Home / Daerah / Lebong / Jurnalis Lebong Sebut Bawaslu Lucu
IDUAL ADHA 24

Jurnalis Lebong Sebut Bawaslu Lucu

Kamis, 15 Okt 2020 08:12 WIB
Editor : Emzon Nurdin

Ketua Bawaslu Lebong Jefriyanto SP (kiri), Anggota Bawaslu Sabdi Destian (tengah), Jurnalis pedomanbengkulu.com Supriadi alias Jack (kanan)

fokusbengkulu,lebong – Kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong disorot. Kali ini, sorotan tajam datang dari awak media yang bertugas di Kabupaten Lebong. Media massa, baik itu cetak, daring (Online,red) dan elektronik yang seharusnya mitra kerja dalam sosialisasi pengawasan partisipatif Pilkada. Yang terjadi, terindikasi kuat malah sebaliknya.

Lucunya lagi, jurnalis yang ingin mengkonfirmasi berita terkait informasi atau isu yang berkembang, malah dijadikan bahan temuan awal.

Sebelumnya, diketahui jurnalis akuratonline.com Bambang Sutrisno yang dipanggil untuk mengklarifikasi terkait pemberitaan Oknum Pjs Kades yang diduga berpolitik praktis. Pemberitaan di akuratonline.com dijadikan temuan oleh Bawaslu.

Terbaru, hal serupa juga menimpa jurnalis PedomanBengkulu.com, Supriyadi. Pria yang akrab disapa Jack ini juga diseret oleh Bawaslu Lebong.

Bawaslu menjadikan konfirmasi berita oleh jurnalis tersebut, sebagai temuan atau laporan sebagai pemberi informasi awal.

Padahal saat itu, tujuannya hanya untuk mengkonfirmasi terkait beredarnya foto salah seorang staf Panwascam Bingin Kuning.

Di dalam foto yang sudah beredar luas di Medsos Facebook dan Grup WhatsApp (WA) itu, si pengawas pemilu tampak ikut nimbrung dalam silaturahmi Cabup Lebong Kopli Ansori di Desa Bukit Nibung Kecamatan Bingin Kuning.

“Lucu sekali Bawaslu Lebong ini, saya yang seharusnya konfirmasi berita atas isu dan informasi, malah dijadikan temuan sebagai informasi awal bagi mereka,” kata Jack dengan nada kesal.

Padahal, sambung dia, di Grup WA itu, juga ada staf Bawaslu sekaligus Anggota Tim Humas dan operator Medsos dan Website Bawaslu Lebong.

“Kalau memang staf Panwascam saja bisa mengawasi acara Paslon di lapangan. Berarti staf Bawaslu juga demikian dan kenapa tidak bisa dijadikan temuan awal mereka sendiri kalau memang mau diproses,” imbuh dia.

Ditambahkannya, dua kali kejadian Bawaslu Lebong menyeret jurnalis dalam proses temuan awal mereka. Walaupun bahasanya hanya sebatas undangan klarifikasi informasi awal, patut diduga Bawaslu Lebong terindikasi ingin mengekang kerja jurnalis dan memaksa jurnalis masuk dalam proses temuan mereka.

“Karena ada yang membagikan screenshot postingan facebook dalam grup WA. Setidaknya, kita ingin tahu tindak lanjut dari Bawaslu Lebong sendiri atas informasi itu. Apakah itu benar sudah sesuai SOP apa tidak, ternyata obrolan itu dijadikan bahan temuan awal Bawaslu, kan lucu sekali,” beber Jack.

Atas kejadian ini, tambahnya, dia dan rekan-rekan jurnalis lainnya, perlu mewaspadai kalau ingin mengkonfirmasi terkait informasi apapun dengan Bawaslu Lebong.

Karena bisa jadi akan terulang kembali, maksud awalnya ingin konfirmasi berita, malah akan dijadikan sebagai pelapor atau pemberi informasi awal oleh Bawaslu Lebong.

“Ya sudahlah, kita hanya pantau kinerja Bawaslu Lebong apakah pengawasan mereka nantinya, berjalan sesuai prosedur apa tidak. Apalagi sudah ada berkembang isu soal independensi orang-orang di dalamnya yang diduga kurang pada tempatnya,” ungkap Jack. 

Dia meminta penjelasan Bawaslu Lebong, terkait namanya yang dijadikan sebagai pelapor atau pemberi informasi awal oleh Bawaslu Lebong.

Itu dijelaskan dalam surat panggilan resmi klarifikasi kepada pemilik akun facebook yang diundang ke Bawaslu Lebong, Kamis (15/10/2020) pukul 13.30 WIB terkait foto yang ada staf Panwascam Bingin Kuning di dalamnya.

Lebih jauh, Jack menuturkan, dia juga mendapat jawaban dari Anggota Bawaslu Lebong Sabdi Destian. Menurut Sabdi, ujar Jack, Bawaslu beralibi adanya Perbawaslu Nomor 8/2020 pasal 19 ayat 2.

Tapi, yang menjadi pertanyaan pasal itu untuk pelanggaran Pilkada.

“Sedangkan kita awalnya lebih mempertanyakan soal SOP pengawasan staf Panwascam. Dan kalau pun memang dijadikan pemberi informasi awal, kenapa indentitas tidak dilindungi. Ini jelas menunjukkan ada upaya Bawaslu Lebong mematikan pengawasan partisipatif di Kabupaten Lebong,” demikian Jack. (wez)

Baja Juga

News Feed

Bupati Kopli Saksikan Peresmian Pasar Ajai Siang oleh Mendag Zulkifli Hasan

Jumat, 14 Jun 2024 10:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Dr (HC) Zulkifili Hasan SE MM menginjakkan kaki di Bumi Rafflesia pada Jum’at (14/6/2024)....

Bupati Kopli Ansori akan Perpanjang Masa Jabatan 27 Kades

Kamis, 13 Jun 2024 09:51 WIB

fokusbengkulu,jakarta– Sebagai tindaklanjut atas berlakunya Undang Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 6...

Kabar Baik, Pemkab Lebong Segera Gelar Operasi Katarak Gratis, Ini Jadwalnya

Selasa, 11 Jun 2024 08:36 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar baik bagi warga Kabupaten Lebong yang menderita penyakit katarak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas...

Legislatif Sampaikan Pandangan Umum terhadap Pertanggungjawaban APBD Lebong 2023

Selasa, 11 Jun 2024 12:53 WIB

fokusbengkulu,lebong - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi...

Wabup Fahrurrozi Dorong Pelaku Usaha Daftarkan Kekayaan Intelektual

Senin, 10 Jun 2024 09:47 WIB

fokusbengkulu,lebong – Wakil Bupati (Wabup) Lebong Drs Fahrurrozi MPd menghadiri kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual yang...

Imbas Banjir, Batu Bergelimpangan Tutupi Jalan, Lalin Lebong – Curup Sempat Lumpuh

Senin, 10 Jun 2024 07:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lebong pada Senin (10/6/2024) sore sejak sekitar pukul 15.30 WIB...

Monev di RSUD Lebong, Tim Kemenkes Puas dengan Kinerja Dokter Spesialis

Sabtu, 8 Jun 2024 12:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan mengutus tim untuk melakukan monitoring...

Bupati Kopli Ansori Hadiri Mediasi Tapal Batas

Kamis, 6 Jun 2024 07:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebagai tindaklanjut dari putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) RI terkait sengketa batas wilayah Kabupaten Lebong dengan...

Didukung Penuh Bupati Kopli, Kafilah Lebong Ikuti MTQ di Bengkulu Utara

Rabu, 5 Jun 2024 10:47 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melepas keberangkatan 57 orang kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)...

Dihadiri Bupati, DPRD Lebong Gelar Rapat Paripurna Pertanggungjawaban APBD

Selasa, 4 Jun 2024 09:58 WIB

fokusbengkulu,lebong -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong menggelar dua rapat paripurna bertempat di ruang sidang Sekretariat...