Home / Daerah / Lebong / Usai Tetapkan Nomor Urut, KPU Lebong Dorong Paslon Kampanye Secara Daring

Usai Tetapkan Nomor Urut, KPU Lebong Dorong Paslon Kampanye Secara Daring

Jumat, 25 Sep 2020 12:52 WIB
Editor : Emzon Nurdin

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong telah menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut Pasangan Calon (Paslon), di halaman Kantor KPU Lebong, di jalur dua kawasan Perkantoran Tubei, Kamis (24/9/2020).

Tahapan selanjutnya, Jum’at (25/9/2020), KPU Lebong menunggu Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dari masing-masing Paslon.

Lalu, Sabtu (26/9/2020), sudah memasuki masa kampanye. Masa kampanye ini sendiri, mengacu pada Peraturan KPU (PKPU) RI Nomor 5 Tahun 2020, berlangsung cukup panjang.

Hingga tanggal 5 Desember 2020 mendatang. Atau tiga hari sebelum hari H pemungutan suara, tanggal 9 Desember 2020.

Berkenaan dengan kampanye ini sendiri, Ketua KPU Lebong Shalahuddin Al Khidhr SE saat dikonfirmasi usai pleno terbuka tersebut mengatakan, pihaknya telah menerima PKPU terbaru.

Yakni PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam corona virus disease 2019 (covid-19).

Intinya, bahwa Paslon dilarang menggelar kampanye yang sifatnya mengumpulkan massa.

Paslon, diarahkan untuk melaksanakan kampanye atau sosialisasi kepada masyarakat secara daring (Dalam Jaringan) atau online.

“Tidak ada lagi rapat umum dan rapat terbatas,” ujar Khidhr, sapaan akrabnya.

KPU Lebong, lanjut Khidhr, juga akan mensosialisasikan teknis-teknis kampanye dengan perpedoman pada PKPU Nomor 13 Tahun 2020 itu sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

“Paslon melalui LO (Liaison Officer) akan kita undang, untuk membahas lebih jauh tentang hal itu,” ujar Khidhr.

Sementara itu, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur S.IK saat dikonfirmasi mengatakan, terkait upaya pencegahan penularan Covid-19, Kapolri telah menerbitkan Maklumat.

Maklumat Nomor Mak/3/IX/2020 tersebut kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020.

Polres Lebong telah mensosialisasikan maklumat itu kepada para Paslon.

“Saya sudah keliling ke posko-posko pemenangan. Bahkan, saya buat video masing-masing Paslon untuk mengimbau ke simpatisan dan tim sukses masing-masing agar patuh kepada peraturan yang telah ditetapkan terkait Covid-19,” sampai Kapolres.

Jika ditemukan ada yang melanggar, Kapolres menegaskan bahwa sanksi tidak hanya diberikan sebagaimana tertuang dalam Perbup (Peraturan Bupati) Lebong Nomor 45 Tahun 2020 tentang Protokol Covid-19. Bahkan, bisa dipidana.

“Pasal 212,214, 216, itu terkait tidak mengikuti perintah aparat Negara. Berkelompok lebih dari dua orang. Ini memang Tipiring, tapi tetap Pidana,” tegas Kapolres.

Pakta Integritas dan Deklarasi Pilkada Damai

Selain menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lebong, KPU Lebong juga menggelar penandatanganan pakta integritas penerapan protokol kesehatan dan deklarasi Pilkada damai.

Pakta integritas diteken oleh empat Paslon yang akan berlaga di Pilkada Lebong, Desember 2020 mendatang. 

Kemudian, Pilkada Damai juga disepakati oleh para pengurus Parpol pengusung. Ini ditandai dengan membubuhkan tandatangan pada lembar deklarasi.

Termasuk unsur dan unsur FKPD (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah). Seperti, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur S.IK, perwakilan Kejari Lebong, perwakilan Kodim 0409 Rejang Lebong.

Lalu, dari Pemkab Lebong yang langsung diteken oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH M.Si. Kemudian, para Komisioner KPU Lebong. (wez)

Berikut nomor urut Paslon yang ditetapkan KPU Lebong :

Baja Juga

News Feed

SOTK Baru, Direktur RSUD Lebong Pimpin Rapat Perdana

Kamis, 28 Mar 2024 06:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Lebong Rachman SKM MSi memimpin rapat perdana bersama jajarannya yang mengisi Susunan...

Safari Ramadan, Bupati Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid Tertua di Lebong

Selasa, 26 Mar 2024 11:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi kembali melanjutkan agenda...

Usai Mutasi, Pejabat Pemkab Lebong Tandatangani Perjanjian Kinerja di Hadapan Bupati

Senin, 25 Mar 2024 08:19 WIB

fokusbengkulu,lebong – Usai mutasi besar-besaran beberapa waktu lalu yang berlangsung dalam tiga jilid, Bupati Lebong Kopli Ansori SSos meminta...

Mutasi Jilid III, Bupati Kopli Lantik 38 Pejabat Administrasi

Jumat, 22 Mar 2024 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali menggelar mutasi untuk yang ketiga kalinya (Jilid III) sepanjang bulan Maret Tahun...

Bupati Kopli Ansori Ganti Enam Pjs Kades

Kamis, 21 Mar 2024 09:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos memutuskan mengganti enam Penjabat Sementara (Pjs) Kades di Kabupaten Lebong. Ini...

Gubernur Gelar Safari Ramadan di Lebong, Bupati Kopli : Momentum Pererat Silaturahmi

Rabu, 20 Mar 2024 11:56 WIB

fokusbengkulu,lebong – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MA menggelar Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 di Masjid Al-Falah Desa Lokasari...

Pemkab Lebong Gelar Safari Ramadan di 22 Masjid, Berikut Lokasinya

Senin, 18 Mar 2024 07:52 WIB

fokusbengkulu,lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal menggelar Safari Ramadan 1445 H di 22 masjid yang tersebar di beberapa kecamatan....

ASN yang Pernah Jadi Jurnalis Ini Kembali Dipercaya Pimpin Diskominfo Lebong

Sabtu, 16 Mar 2024 01:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali mempercayakan Danial Paripurna SE untuk menduduki jabatan Sekretaris Dinas...

Bupati Kopli Ansori Rombak Pejabat Eselon II, III dan IV, Ini Daftar Lengkapnya

Kamis, 7 Mar 2024 05:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Mutasi besar-besaran kembali digelar oleh Bupati Lebong Kopli Ansori di triwulan pertama Tahun 2024. Pelantikan dan...

Bupati Kopli Ansori Sambut Kunjungan Kerja Kajati di Lebong

Selasa, 5 Mar 2024 07:39 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori ikut menyambut kunjungan kerja (Kunker) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Rina Virawati...