• 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

Novermal Yuska

fokusbengkulu,kotabaru – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) sangat menyayangkan putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), yang mempidana wartawan Banjarhits.id terkait pemberitaan sengketa lahan.

Keputusan tersebut dinilai telah mencederai kebebasan pers dan akan menjadi rujukan bagi penegak hukum dalam menindaklanjuti pengaduan sengketa pers di kemudian hari.

“Ini tidak boleh dibiarkan,” tegas Ketua Bidang Hukum dan Advokasi JMSI Novermal Yuska, Selasa (11/8/2020).

Dia mengatakan, harus ada upaya hukum banding dan atau kasasi. Supaya, lex specialis Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers bisa ditegakkan.

“Hukum yang bersifat khusus mengenyampingkan hukum yang bersifat umum,” tegas Novermal.

Lanjut Novermal, majelis hakim harus membebaskan wartawan Banjarhits.id dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Karena sengketa pers tersebut sudah diselesaikan oleh Dewan Pers sebagaimana diamanatkan UU Pers, dan keputusan Dewan Pers melalui Pernyataan, Penilaian, dan Rekomensasi (PPR) sudah dilaksanakan oleh Banjarhits.id dengan memuat hak jawab pengadu dan sudah menghapus berita terkait.

Ia meminta Dewan Pers membantu wartawan Banjarhits.id dalam upaya hukum banding dan atau kasasi.

“Majelis hakim banding dan atau kasasi harus diyakinkan bahwa Undang-Undang Pers itu lex specialis, yang mana, apabila sengketa pers sudah diselesaikan sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Pers. Tidak boleh lagi ada pemidanaan dan atau tuntutan ganti rugi,” terangnya.

Tak hanya itu, Novermal pun meminta Dewan Pers memperkuat kesepakatan dengan Kapolri dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait sengketa pers.

“Polri harus menghormati kespesialisan Undang-Undang Pers dan Polri tidak boleh lagi melakukan proses hukum atas sengketa pers yang sudah diselesaikan oleh Dewan Pers,” tegasnya.

Novermal juga mengimbau agar masyarakat menghormati kerja-kerja jurnalistik.

“Silahkan melapor ke Dewan Pers jika merasa dirugikan oleh pemberitaan media. Karena Undang-Undang Pers mengamanatkan demikian,” tegasnya lagi.

Lebih lanjut, Novermal juga mengingatkan kembali pelaku media untuk taat dengan ketentuan Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang Pers.

“Berberita itu harus berdasarkan fakta dan berbasis data, berimbang, dan tidak boleh memuat opini yang menghakimi,” tandasnya.

Seperti diberitakan banyak media, seorang wartawan di Kalimantan Selatan, Diananta Putra Sumedi, Pemimpin Redaksi Media Siber Banjarhits.id diputus bersalah pada Senin, 10 Agustus 2020.

Karena melakukan ujaran kebencian terkait tulisannya tentang konflik tanah antara suku Dayak dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang dinilai dapat menyulut konflik. Ia dijatuhi hukuman penjara 3 bulan 15 hari.

Berita yang dipermasalahkan pelapor berjudul “Tanah Dirampas Jhonlin, Dayak Mengadu ke Polda Kalsel” yang dipublis Banjarhits.id pada 9 November 2019.

Pelapor bernama Sukirman dari Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan.

Sukirman mengadukan kasus ini ke Polda Kalimantan Selatan dan Dewan Pers pada November 2019. Meski sedang ditangani Dewan Pers, Kepolisian tetap melanjutkan proses penyelidikan.

Penyidik memanggil Diananta melalui surat nomor B/SA-2/XI/2019/Ditreskrimsus untuk dimintai keterangan oleh penyidik tanggal 26 November 2019.

Pada 5 Februari 2020, Dewan Pers memutuskan bahwa redaksi Kumparan.com menjadi penanggung jawab atas berita yang dimuat itu, bukan Banjarhits.id yang menjadi mitra.

Dewan Pers juga memutuskan, berita yang dilaporkan melanggar Pasal 8 Kode Etik Jurnalistik, karena menyajikan berita yang mengandung prasangka atas dasar perbedaan suku (SARA).

Dewan Pers merekomendasikan agar teradu melayani hak jawab dari pengadu, dan menjelaskan persoalan pencabutan berita yang dimaksud. Rekomendasi itu tertuang dalam PPR Dewan Pers.

Masalah sengketa pers ini dinyatakan selesai dan pihak Kumparan melalui Banjarhits.id sudah memuat hak jawab dari teradu dan menghapus berita yang dipermasalahkan. (rls/JMSI)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Direktur RSUD Layangkan Surat Pengunduran Diri, Begini Respons Bupati Kopli Ansori

Sabtu, 19 Jun 2021 09:09 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Direktur RSUD Lebong dr Ari Afriawan baru-baru ini melayangkan surat pengunduran diri ke Bupati...

Sambut Hangat JMSI Bengkulu, Bupati Sampaikan Pentingnya Peran Media dalam Membangun Lebong

Sabtu, 19 Jun 2021 12:56 WIB

fokusbengkulu,lebong - Bupati Lebong Kopli Ansori menyambut hangat kunjungan Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi...

Bidan Jadi Ujung Tombak Peningkatan Derajat Kesehatan Ibu dan Anak di Rejang Lebong

Kamis, 17 Jun 2021 10:58 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Pemkab Rejang Lebong bersama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berkomitmen untuk terus meningkatkan derajat...

Kecanduan Judi Sabung Ayam, Oknum ASN Lebong Nekat Curi Motor yang Terparkir di Halaman Masjid

Kamis, 17 Jun 2021 02:51 WIB

Tersangka berinisial DF yang merupakan ASN tertunduk lesu saat dicecar Kapolres AKBP Ichsan Nur  fokusbengkulu,lebong – Diduga karena kecanduan...

Dibuka Bupati, Pekan Digital SMAN 5 Lebong Sukses, Berikut Nama-nama Pemenang Lomba

Rabu, 16 Jun 2021 09:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pekan digital dan launching SIP-MAS (Sistem Aplikasi Manajemen Administrasi Sekolah) SMAN 5 Lebong dalam rangka kegiatan...

Gerebek Rumah di Pasar Tengah Curup, Polisi Ringkus Pria Diduga Pengedar Sabu

Rabu, 16 Jun 2021 06:38 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Rejang Lebong Polda Bengkulu menggerebek salah satu rumah di Kelurahan Pasar Tengah...

Tahun 2020, Pemkab Rejang Lebong Gelontorkan Rp 46 Miliar untuk Belanja Tak Terduga

Selasa, 15 Jun 2021 08:32 WIB

Sekda Rejang Lebong RA Denni menyampaikan nota pengantar ke Ketua DPRD Mahdi Husen SH fokusbengkulu,rejanglebong – Pemkab Rejang Lebong...

Maling Kuras Toko Emas New Jewellery di Pasar Muara Aman

Selasa, 15 Jun 2021 04:38 WIB

Etalase di Toko Emas New Jewellery yang kosong dikuras maling fokusbengkulu,lebong - Toko emas New Jewellery milik Bembi Lia Lestari (28) yang...

Kopli Ansori Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020

Selasa, 15 Jun 2021 12:32 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd menyampaikan Nota Pengantar...

Bawa Empat Paket Sabu, Pemuda Lebong Diciduk

Jumat, 11 Jun 2021 08:20 WIB

fokusbengkulu,lebong - Direktorat Resnarkoba Polda Bengkulu menciduk seorang pemuda berinisial BK (22) warga Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus

%d blogger menyukai ini: