Home / Hukum / Wartawan Senior Gugat Indosat Ooredoo dan Commonwealth Bank Rp 100 Miliar

Wartawan Senior Gugat Indosat Ooredoo dan Commonwealth Bank Rp 100 Miliar

Senin, 26 Okt 2020 08:37 WIB
Editor : Emzon Nurdin

Ilham Bintang (tengah) bersama tim kuasa hukum

fokusbengkulu,jakarta – Wartawan senior Ilham Bintang memutuskan segera memasukkan gugatan perdata terhadap dua korporasi. Yakni perusahaan seluler PT Indosat Ooredoo yang berkantor di Jalan Merdeka Barat Nomor 21 Jakarta Pusat. Serta, bank asing Commonwealth Bank yang berkantor di gedung WTC lantai 6, Jalan Jenderal Sudirman Kavling 24-31.

Ia menilai kedua korporasi tersebut bertanggung jawab atas dibajaknya simcard telepon seluler dan rekening bank miliknya oleh sindikat pembobol rekening bank.

Gugatan yang diajukan, selain kerugian materiil, juga kerugian inmateriil sebesar Rp 100 miliar.

Tim pengacara untuk gugatan perdata ini adalah Wina Armada, Purwaning, Gabril Mahal, dan Ryan Dwianto. Jika taka ada aral melintang, gugatan akan didaftarkan hari ini Senin (26/10/2020) ke Pengadilan Negeri (PN).

“Sejak awal kasus pembajakan HP Indosat dan dikurasnya uang tabungan saya di Commonwealth Bank masuk pengadilan, saya sudah merasakan kejanggalan hukum,” kata Ilham.

Dia tak terima, sebab hanya pelaku kejahatan yang diadili. Sedangkan korporasi besar yang seharusnya bertanggung jawab mengamankan identitas privasi, termasuk uang tabungannya di bank, lepas tangan.

“Sama sekali tidak ikut diadili,” ujar Ilham.

Para sindikat pembobolan bank Ilham, Rabu lalu, 21 Oktober 2020 telah divonis bersalah oleh Majelis Hakim PN Jakarta Barat. Dijatuhi hukuman bervariasi dari dua hingga empat tahun penjara.

Ilham menghormati keputusan majelis hakim. Tapi, ia menilai vonis itu tidak akan berdampak kuat pada penjeraan provider kartu ponsel dan perbankan untuk menjamin rahasia privasi publik serta simpanan di bank.

Masyarakat sudah lama resah akibat seringnya kasus pembajakan nomor SIM Hp dan berlanjut pembobolan uang tabungan nasabah bank di berbagai kota.

Bahkan, setelah kasusnya ditangani pihak berwajib, korban kejahatan simcard dan perbankan terus berjatuhan.

“Semula saya berharap, kasus saya akan menjadi momentum pamungkas dibangunnya sistem pengamanan yang lebih ketat terhadap rahasia privasi identitas publik yang dilayani korporasi besar yang sudah meraup keuntungan besar dari konsumennya,” ungkap dia.

Tapi, setelah di pengadilan, lanjut Ilham, wakil korporasi besar tidak diadili dan seperti terkesan tidak ikut bertanggung jawab atas kerugian nasabah mereka.

“Itu saya rasa sangat tidak adil. Makanya bersama tim pengacara, kami bertekad menchallenge kejanggalan itu,” kata wartawan senior yang dikenal sebagai pelopor jurnalisme infotainment itu.

Kasus dibajaknya HP dan dikurasnya tabungan Ilham sebesar AUD $ 25.263 dan tabungan rupiah sebesar Rp 16 juta terjadi awal Januari 2020.

Beberapa hari setelah Ilham bersama 14 anggota keluarganya berlibur akhir tahun ke Australia sekaligus menjenguk putri bungsu keluarga itu yang sedang studi di Melbourne.

Di awal perjalanan, Ilham sempat mengalami gangguan akses selama beberapa hari. Belakangan, dia sangat kaget, ketika akan mengambil uang tabungannya di Comonwealth Bank via ATM, dana tabungannya ternyata sudah dikuras habis oleh orang tidak dikenal melalui 94 kali penarikan/transaksi.

Ayah empat anak itu kemudian mengadukan kasus pembobolan bank di kantor Commonwealth Bank setempat.

Dan terpaksa mengakhiri jadwal liburan keluarga di Australia. Setiba di tanah air pendiri group media Cek&Ricek yang aktif menulis itu, bergerak cepat melaporkan kasus ini sambil mengekspos kasus pahit yang menimpa dia dan keluarganya di akun Fb.

Tulisan itu kemudian ramai dikutip media arus utama. Maka, sontak kasus tersebut mendapat perhatian besar. Polisi bertindak cepat dan berhasil membongkar jaringan sindikat di belakangnya.

Berkat kerja keras polisi dan jaksa, kasus tindak pidana pembobolan tabungan bank itu bisa diadili. Setelah menjalani beberapa kali sidang selama kurang lebih 4 bulan, majelis hakim menjatuhkan vonisnya Rabu pekan lalu. (red)

Baja Juga

News Feed

SOTK Baru, Direktur RSUD Lebong Pimpin Rapat Perdana

Kamis, 28 Mar 2024 06:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Lebong Rachman SKM MSi memimpin rapat perdana bersama jajarannya yang mengisi Susunan...

Safari Ramadan, Bupati Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid Tertua di Lebong

Selasa, 26 Mar 2024 11:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi kembali melanjutkan agenda...

Usai Mutasi, Pejabat Pemkab Lebong Tandatangani Perjanjian Kinerja di Hadapan Bupati

Senin, 25 Mar 2024 08:19 WIB

fokusbengkulu,lebong – Usai mutasi besar-besaran beberapa waktu lalu yang berlangsung dalam tiga jilid, Bupati Lebong Kopli Ansori SSos meminta...

Mutasi Jilid III, Bupati Kopli Lantik 38 Pejabat Administrasi

Jumat, 22 Mar 2024 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali menggelar mutasi untuk yang ketiga kalinya (Jilid III) sepanjang bulan Maret Tahun...

Bupati Kopli Ansori Ganti Enam Pjs Kades

Kamis, 21 Mar 2024 09:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos memutuskan mengganti enam Penjabat Sementara (Pjs) Kades di Kabupaten Lebong. Ini...

Gubernur Gelar Safari Ramadan di Lebong, Bupati Kopli : Momentum Pererat Silaturahmi

Rabu, 20 Mar 2024 11:56 WIB

fokusbengkulu,lebong – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MA menggelar Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 di Masjid Al-Falah Desa Lokasari...

Pemkab Lebong Gelar Safari Ramadan di 22 Masjid, Berikut Lokasinya

Senin, 18 Mar 2024 07:52 WIB

fokusbengkulu,lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal menggelar Safari Ramadan 1445 H di 22 masjid yang tersebar di beberapa kecamatan....

ASN yang Pernah Jadi Jurnalis Ini Kembali Dipercaya Pimpin Diskominfo Lebong

Sabtu, 16 Mar 2024 01:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali mempercayakan Danial Paripurna SE untuk menduduki jabatan Sekretaris Dinas...

Bupati Kopli Ansori Rombak Pejabat Eselon II, III dan IV, Ini Daftar Lengkapnya

Kamis, 7 Mar 2024 05:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Mutasi besar-besaran kembali digelar oleh Bupati Lebong Kopli Ansori di triwulan pertama Tahun 2024. Pelantikan dan...

Bupati Kopli Ansori Sambut Kunjungan Kerja Kajati di Lebong

Selasa, 5 Mar 2024 07:39 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori ikut menyambut kunjungan kerja (Kunker) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Rina Virawati...