Home / Daerah / Kota Bengkulu / Sudrajat dan Khimaya Wakili Bengkulu di Ajang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia

Finalis Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu

fokusbengkulu,kotabengkulu – Sudrajat Prawijaya asal Kabupaten Rejang Lebong dan Khimaya Turrusda dari Kabupaten Seluma berhasil keluar sebagai Juara I pada Grand Final ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu (PPKB) Tahun 2021 yang dihelat di Adeeva Hotel & Convention, Kamis (1/4/2021).

Sementara, Runner Up 1 diraih Ahmad Kemal Prasadda dan Grace Anggraini dari Kota Bengkulu. Di posisi Runner Up 2, ada nama Edo Gio Pernando dari Kabupaten Lebong dan Shintya Pandan Wangi dari Kabupaten Bengkulu Selatan. (Selengkapnya lihat daftar).

Pasangan yang dinobatkan sebagai juara I PPKB selanjutnya akan mewakili Provinsi Bengkulu di ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia. Sudrajat dan Khimaya diharapkan mampu mengharumkan nama Bumi Rafflesia di tingkat Nasional.

“Mari kita dukung terus generasi muda Bengkulu (Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu) sebagai motor penggerak edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu,” kata Founder PPKB Reko Serasi.

Dia menambahkan, pemuda-pemudi yang tergabung dalam Ikatan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu agar dapat mengemban amanah atau tanggung jawab dengan komitmen yang tinggi untuk edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu.

“Dan mampu memberikan dampak positif ke masyarakat dan generasi muda di bidang kebudayaan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mengatakan, PPKB merupakan bentuk nyata dukungan dari pemerintah terhadap upaya edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu oleh generasi muda.

“Bengkulu adalah provinsi yang kaya akan budaya, banyak cagar budaya nasional yang ada di sini. PPKB inilah yang akan menjadi ujung tombak kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu di lapangan,” kata Eri.

Ia berharap PPKB ke depan lebih aktif membangun kolaborasi dengan berbagai instansi seperti OPD yang dipimpinnya, Museum Negeri Bengkulu, Taman Budaya, dan elemen lainnya.

“Generasi muda yang tergabung dalam PPKB yang dituntut kreatif sehingga PPKB menjadi ikatan pemuda terbaik di Provinsi Bengkulu di bidang kebudayaan,” sampai Eri.

Dalam kesempatan yang sama, Penasihat PPKB Khrisna Gamawan berharap, PPKB harus selalu fokus pada kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

“Inilah yang menjadi pembeda mendasar antara PPKB dengan komunitas atau duta lainnya di Provinsi Bengkulu,” kata Khrisna.

Untuk diketahui, PPKB merupakan wadah bagi pemuda pemudi Bengkulu yang memiliki kepedulian dan keinginan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

Ratusan pemuda dan pemudi dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sebelumnya telah berkompetisi menjadi yang terbaik sejak tahap seleksi dimulai.

Kemudian para finalis mengikuti rangkaian karantina sebelum tiba di Grand Final yang merupakan acara puncak PPKB 2021.

Pada masa karantina, finalis berkesempatan belajar banyak hal. Tak hanya kebudayaan, juga ekonomi, public speaking, dan hal-hal lain dari pemateri-pemateri yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Malam Grand Final PPKB 2021 sendiri turut dihadiri Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 Diky Nuryulia Arby dari Yogyakarya dan Naomy T Tiffany Kitu dari Nusa Tenggara Timur. Kehadiran  keduanya tentu saja akan berdampak positif bagi kebudayaan Bengkulu.

Mengingat, mereka juga turut mengangkat kebudayaan Bengkulu di sosial medianya masing-masing sehingga bisa menjadi perhatian nasional.

Selain itu, PPKB pun mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu yang mempersembahkan kategori khusus sebagai bentuk support OJK terhadap generasi muda yang tak hanya fokus dalam hal edukasi dan pelestarian Kebudayaan.

Tapi juga berpengetahuan luas termasuk di sektor jasa keuangan. Oleh sebab itu, OJK memberikan dua predikat yakni Duta Inklusi Keuangan OJK yang diraih oleh Royen Cristoper dari Kabupaten Lebong dan Khimaya Turrusda dari Seluma. (red)

Berikut daftar pemenang Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu 2021 :

  • Juara 1            : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Khimaya Turrusda (Seluma)
  • Runner Up 1    : Ahmad Kemal Prasadda (Kota Bengkulu) dan Grace Anggraini (Kota Bengkulu)
  • Runner Up 2    : Edo Gio Pernando (Lebong) dan Shintya Pandan Wangi (Bengkulu Selatan)
  • Runner Up 3    : Royen Cristoper (Lebong) dan Amanda Anisa (Bengkulu Tengah)
  • Runner Up 4    : Denta Mustofa (Kota Bengkulu) dan Monica Badsty (Bengkulu Selatan)
  • Putera Puteri Intelegensi         : Puja Pratama (Mukomuko) dan Nherdatila (Kaur)
  • Putera Puteri Best Advokasi    : Muhammad Hanafi (Kota Bengkulu) dan Rahayu Oktaviani (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Persahabatan     : Akbil Revando (Kota Bengkulu) dan Eninda Rizky Irawan (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Favorit               : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Ferly Yorenza (Lebong)

Baja Juga

News Feed

SOTK Baru, Direktur RSUD Lebong Pimpin Rapat Perdana

Kamis, 28 Mar 2024 06:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Lebong Rachman SKM MSi memimpin rapat perdana bersama jajarannya yang mengisi Susunan...

Safari Ramadan, Bupati Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid Tertua di Lebong

Selasa, 26 Mar 2024 11:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi kembali melanjutkan agenda...

Usai Mutasi, Pejabat Pemkab Lebong Tandatangani Perjanjian Kinerja di Hadapan Bupati

Senin, 25 Mar 2024 08:19 WIB

fokusbengkulu,lebong – Usai mutasi besar-besaran beberapa waktu lalu yang berlangsung dalam tiga jilid, Bupati Lebong Kopli Ansori SSos meminta...

Mutasi Jilid III, Bupati Kopli Lantik 38 Pejabat Administrasi

Jumat, 22 Mar 2024 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali menggelar mutasi untuk yang ketiga kalinya (Jilid III) sepanjang bulan Maret Tahun...

Bupati Kopli Ansori Ganti Enam Pjs Kades

Kamis, 21 Mar 2024 09:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos memutuskan mengganti enam Penjabat Sementara (Pjs) Kades di Kabupaten Lebong. Ini...

Gubernur Gelar Safari Ramadan di Lebong, Bupati Kopli : Momentum Pererat Silaturahmi

Rabu, 20 Mar 2024 11:56 WIB

fokusbengkulu,lebong – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MA menggelar Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 di Masjid Al-Falah Desa Lokasari...

Pemkab Lebong Gelar Safari Ramadan di 22 Masjid, Berikut Lokasinya

Senin, 18 Mar 2024 07:52 WIB

fokusbengkulu,lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal menggelar Safari Ramadan 1445 H di 22 masjid yang tersebar di beberapa kecamatan....

ASN yang Pernah Jadi Jurnalis Ini Kembali Dipercaya Pimpin Diskominfo Lebong

Sabtu, 16 Mar 2024 01:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali mempercayakan Danial Paripurna SE untuk menduduki jabatan Sekretaris Dinas...

Bupati Kopli Ansori Rombak Pejabat Eselon II, III dan IV, Ini Daftar Lengkapnya

Kamis, 7 Mar 2024 05:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Mutasi besar-besaran kembali digelar oleh Bupati Lebong Kopli Ansori di triwulan pertama Tahun 2024. Pelantikan dan...

Bupati Kopli Ansori Sambut Kunjungan Kerja Kajati di Lebong

Selasa, 5 Mar 2024 07:39 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori ikut menyambut kunjungan kerja (Kunker) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Rina Virawati...