• 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

fokusbengkulu,kotabengkulu – Peringatan Hari Bhayangkara ke 74, Tahun 2020 yang digelar Polda Bengkulu, tepatnya Rabu (1/7/2020), berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Jika di tahun-tahun sebelumnya, hari jadi Polri tersebut diperingati dengan upacara.

Kali ini, HUT Bhayangkara diperingati secara sederhana dan secara virtual di tengah Pandemi Covid-19. Dipimpin langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo dari Istana Presiden Republik Indonesia.

Peringatan Hari Bhayangkara ke -74 Polda Bengkulu digelar di Aula Command Center sekitar pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tesebut Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Sahimin Zainuddin serta segenap pejabat utama Polda Bengkulu.

Ikut hadir Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Dedy Ermansyah, dan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ichsan Fajri S.Sos.

Tak ketinggalan, unsur Forkompinda Provinsi Bengkulu seperti Danrem 041 Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil, Kajati Bengkulu Dr. Andi Muhammad Taufik SH MH.

Kemudian, Kabinda Bengkulu, Kepala BNNP Brigjen Pol Drs Toga Habinsaran Panjaitan, dan Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi.

Dalam Amanatnya, Presiden RI Ir Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke–74 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selain menyampaikan ucapan selamat, Presiden juga menyampaikan rasa terima kasihnya dan memberikan  penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang  ditunjukkan personel Polri.

Hal tersebut tak lain demi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait peran Polri di masa pandemi, Presiden mengungkapkan keberhasilan Polri bersama TNI telah menunjukkan kerja nyata dan sesuai harapan bersama dengan menggerakkan semua kekuatan.

Mulai dari satuan tingkat pusat dan kewilayahan (polda, polres dan polsek). Bahkan bhabin kamtibmas telah melaksanakan koordinasi dan sinergi yang baik dengan Babinsa dan perangkat desa serta masyarakat.

Sehubungan dengan tatanan hidup baru atau New Normal yang dicanangkan oleh pemerintah, Presiden meminta Polri untuk terus bersinergi dengan TNI dan elemen pemerintahan.

Kehidupan normal baru, dengan situasi kamtibmas yang kondusif, masyarakat akan semakin produktif.

”Saya harap tidak membuat institusi polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Presiden RI Ir. H Joko Widodo.

Di akhir amanatnya, Presiden memberikan tujuh instruksi kepada Polri yakni :

Pertama, terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Kedua, strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Tetap dilaksanakan secara profesional, sehingga akan memiliki daya ungkit yang lebih baik dalam pemulihan keadaan ekonomi dan sosial masyarakat.

Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, secara konsisten dan berkelanjutan. Pahami betul sejauh mana pemahaman, harapan, dan partisipasi masyarakat, serta lakukan evaluasi terus menerus.

Keempat, tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

Kelima, perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Keenam, pelajari dan dalami segala potensi kerawanan dan potensi konflik dalam setiap pentahapan pemilu kepala daerah tahun 2020 dan lakukan penanganan secara profesional dengan mengedepankan tindakan persuasif.

Ketujuh, pada kehidupan normal baru, bangun terus disiplin masyarakat untuk mencegah penyebaran covid 19 di tengah kegiatan produktif. Kawal setiap langkah pemulihan ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid -19. (red)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Bupati Larang ASN Lebong Mudik, Apalagi Gunakan Mobnas

Selasa, 4 Mei 2021 07:21 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Ini peringatan bagi seluruh ASN di lingkup Pemkab Lebong. Khususnya bagi pejabat eselon yang...

Bupati dan Ketua DPRD Lebong Teken Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Selasa, 4 Mei 2021 05:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori dan Ketua DPRD Carles Ronsen SSos menandatangani kesepakatan rancangan awal Rencana Pembangunan...

Toyota Hilux Jatuh ke Jurang, Sopir Patah Pinggang

Minggu, 2 Mei 2021 09:50 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kecelakaan tunggal terjadi di ruas jalan provinsi di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang pada Minggu (2/5/2021) siang...

HIPMI dan JMSI Bengkulu Berkolaborasi

Minggu, 2 Mei 2021 02:18 WIB

Dari kiri ke kanan : Dewan pakar JMSI Marsal Abadi, Ketua JMSI Riki Susanto, Ketum HIPMI Undang Sumbaga dan Dewan Pembina HIPMI Yuan...

BPD Berperan Wujudkan Lebong Bahagia dan Sejahtera

Sabtu, 1 Mei 2021 10:58 WIB

Bupati Kopli Ansori saat melantik anggota BPD fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori meminta seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa...

Enam Kali Bersurat ke DPUPR Minta Jalan Provinsi Diperbaiki, Toso : Tak Pernah Direspons

Kamis, 29 Apr 2021 11:48 WIB

Plt Kabid Bina Marga Haris Santoso ST fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP)...

Penyidikan Korupsi di Setwan Lebong Terus Bergulir, Delapan Auditor Hitung Kerugian Negara

Rabu, 28 Apr 2021 11:48 WIB

Kasis Pidsus Kejari Lebong Ronald Thomas Mendrofa SH fokusbengkulu,lebong – Penyidikan kasus dugaan korupsi anggaran rutin di Sekretariat Dewan...

Waduh, Oknum Polisi di Bengkulu Utara Simpan Sabu, Ganja hingga Senpi Rakitan

Selasa, 27 Apr 2021 08:54 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Subdit III Direktorat Resnarkoba Polda Bengkulu menangkap oknum polisi berinisial BH yang diketahui berdinas di Polres...

Tindaklanjuti Larangan Mudik, Polda Bengkulu Dirikan Lima Pos di Perbatasan

Minggu, 25 Apr 2021 02:30 WIB

Rakor Lintas Sektoral yang dihadiri Wagub Dr E H Rosjonsyah  fokusbengkulu,kotabengkulu – Polda Bengkulu mendirikan lima pos di perbatasan...

Polisi Tangkap Sejoli di Bengkulu yang Nekat Edar Sabu

Sabtu, 24 Apr 2021 11:56 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Seorang pria berinisial AF (30) dan perempuan berinisial WA (24) ditangkap tim Sat Resnarkoba Polres Bengkulu pada...

%d blogger menyukai ini: