Home / Daerah / Lebong / Bersama Petani, PT PGE Proyek Hululais Panen Raya Lagi

Bersama Petani, PT PGE Proyek Hululais Panen Raya Lagi

Jumat, 16 Okt 2020 07:10 WIB
Editor : Emzon Nurdin

fokusbengkulu,lebong – PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Proyek Hululais kembali melaksanakan panen raya program Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani (Poktan) di sekitar Ring 1 Wilayah Kerja Perusahaan (WKP), Kamis (15/10/2020).

Lokasinya, di areal persawahan samping Cluster D, Desa Daneu Liang Kecamatan Lebong Tengah. Ada empat Poktan di Desa Daneu Liang yang terlibat dalam program ini, Poktan Geo Tani Makmur, Harapan Maju, Danau Liang Jaya, dan Bina Makmur.

Panen raya yang digelar tersebut bukan kali pertama. Tahun lalu, kegiatan serupa dilaksanakan di dua lokasi. Yakni di Desa Daneu Liang dan Sawah Sam Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan.

Kerberhasilan program MT 2 juga sebagai bukti sinergitas PT PGE Hululais dengan Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan).

“Ini wujud kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitar perusahaan dan mendukung program Pemkab Lebong,” ujar Project Manager PT PGE Proyek Hululais, Uus R Kurniawan.

Ditambahkannya, dengan program MT 2, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Uus mengakui, PT PGE Hululais yang sejauh ini masih berstatus sebagai proyek, masih terbatas dalam memberikan dukungan kepada masyarakat di sekitar WKP.

Kondisi tentu akan berbeda, kata dia, jika nanti PT PGE Hululais sudah menjadi area alias sudah berproduksi.

“Besar harapan kami agar petani yang tergabung dalam Poktan Geo Tani Makmur dan lainnya ini tetap konsisten dalam melaksanakan program MT 2 ke depannya, dan juga dapat diikuti para petani padi lainnya,” ujar Uus.

Lebih jauh, dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat PT. PGE Proyek Hululais melalui CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggungjawab sosial perusahaan.

“Di tahun 2020 ini ada peningkatan luas areal persawahan yang melakukan MT 2 yaitu seluas 35 hektar. Tentu ini peningkatan yang signifikan dibandingkan 2019 yaitu hanya berkisar 11,3 hektar,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Poktan Geo Tani Makmur Desa Daneu Liang, Rasali menyampaikan, berkat pendekatan, dukungan, dan bantuan PT PGE Proyek Hululais, Tripika Lebong Tengah, Kades Daneu Liang, serta pendampingan dari Disperkan Kabupaten Lebong. Jumlah Poktan dan petani yang mengikuti program MT 2 di Desa Daneu Liang bertambah. 

“Alhamdulillah semakin lama yang mengikuti program MT 2 ini semakin bertambah. Awalnya hanya 1 kelompok tani sekarang sudah 4 kelompok tani yaitu Poktan Harapan Maju, Danau Liang Jaya, Bina Makmur, dan Geo Tani Makmur,” kata Rasali.

Dengan begitu, tentu luas persawahan pun bertambah. Dia berterima kasih kepada PT PGE Proyek Hululais, Disperkan Lebong, Tripika Lebong Tengah, dan pihak pemerintah desa.

Di kesempatan yang sama, Kades Daneu Liang Endang Karyawan juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian PT. PGE dalam upaya ikut serta pemberdayaan masyarakat petani di desa yang ia pimpin.

“Mewakili pemerintah desa dan masyarakat Daneu Liang saya mengucapkan terima kasih kepada PT. PGE Proyek Hululais telah melaksanakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini,” kata Kades.

Berkat program ini, tambahnya, di Tahun 2020, MT 2 sudah merambah areal persawahan seluas 35 hektar.

“Dari 52 hektar luas persawahan yang ada di Desa Daneu Liang,” ujar dia lagi. 

 

Tak jauh berbeda, Kepala Disperkan Kabupaten Lebong Emiwati SE M.Ak selain menyampaikan ucapan terima kasih, sebagai reward dari Pemkab Lebong, juga diserahkan Alsintan.

“Tentu saja kegiatan ini sangat membantu kami dalam merubah perilaku dan mengajak petani kita agar mau melakukan MT 2. Dan juga program seperti ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan petani,” sampai Emiwati.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Camat Lebong Tengah Sugiarto SH, Danramil Kapt Inf Sumardi, BP3 Karang Anyar, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Daneu Liang. (rls)

 

Baja Juga

News Feed

Kunjungi Lebong, Dandim 0409 RL yang Baru Disambut Hangat Bupati Kopli

Rabu, 28 Feb 2024 10:35 WIB

fokusbengkulu,lebong – Setelah beberapa hari dilantik dan resmi memegang tampuk pimpinan Komando Distrik Militer (Kodim) 0409 Rejang Lebong (RL),...

Seleksi Paskibraka Dimulai, Ratusan Pelajar Bersaing

Selasa, 27 Feb 2024 09:09 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah resmi memulai tahapan seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)...

Bupati, Wabup dan Sekda Kompak Hadir, Festival Perahu Naga di Danau Tes Meriah

Rabu, 6 Des 2023 02:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lebong yang ke-20 Tahun 2023, Pemkab Lebong melalui Dinas Pemuda...

Meriahkan HUT Lebong ke-20, Bupati Lepas Ribuan Peserta Lomba Baris Berbaris

Rabu, 6 Des 2023 01:21 WIB

fokusbengkulu,lebong – Rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lebong ke-20 Tahun 2023 telah dimulai sejak...

Aktif Sampaikan Peluang Investasi, Pemkab Lebong Raih Penghargaan Treasury Award

Senin, 4 Des 2023 08:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong meraih penghargaan dalam acara Treasury Award yang digelar oleh Kementerian Keuangan...

Tutup Kegiatan Survei Akreditasi RSUD, Bupati Tegaskan Komitmen Tingkatkan Mutu Pelayanan

Rabu, 29 Nov 2023 10:13 WIB

fokusbengkulu,lebong – Survei penilaian akreditasi RSUD Lebong yang berlangsung selama dua hari, mulai Senin (27/11/2023) hingga Selasa...

Puncak Peringatan HKN, Kopli Ansori Beri Penghargaan kepada Nakes Teladan

Rabu, 29 Nov 2023 01:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023,...

Lebong Tercepat di Provinsi Bengkulu Sahkan APBD, Bupati Instruksikan Jajaran Bekerja Maksimal

Selasa, 28 Nov 2023 09:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabupaten Lebong tercatat sebagai kabupaten atau daerah tercepat di Provinsi Bengkulu yang mengesahkan Rancangan Peratuan...

Hadiri HUT Provinsi Bengkulu ke-55, Bupati Kopli Harap Kesejahteraan Masyarakat Makin Merata

Minggu, 19 Nov 2023 12:50 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu -  Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi istri tercinta yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Lebong Elvi Sukaisih menghadiri...

Ikut Panen Padi MT-2 di Desa Garut, Bupati Kopli Ansori Puji Kegigihan Petani

Kamis, 16 Nov 2023 09:51 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kegigihan petani di Desa Garut Kecamatan Amen dalam menyukseskan program tanam dan panen dua kali dalam setahun atau yang...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus