• 241
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    241
    Shares

fokusbengkulu,lebong – PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Proyek Hululais kembali melaksanakan panen raya program Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani (Poktan) di sekitar Ring 1 Wilayah Kerja Perusahaan (WKP), Kamis (15/10/2020).

Lokasinya, di areal persawahan samping Cluster D, Desa Daneu Liang Kecamatan Lebong Tengah. Ada empat Poktan di Desa Daneu Liang yang terlibat dalam program ini, Poktan Geo Tani Makmur, Harapan Maju, Danau Liang Jaya, dan Bina Makmur.

Panen raya yang digelar tersebut bukan kali pertama. Tahun lalu, kegiatan serupa dilaksanakan di dua lokasi. Yakni di Desa Daneu Liang dan Sawah Sam Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan.

Kerberhasilan program MT 2 juga sebagai bukti sinergitas PT PGE Hululais dengan Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan).

“Ini wujud kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitar perusahaan dan mendukung program Pemkab Lebong,” ujar Project Manager PT PGE Proyek Hululais, Uus R Kurniawan.

Ditambahkannya, dengan program MT 2, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Uus mengakui, PT PGE Hululais yang sejauh ini masih berstatus sebagai proyek, masih terbatas dalam memberikan dukungan kepada masyarakat di sekitar WKP.

Kondisi tentu akan berbeda, kata dia, jika nanti PT PGE Hululais sudah menjadi area alias sudah berproduksi.

“Besar harapan kami agar petani yang tergabung dalam Poktan Geo Tani Makmur dan lainnya ini tetap konsisten dalam melaksanakan program MT 2 ke depannya, dan juga dapat diikuti para petani padi lainnya,” ujar Uus.

Lebih jauh, dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat PT. PGE Proyek Hululais melalui CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggungjawab sosial perusahaan.

“Di tahun 2020 ini ada peningkatan luas areal persawahan yang melakukan MT 2 yaitu seluas 35 hektar. Tentu ini peningkatan yang signifikan dibandingkan 2019 yaitu hanya berkisar 11,3 hektar,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Poktan Geo Tani Makmur Desa Daneu Liang, Rasali menyampaikan, berkat pendekatan, dukungan, dan bantuan PT PGE Proyek Hululais, Tripika Lebong Tengah, Kades Daneu Liang, serta pendampingan dari Disperkan Kabupaten Lebong. Jumlah Poktan dan petani yang mengikuti program MT 2 di Desa Daneu Liang bertambah. 

“Alhamdulillah semakin lama yang mengikuti program MT 2 ini semakin bertambah. Awalnya hanya 1 kelompok tani sekarang sudah 4 kelompok tani yaitu Poktan Harapan Maju, Danau Liang Jaya, Bina Makmur, dan Geo Tani Makmur,” kata Rasali.

Dengan begitu, tentu luas persawahan pun bertambah. Dia berterima kasih kepada PT PGE Proyek Hululais, Disperkan Lebong, Tripika Lebong Tengah, dan pihak pemerintah desa.

Di kesempatan yang sama, Kades Daneu Liang Endang Karyawan juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian PT. PGE dalam upaya ikut serta pemberdayaan masyarakat petani di desa yang ia pimpin.

“Mewakili pemerintah desa dan masyarakat Daneu Liang saya mengucapkan terima kasih kepada PT. PGE Proyek Hululais telah melaksanakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini,” kata Kades.

Berkat program ini, tambahnya, di Tahun 2020, MT 2 sudah merambah areal persawahan seluas 35 hektar.

“Dari 52 hektar luas persawahan yang ada di Desa Daneu Liang,” ujar dia lagi. 

 

Tak jauh berbeda, Kepala Disperkan Kabupaten Lebong Emiwati SE M.Ak selain menyampaikan ucapan terima kasih, sebagai reward dari Pemkab Lebong, juga diserahkan Alsintan.

“Tentu saja kegiatan ini sangat membantu kami dalam merubah perilaku dan mengajak petani kita agar mau melakukan MT 2. Dan juga program seperti ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan petani,” sampai Emiwati.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Camat Lebong Tengah Sugiarto SH, Danramil Kapt Inf Sumardi, BP3 Karang Anyar, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Daneu Liang. (rls)

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tempo Lima Jam, Pelaku Penikaman di Cafe Pantai Panjang Diringkus

Minggu, 19 Sep 2021 10:34 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Gerak cepat personel Sat Reskrim Polres Bengkulu Polda Bengkulu dalam mengungkap kasus penikaman terhadap korban...

Astaga, Pria Berpeci Ini Masuk Masjid Lalu Gasak Uang Kotak Amal

Jumat, 17 Sep 2021 07:39 WIB

Tangkapan layar pelaku saat berada di dalam masjid fokusbengkulu,lebong – Jika orang lain datang ke masjid mengenakan gamis dan peci untuk...

Demi Masyarakat Lebong, Bupati Wacanakan Bangun Rumah Singgah di Dekat RSMY

Kamis, 16 Sep 2021 10:35 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Bupati Kopli Ansori punya wacana menarik demi membantu masyarakat Lebong. Apa itu ? Mess milik...

Sekda Pastikan Hasil Uji Kompetensi Jadi Pertimbangan Mutasi dan Rotasi

Kamis, 16 Sep 2021 08:02 WIB

Sekda H Mustarani Abidin SH M.Si (tengah) saat membuka uji kompetensi di Graha Bina Praja, Kamis (16/9/2021) fokusbengkulu,lebong – Sekretaris...

Pejabat Eselon II Ikut Uji Kompetensi, Berikut Daftar Namanya

Rabu, 15 Sep 2021 11:58 WIB

Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH M.Si fokusbengkulu,lebong – Perlahan tapi pasti, Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs...

PPKM Longgar, Bupati Syamsul Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Terapkan Prokes

Selasa, 14 Sep 2021 03:53 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Bupati Rejang Lebong Drs Syamsul Effendi MM mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap disiplin dalam menerapkan...

Kabur dari Rumah Sejak Agustus, Gadis di Rejang Lebong Ini Dilaporkan Hilang

Selasa, 14 Sep 2021 12:05 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Seorang gadis berusia 19 tahun bernama Rini Indah Permatasari (19) warga Kelurahan Talang Benih Gang Batu Retno RT 04...

Lecehkan Bocah 13 Tahun, Pria Asal Lubuklinggau Berurusan dengan Polisi

Sabtu, 11 Sep 2021 02:52 WIB

SU saat diperiksa polisi, Kamis (9/9/2021) fokusbengkulu,bengkuluselatan – Ada-ada saja ulah seorang pria asal Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera...

Warga Lempari Mobil Polisi Usai Penggerebekan Rumah Bandar Narkoba di Binduriang

Jumat, 10 Sep 2021 01:15 WIB

Wakapolres Rejang Lebong Kompol Edy Syafrudin menunjukkan barang bukti Narkoba  fokusbengkulu,rejanglebong – Penggerebekan rumah terduga bandar...

Anggota DPR RI Salurkan Beasiswa PIP, Pemkab Rejang Lebong Imbangi dengan Seragam Gratis

Kamis, 9 Sep 2021 12:48 WIB

Dewi Coryati (tengah) didampingi Wabup Hendra Wahyudiansyah menyerahkan SK penerima beasiswa PIP fokusbengkulu,rejanglebong – Anggota Komisi X DPR...

%d blogger menyukai ini: