• 600
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    600
    Shares

Bupati Kopli Ansori dan Wabup Fahrurrozi memusnahkan ekor tikus

fokusbengkulu,lebong – Semangat Bupati Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP) atau turun tanam minimal dua kali dalam setahun di Kabupaten Lebong, patut diacungi jempol. Ini dibuktikan dengan memulai gerakan pengendalian hama tikus serentak dan tanam padi di areal persawahan Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya, Rabu (14/7/2021) pagi sejak sekitar pukul 10.30 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Kopli dan Fahrurrozi tak segan-segan turun ke sawah. Tak hanya menanam padi sebagai tanda dimulainya Musim Tanam Kedua (MT-2). Pasangan kepala daerah itu, bersama Kepala Dinas TPHP (Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan) Provinsi Bengkulu Ir Ricky Gunarwan dan segenap unsur FKPD, kemudian meracuni tikus dengan teknik pengasapan menggunakan Tiran.

Mereka tampak menyusuri pematang sawah, mencari lubang lalu memasukkan alat mercon tikus. Kemudian, dilanjutkan dengan pemusnahan 34 ribu ekor tikus yang telah diburu oleh petani di Desa Kota Baru dan sekitarnya dalam kurun waktu 22 hari terakhir, dengan cara dibakar.

Tak hanya bagian ekor, ada juga tikus yang masih utuh sejumlah 2.345, hasil perburuan hanya dalam satu malam, pada Selasa (13/7/2021). Total ada 36.345 ekor tikus yang dimusnahkan.

Pantauan di lapangan, unsur FKPD yang ikut dalam kegiatan itu seperti Kapolres AKBP Ichsan Nur S.IK, Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Czi Trisnu Novawan, Kasi Intelijen Kejari Muhammad Zaki dan Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen SSos.

“Pengendalian hama tikus ini, kita lakukan dengan menyalurkan bantuan pestisida dan Tiran kepada petani. Kemudian, dengan sistem perburuan. Kita beri insentif Rp 3 ribu per ekor tikus. Kami juga sangat berterimakasih kepada Pemprov Bengkulu yang telah mendukung penuh,” ungkap Kopli saat diwawancarai awak media usai kegiatan.

Bupati, Kepala Dinas TPHP (tengah) dan Wabup saat membasmi tikus dengan teknik pengasapan

 

Bupati termuda se Provinsi Bengkulu itu berujar, dengan pembasmian hama tikus, dibarengi dengan upaya pemerataan MT 2 di seluruh wilayah Lebong, ia optimis target IP 200 tercapai.

“Ke depannya, saya yakin program ini pasti bisa terus berjalan. Karena, tidak ada lagi hambatan. Bibit, pestisida kita siapkan. Pupuk kita siapkan. Insentif ekor tikus juga kita siapkan. Tinggal keinginan dan tenaga masyarakat, kelompok dan penggarap sawah untuk menyiapkan diri,” sampainya.

Kopli menggarisbawahi, program pengendalian hama tikus berdampak positif bagi masyarakat Lebong di tengah Pandemi Covid-19. Selain tikus jauh berkurang. Juga membantu perekonomian masyarakat. Sebab, petani bisa mendapatkan uang dengan menukarkan ekor tikus.

“Seperti disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi. Di sektor pertanian ini mengalami pertumbuhan di masa pandemi Covid. Oleh sebab itu, ayo seluruh masyarakat Lebong, kita dukung. Insya Allah program baik ini akan berhasil,” demikian Kopli.

Bupati menghitung tikus hasil buruan petani

 

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Ir Ricky Gunarwan menegaskan bahwa pihaknya mendukung penuh langkah yang diambil oleh Bupati dan Wabup untuk meningkatkan IP.

“Kita mendukung. Kita menyiapkan sarana dan prasarananya. Seperti Tiran, alat penyemprot. Kegiatan ini harus berjalan terus menerus. Karena, hama tikus ini berkembang biaknya cepat sekali,” kata Ricky.

Dia menambahkan, Lebong merupakan daerah sentra pertanian dengan areal persawahan mencapai lebih dari 10 ribu hektar. Dengan begitu, pihaknya memprioritaskan Lebong dalam menyalurkan bantuan.

“Ini program Pak Bupati, wajib kita dukung untuk Lebong lebih maju dan surplus beras,” tuturnya. Dalam kesempatan itu, juga disalurkan bantuan bibit padi dan racun tikus ke Poktan di Desa Kota Baru yang diterima langsung oleh Kades Kota Baru Abdullah dan pengurus Poktan.

Menyerahkan bantuan racun tikus ke Poktan

 

Ikut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH M.Si dan segenap kepala OPD. Seperti Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Emi Wati SE M.Ak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Tina Herlina MM, Plt Kepala Bappeda Drs Robert Rio Mantovani, Plt Kepala Dinas PUPRP Joni Prawinata MM, Kepala Disperkim Yulizar SH, Kepala Dinkes Rachman SKM M.Si dan para kepala OPD lainnya. Kemudian, ada para camat dan segenap penyuluh. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

PPKM di Rejang Lebong Masih Berlangsung, Bupati Syamsul Effendi Salurkan Bantuan Beras

Selasa, 27 Jul 2021 09:45 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Meningkatnya jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong memaksa pemerintah daerah menerapkan PPKM...

Satgas Covid-19 Lebong Putuskan Sopir Travel Hanya Tes Swab Antigen Seminggu Sekali, Kecuali..

Selasa, 27 Jul 2021 07:38 WIB

Bupati Kopli Ansori saat dikonfirmasi usai rapat evaluasi Satgas Covid-19, Selasa (27/7/2021) fokusbengkulu,lebong – Ketua Satgas Covid-19 yang...

Sopir Travel Ngeluh Penumpang Berkurang, Kopli Ansori Pastikan Pemerintah Segera Beri Solusi

Senin, 26 Jul 2021 10:06 WIB

Bupati Kopli Ansori saat bertemu dengan para sopir travel, Senin (26/7/2021) fokusbengkulu,lebong – Puluhan sopir travel Lebong yang bernaung di...

Innalillahi, Pria Lansia di Lebong Utara Ditemukan Tewas Gantung Diri

Minggu, 25 Jul 2021 11:15 WIB

Korban Suryanto saat akan dibawa pulang ke rumah duka dari RSUD Lebong fokusbengkulu,lebong – Innalillahi wa inna ilaihi rajiun..seorang pria...

Peduli Warga yang Sedang Isolasi Mandiri, Bupati Kopli Salurkan Bantuan Pangan

Jumat, 23 Jul 2021 07:56 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd menyalurkan bantuan jaminan hidup (Jadup) kepada warga yang...

Keberadaan PT TME Picu Konflik, Bupati Segera Surati Kementerian ESDM Agar Izinnya Ditinjau Ulang

Jumat, 23 Jul 2021 12:55 WIB

Bupati Kopli Ansori usai menemui para penambang tradisional di Mapolsek Lebong Utara, Kamis (22/7/2021) fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli...

Hari Bhakti Adhyaksa ke-61, Bupati Berharap Jaksa Makin Profesional Tangani Perkara

Kamis, 22 Jul 2021 08:04 WIB

Kajari Yadi Rachmat Sunaryadi dan Bupati Syamsul Effendi (Foto : Keprotokolan Setda) fokusbengkulu,rejanglebong – Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul...

Bupati Syamsul Putuskan Perpanjang PPKM di Rejang Lebong Sampai 31 Juli 2021

Kamis, 22 Jul 2021 02:41 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Bupati Rejang Lebong yang juga Ketua Satgas Covid-19 Drs Syamsul Effendi MM memutuskan kembali memperpanjang...

Hari Pertama Penyekatan di Pintu Masuk Lebong, Ada yang Menolak Tes Antigen hingga Kelabui Petugas

Kamis, 22 Jul 2021 12:51 WIB

Wabup Drs Fahrurrozi saat meninjau posko penyekatan di Desa Bioa Sengok fokusbengkulu,lebong – Satgas Covid-19 Kabupaten Lebong mulai mengaktifkan...

Pemkab Lebong Dorong Pemulihan Ekonomi Lewat Pengadaan Barang dan Jasa

Minggu, 18 Jul 2021 08:59 WIB

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setda Lebong Hery Setiawan ST fokusbengkulu,lebong – Demi mewujudkan pengadaan barang/jasa yang berkualitas dan...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus