• 24
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    24
    Shares

fokusbengkulu,kotabengkulu – Tahapan pada kontestasi pesta demokrasi Pilkada Serentak Bengkulu 2020 yang akan memilih tujuh bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Bengkulu terus berlanjut. Setelah sebelumnya, KPU (Komisi Pemilihan Umum) menetapkan nomor urut masing-masing pasangan calon.

Di tengah penyelenggaraan pilkada itu, tidak jarang dijadikan kesempatan oleh beberapa media massa untuk membuat pemberitaan yang terkesan tidak berimbang atau secara langsung menyerang kandidat lain demi membela salah satu kandidat pilihannya.

Terkait hal ini, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono M.Si melalui Kabid Humas Kombes Pol Sudarno SSos MH mengingatkan kembali peran media massa sebagai bagian dari pilar demokrasi.

Oleh sebab itu, media mesti tetap menjaga netralitas agar jalannya Pilkada Serentak di Bengkulu berjalan sukses, aman, dan damai.

Media, kata Kombes Sudarno, harus bisa menyajikan berita-berita yang bermutu serta menyampaikan fakta dan data secara akurat, berimbang, dan menjunjung akuntanbilitas tanpa embel-embel.

Serta, bersikap netral terhadap paslon kandidat kepala daerah se-Provinsi Bengkulu.

“Informasi yang disajikan oleh media haruslah akurat dan teruji kebenaranya sehingga masyarakat yang mengkonsumsi berita mendapatkan informasi yang tidak menyesatkan,” kata Kombes Sudarno.

Pihaknya, lanjut Kombes Sudarno, akan berusaha semaksimal mungkin agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan situasi tertib dan kondusif.

“Di sinilah peran Polri sebagai pengemban fungsi pemerintah yang bertugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” sambung dia.

Dengan demikian, masyarakat Provinsi Bengkulu dapat menggunakan informasi dari media massa untuk mengambil keputusan secara baik dan benar.

Sementara itu, Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu Doni Supardi menyambut baik imbauan dari Kapolda Bengkulu tersebut.

Pasalnya, fenomena di lapangan kerap terjadi eksploitasi media massa untuk kepentingan politik praktis sehingga mengabaikan kaidah-kaidah karya pers yang benar.

JMSI, ujar dia, sejak awal didirikan berkomitmen untuk mengembalikan marwah media massa. Terutama media dalam jaringan (siber) untuk kembali ke khitah media massa yang sebenar-benarnya.

Sekretaris JMSI Bengkulu Doni Supardi

 

“Media massa yang tidak hanya taat pada regulasi seperti UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik, tapi juga mengedepankan asas profesionalitas dan mendahulukan kepentingan umum dan stabilitas,” tegas Doni.

Namun demikian, kata dia, partisipasi masyarakat juga dibutuhkan untuk memilah dan memilih media massa yang layak dipercaya, kredibel, dan benar-benar menjalankan fungsi pers di tengah masyarakat.

Dia mengakui, filter terakhir ada di masyarakat. Sebab, lembaga seperti Dewan Pers tidak akan mampu secara instan melakukan verifikasi media secara menyeluruh dalam waktu yang singkat.

“Intinya masyarakat juga harus pintar dalam menentukan layak atau tidak suatu media massa untuk dijadikan sumber informasi,” paparnya.

JMSI, tegas Doni, berkomitmen membantu seluruh pihak, termasuk pihak kepolisian yang sama-sama ingin mewujudkan pers yang sehat sehingga fungsi pers terutama di Bengkulu berjalan pada rel yang benar. (JMSI Bengkulu)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Pelarian Mufran Imron Berakhir

Minggu, 9 Mei 2021 05:21 WIB

Mufran Imron (topi hitam) saat diperiksa kesehatannya sebelum ditahan fokusbengkulu,kotabengkulu – Pelarian tersangka kasus korupsi dana hibah...

Ibu Muda di Lebong Gantung Diri, Anaknya yang Masih Balita Kini Piatu

Sabtu, 8 Mei 2021 11:44 WIB

Korban saat akan dibawa ke RSUD Lebong fokusbengkulu,lebong – Seorang ibu muda berinisial DS (20) yang berdomisili di Kelurahan Kampung Jawa...

Bupati Kopli Pastikan Normalisasi Sungai Piantan di 2022

Sabtu, 8 Mei 2021 12:38 WIB

Bupati saat berdiskusi di pinggir sungai Air Piantan fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori memastikan normalisasi sungai Air Piantan...

Bupati Larang ASN Lebong Mudik, Apalagi Gunakan Mobnas

Selasa, 4 Mei 2021 07:21 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Ini peringatan bagi seluruh ASN di lingkup Pemkab Lebong. Khususnya bagi pejabat eselon yang...

Bupati dan Ketua DPRD Lebong Teken Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Selasa, 4 Mei 2021 05:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori dan Ketua DPRD Carles Ronsen SSos menandatangani kesepakatan rancangan awal Rencana Pembangunan...

Toyota Hilux Jatuh ke Jurang, Sopir Patah Pinggang

Minggu, 2 Mei 2021 09:50 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kecelakaan tunggal terjadi di ruas jalan provinsi di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang pada Minggu (2/5/2021) siang...

HIPMI dan JMSI Bengkulu Berkolaborasi

Minggu, 2 Mei 2021 02:18 WIB

Dari kiri ke kanan : Dewan pakar JMSI Marsal Abadi, Ketua JMSI Riki Susanto, Ketum HIPMI Undang Sumbaga dan Dewan Pembina HIPMI Yuan...

BPD Berperan Wujudkan Lebong Bahagia dan Sejahtera

Sabtu, 1 Mei 2021 10:58 WIB

Bupati Kopli Ansori saat melantik anggota BPD fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori meminta seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa...

Enam Kali Bersurat ke DPUPR Minta Jalan Provinsi Diperbaiki, Toso : Tak Pernah Direspons

Kamis, 29 Apr 2021 11:48 WIB

Plt Kabid Bina Marga Haris Santoso ST fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP)...

Penyidikan Korupsi di Setwan Lebong Terus Bergulir, Delapan Auditor Hitung Kerugian Negara

Rabu, 28 Apr 2021 11:48 WIB

Kasis Pidsus Kejari Lebong Ronald Thomas Mendrofa SH fokusbengkulu,lebong – Penyidikan kasus dugaan korupsi anggaran rutin di Sekretariat Dewan...

%d blogger menyukai ini: