Jurnalis Lebong Sebut Bawaslu Lucu

Kamis, 15 Okt 2020 08:12 WIB
Editor : Emzon Nurdin

Ketua Bawaslu Lebong Jefriyanto SP (kiri), Anggota Bawaslu Sabdi Destian (tengah), Jurnalis pedomanbengkulu.com Supriadi alias Jack (kanan)

fokusbengkulu,lebong – Kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong disorot. Kali ini, sorotan tajam datang dari awak media yang bertugas di Kabupaten Lebong. Media massa, baik itu cetak, daring (Online,red) dan elektronik yang seharusnya mitra kerja dalam sosialisasi pengawasan partisipatif Pilkada. Yang terjadi, terindikasi kuat malah sebaliknya.

Lucunya lagi, jurnalis yang ingin mengkonfirmasi berita terkait informasi atau isu yang berkembang, malah dijadikan bahan temuan awal.

Sebelumnya, diketahui jurnalis akuratonline.com Bambang Sutrisno yang dipanggil untuk mengklarifikasi terkait pemberitaan Oknum Pjs Kades yang diduga berpolitik praktis. Pemberitaan di akuratonline.com dijadikan temuan oleh Bawaslu.

Terbaru, hal serupa juga menimpa jurnalis PedomanBengkulu.com, Supriyadi. Pria yang akrab disapa Jack ini juga diseret oleh Bawaslu Lebong.

Bawaslu menjadikan konfirmasi berita oleh jurnalis tersebut, sebagai temuan atau laporan sebagai pemberi informasi awal.

Padahal saat itu, tujuannya hanya untuk mengkonfirmasi terkait beredarnya foto salah seorang staf Panwascam Bingin Kuning.

Di dalam foto yang sudah beredar luas di Medsos Facebook dan Grup WhatsApp (WA) itu, si pengawas pemilu tampak ikut nimbrung dalam silaturahmi Cabup Lebong Kopli Ansori di Desa Bukit Nibung Kecamatan Bingin Kuning.

“Lucu sekali Bawaslu Lebong ini, saya yang seharusnya konfirmasi berita atas isu dan informasi, malah dijadikan temuan sebagai informasi awal bagi mereka,” kata Jack dengan nada kesal.

Padahal, sambung dia, di Grup WA itu, juga ada staf Bawaslu sekaligus Anggota Tim Humas dan operator Medsos dan Website Bawaslu Lebong.

“Kalau memang staf Panwascam saja bisa mengawasi acara Paslon di lapangan. Berarti staf Bawaslu juga demikian dan kenapa tidak bisa dijadikan temuan awal mereka sendiri kalau memang mau diproses,” imbuh dia.

Ditambahkannya, dua kali kejadian Bawaslu Lebong menyeret jurnalis dalam proses temuan awal mereka. Walaupun bahasanya hanya sebatas undangan klarifikasi informasi awal, patut diduga Bawaslu Lebong terindikasi ingin mengekang kerja jurnalis dan memaksa jurnalis masuk dalam proses temuan mereka.

“Karena ada yang membagikan screenshot postingan facebook dalam grup WA. Setidaknya, kita ingin tahu tindak lanjut dari Bawaslu Lebong sendiri atas informasi itu. Apakah itu benar sudah sesuai SOP apa tidak, ternyata obrolan itu dijadikan bahan temuan awal Bawaslu, kan lucu sekali,” beber Jack.

Atas kejadian ini, tambahnya, dia dan rekan-rekan jurnalis lainnya, perlu mewaspadai kalau ingin mengkonfirmasi terkait informasi apapun dengan Bawaslu Lebong.

Karena bisa jadi akan terulang kembali, maksud awalnya ingin konfirmasi berita, malah akan dijadikan sebagai pelapor atau pemberi informasi awal oleh Bawaslu Lebong.

“Ya sudahlah, kita hanya pantau kinerja Bawaslu Lebong apakah pengawasan mereka nantinya, berjalan sesuai prosedur apa tidak. Apalagi sudah ada berkembang isu soal independensi orang-orang di dalamnya yang diduga kurang pada tempatnya,” ungkap Jack. 

Dia meminta penjelasan Bawaslu Lebong, terkait namanya yang dijadikan sebagai pelapor atau pemberi informasi awal oleh Bawaslu Lebong.

Itu dijelaskan dalam surat panggilan resmi klarifikasi kepada pemilik akun facebook yang diundang ke Bawaslu Lebong, Kamis (15/10/2020) pukul 13.30 WIB terkait foto yang ada staf Panwascam Bingin Kuning di dalamnya.

Lebih jauh, Jack menuturkan, dia juga mendapat jawaban dari Anggota Bawaslu Lebong Sabdi Destian. Menurut Sabdi, ujar Jack, Bawaslu beralibi adanya Perbawaslu Nomor 8/2020 pasal 19 ayat 2.

Tapi, yang menjadi pertanyaan pasal itu untuk pelanggaran Pilkada.

“Sedangkan kita awalnya lebih mempertanyakan soal SOP pengawasan staf Panwascam. Dan kalau pun memang dijadikan pemberi informasi awal, kenapa indentitas tidak dilindungi. Ini jelas menunjukkan ada upaya Bawaslu Lebong mematikan pengawasan partisipatif di Kabupaten Lebong,” demikian Jack. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Tok ! DPRD Lebong Sahkan Perubahan APBD 2022

Kamis, 29 Sep 2022 08:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – DPRD Lebong menggelar rapat paripurna dengan agenda pendapat akhir fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)...

Polisi Tangkap Pria Ngaku Wartawan Usai Peras Ketua Poktan

Rabu, 28 Sep 2022 04:23 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Seorang pria berinisial SE (40) warga Desa Turan Baru Kecamatan Curup Selatan ditangkap personel Polsek Bermani Ulu...

DPRD Bahas Polemik Perpindahan Penduduk, Kades dan Ketua Adat Silang Pendapat

Rabu, 28 Sep 2022 03:18 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara – DPRD Bengkulu Utara melalui Komisi I menggelar rapat dengar pendapat (RDP) atau hearing terkait polemik perpindahan...

Soal Dokumen Legalitas, Komisi III Nilai PT SIL Bertele-tele

Rabu, 28 Sep 2022 02:22 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara -  Komisi III DPRD Kabupaten Bengkulu Utara tampaknya begitu getol memperjuangkan aspirasi masyarakat Bumi Ratu Samban...

Hearing dengan Komisi III, PT SIL Akui Garap Kawasan Hutan Register 71 Air Bintunan

Rabu, 28 Sep 2022 01:47 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi III DPRD Bengkulu Utara kembali memanggil manajemen PT Sandabi Indah Lestari untuk mengikuti Rapat Dengar...

Heboh, Warga Bermani Ulu Temukan Tengkorak Manusia

Selasa, 27 Sep 2022 11:00 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Warga Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong pada Senin (26/9/2022) sore sekira pukul 15.45 WIB,...

Bupati Prioritaskan Anggaran Pilkades dan Rekrutmen P3K di Perubahan APBD

Senin, 26 Sep 2022 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – DPRD Kabupaten Lebong menggelar tiga rapat paripurna dengan agenda berbeda secara maraton pada Senin (26/9/2022) bertempat...

BUMDes Nangai Tayau I Gulung Tikar, Inspektorat Segera Audit

Senin, 26 Sep 2022 07:54 WIB

fokusbengkulu,lebong – Inspektorat Kabupaten Lebong memastikan akan segera mengaudit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nangai Tayau I Kecamatan Amen....

Giliran BRIN Dukung Percepatan Pembangunan di Lebong

Jumat, 23 Sep 2022 08:53 WIB

fokusbengkulu,lebong – Upaya Bupati Lebong Kopli Ansori yang terus menggalang dukungan dari pemerintah pusat agar terwujud percepatan pembangunan...

Usai Asesmen, Peserta Lelang JPTP akan Ikuti Uji Gagasan

Jumat, 23 Sep 2022 06:44 WIB

fokusbengkulu,lebong – Peserta Seleksi Terbuka (Selter) atau lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkup Pemkab Lebong kembali akan...

%d blogger menyukai ini: