• 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

fokusbengkulu,kotabengkulu – Peringatan Hari Bhayangkara ke 74, Tahun 2020 yang digelar Polda Bengkulu, tepatnya Rabu (1/7/2020), berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Jika di tahun-tahun sebelumnya, hari jadi Polri tersebut diperingati dengan upacara.

Kali ini, HUT Bhayangkara diperingati secara sederhana dan secara virtual di tengah Pandemi Covid-19. Dipimpin langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo dari Istana Presiden Republik Indonesia.

Peringatan Hari Bhayangkara ke -74 Polda Bengkulu digelar di Aula Command Center sekitar pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tesebut Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Sahimin Zainuddin serta segenap pejabat utama Polda Bengkulu.

Ikut hadir Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Dedy Ermansyah, dan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ichsan Fajri S.Sos.

Tak ketinggalan, unsur Forkompinda Provinsi Bengkulu seperti Danrem 041 Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil, Kajati Bengkulu Dr. Andi Muhammad Taufik SH MH.

Kemudian, Kabinda Bengkulu, Kepala BNNP Brigjen Pol Drs Toga Habinsaran Panjaitan, dan Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi.

Dalam Amanatnya, Presiden RI Ir Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke–74 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selain menyampaikan ucapan selamat, Presiden juga menyampaikan rasa terima kasihnya dan memberikan  penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang  ditunjukkan personel Polri.

Hal tersebut tak lain demi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait peran Polri di masa pandemi, Presiden mengungkapkan keberhasilan Polri bersama TNI telah menunjukkan kerja nyata dan sesuai harapan bersama dengan menggerakkan semua kekuatan.

Mulai dari satuan tingkat pusat dan kewilayahan (polda, polres dan polsek). Bahkan bhabin kamtibmas telah melaksanakan koordinasi dan sinergi yang baik dengan Babinsa dan perangkat desa serta masyarakat.

Sehubungan dengan tatanan hidup baru atau New Normal yang dicanangkan oleh pemerintah, Presiden meminta Polri untuk terus bersinergi dengan TNI dan elemen pemerintahan.

Kehidupan normal baru, dengan situasi kamtibmas yang kondusif, masyarakat akan semakin produktif.

”Saya harap tidak membuat institusi polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Presiden RI Ir. H Joko Widodo.

Di akhir amanatnya, Presiden memberikan tujuh instruksi kepada Polri yakni :

Pertama, terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Kedua, strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Tetap dilaksanakan secara profesional, sehingga akan memiliki daya ungkit yang lebih baik dalam pemulihan keadaan ekonomi dan sosial masyarakat.

Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, secara konsisten dan berkelanjutan. Pahami betul sejauh mana pemahaman, harapan, dan partisipasi masyarakat, serta lakukan evaluasi terus menerus.

Keempat, tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

Kelima, perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Keenam, pelajari dan dalami segala potensi kerawanan dan potensi konflik dalam setiap pentahapan pemilu kepala daerah tahun 2020 dan lakukan penanganan secara profesional dengan mengedepankan tindakan persuasif.

Ketujuh, pada kehidupan normal baru, bangun terus disiplin masyarakat untuk mencegah penyebaran covid 19 di tengah kegiatan produktif. Kawal setiap langkah pemulihan ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid -19. (red)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Pemkab Lebong Sarat Prestasi, Raih WTP dan Diganjar Penghargaan Kemenkeu

Jumat, 27 Nov 2020 09:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Masyarakat Bumi Swarang Patang Stumang patut berbangga. Meski usia Kabupaten Lebong baru menginjak 16 tahun. Namun, seabrek...

Pria Beristri Rudapaksa IRT Muda di Pondok Kebun

Jumat, 27 Nov 2020 01:22 WIB

Ilustrasi/net fokusbengkulu,lebong – Malang nasib Bulan ---nama samaran---, Ibu Rumah Tangga (IRT) muda berusia 18 tahun, warga Kecamatan Topos....

Oknum ASN Penusuk Ketua Panwascam Seluma Utara Tersangka

Kamis, 26 Nov 2020 01:07 WIB

Tersangka berinisial Kh  fokusbengkulu,seluma – Sat Reskrim Polres Seluma menetapkan Kh (43) yang diketahui merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara)...

Kukuhkan Pengurus Pusat, Bamsoet Yakin JMSI Komit Perangi Hoax

Kamis, 26 Nov 2020 09:53 WIB

fokusbengkulu,jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan besar kehadiran Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) akan semakin...

Webinar Sukses, Pjs Bupati Lebong : Pemerintah Hadir Pulihkan Ekonomi

Rabu, 25 Nov 2020 10:56 WIB

Pjs Bupati Lebong Herwan Antoni dan Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Donni Swabuana saat webinar berlangsung fokusbengkulu,lebong – Penjabat Sementara...

Ketua MPR Hadiri Pengukuhan Pengurus Pusat JMSI

Rabu, 25 Nov 2020 12:46 WIB

Ketua Umum JMSI Teguh Santosa (kiri) dan Sekjen JMSI Mahmud Marhaba (kanan) fokusbengkulu,jakarta – Pengurus Pusat (PP) Jaringan Media Siber...

Ketua Panwascam di Seluma Ditikam, Polisi Gerak Cepat Amankan Pelaku

Rabu, 25 Nov 2020 09:46 WIB

Polisi saat berada di TKP  fokusbengkulu,seluma – Peristiwa penikaman Ketua Panwascam Seluma Utara Husnul Hamidiah oleh pelaku berinisial KH...

Tersandung Kasus Korupsi Pasar Rakyat, Pejabat Pemprov Bengkulu Ditahan

Selasa, 24 Nov 2020 08:29 WIB

Tersangka Sy dan Rf sebelum dibawa ke sel tahanan Polres Lebong  fokusbengkulu,lebong – Eks pejabat Lebong yang saat ini dipercaya sebagai Kepala...

Program Indonesia Pintar Selaras dengan Visi Misi Kopli Ansori – Fahrurrozi

Selasa, 24 Nov 2020 12:40 WIB

Kopli Ansori - Fahrurrozi fokusbengkulu,lebong – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lebong Nomor Urut 3 Kopli Ansori dan Fahrurrozi...

Angkut Solar Subsidi, Dua Warga Bengkulu Utara Ditangkap

Senin, 23 Nov 2020 04:59 WIB

Barang bukti mobil yang digunakan mengangkut solar subsidi fokusbengkulu,bengkuluutara – Tim Subdit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) Direktorat...