Home / Daerah / Lebong / Tak Hanya Kejar Anggaran Pusat, Kopli Ansori Juga Minta Dukungan Pemprov Bengkulu

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd terus mengambil langkah nyata agar pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lebong optimal di tengah keterbatasan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Tak hanya gesit mengejar aggaran pusat bersama OPD dengan mendatangi sejumlah kementerian, Bupati juga meminta dukungan dari Pemprov Bengkulu.

Seperti disampaikan Bupati ketika memberikan sambutan dan arahan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Tahun 2021-2026, di ruang aula Bappeda di kawasan perkantoran Tubei, Kamis (3/6/2021).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kasubbbag Perencanaan Bappeda Provinsi Bengkulu M Rizki Al Fadli S.IP M.Si tersebut, Bupati meminta agar Pemprov memprioritaskan pembangunan dan perbaikan infrastruktur di Kabupaten Lebong. Baik itu jalan, jembatan, irigasi dan infrastruktur lainnya.

Bupati Kopli Ansori menandatangani berita acara Musrenbang

 

“Kami memohon dukungan Pemerintah Provinsi Bengkulu agar Lebong diprioritaskan,” ujar Bupati.

Di sisi lain, orang nomor satu di Kabupaten Lebong tersebut juga tak bosan-bosannya menekankan kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di jajaran Pemkab Lebong agar dalam menyusun program berorientasi pada hasil. Kemudian, bisa menterjemahkan visi dan misi yang dia usung bersama dengan Wabup Drs Fahrurrozi MPd, yakni untuk mewujudkan masyarakat Lebong yang bahagia dan sejahtera.

Sekda H Mustarani Abidin SH M.Si menandatangani berita acara Musrenbang

 

“Jangan hanya asal menyusun. Program-proram yang dibuat haruslah berorientasi kepada hasil yang nyata dan bisa dirasakan oleh masyarakat manafaatnya,” kata Bupati.

Pejabat Sampaikan Uneg-uneg ke Pemprov

Ada juga hal yang menarik dalam kegiatan Musrenbang RPJMD Kabupaten Lebong Tahun 2021-2026 yang berjalan lancar dan sukses tersebut. Meski, perwakilan dari Pemprov Bengkulu yang hadir bukanlah pejabat yang berkompeten mengambil keputusan. Melainkan, hanya sebatas Kasubbag Perencanaan Bappeda. Rupanya, itu tidak menjadi alasan bagi beberapa pejabat eselon di lingkup Pemkab Lebong untuk menumpahkan uneg-uneg.

Seperti yang disampaikan oleh Kabag Ortala (Organisasi dan Tata Laksana) Elsivera. Perempuan yang juga pernah menjabat sebagai Kabid Aset BKD Lebong ini mendesak agar infrastruktur di Kabupaten Lebong yang menjadi kewenangan Pemrov Bengkulu yang saat ini mengalami kerusakan, bisa segera diperbaiki. Terutama akses jalan segmen Bioa Sengok – Muara Aman dan Muara Aman – Atas Tebing.

Jalan poros yang sangat vital bagi masyarakat tersebut banyak rusak. Bahkan, di beberapa titik, badan jalan terancam amblas. Seperti di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang dan Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan.

“Kondisi akses, baik jalan dan jembatan maupun irigasi yang merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi dalam kondisi tidak baik atau buruk. Terutama jalan, ini agar menjadi perhatian Pemprov dan segera diperbaiki,” sampai Elsivera saat sesi tanya jawab.

Dia meminta, pemerataan pembangunan, sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tidak hanya sebatas wacana.

“Yang punya wilayah itu kan kabupaten kota. Nah, khususnya infrastruktur yang locusnya di Lebong, agar bisa segera ditangani,” tandasnya.

Sedikit berbeda dari Elsivera yang menekankan soal infrastruktur, Kepala Kesbangpol Lebong M Ikram SSos menyoroti Dana Bagi Hasil (DBH). Dia mendesak agar Pemprov transparan dalam penghitungan DBH yang menjadi hak Pemkab Lebong. Seperti bagi hasil Pajak Air Permukaan (PAP), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan beberapa jenis DBH lainnya.  

Kata Ikram, dalam menghitung DBH, seharusnya melibatkan kabupaten-kabupaten penghasil. Apa lagi, menurutnya, Lebong memiliki potensi. Terutama, dalam bidang energi. Dengan begitu, jika penghitungan DBH melibatkan Pemkab Lebong, maka nilai yang diperoleh dimungkinkan akan cukup besar untuk menyokong pembangunan.

“Sampai sekarang, belum pernah saya dengar bahwa Gubernur itu melibatkan kabupaten penghasil. Tau-tau, sudah keluar pembagian sekian persen DBH untuk Lebong,” sampai Ikram.

Menjawab hal itu, Kasubbag Perencanaan Bappeda Provinsi Bengkulu M Rizki Al Fadli S.IP M.Si mengatakan, apa yang telah disampaikan tersebut menjadi catatan untuk diupayakan segera ditindaklanjuti.

“Dengan keterbatasan anggaran, tentu perbaikan akan dilakukan secara bertahap. Kalau utuk jalan provinsi, itu Insya Allah akan diperbaiki tahun ini,” katanya.

Perwakilan Pemprov Bengkulu menandatangani berita acara Musrenbang

 

Pantauan fokusbengkulu.com, hadir dalam Musrenbang RPJMD itu, Akademisi dari Universitas Bengkulu (Unib) Dr Retno Agustina SE M.Sc, perwakilan dari Bappeda Rejang Lebong Ria Natalia SP MT, Ketua Komisi III DPRD Lebong Rama Chandra. Tak ketinggalan, unsur FKPD seperti Kapolres Ichsan Nur S.IK, Pabung (Perwira Penghubung) Mayor Damanik, dan Kasi Intel Kejari Muhammad Zacky serta perwakilan instansi vertikal lain.

Kemudian, ada Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin, para Asisten, Plt Kepala Bappeda Lebong Drs Robert Rio Mantovani, Plt Kepala Dinas PUPR Joni Prawinata MM, Plt Kepala BKD Erik Rosadi SSTP M.Si beserta segenap pejabat eselon. Hadir pula, Pemimpin Cabang (Pinca) Bank Bengkulu Muara Aman Agustian Domargo, perwakilan dari PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Hululais Gunawan SP serta undangan lainnya. (wez)

 

Baja Juga

News Feed

Banjir Surut, Bupati Kopli Ansori Salurkan Bantuan Pangan dan Air Bersih

Rabu, 17 Apr 2024 09:24 WIB

fokusbengkulu,lebong - Bupati Lebong Kopli Ansori SSos menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana berupa kebutuhan pangan kepada warga yang...

Banjir di Lebong : Ratusan Rumah Terendam, Sawah Hancur, Mobil hingga Ternak Tersapu

Selasa, 16 Apr 2024 05:26 WIB

fokusbengkulu,lebong – Masyarakat Lebong sedang berduka. Banjir bandang akibat luapan air Sungai Ketahun menerjang sedikitnya 7 desa pada Selasa...

Empat Posisi Ini Sepi Peminat, Pendaftaran Lelang JPTP Diperpanjang

Senin, 15 Apr 2024 09:01 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebanyak empat posisi atau jabatan eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang dilelang, diketahui sepi...

Besok ASN Masuk Kerja, Lusa Halal Bihalal

Senin, 15 Apr 2024 08:53 WIB

fokusbengkulu,lebong – Seluruh ASN, baik PNS maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebong...

Bank Bengkulu Luncurkan Kredit Konsumer, Bebas Biaya Administrasi dan Provisi

Kamis, 4 Apr 2024 11:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bank Bengkulu Cabang Muara Aman (BaBe MaMan) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada segenap nasabah yang ada di...

Jelang Idul Fitri, Dinas PUPRP Lebong Ambil Alih Perbaikan Jalan Provinsi

Rabu, 3 Apr 2024 07:32 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP) Kabupaten Lebong mengambil alih perbaikan ruas jalan provinsi...

Tak Hanya Berobat Gratis, Kopli Juga Siapkan Bantuan untuk Pendamping Warga yang Sakit

Rabu, 3 Apr 2024 12:22 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komitmen Bupati Lebong Kopli Ansori SSos untuk memberikan layanan kesehatan prima kepada masyarakat, khususnya warga miskin,...

Momen Ramadan, Ketua DPRD Lebong Santuni Anak Yatim

Senin, 1 Apr 2024 05:42 WIB

fokusbengkulu,lebong - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong Carles Ronsen SSos memanfaatkan momentum Ramadan 1445 H Tahun...

Safari Ramadan, Bupati Ungkap Komitmennya Tingkatkan Pelayanan Dasar bagi Masyarakat

Jumat, 29 Mar 2024 09:59 WIB

fokusbengkulu,lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong kembali melanjutkan agenda Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 pada Kamis (28/3/2024) malam....

10 Kursi Jabatan Eselon II Kosong, Pemkab Lebong Gelar Seleksi Terbuka

Kamis, 28 Mar 2024 06:53 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebanyak 10 kursi jabatan eselon II.b atau setara Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Lebong saat ini...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus