Home / Daerah / Kota Bengkulu / Dear Jurnalis, Yuk Ikuti Ajang JMSI Award, Hadiahnya Ratusan Juta

Dear Jurnalis, Yuk Ikuti Ajang JMSI Award, Hadiahnya Ratusan Juta

Minggu, 3 Okt 2021 11:05 WIB
Editor : Emzon Nurdin

Launching JMSI Award di Hotel Mercure Bengkulu, Kamis (30/9/2021)

fokusbengkulu,kotabengkulu – Dear jurnalis, ajang JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia) Award dengan tema ‘Bersemi Kala Pandemi’ sudah resmi dimulai. Ini ditandai dengan launching dan press rilis oleh Pengurus Daerah (PengDa) JMSI Bengkulu, di Hotel Mercure Kota Bengkulu, Kamis (30/9/2021). Ajang penganugerahan karya jurnalistik ini melombakan delapan kategori yang bisa diikuti oleh seluruh insan pers di Provinsi Bengkulu, bahkan se Indonesia.

Baik cetak, elektronik, terlebih lagi media online atau siber. Kategori utama terdiri dari tajuk/editorial, indepth news (Berita berkedalaman), feature, foto, dan video. Berikutnya, kategori khusus, merupakan anugerah yang diberikan kepada media siber JMSI terbaik, media siber Bengkulu terbaik, dan wartawan Bengkulu terbaik. Yuk ikuti ajang bergengsi ini.

Ketua JMSI Provinsi Bengkulu Riki Susanto saat press rilis menjelaskan, puncak atau malam penganugerahan JMSI Award akan dilaksanakan bertepatan dengan momentum peringatan HUT Provinsi Bengkulu ke-53.

“Program ini diselenggarakan dalam rangka memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap insan pers dan media massa yang telah berkontribusi aktif mendukung laju pembangunan, perlawanan terhadap pandemi Covid-19, dan merawat bingkai kebhinekaan dalam proses berdemokrasi di tanah air,” ungkap Bos Media Online Bengkuluinteraktif.com ini.

Dia menjelaskan, JMSI Award merupakan program kolaborasi bersama segenap elemen bangsa yang peduli terhadap insan pers dan media massa, yang diinisiasi PengDa JMSI Provinsi Bengkulu yang kemudian disetujui oleh Pengurus Pusat JMSI menjadi event nasional dan berkelanjutan.

Ke depan, provinsi lain di Indonesia akan menjadi tuan rumah JMSI Award yang waktu penyelenggaraannya menyesuaikan HUT masing-masing provinsi.

Dalam konteks Kebengkuluan, Riki mengatakan, JMSI Award juga digelar lantaran minimnya ruang apresiasi yang diberikan kepada para wartawan yang telah berjibaku mendukung laju pembangunan.

“Berangkat dari keprihatinan bersama, kami melihat minimnya ruang apresiasi yang diberikan, baik dari lembaga pers itu sendiri maupun lembaga pemerintahan juga pihak swasta. Secara nasional tentu ide besarnya kita ingin menciptakan ekosistem pers yang baik dan profesional,” papar Riki.

Sementara itu, Sekretaris JMSI Bengkulu Doni Supardi berujar, baginya JMSI Award adalah pesta (party) bagi insan pers dan media massa setelah dalam kurun waktu dua tahun terakhir terus berjibaku dengan kerja-kerja jurnalistiknya di tengah ancaman kesehatan akibat wabah, belum lagi ditambah terpuruknya perekonomian.

“Sederhananya kenapa kita menggagas JMSI Award, kita ingin ajang ini menjadi party-nya kita-kita para insan pers dan media massa, kalau politisi punya pesta lima tahunan lewat pesta demokrasinya, kita juga lewat ajang ini jadi pestanya kita-kita,” kata Donni.

Kawah Candradimuka Wartawan

Penyelenggaraan JMSI Award diapresiasi Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) Ilham Bintang yang sekaligus menjadi salah satu Dewan Juri JMSI Award. Baginya ajang ini adalah kawah candradimuka bagi para wartawan untuk mengevaluasi diri.

“Saya senang sekali meski JMSI baru berusia dua tahun tapi sudah terpikir untuk memasuki program pelatihan ini,” katanya. Lomba karya jurnalistik itu, kata Ilham, agar dibaca sebagai medan latihan, kawah candradimuka bagi para wartawan untuk selalu mengukur dirinya, dan mengukur kemampuannya.

“Serta mengoreksi apa-apa yang yang belum tepat atau yang belum benar dalam dunia jurnalisme,” ujar Ilham.

Sementara itu, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa menyebut, ajang JMSI Award menjadi penting karenanya harus terus digulirkan setiap tahun di provinsi yang berbeda. Dengan harapan tradisi pers yang taat kode etik dapat dilestarikan.

“Pun tradisi membangun perusahaan pers yang sehat dapat terjaga,” ungkap Teguh.

Di kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana JMSI Award Mahmud Yunus menginformasikan bahwa pihaknya telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 150 juta dan award khusus pemenang pertama masing-masing kategori. Untuk kategori khusus, poin pentingnya adalah keikutsertaan wartawan atau media pada lima kategori utama.

“Sederhananya masing-masing wartawan atau media yang menjadi peserta berpeluang menyabet anugerah khusus tersebut apabila mengirimkan karya pada semua kategori utama. Kalau wartawan ya ikut di Indepth, Feature, Foto, dan Video. Kalau media, semuanya ikut, termasuk pada kategori tajuk,”  papar Mahmud.(rls)

Berikut informasi selengkapnya :

JMSI AWARD

Anugerah Karya Jurnalistik

Kategori Utama :

  1. Tajuk
  2. Indepth News
  3. Feature
  4. Video
  5. Foto

Kategori/Anugerah Khusus :

  1. Media Siber JMSI Terbaik
  2. Media Siber Bengkulu Terbaik
  3. Wartawan Bengkulu Terbaik

Rincian Hadiah :

Tajuk

Juara I 10.000.000 + Sertifikat + Award

Juara II 7.500.000 + Sertifikat

Juara III 5.000.000 + Sertifikat

Indepth News

Juara I 12.500.000 + Sertifikat + Award

Juara II 10.000.000 + Sertifikat

Juara III 7.500.000 + Sertifikat

Feature

Juara I 7.500.000 + Sertifikat + Award

Juara II 5.000.000 + Sertifikat

Juara III 2.500.000 + Sertifikat

Foto

Juara I 5.000.000 + Sertifikat + Award

Juara II 4.000.000 + Sertifikat

Juara III 3.000.000 + Sertifikat

Juara Harapan I 2.000.000

Juara Harapan II 1.000.000

Video

Juara I 15.000.000 + Sertifikat + Award

Juara II 10.000.000 + Sertifikat

Juara III 5.000.000 + Sertifikat

Media Siber JMSI Terbaik 15.000.000 + Sertifikat + Award

Media Siber Bengkulu Terbaik 12.500.000 + Sertifikat + Award

Wartawan Bengkulu Terbaik Rp 10 Juta + Sertifikat + Award

Baja Juga

News Feed

SOTK Baru, Direktur RSUD Lebong Pimpin Rapat Perdana

Kamis, 28 Mar 2024 06:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Lebong Rachman SKM MSi memimpin rapat perdana bersama jajarannya yang mengisi Susunan...

Safari Ramadan, Bupati Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid Tertua di Lebong

Selasa, 26 Mar 2024 11:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi kembali melanjutkan agenda...

Usai Mutasi, Pejabat Pemkab Lebong Tandatangani Perjanjian Kinerja di Hadapan Bupati

Senin, 25 Mar 2024 08:19 WIB

fokusbengkulu,lebong – Usai mutasi besar-besaran beberapa waktu lalu yang berlangsung dalam tiga jilid, Bupati Lebong Kopli Ansori SSos meminta...

Mutasi Jilid III, Bupati Kopli Lantik 38 Pejabat Administrasi

Jumat, 22 Mar 2024 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali menggelar mutasi untuk yang ketiga kalinya (Jilid III) sepanjang bulan Maret Tahun...

Bupati Kopli Ansori Ganti Enam Pjs Kades

Kamis, 21 Mar 2024 09:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos memutuskan mengganti enam Penjabat Sementara (Pjs) Kades di Kabupaten Lebong. Ini...

Gubernur Gelar Safari Ramadan di Lebong, Bupati Kopli : Momentum Pererat Silaturahmi

Rabu, 20 Mar 2024 11:56 WIB

fokusbengkulu,lebong – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MA menggelar Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 di Masjid Al-Falah Desa Lokasari...

Pemkab Lebong Gelar Safari Ramadan di 22 Masjid, Berikut Lokasinya

Senin, 18 Mar 2024 07:52 WIB

fokusbengkulu,lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal menggelar Safari Ramadan 1445 H di 22 masjid yang tersebar di beberapa kecamatan....

ASN yang Pernah Jadi Jurnalis Ini Kembali Dipercaya Pimpin Diskominfo Lebong

Sabtu, 16 Mar 2024 01:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali mempercayakan Danial Paripurna SE untuk menduduki jabatan Sekretaris Dinas...

Bupati Kopli Ansori Rombak Pejabat Eselon II, III dan IV, Ini Daftar Lengkapnya

Kamis, 7 Mar 2024 05:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Mutasi besar-besaran kembali digelar oleh Bupati Lebong Kopli Ansori di triwulan pertama Tahun 2024. Pelantikan dan...

Bupati Kopli Ansori Sambut Kunjungan Kerja Kajati di Lebong

Selasa, 5 Mar 2024 07:39 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori ikut menyambut kunjungan kerja (Kunker) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Rina Virawati...