fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd terus mengambil langkah nyata agar pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lebong optimal di tengah keterbatasan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Tak hanya gesit mengejar aggaran pusat bersama OPD dengan mendatangi sejumlah kementerian, Bupati juga meminta dukungan dari Pemprov Bengkulu.

Seperti disampaikan Bupati ketika memberikan sambutan dan arahan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Tahun 2021-2026, di ruang aula Bappeda di kawasan perkantoran Tubei, Kamis (3/6/2021).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kasubbbag Perencanaan Bappeda Provinsi Bengkulu M Rizki Al Fadli S.IP M.Si tersebut, Bupati meminta agar Pemprov memprioritaskan pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Kabupaten Lebong. Baik itu jalan, jembatan, irigasi dan infrastruktur lainnya.

Bupati Kopli Ansori menandatangani berita acara Musrenbang

 

“Kami memohon dukungan Pemerintah Provinsi Bengkulu agar Lebong diprioritaskan,” ujar Bupati.

Di sisi lain, orang nomor satu di Kabupaten Lebong tersebut juga tak bosan-bosannya menekankan kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di jajaran Pemkab Lebong agar dalam menyusun program berorientasi pada hasil. Kemudian, bisa menterjemahkan visi dan misi yang dia usung bersama dengan Wabup Drs Fahrurrozi MPd, yakni untuk mewujudkan masyarakat Lebong yang bahagia dan sejahtera.

Sekda H Mustarani Abidin SH M.Si menandatangani berita acara Musrenbang

 

“Jangan hanya asal menyusun. Program-proram yang dibuat haruslah berorientasi kepada hasil yang nyata dan bisa dirasakan oleh masyarakat manafaatnya,” kata Bupati.

Pejabat Sampaikan Uneg-uneg ke Pemprov

Ada juga hal yang menarik dalam kegiatan Musrenbang RPJMD Kabupaten Lebong Tahun 2021-2026 yang berjalan lancar dan sukses tersebut. Meski, perwakilan dari Pemprov Bengkulu yang hadir bukanlah pejabat yang berkompeten mengambil keputusan. Melainkan, hanya sebatas Kasubbag Perencanaan Bappeda. Rupanya, itu tidak menjadi alasan bagi beberapa pejabat eselon di lingkup Pemkab Lebong untuk menumpahkan uneg-uneg.

Seperti yang disampaikan oleh Kabag Ortala (Organisasi dan Tata Laksana) Elsivera. Perempuan yang juga pernah menjabat sebagai Kabid Aset BKD Lebong ini mendesak agar infrastruktur di Kabupaten Lebong yang menjadi kewenangan Pemrov Bengkulu yang saat ini mengalami kerusakan, bisa segera diperbaiki. Terutama akses jalan segmen Bioa Sengok – Muara Aman dan Muara Aman – Atas Tebing.

Jalan poros yang sangat vital bagi masyarakat tersebut banyak rusak. Bahkan, di beberapa titik, badan jalan terancam amblas. Seperti di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang dan Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan.

“Kondisi akses, baik jalan dan jembatan maupun irigasi yang merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi dalam kondisi tidak baik atau buruk. Terutama jalan, ini agar menjadi perhatian Pemprov dan segera diperbaiki,” sampai Elsivera saat sesi tanya jawab.

Dia meminta, pemerataan pembangunan, sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tidak hanya sebatas wacana.

“Yang punya wilayah itu kan kabupaten kota. Nah, khususnya infrastruktur yang locusnya di Lebong, agar bisa segera ditangani,” tandasnya.

Sedikit berbeda dari Elsivera yang menekankan soal infrastruktur, Kepala Kesbangpol Lebong M Ikram SSos menyoroti Dana Bagi Hasil (DBH). Dia mendesak agar Pemprov transparan dalam penghitungan DBH yang menjadi hak Pemkab Lebong. Seperti bagi hasil Pajak Air Permukaan (PAP), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan beberapa jenis DBH lainnya.  

Kata Ikram, dalam menghitung DBH, seharusnya melibatkan kabupaten-kabupaten penghasil. Apa lagi, menurutnya, Lebong memiliki potensi. Terutama, dalam bidang energi. Dengan begitu, jika penghitungan DBH melibatkan Pemkab Lebong, maka nilai yang diperoleh dimungkinkan akan cukup besar untuk menyokong pembangunan.

“Sampai sekarang, belum pernah saya dengar bahwa Gubernur itu melibatkan kabupaten penghasil. Tau-tau, sudah keluar pembagian sekian persen DBH untuk Lebong,” sampai Ikram.

Menjawab hal itu, Kasubbag Perencanaan Bappeda Provinsi Bengkulu M Rizki Al Fadli S.IP M.Si mengatakan, apa yang telah disampaikan tersebut menjadi catatan untuk diupayakan segera ditindaklanjuti.

“Dengan keterbatasan anggaran, tentu perbaikan akan dilakukan secara bertahap. Kalau utuk jalan provinsi, itu Insya Allah akan diperbaiki tahun ini,” katanya.

Perwakilan Pemprov Bengkulu menandatangani berita acara Musrenbang

 

Pantauan fokusbengkulu.com, hadir dalam Musrenbang RPJMD itu, Akademisi dari Universitas Bengkulu (Unib) Dr Retno Agustina SE M.Sc, perwakilan dari Bappeda Rejang Lebong Ria Natalia SP MT, Ketua Komisi III DPRD Lebong Rama Chandra. Tak ketinggalan, unsur FKPD seperti Kapolres Ichsan Nur S.IK, Pabung (Perwira Penghubung) Mayor Damanik, dan Kasi Intel Kejari Muhammad Zacky serta perwakilan instansi vertikal lain.

Kemudian, ada Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin, para Asisten, Plt Kepala Bappeda Lebong Drs Robert Rio Mantovani, Plt Kepala Dinas PUPR Joni Prawinata MM, Plt Kepala BKD Erik Rosadi SSTP M.Si beserta segenap pejabat eselon. Hadir pula, Pemimpin Cabang (Pinca) Bank Bengkulu Muara Aman Agustian Domargo, perwakilan dari PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Hululais Gunawan SP serta undangan lainnya. (wez)

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Warga Kota Bengkulu Temukan Mayat Mr X Tanpa Busana, Mengapung di Pinggir Pantai

Kamis, 30 Jun 2022 05:40 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu - Sesosok mayat tanpa identitas berjenis kelamin laki-laki ditemukan warga di pinggir pantai di Jalan Enggano RT 02 RW 01...

Hadiri Paripurna Pertanggungjawaban APBD, Bupati Pastikan Tindaklanjuti Saran dan Masukan Legislatif

Kamis, 30 Jun 2022 03:39 WIB

Bupati Bengkulu Utara Ir Mian dan Ketua DPRD Sonti Bakara SH fokusbengkulu,bengkuluutara - Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian menghadiri rapat...

Satroni Alfamart, Perampok Bersenpi Gondol Uang Rp 13 Juta

Senin, 27 Jun 2022 09:00 WIB

fokusbengkulu,lebong - Gerai ritel modern Alfamart di Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah disatroni perampok pada Minggu (26/6/2022)...

Bobol Sekolah, Dua Anak di Bawah Umur Gasak Puluhan Notebook

Sabtu, 25 Jun 2022 09:59 WIB

fokusbengkulu,kepahiang – Gedung SMPN 1 Kepahiang yang berlokasi di Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan disatroni maling pada Kamis (23/6/2022)....

Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI Dukung Pengembangan Desa Wisata di Lebong

Selasa, 21 Jun 2022 10:10 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Komisi X DPR RI mendukung penuh pengembangan sektor...

GANN Lebong Siap Bersinergi Perangi Narkoba dan Radikalisme

Senin, 20 Jun 2022 09:35 WIB

fokusbengkulu,lebong – Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Kabupaten Lebong siap bersinergi alias bekerja sama dengan pemerintah daerah,...

Tahun Ini Sedot Rp 3,4 Miliar, Kapan Pasar Modern Muara Aman Bisa Ditempati ? Begini Penjelasan Dinas PUPRP

Minggu, 19 Jun 2022 11:01 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pembangunan Pasar Modern Muara Aman di Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara kembali dilanjutkan tahun ini dan...

Hujan Lebat Picu Longsor, Rumah di Lebong Selatan Jebol

Sabtu, 18 Jun 2022 02:31 WIB

Warga bersama anggota Polri membersihkan material longsor fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sebagian besar...

Polres Lebong Dalami Dugaan Penyelewengan DD-ADD Semelako Atas

Kamis, 16 Jun 2022 04:21 WIB

Foto (Tribunbengkulu.com) : Kasat Reskrim Iptu Alexander SE  fokusbengkulu,lebong – Masih ingat dengan pengaduan terkait dugaan penyelewengan...

MT-II Berhasil, Giliran Petani Lebong Sakti Panen Padi

Rabu, 15 Jun 2022 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Program unggulan Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi MPd yakni tanam minimal dua kali setahun untuk...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus

%d blogger menyukai ini: