fokusbengkulu,lebong – Rabu (7/10/2020) merupakan hari yang berkesan bagi warga Desa Sebelat Ulu dan Desa Sungai Lisai Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong. Warga desa yang tinggal di kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) tersebut kedatangan tamu istimewa yakni tiga orang Jenderal TNI.

Mereka adalah Mayor Jenderal (Mayjend) Bambang Ismawan SE MM yang menjabat Wadan (Wakil Komandan) Pusterad (Pusat Teritorial Angkatan Darat).

Lalu, Brigadir Jenderal (Brigjen) Henra Hari Sutaryo yang mejabat sebagai Irdam II/Sriwijaya.

Terakhir, ada Brigjend Yanuar Adil, yang diketahui menjabat sebagai Danrem (Komandan Korem) 041/Gamas (Garuda Emas) Bengkulu.

Tiga jenderal ini datang ke Desa Sebelat Ulu untuk melakukan pengawasan dan evaluasi (Wasev) program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109 Tahun 2020 di Desa Sebelat Ulu – Sungai Lisai.

Meski di bawah guyuran hujan. Namun tidak menyurutkan niat dari ketiga jenderal tersebut untuk memantau langsung pekerjaan fisik melalui program TMMD berupa pembangunan jalan rabat beton yang menghubungkan Desa Sebelat Ulu – Sungai Lisai.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ketiga jenderal ini tiba di Desa Sebelat Ulu sekitar pukul 14.00 WIB. Disambut langsung oleh Dandim (Komandan Kodim) 0409 Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko SE dan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lebong Herwan Antoni M.Kes.

Hadir pula unsur FKPD seperti Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur S.IK, Kajari Lebong Fadil Regan SH MH, dan beberapa kepala OPD di lingkup Pemkab Lebong.

Demi memompa semangat dan menyaksikan para prajurit TNI, Wadan Pusterad beserta rombongan tak segan berjalan kaki menyusuri jalur pembangunan rabat beton.

Kondisi badan jalan yang becek, berlumpur dan sulit dilewati akibat hujan, tak jadi penghalang.

Kedatangan para Perwira Tinggi (Pati) TNI itu membuat prajurit yang tengah bekerja, dibantu warga Desa Sebelat Ulu, Sungai Lisai dan sekitarnya, semakin bersemangat.

Selain memantau langsung pengecoran jalan rabat beton, Wadan Pusterad juga memantau Posko TMMD di Desa Sebelat Ulu.

Di sela-sela memantau posko, jenderal bintang dua yang juga pernah menjadi anggota Kopassus (Komando Pasukan Khusus,red) ini menyerahkan bantuan berupa alat tulis kepada murid SD di desa tersebut.

“Dari hasil pengawasan di lapangan, memang tidak mudah. Di sini kan, cuaca hujan. Dan tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu saya sampaikan ke Dansatgas, Danrem, Dandim juga, harus ada upaya-upaya yang ekstra,” sampai Jenderal asal Klaten Jawa Tengah tersebut.

 

Meski kondisi medan cukup berat, ditambah lagi dengan intesitas hujan yang tinggi di Kabupaten Lebong, dia tetap optimis pengerjaan TMMD tersebut rampung 100 persen sampai dengan batas waktu yakni tanggal 21 Oktober 2020 mendatang.

“Pekerjaan ini dibuat bersama-sama. Misalkan, tadi itu ada plat deucker, dari 3, baru satu yang selesai. Jadi, mulai besok dikerjakan bersama-sama. Begitu juga terhadap rabat betonnya. Nanti, akan ada penambahan tenaga dan alat,” katanya.

Dia mengakui, TMMD Desa Sebelat Ulu – Sungai Lisai memberikan kepuasan tersendiri baginya. Sebab, program tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Sungai Lisai, Sebelat Ulu dan sekitarnya.

Termasuk, bisa melepas keterisoliran Desa Sungai Lisai, yang seratus persen wilayah desa tersebut berada di kawasan TNKS.

“Ini akan mempermudah akses dari Desa Sebelat Ulu ke Sungai Lisai dan sebaliknya. Karena masyarakat di sini kan mayoritas petani. Masyarakat akat semakin mudah untuk mengangkut hasil pertaniannya,” sampai Wadan Pusterad.

Di akhir penyampaiannya, perwira yang pernah menjadi Danrem di Aceh Barat ini mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Lebong. Terutama dalam upaya mewujudkan adanya PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan pihak TNKS sehingga program TMMD bisa dilaksanakan.

“Semoga bisa berkelanjutan ke depan. Jalan ini bisa tembus ke Sungai Lisai. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Desa Sebelat Ulu dan Sungai Lisai karena sudah bersama-sama dengan prajurit kita melaksanakan kegiatan TMMD,” pungkas jenderal yang murah senyum ini.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Pinang Belapis Erwantoni, Kades Sebelat Ulu Ahmad Buchari dan Kades Sungai Lisai Hajron Hadi. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Tok ! DPRD Lebong Sahkan Perubahan APBD 2022

Kamis, 29 Sep 2022 08:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – DPRD Lebong menggelar rapat paripurna dengan agenda pendapat akhir fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)...

Polisi Tangkap Pria Ngaku Wartawan Usai Peras Ketua Poktan

Rabu, 28 Sep 2022 04:23 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Seorang pria berinisial SE (40) warga Desa Turan Baru Kecamatan Curup Selatan ditangkap personel Polsek Bermani Ulu...

DPRD Bahas Polemik Perpindahan Penduduk, Kades dan Ketua Adat Silang Pendapat

Rabu, 28 Sep 2022 03:18 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara – DPRD Bengkulu Utara melalui Komisi I menggelar rapat dengar pendapat (RDP) atau hearing terkait polemik perpindahan...

Soal Dokumen Legalitas, Komisi III Nilai PT SIL Bertele-tele

Rabu, 28 Sep 2022 02:22 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara -  Komisi III DPRD Kabupaten Bengkulu Utara tampaknya begitu getol memperjuangkan aspirasi masyarakat Bumi Ratu Samban...

Hearing dengan Komisi III, PT SIL Akui Garap Kawasan Hutan Register 71 Air Bintunan

Rabu, 28 Sep 2022 01:47 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi III DPRD Bengkulu Utara kembali memanggil manajemen PT Sandabi Indah Lestari untuk mengikuti Rapat Dengar...

Heboh, Warga Bermani Ulu Temukan Tengkorak Manusia

Selasa, 27 Sep 2022 11:00 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Warga Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong pada Senin (26/9/2022) sore sekira pukul 15.45 WIB,...

Bupati Prioritaskan Anggaran Pilkades dan Rekrutmen P3K di Perubahan APBD

Senin, 26 Sep 2022 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – DPRD Kabupaten Lebong menggelar tiga rapat paripurna dengan agenda berbeda secara maraton pada Senin (26/9/2022) bertempat...

BUMDes Nangai Tayau I Gulung Tikar, Inspektorat Segera Audit

Senin, 26 Sep 2022 07:54 WIB

fokusbengkulu,lebong – Inspektorat Kabupaten Lebong memastikan akan segera mengaudit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nangai Tayau I Kecamatan Amen....

Giliran BRIN Dukung Percepatan Pembangunan di Lebong

Jumat, 23 Sep 2022 08:53 WIB

fokusbengkulu,lebong – Upaya Bupati Lebong Kopli Ansori yang terus menggalang dukungan dari pemerintah pusat agar terwujud percepatan pembangunan...

Usai Asesmen, Peserta Lelang JPTP akan Ikuti Uji Gagasan

Jumat, 23 Sep 2022 06:44 WIB

fokusbengkulu,lebong – Peserta Seleksi Terbuka (Selter) atau lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkup Pemkab Lebong kembali akan...

%d blogger menyukai ini: