fokusbengkulu,kotabengkulu – Tahapan pada kontestasi pesta demokrasi Pilkada Serentak Bengkulu 2020 yang akan memilih tujuh bupati dan wakil bupati serta gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Bengkulu terus berlanjut. Setelah sebelumnya, KPU (Komisi Pemilihan Umum) menetapkan nomor urut masing-masing pasangan calon.

Di tengah penyelenggaraan pilkada itu, tidak jarang dijadikan kesempatan oleh beberapa media massa untuk membuat pemberitaan yang terkesan tidak berimbang atau secara langsung menyerang kandidat lain demi membela salah satu kandidat pilihannya.

Terkait hal ini, Kapolda Bengkulu Irjen Pol Drs Teguh Sarwono M.Si melalui Kabid Humas Kombes Pol Sudarno SSos MH mengingatkan kembali peran media massa sebagai bagian dari pilar demokrasi.

Oleh sebab itu, media mesti tetap menjaga netralitas agar jalannya Pilkada Serentak di Bengkulu berjalan sukses, aman, dan damai.

Media, kata Kombes Sudarno, harus bisa menyajikan berita-berita yang bermutu serta menyampaikan fakta dan data secara akurat, berimbang, dan menjunjung akuntanbilitas tanpa embel-embel.

Serta, bersikap netral terhadap paslon kandidat kepala daerah se-Provinsi Bengkulu.

“Informasi yang disajikan oleh media haruslah akurat dan teruji kebenaranya sehingga masyarakat yang mengkonsumsi berita mendapatkan informasi yang tidak menyesatkan,” kata Kombes Sudarno.

Pihaknya, lanjut Kombes Sudarno, akan berusaha semaksimal mungkin agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan situasi tertib dan kondusif.

“Di sinilah peran Polri sebagai pengemban fungsi pemerintah yang bertugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” sambung dia.

Dengan demikian, masyarakat Provinsi Bengkulu dapat menggunakan informasi dari media massa untuk mengambil keputusan secara baik dan benar.

Sementara itu, Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu Doni Supardi menyambut baik imbauan dari Kapolda Bengkulu tersebut.

Pasalnya, fenomena di lapangan kerap terjadi eksploitasi media massa untuk kepentingan politik praktis sehingga mengabaikan kaidah-kaidah karya pers yang benar.

JMSI, ujar dia, sejak awal didirikan berkomitmen untuk mengembalikan marwah media massa. Terutama media dalam jaringan (siber) untuk kembali ke khitah media massa yang sebenar-benarnya.

Sekretaris JMSI Bengkulu Doni Supardi

 

“Media massa yang tidak hanya taat pada regulasi seperti UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik, tapi juga mengedepankan asas profesionalitas dan mendahulukan kepentingan umum dan stabilitas,” tegas Doni.

Namun demikian, kata dia, partisipasi masyarakat juga dibutuhkan untuk memilah dan memilih media massa yang layak dipercaya, kredibel, dan benar-benar menjalankan fungsi pers di tengah masyarakat.

Dia mengakui, filter terakhir ada di masyarakat. Sebab, lembaga seperti Dewan Pers tidak akan mampu secara instan melakukan verifikasi media secara menyeluruh dalam waktu yang singkat.

“Intinya masyarakat juga harus pintar dalam menentukan layak atau tidak suatu media massa untuk dijadikan sumber informasi,” paparnya.

JMSI, tegas Doni, berkomitmen membantu seluruh pihak, termasuk pihak kepolisian yang sama-sama ingin mewujudkan pers yang sehat sehingga fungsi pers terutama di Bengkulu berjalan pada rel yang benar. (JMSI Bengkulu)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Wabup Arie Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021

Rabu, 25 Mei 2022 07:59 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara – DPRD Kabupaten Bengkulu Utara menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota pengantar Rancangan Peraturan...

Siang Bolong, Si Jago Merah Mengamuk di Lebong Utara, Hanguskan Satu Rumah dan Mobil

Kamis, 19 Mei 2022 04:39 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kebakaran hebat terjadi di Desa Talang Ulu Kecamatan Lebong Utara pada Kamis (19/5/2022) sekira pukul 12.45 WIB. Si jago...

Pemkab Lebong Sabet WTP Enam Kali Beruntun

Rabu, 18 Mei 2022 07:48 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong di bawah komando Bupati Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd berhasil mempertahankan opini atau predikat...

Tidak Transparan Kelola DD-ADD, Kades Semelako Atas Dipolisikan

Rabu, 18 Mei 2022 05:00 WIB

Foto (dok) : Gedung Sat Reskrim Polres Lebong fokusbengkulu,lebong – Kades Semelako Atas Kecamatan Lebong Tengah Rizen Januari tampaknya akan...

Afrildo, Sosok Kades di Lebong yang Getol Dukung Program MT-2

Sabtu, 14 Mei 2022 12:09 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dukungan terhadap program unggulan Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wabup Drs Fahrurrozi MPd yakni turun tanam minimal dua...

Bupati Ingatkan Petani Tidak Jual Gabah ke Tengkulak, Pemkab Lebong Siap Tampung

Kamis, 12 Mei 2022 09:47 WIB

Bupati Lebong Kopli Asori fokusbengkulu,lebong -  Praktik para tengkulak yang ditenggarai masih ada di Kabupaten Lebong dan cenderung merugikan...

Desa Wisata Sebelat Ulu Jadi Primadona Baru Selama Libur Lebaran

Kamis, 12 Mei 2022 05:25 WIB

Pengunjung Desa Wisata Sebelat Ulu mencoba Tubing di Sungai Sebelat fokusbengkulu,lebong – Desa Wisata Sebelat Ulu Kecamatan Pinang Belapis...

Lagi, Pohon Tumbang di Jalur Kepahiang – Kota Bengkulu Telan Korban, 1 Tewas

Sabtu, 7 Mei 2022 08:33 WIB

fokusbengkulu,bengkulutengah – Angin kencang yang terjadi di sepanjang jalur yang menghubungkan Kabupaten Kepahiang – Kota Bengkulu, tepatnya di...

Sapa Pengendara, Ketua TP PKK Lebong Bagikan Takjil

Kamis, 28 Apr 2022 12:16 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pengendara yang melintasi ruas jalan Kelurahan Amen Kecamatan Amen, tepatnya di depan Terminal Pasar Rakyat, pada Rabu...

Jelang Idul Fitri, JMSI Bengkulu Selatan Berbagi

Selasa, 26 Apr 2022 11:15 WIB

fokusbengkulu,bengkuluselatan – Pengurus Cabang Jaringan Media Siber Indonesia (Pengcab JMSI) Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar kegiatan JMSI...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus

%d blogger menyukai ini: