• 888
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    888
    Shares

Bupati Lebong Kopli Ansori saat audiensi dengan Kementan RI

fokusbengkulu,lebong – Bupati Kopli Ansori memang baru beberapa bulan dipercaya menahkodai Kabupaten Lebong. Meski kepemimpinannya baru seumur jagung. Namun, bukan sekali dua Kopli membuktikan kegigihan serta komitmennya bersama dengan Wabup Drs Fahrurrozi M.Pd dalam membangun Bumi Swarang Patang Stumang.

Teranyar, di minggu keempat bulan Mei ini, Bupati termuda se Provinsi Bengkulu tersebut kembali menginjakkan kaki di Ibu Kota untuk berkunjung ke sejumlah kementerian. Ada tiga kementerian yang ia datangi selama kurang lebih sepekan berada di Jakarta. Yakni, Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tujuannya tak lain agar pemerintah pusat memberikan perhatian lebih ke Kabupaten Lebong. Baik itu dalam hal kucuran anggaran maupun bantuan. Kopli juga ingin agar program Pemkab Lebong dan pemerintah pusat memiliki keselarasan.

“Komunikasi intens dengan Pemerintah Pusat akan terus kita bangun. Sebab, untuk mengatasi keterbatasan yang kita miliki, terutama dalam hal anggaran. Kita tidak bisa hanya berdiam diri di Lebong,” ungkap Kopli, Kamis (27/05/2021).

Data diperoleh, saat datang ke Kementan, Kopli bersama dengan beberapa pejabat eselon dari OPD teknis diterima oleh Wakil Menteri (Wamen) Pertanian Harvick Hasnul Qolbi. Pembahasan yang dilakukan berkenaan dengan program-program di sektor pertanian yang akan digeber oleh Pemkab Lebong. Harapannya, agar bisa mendapatkan dukungan penuh dari Kementan.

“Tentunya kepada Pak Wamen Pertanian kita berharap dukungan DAK pusat dalam merealisasikan program-program kita. Terutama dalam upaya meningkatkan produksi pertanian,” tuturnya.

Bupati Kopli Ansori bersama Wamen Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi

 

Dalam kesempatan itu, ada 10 poin yang dibahas. Pertama, upaya menumbuhkan minat kalangan millenial untuk menjadi petani. Kedua, segera menindaklanjuti jenis kebutuhan infrastruktur kepada Dirjen (Direktur Jenderal) terkait di Kementan. Ketiga, agar Kementan mengakomodir kegiatan di sektor pertanian melalui DAK bidang pertanian.

Keempat, mendorong terciptanya food estate di Kabupaten Lebong, sebagai salah satu penggerak ekonomi berskala ekspor. Kemudian, kelima, menumbuhkan Indeks Pertanaman (IP) dan pembasmian hama tikus. Ini menjadi fokus dalam upaya meningkatkan produksi pertanian dan akan ditindaklanjuti kepada dirjen terkait dan juga BPTP Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Keenam, study ke daerah yang telah merealisasikan food estate. Ketujuh, terkait produk beras premium yang sejauh ini belum dimiliki oleh Kabupaten Lebong. Kementan diharapkan dapat membina dan memberi bantuan RMU berteknologi tinggi, sehingga bisa menghasilkan produk beras premium.

Kedelapan, mengembangkan dan menindaklanjuti program social forestry berupa pengembangan pisang. Kesembilan, mengembangkan produk hortikultura unggulan di Kabupaten Lebong. Yakni, jeruk dan manggis sehingga memiliki produk turunan dan pasar yang lebih luas.

Kesepuluh, berkenaan dengan upaya meningkatkan produk perkebunan seperti kopi dan gula aren di Kabupaten Lebong. Termasuk, pengolahan produk turunan dari komoditas tersebut sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Sementara kunjungan ke Kementerian PUPR sendiri, merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya. Ini untuk memastikan agar DAK (Dana Alokasi Khusus) yang dikucurkan ke Lebong terus meningkat.

Bupati Kopli Ansori saat berada di Kementerian PUPR

 

“Intinya kita berharap kucuran DAK infrastruktur ke Kabupaten Lebong, bisa jauh lebih tinggi dari tahun sebelumnya agar pembangunan semakin optimal,” sampai Kopli.

Sementara di Kemendagri, Kopli bertemu dengan staf khusus Mendagri yaitu Sang Made Mahendra Jaya. Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan permasalahan tapal batas yang sangat merugikan Pemkab Lebong pasca terbitnya Permendagri Nomor 20 Tahun 2015 tentang Batas Daerah Kabupaten Lebong dengan Kabupaten Bengkulu Utara.

“Dengan pertemuan itu diharapkan adanya revisi Permendagri tentang tapal batas yang ditindaklanjuti oleh Pemprov dan Kemendagri,” demikian Kopli. (red)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Innalillahi, Warga Bermani Ulu Meninggal Tertimpa Pohon

Jumat, 24 Sep 2021 07:59 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Innalillahi wa inna ilaihi raji'un..Malang nasib Adi Setiadi (36) warga Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten...

Tambang Emas Ilegal di Lebong Telan Korban Lagi, Satu Orang Tewas Tertimbun

Kamis, 23 Sep 2021 10:04 WIB

Kapolsek Lebong Utara AKP L Naibaho (belakang) beserta anggota saat berada di TKP, Kamis (23/9/2021) fokusbengkulu,lebong – Tambang emas tanpa...

Longsor Tutup Akses Lebong – Rejang Lebong, Wabup Bermalam di Lokasi

Selasa, 21 Sep 2021 10:32 WIB

Wabup Fahrurrozi (tengah) masih berada di lokasi hingga Selasa (21/9/2021) pagi fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar...

Polres Rejang Lebong Gelar Operasi Patuh, Sasar Kerumunan dan Pelanggaran Lalu Lintas

Senin, 20 Sep 2021 03:58 WIB

Bupati Syamsul Effendi menyematkan atribut Operasi Patuh Nala 2021 fokusbengkulu,rejanglebong – Polres Rejang Lebong resmi menggelar Operasi Patuh...

Tempo Lima Jam, Pelaku Penikaman di Cafe Pantai Panjang Diringkus

Minggu, 19 Sep 2021 10:34 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Gerak cepat personel Sat Reskrim Polres Bengkulu Polda Bengkulu dalam mengungkap kasus penikaman terhadap korban...

Astaga, Pria Berpeci Ini Masuk Masjid Lalu Gasak Uang Kotak Amal

Jumat, 17 Sep 2021 07:39 WIB

Tangkapan layar pelaku saat berada di dalam masjid fokusbengkulu,lebong – Jika orang lain datang ke masjid mengenakan gamis dan peci untuk...

Demi Masyarakat Lebong, Bupati Wacanakan Bangun Rumah Singgah di Dekat RSMY

Kamis, 16 Sep 2021 10:35 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Bupati Kopli Ansori punya wacana menarik demi membantu masyarakat Lebong. Apa itu ? Mess milik...

Sekda Pastikan Hasil Uji Kompetensi Jadi Pertimbangan Mutasi dan Rotasi

Kamis, 16 Sep 2021 08:02 WIB

Sekda H Mustarani Abidin SH M.Si (tengah) saat membuka uji kompetensi di Graha Bina Praja, Kamis (16/9/2021) fokusbengkulu,lebong – Sekretaris...

Pejabat Eselon II Ikut Uji Kompetensi, Berikut Daftar Namanya

Rabu, 15 Sep 2021 11:58 WIB

Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH M.Si fokusbengkulu,lebong – Perlahan tapi pasti, Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs...

PPKM Longgar, Bupati Syamsul Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Terapkan Prokes

Selasa, 14 Sep 2021 03:53 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan...

%d blogger menyukai ini: