masih saja ditemukan penerima yang tidak layak. Seperti di Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah.

Parahnya lagi, si penerima berinisial MH (22) tersebut masih gadis alias belum menikah dan saat ini masih menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi (PT) di Bengkulu.

MH belakangan diketahui merupakan anak kandung dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Lebong Tengah berinisial Ro.

Jika pun memang keluarga MH layak menerima bantuan, semestinya yang tercantum dalam daftar penerima BST adalah nama salah satu dari orang tuanya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, si TKSK berinisial Ro membenarkan bahwa anaknya masuk daftar penerima BST dari Kemensos RI.

Bahkan, dia mengaku, dana BST sebesar Rp 600/bulan tersebut, sudah dua kali diambil ke kantor pos. Jadi, total bantuan yang sudah diterima yakni Rp 1,2 juta.

Anehnya, Ro mengaku bahwa dirinya tidak tahu menahu kalau nama anaknya berinisial MH itu terdaftar sebagai penerima BST.

“Saya tidak tahu pak..tau-tau, namanya (Nama MH,red) sudah ada. Data itu dari kementerian,” kilah Ro saat dikonfirmasi fokusbengkulu.com, Jum’at (12/6/2020) sore.

Dia mengakui, bahwa anaknya berinisial MH sudah menerima sejak bulan pertama BST itu disalurkan. Termasuk juga sudah mengambil BST bulan kedua yang baru saja dicairkan oleh Kantor Pos.

“Kalau seandainya TKSK tidak boleh menerima bantuan dan kami harus mengembalikan. Ya..kami kembalikan pak..,” kata Ro.

Dia juga mengakui, bahwa saat mengambil BST ke kantor pos, MH menggunakan KTP miliknya sendiri dan membawa Kartu Keluarga (KK) lama, saat Ro masih berstatus sebagai janda.

“Jadi bagaimana pak..yang jelas, nama itu sudah ada dari awal. Sejak bantuan itu keluar pak,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMDSos Kabupaten Lebong Reko Haryanto SSos M.Si melalui Kabid Sosial Yasir Hadi Broto SE mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan revisi penerima BST ke Kementerian Sosial per tanggal 13 Mei 2020.

Data revisi tersebut, kata mantan Camat Lebong Selatan ini, adalah hasil dari verifikasi dan validasi (Verval) lurah dan kades se Kabupaten Lebong.

“Data itu sudah kita kirim ke Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kemensos. Proses verval ini sendiri berjalan selama tiga hari yakni tanggal 11, 12 dan 13 Mei 2020. Hasil verval ini sudah kita sampaikan rekon-nya ke PT Pos Cabang Curup,” terang Yasir.

Dijelaskan Yasir, pascapenyaluran BST tahap pertama, dan diketahui banyak penerima yang diduga tidak layak.

Pihaknya mendapatkan informasi dari Direktorat Penanganan Fakir Miskin (FM) Kemensos RI, agar segera memverifikasi dan memvalidasi data penerima BST.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya langsung melayangkan surat ke desa dan kelurahan di Kabupaten Lebong agar melakukan verval dengan didampingi TKSK di masing-masing kecamatan.

“Dengan verval yang dilaksanakan oleh desa dan kelurahan, desa tidak lagi berkoar-koar tidak diajak. Karena yang tau isi di desa dan kelurahan, ya kades, lurah dan perangkatnya,” tandas Yasir. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tempo Lima Jam, Pelaku Penikaman di Cafe Pantai Panjang Diringkus

Minggu, 19 Sep 2021 10:34 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Gerak cepat personel Sat Reskrim Polres Bengkulu Polda Bengkulu dalam mengungkap kasus penikaman terhadap korban...

Astaga, Pria Berpeci Ini Masuk Masjid Lalu Gasak Uang Kotak Amal

Jumat, 17 Sep 2021 07:39 WIB

Tangkapan layar pelaku saat berada di dalam masjid fokusbengkulu,lebong – Jika orang lain datang ke masjid mengenakan gamis dan peci untuk...

Demi Masyarakat Lebong, Bupati Wacanakan Bangun Rumah Singgah di Dekat RSMY

Kamis, 16 Sep 2021 10:35 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Bupati Kopli Ansori punya wacana menarik demi membantu masyarakat Lebong. Apa itu ? Mess milik...

Sekda Pastikan Hasil Uji Kompetensi Jadi Pertimbangan Mutasi dan Rotasi

Kamis, 16 Sep 2021 08:02 WIB

Sekda H Mustarani Abidin SH M.Si (tengah) saat membuka uji kompetensi di Graha Bina Praja, Kamis (16/9/2021) fokusbengkulu,lebong – Sekretaris...

Pejabat Eselon II Ikut Uji Kompetensi, Berikut Daftar Namanya

Rabu, 15 Sep 2021 11:58 WIB

Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH M.Si fokusbengkulu,lebong – Perlahan tapi pasti, Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs...

PPKM Longgar, Bupati Syamsul Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Terapkan Prokes

Selasa, 14 Sep 2021 03:53 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan...

Kabur dari Rumah Sejak Agustus, Gadis di Rejang Lebong Ini Dilaporkan Hilang

Selasa, 14 Sep 2021 12:05 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Seorang gadis berusia 19 tahun bernama Rini Indah Permatasari (19) warga Kelurahan Talang Benih Gang Batu Retno RT 04...

Lecehkan Bocah 13 Tahun, Pria Asal Lubuklinggau Berurusan dengan Polisi

Sabtu, 11 Sep 2021 02:52 WIB

SU saat diperiksa polisi, Kamis (9/9/2021) fokusbengkulu,bengkuluselatan – Ada-ada saja ulah seorang pria asal Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera...

Warga Lempari Mobil Polisi Usai Penggerebekan Rumah Bandar Narkoba di Binduriang

Jumat, 10 Sep 2021 01:15 WIB

Wakapolres Rejang Lebong Kompol Edy Syafrudin menunjukkan barang bukti Narkoba  fokusbengkulu,rejanglebong – Penggerebekan rumah terduga bandar...

Anggota DPR RI Salurkan Beasiswa PIP, Pemkab Rejang Lebong Imbangi dengan Seragam Gratis

Kamis, 9 Sep 2021 12:48 WIB

Dewi Coryati (tengah) didampingi Wabup Hendra Wahyudiansyah menyerahkan SK penerima beasiswa PIP fokusbengkulu,rejanglebong – Anggota Komisi X DPR...

%d blogger menyukai ini: