•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

fokusbengkulu,kotabengkulu – Peringatan Hari Bhayangkara ke 74, Tahun 2020 yang digelar Polda Bengkulu, tepatnya Rabu (1/7/2020), berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Jika di tahun-tahun sebelumnya, hari jadi Polri tersebut diperingati dengan upacara.

Kali ini, HUT Bhayangkara diperingati secara sederhana dan secara virtual di tengah Pandemi Covid-19. Dipimpin langsung Presiden RI Ir H Joko Widodo dari Istana Presiden Republik Indonesia.

Peringatan Hari Bhayangkara ke -74 Polda Bengkulu digelar di Aula Command Center sekitar pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tesebut Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono MSi, Wakapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs Sahimin Zainuddin serta segenap pejabat utama Polda Bengkulu.

Ikut hadir Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Dedy Ermansyah, dan Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Ichsan Fajri S.Sos.

Tak ketinggalan, unsur Forkompinda Provinsi Bengkulu seperti Danrem 041 Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil, Kajati Bengkulu Dr. Andi Muhammad Taufik SH MH.

Kemudian, Kabinda Bengkulu, Kepala BNNP Brigjen Pol Drs Toga Habinsaran Panjaitan, dan Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi.

Dalam Amanatnya, Presiden RI Ir Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke–74 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selain menyampaikan ucapan selamat, Presiden juga menyampaikan rasa terima kasihnya dan memberikan  penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, yang  ditunjukkan personel Polri.

Hal tersebut tak lain demi memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait peran Polri di masa pandemi, Presiden mengungkapkan keberhasilan Polri bersama TNI telah menunjukkan kerja nyata dan sesuai harapan bersama dengan menggerakkan semua kekuatan.

Mulai dari satuan tingkat pusat dan kewilayahan (polda, polres dan polsek). Bahkan bhabin kamtibmas telah melaksanakan koordinasi dan sinergi yang baik dengan Babinsa dan perangkat desa serta masyarakat.

Sehubungan dengan tatanan hidup baru atau New Normal yang dicanangkan oleh pemerintah, Presiden meminta Polri untuk terus bersinergi dengan TNI dan elemen pemerintahan.

Kehidupan normal baru, dengan situasi kamtibmas yang kondusif, masyarakat akan semakin produktif.

”Saya harap tidak membuat institusi polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Presiden RI Ir. H Joko Widodo.

Di akhir amanatnya, Presiden memberikan tujuh instruksi kepada Polri yakni :

Pertama, terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Kedua, strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Tetap dilaksanakan secara profesional, sehingga akan memiliki daya ungkit yang lebih baik dalam pemulihan keadaan ekonomi dan sosial masyarakat.

Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, secara konsisten dan berkelanjutan. Pahami betul sejauh mana pemahaman, harapan, dan partisipasi masyarakat, serta lakukan evaluasi terus menerus.

Keempat, tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

Kelima, perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Keenam, pelajari dan dalami segala potensi kerawanan dan potensi konflik dalam setiap pentahapan pemilu kepala daerah tahun 2020 dan lakukan penanganan secara profesional dengan mengedepankan tindakan persuasif.

Ketujuh, pada kehidupan normal baru, bangun terus disiplin masyarakat untuk mencegah penyebaran covid 19 di tengah kegiatan produktif. Kawal setiap langkah pemulihan ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid -19. (red)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Langkah Kopli Ansori Perketat Pintu Masuk Lebong Tuai Pujian

Jumat, 30 Jul 2021 09:52 WIB

Kopli Ansori saat mendampingi Rohidin Mersyah meninjau posko PPKM di Desa Taba Blau, Jum'at (30/7/2021) fokusbengkulu,lebong – Langkah Ketua...

Datang ke Rejang Lebong, Gubernur Ingin Pastikan Bantuan di Tengah Penerapan PPKM Terealisasi

Jumat, 30 Jul 2021 08:12 WIB

Gubernur Rohidin Mersyah saat tiba di Rumdin Bupati fokusbengkulu,rejanglebong - Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA bersama segenap unsur...

Sempat Viral, Petani Lebong yang Pakai Masker Daun Dapat Amplop dari Gubernur

Jumat, 30 Jul 2021 05:36 WIB

Gubernur Rohidin Mersyah saat menyerahkan amplop, Jum'at (30/7/2021) fokusbengkulu,lebong – Dua orang petani warga Desa Tik Tebing Kecamatan...

Bank Bengkulu Kembali Salurkan Dana CSR, Kali Ini Sasar Masjid dan Panti Asuhan

Kamis, 29 Jul 2021 10:28 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bank Bengkulu Cabang Muara Aman kembali menyalurkan bantuan dana melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) atau...

Bupati Apresiasi Bintara Asal Papua Tempuh Pendidikan di SPN Bukit Kaba

Rabu, 28 Jul 2021 05:21 WIB

Bupati Syamsul Effendi saat mengikuti tradisi Diktukba, Senin (26/7/2021) fokusbengkulu,rejanglebong – Sebanyak 413 orang Siswa Bintara (Seba)...

PPKM di Rejang Lebong Masih Berlangsung, Bupati Syamsul Effendi Salurkan Bantuan Beras

Selasa, 27 Jul 2021 09:45 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Meningkatnya jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong memaksa pemerintah daerah menerapkan PPKM...

Satgas Covid-19 Lebong Putuskan Sopir Travel Hanya Tes Swab Antigen Seminggu Sekali, Kecuali..

Selasa, 27 Jul 2021 07:38 WIB

Bupati Kopli Ansori saat dikonfirmasi usai rapat evaluasi Satgas Covid-19, Selasa (27/7/2021) fokusbengkulu,lebong – Ketua Satgas Covid-19 yang...

Sopir Travel Ngeluh Penumpang Berkurang, Kopli Ansori Pastikan Pemerintah Segera Beri Solusi

Senin, 26 Jul 2021 10:06 WIB

Bupati Kopli Ansori saat bertemu dengan para sopir travel, Senin (26/7/2021) fokusbengkulu,lebong – Puluhan sopir travel Lebong yang bernaung di...

Innalillahi, Pria Lansia di Lebong Utara Ditemukan Tewas Gantung Diri

Minggu, 25 Jul 2021 11:15 WIB

Korban Suryanto saat akan dibawa pulang ke rumah duka dari RSUD Lebong fokusbengkulu,lebong – Innalillahi wa inna ilaihi rajiun..seorang pria...

Peduli Warga yang Sedang Isolasi Mandiri, Bupati Kopli Salurkan Bantuan Pangan

Jumat, 23 Jul 2021 07:56 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd menyalurkan bantuan jaminan hidup (Jadup) kepada warga yang...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus