• 600
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    600
    Shares

Bupati Kopli Ansori dan Wabup Fahrurrozi memusnahkan ekor tikus

fokusbengkulu,lebong – Semangat Bupati Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi untuk meningkatkan indeks pertanaman (IP) atau turun tanam minimal dua kali dalam setahun di Kabupaten Lebong, patut diacungi jempol. Ini dibuktikan dengan memulai gerakan pengendalian hama tikus serentak dan tanam padi di areal persawahan Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya, Rabu (14/7/2021) pagi sejak sekitar pukul 10.30 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Kopli dan Fahrurrozi tak segan-segan turun ke sawah. Tak hanya menanam padi sebagai tanda dimulainya Musim Tanam Kedua (MT-2). Pasangan kepala daerah itu, bersama Kepala Dinas TPHP (Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan) Provinsi Bengkulu Ir Ricky Gunarwan dan segenap unsur FKPD, kemudian meracuni tikus dengan teknik pengasapan menggunakan Tiran.

Mereka tampak menyusuri pematang sawah, mencari lubang lalu memasukkan alat mercon tikus. Kemudian, dilanjutkan dengan pemusnahan 34 ribu ekor tikus yang telah diburu oleh petani di Desa Kota Baru dan sekitarnya dalam kurun waktu 22 hari terakhir, dengan cara dibakar.

Tak hanya bagian ekor, ada juga tikus yang masih utuh sejumlah 2.345, hasil perburuan hanya dalam satu malam, pada Selasa (13/7/2021). Total ada 36.345 ekor tikus yang dimusnahkan.

Pantauan di lapangan, unsur FKPD yang ikut dalam kegiatan itu seperti Kapolres AKBP Ichsan Nur S.IK, Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Czi Trisnu Novawan, Kasi Intelijen Kejari Muhammad Zaki dan Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen SSos.

“Pengendalian hama tikus ini, kita lakukan dengan menyalurkan bantuan pestisida dan Tiran kepada petani. Kemudian, dengan sistem perburuan. Kita beri insentif Rp 3 ribu per ekor tikus. Kami juga sangat berterimakasih kepada Pemprov Bengkulu yang telah mendukung penuh,” ungkap Kopli saat diwawancarai awak media usai kegiatan.

Bupati, Kepala Dinas TPHP (tengah) dan Wabup saat membasmi tikus dengan teknik pengasapan

 

Bupati termuda se Provinsi Bengkulu itu berujar, dengan pembasmian hama tikus, dibarengi dengan upaya pemerataan MT 2 di seluruh wilayah Lebong, ia optimis target IP 200 tercapai.

“Ke depannya, saya yakin program ini pasti bisa terus berjalan. Karena, tidak ada lagi hambatan. Bibit, pestisida kita siapkan. Pupuk kita siapkan. Insentif ekor tikus juga kita siapkan. Tinggal keinginan dan tenaga masyarakat, kelompok dan penggarap sawah untuk menyiapkan diri,” sampainya.

Kopli menggarisbawahi, program pengendalian hama tikus berdampak positif bagi masyarakat Lebong di tengah Pandemi Covid-19. Selain tikus jauh berkurang. Juga membantu perekonomian masyarakat. Sebab, petani bisa mendapatkan uang dengan menukarkan ekor tikus.

“Seperti disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi. Di sektor pertanian ini mengalami pertumbuhan di masa pandemi Covid. Oleh sebab itu, ayo seluruh masyarakat Lebong, kita dukung. Insya Allah program baik ini akan berhasil,” demikian Kopli.

Bupati menghitung tikus hasil buruan petani

 

Sementara itu, Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Ir Ricky Gunarwan menegaskan bahwa pihaknya mendukung penuh langkah yang diambil oleh Bupati dan Wabup untuk meningkatkan IP.

“Kita mendukung. Kita menyiapkan sarana dan prasarananya. Seperti Tiran, alat penyemprot. Kegiatan ini harus berjalan terus menerus. Karena, hama tikus ini berkembang biaknya cepat sekali,” kata Ricky.

Dia menambahkan, Lebong merupakan daerah sentra pertanian dengan areal persawahan mencapai lebih dari 10 ribu hektar. Dengan begitu, pihaknya memprioritaskan Lebong dalam menyalurkan bantuan.

“Ini program Pak Bupati, wajib kita dukung untuk Lebong lebih maju dan surplus beras,” tuturnya. Dalam kesempatan itu, juga disalurkan bantuan bibit padi dan racun tikus ke Poktan di Desa Kota Baru yang diterima langsung oleh Kades Kota Baru Abdullah dan pengurus Poktan.

Menyerahkan bantuan racun tikus ke Poktan

 

Ikut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH M.Si dan segenap kepala OPD. Seperti Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Emi Wati SE M.Ak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Tina Herlina MM, Plt Kepala Bappeda Drs Robert Rio Mantovani, Plt Kepala Dinas PUPRP Joni Prawinata MM, Kepala Disperkim Yulizar SH, Kepala Dinkes Rachman SKM M.Si dan para kepala OPD lainnya. Kemudian, ada para camat dan segenap penyuluh. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Sempat Mangkir, Kades yang Diduga Korupsi DD Ini Tak Berkutik saat Dijemput Polisi

Rabu, 20 Okt 2021 11:30 WIB

Tersangka Ma (kanan) saat diperiksa penyidik Tipikor Sat Reskrim Polres Kepahiang fokusbengkulu,kepahiang – Oknum Kades Kelobak Kecamatan...

Gerebek Galian C Ilegal di Lubuk Penyamun, Polisi Amankan Dua Orang

Rabu, 20 Okt 2021 09:49 WIB

fokusbengkulu,kepahiang - Unit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) bersama Tim Jupi Sat Reskrim Polres Kepahiang menggerebek tambang Galian C yang...

Kasus Covid-19 Menurun Drastis, Dinkes Rejang Lebong Tetap Geber Vaksinasi

Selasa, 19 Okt 2021 08:12 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong menurun drastis sejak beberapa pekan terakhir. Saat ini, kasus aktif hanya...

Luar Biasa, BNNP Bengkulu Gagalkan Penyeludupan 143 Kilogram Ganja Senilai Rp 700 Juta

Sabtu, 16 Okt 2021 09:01 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong –  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu menorehkan prestasi luar biasa dalam memberantas peredaran...

Baru Sepekan Dilantik, Oknum Pejabat Pemprov Bengkulu Diciduk Gegara Tipu Warga Ratusan Juta

Sabtu, 16 Okt 2021 01:38 WIB

Hr saat diperiksa penyidik Reskrim Polres Bengkulu fokusbengkulu,kotabengkulu – Seorang oknum penjabat Pemprov Bengkulu yang baru sekitar sepekan...

Tersandung UU ITE, Eks Anggota Polri di Rejang Lebong Malah Ketahuan Tanam Ganja

Kamis, 14 Okt 2021 11:06 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Apes dialami seorang pria berinisial AYH (40). Ia ditangkap tim gabungan Sat Resnarkoba dan Sat Reskrim Polres Rejang...

Pemkab Lebong Tetapkan Pilkades Serentak 14 Desember 2021

Kamis, 14 Okt 2021 05:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong menetapkan jadwal pelaksanaan pemungutan suara atau hari H Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang...

Verifikasi Faktual di Bengkulu Selesai, JMSI Selangkah Lagi Jadi Konstituen Dewan Pers

Rabu, 13 Okt 2021 09:17 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Rangkaian verifikasi faktual (Verfak) yang dilaksanakan oleh Dewan Pers terhadap 12 Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan...

Perburuan Tikus Lanjut Tahun Depan, Pemkab Lebong Bakal Gelontorkan Rp 900 Juta

Selasa, 12 Okt 2021 06:18 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori saat dikonfirmasi di sela-sela acara panen raya di Desa Kota Baru, Kamis (7/10/2021) fokusbengkulu,lebong –...

Usai Sertijab, Hartoni Fokus Persiapkan Pilkades Serentak Desember Ini

Selasa, 12 Okt 2021 04:36 WIB

Plt Kepala Dinas PMDSos Hartoni (kanan) dan Kepala Dinas Perkim Reko Haryanto saat sertijab, Senin (11/10/2021) fokusbengkulu,lebong – Mantan...

%d blogger menyukai ini: