•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

fokusbengkulu, banjarmasin – Walikota Banjarmasin Ibnu Sina turut menghadiri deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Hotel Aria Barito, Sabtu (8/2/2020). Bertepatan dengan momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Provinsi Kalimantan Selatan. Keesokan harinya, Minggu (9/2/2020), JMSI yang dipimpin langsung Plt Ketua Umum JMSI Mahmud Marhaba bersilaturahmi ke Rumah Dinas Walikota Banjarmasin.

Suasana hangat dan diskusi ringan mengenai pembangunan tersaji di pertemuan itu. Ibnu Sina banyak bercerita tentang konsep pembangunan yang telah berhasil ia lakukan di Banjarmasin.

Begitu juga dengan JMSI, yang siap menjadi mitra pembangunan, sekaligus kunjungan balasan atas kehadirannya di acara deklarasi.

”Kunjungan kita ke walikota ini mengawali program kerja dari JMSI,” kata Mahmud Marhaba.

Salah satu program menarik yang disampaikan orang nomor satu di Banjarmasin ini adalah program menekan angka sampah plastik sebanyak 3 persen dari total 600 ton sampah per hari.

Sejak Peraturan Walikota Nomor 18 Tahun 2016 diterapkan, seluruh pusat perbelanjaan ritel modern, dilarang menyediakan kantong plastik bagi pelanggannya.

Masyarakat dianjurkan untuk membawa bakul purun dari rumah jika hendak berbelanja ke pusat-pusat perbelanjaan modern.

”Mindset masyarakat yang biasa berbelanja mendapatkan kantong plastik akhirnya bisa diubah, dan mereka membawa sendiri wadah belanjanya dari rumah,” ungkap Walikota.

Dengan berubahnya mindset ini, secara tidak langsung juga membuka peluang berkembangnya industri kreatif para pengrajin bakul purun.

Produksi pengrajin bakul purun terus meningkat bahkan sering mendapatkan pesanan dari kementerian.

Keberhasilan program ini kemudian menarik salah satu anggota JMSI dari Padang, Sumatera Barat, yang berjanji akan menceritakan program ini ke Walikota Padang.

”Kita akan mencoba berkomunikasi dengan Walikota Padang, mudah-mudahan program pelarangan kantong plastik ini juga bisa diterapkan di Kota Padang,” ujar Syahrial Azis, yang akrab disapa Uda Yal ini.

Realisasi program ini juga terbukti saat ketiga perwakilan JMSI dari Provinsi Bengkulu secara random mencoba berbelanja di beberapa retail modern di Kota Seribu Sungai itu.

“Maaf pak kita tidak menyediakan kantong plastik lagi sejak tiga tahun terakhir,” ucap salah seorang karyawan salah satu retail saat JMSI Bengkulu meminta kantong plastik.

Pertemuan dengan Walikota Ibnu Sina sendiri diakhiri dengan foto bersama dan para perwakilan media yang tergabung dalam JMSI mendapatkan oleh-oleh berupa Bakul Purun dan Kain Sasirangan.

Dikutip dari berbagai sumber, bakul purun terbuat dari Purun, jenis tumbuhan rumput yang hidup liar di dekat air atau rawa. Di Kalimantan Selatan, purun banyak tersebar di kawasan lahan rawa sejumlah daerah, seperti Kabupaten Barito Kuala, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara.

Tak hanya dibuat tas, Purun juga menjadi bahan baku pembuatan tikar, kipas, dan lain-lain. Bakul Purun erat kaitannya dengan filosopi Suku Banjar tentang keterampilan hidup, bahwa orang Banjar harus punya keterampilan.

Sementara Kain Sasirangan adalah kain khas Suku Banjar, salah satu makna filosofis yang terkandung di dalamnya adalah sebagai kain penyembuh. Konon katanya kain ini berfungsi untuk mengobati berbagai jenis penyakit.(rls/JMSI)

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Program Indonesia Pintar Selaras dengan Visi Misi Kopli Ansori – Fahrurrozi

Selasa, 24 Nov 2020 12:40 WIB

Kopli Ansori - Fahrurrozi fokusbengkulu,lebong – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lebong Nomor Urut 3 Kopli Ansori dan Fahrurrozi...

Angkut Solar Subsidi, Dua Warga Bengkulu Utara Ditangkap

Senin, 23 Nov 2020 04:59 WIB

Barang bukti mobil yang digunakan mengangkut solar subsidi fokusbengkulu,bengkuluutara – Tim Subdit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) Direktorat...

Telegram Netralitas Polri Terbit, Kabid Humas : Tak Pandang Pangkat dan Jabatan

Senin, 23 Nov 2020 12:52 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Pilkada serentak tahun 2020 sudah di depan mata. Polri sebagai instrumen terpenting dalam menjaga keamanan dan...

Begini Tunanetra Memilih

Minggu, 22 Nov 2020 05:14 WIB

fokusbengkulu,lebong – Simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) yang digelar KPU (Komisi Pemilihan Umum) Lebong, Sabtu (21/11/2020),...

Siang Bolong, Pria Paruh Baya di Rejang Lebong Ini Gagahi Anak Keterbelakangan Mental

Minggu, 22 Nov 2020 01:50 WIB

Pelaku berinisial SA saat diperiksa polisi  fokusbengkulu,rejanglebong – Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Sat Reskrim Polres Rejang...

7 Personel Terpapar Covid-19, Kapolres Rejang Lebong Bantu Sembako dan Obat-obatan

Sabtu, 21 Nov 2020 07:40 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno S.IK MH, Jum’at (20/11/2020) membesuk anggotanya yang terpapar Covid-19...

Meski Pandemi, Pemilih Tak Perlu Khawatir Datang ke TPS

Sabtu, 21 Nov 2020 04:17 WIB

Komisioner KPU Lebong Yoki Setiawan saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan simulasi fokusbengkulu,lebong – Meski pelaksanaan Pilkada...

Ikuti Webinar Pemulihan Ekonomi, Ada e-Sertifikat Gratis dan Doorprize

Jumat, 20 Nov 2020 08:24 WIB

fokusbengkulu,lebong – Untuk mengurangi dampak Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Pemerintah...

Cerita Rozali dan Sisran Haropi yang Bertahun-tahun Jadi Sopir Ambulans Kopli Care

Jumat, 20 Nov 2020 05:24 WIB

Ambulans Kopli Care fokusbengkulu,lebong – Tak ada yang tak kenal Kopli Ansori di Lebong. Pengusaha muda yang juga Ketua DPD PAN (Partai Amanat...

Ditikam, Karyawan SPBU Pasar Kepahiang Tewas

Jumat, 20 Nov 2020 12:40 WIB

fokusbengkulu,kepahiang – Warga Kelurahan Pasar Kepahiang gempar. Seorang karyawan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), Gery Sutrodo (26)...