Home / Daerah / Lebong / Kopli Ansori – Fahrurrozi Turun ke Sawah, Tanam Padi dan Musnahkan 36 Ribu Ekor Tikus

Bupati Kopli Ansori dan Wabup Fahrurrozi memusnahkan ekor tikus

fokusbengkulu,lebong – Semangat Bupati Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP) atau turun tanam minimal dua kali dalam setahun di Kabupaten Lebong, patut diacungi jempol. Ini dibuktikan dengan memulai gerakan pengendalian hama tikus serentak dan tanam padi di areal persawahan Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya, Rabu (14/7/2021) pagi sejak sekitar pukul 10.30 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Kopli dan Fahrurrozi tak segan-segan turun ke sawah. Tak hanya menanam padi sebagai tanda dimulainya Musim Tanam Kedua (MT-2). Pasangan kepala daerah itu, bersama Kepala Dinas TPHP (Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan) Provinsi Bengkulu Ir Ricky Gunarwan dan segenap unsur FKPD, kemudian meracuni tikus dengan teknik pengasapan menggunakan Tiran.

Mereka tampak menyusuri pematang sawah, mencari lubang lalu memasukkan alat mercon tikus. Kemudian, dilanjutkan dengan pemusnahan 34 ribu ekor tikus yang telah diburu oleh petani di Desa Kota Baru dan sekitarnya dalam kurun waktu 22 hari terakhir, dengan cara dibakar.

Tak hanya bagian ekor, ada juga tikus yang masih utuh sejumlah 2.345, hasil perburuan hanya dalam satu malam, pada Selasa (13/7/2021). Total ada 36.345 ekor tikus yang dimusnahkan.

Pantauan di lapangan, unsur FKPD yang ikut dalam kegiatan itu seperti Kapolres AKBP Ichsan Nur S.IK, Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Czi Trisnu Novawan, Kasi Intelijen Kejari Muhammad Zaki dan Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen SSos.

“Pengendalian hama tikus ini, kita lakukan dengan menyalurkan bantuan pestisida dan Tiran kepada petani. Kemudian, dengan sistem perburuan. Kita beri insentif Rp 3 ribu per ekor tikus. Kami juga sangat berterimakasih kepada Pemprov Bengkulu yang telah mendukung penuh,” ungkap Kopli saat diwawancarai awak media usai kegiatan.

Bupati, Kepala Dinas TPHP (tengah) dan Wabup saat membasmi tikus dengan teknik pengasapan

 

Bupati termuda se Provinsi Bengkulu itu berujar, dengan pembasmian hama tikus, dibarengi dengan upaya pemerataan MT 2 di seluruh wilayah Lebong, ia optimis target IP 200 tercapai.

“Ke depannya, saya yakin program ini pasti bisa terus berjalan. Karena, tidak ada lagi hambatan. Bibit, pestisida kita siapkan. Pupuk kita siapkan. Insentif ekor tikus juga kita siapkan. Tinggal keinginan dan tenaga masyarakat, kelompok dan penggarap sawah untuk menyiapkan diri,” sampainya.

Kopli menggarisbawahi, program pengendalian hama tikus berdampak positif bagi masyarakat Lebong di tengah Pandemi Covid-19. Selain tikus jauh berkurang. Juga membantu perekonomian masyarakat. Sebab, petani bisa mendapatkan uang dengan menukarkan ekor tikus.

“Seperti disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi. Di sektor pertanian ini mengalami pertumbuhan di masa pandemi Covid. Oleh sebab itu, ayo seluruh masyarakat Lebong, kita dukung. Insya Allah program baik ini akan berhasil,” demikian Kopli.

Bupati menghitung tikus hasil buruan petani

 

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Ir Ricky Gunarwan menegaskan bahwa pihaknya mendukung penuh langkah yang diambil oleh Bupati dan Wabup untuk meningkatkan IP.

“Kita mendukung. Kita menyiapkan sarana dan prasarananya. Seperti Tiran, alat penyemprot. Kegiatan ini harus berjalan terus menerus. Karena, hama tikus ini berkembang biaknya cepat sekali,” kata Ricky.

Dia menambahkan, Lebong merupakan daerah sentra pertanian dengan areal persawahan mencapai lebih dari 10 ribu hektar. Dengan begitu, pihaknya memprioritaskan Lebong dalam menyalurkan bantuan.

“Ini program Pak Bupati, wajib kita dukung untuk Lebong lebih maju dan surplus beras,” tuturnya. Dalam kesempatan itu, juga disalurkan bantuan bibit padi dan racun tikus ke Poktan di Desa Kota Baru yang diterima langsung oleh Kades Kota Baru Abdullah dan pengurus Poktan.

Menyerahkan bantuan racun tikus ke Poktan

 

Ikut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH M.Si dan segenap kepala OPD. Seperti Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Emi Wati SE M.Ak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Tina Herlina MM, Plt Kepala Bappeda Drs Robert Rio Mantovani, Plt Kepala Dinas PUPRP Joni Prawinata MM, Kepala Disperkim Yulizar SH, Kepala Dinkes Rachman SKM M.Si dan para kepala OPD lainnya. Kemudian, ada para camat dan segenap penyuluh. (wez)

Baja Juga

News Feed

SOTK Baru, Direktur RSUD Lebong Pimpin Rapat Perdana

Kamis, 28 Mar 2024 06:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Lebong Rachman SKM MSi memimpin rapat perdana bersama jajarannya yang mengisi Susunan...

Safari Ramadan, Bupati Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid Tertua di Lebong

Selasa, 26 Mar 2024 11:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi kembali melanjutkan agenda...

Usai Mutasi, Pejabat Pemkab Lebong Tandatangani Perjanjian Kinerja di Hadapan Bupati

Senin, 25 Mar 2024 08:19 WIB

fokusbengkulu,lebong – Usai mutasi besar-besaran beberapa waktu lalu yang berlangsung dalam tiga jilid, Bupati Lebong Kopli Ansori SSos meminta...

Mutasi Jilid III, Bupati Kopli Lantik 38 Pejabat Administrasi

Jumat, 22 Mar 2024 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali menggelar mutasi untuk yang ketiga kalinya (Jilid III) sepanjang bulan Maret Tahun...

Bupati Kopli Ansori Ganti Enam Pjs Kades

Kamis, 21 Mar 2024 09:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos memutuskan mengganti enam Penjabat Sementara (Pjs) Kades di Kabupaten Lebong. Ini...

Gubernur Gelar Safari Ramadan di Lebong, Bupati Kopli : Momentum Pererat Silaturahmi

Rabu, 20 Mar 2024 11:56 WIB

fokusbengkulu,lebong – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MA menggelar Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 di Masjid Al-Falah Desa Lokasari...

Pemkab Lebong Gelar Safari Ramadan di 22 Masjid, Berikut Lokasinya

Senin, 18 Mar 2024 07:52 WIB

fokusbengkulu,lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal menggelar Safari Ramadan 1445 H di 22 masjid yang tersebar di beberapa kecamatan....

ASN yang Pernah Jadi Jurnalis Ini Kembali Dipercaya Pimpin Diskominfo Lebong

Sabtu, 16 Mar 2024 01:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali mempercayakan Danial Paripurna SE untuk menduduki jabatan Sekretaris Dinas...

Bupati Kopli Ansori Rombak Pejabat Eselon II, III dan IV, Ini Daftar Lengkapnya

Kamis, 7 Mar 2024 05:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Mutasi besar-besaran kembali digelar oleh Bupati Lebong Kopli Ansori di triwulan pertama Tahun 2024. Pelantikan dan...

Bupati Kopli Ansori Sambut Kunjungan Kerja Kajati di Lebong

Selasa, 5 Mar 2024 07:39 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori ikut menyambut kunjungan kerja (Kunker) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Rina Virawati...