Bersama Petani, PT PGE Proyek Hululais Panen Raya Lagi

Jumat, 16 Okt 2020 07:10 WIB
Editor : Emzon Nurdin

fokusbengkulu,lebong – PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Proyek Hululais kembali melaksanakan panen raya program Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani (Poktan) di sekitar Ring 1 Wilayah Kerja Perusahaan (WKP), Kamis (15/10/2020).

Lokasinya, di areal persawahan samping Cluster D, Desa Daneu Liang Kecamatan Lebong Tengah. Ada empat Poktan di Desa Daneu Liang yang terlibat dalam program ini, Poktan Geo Tani Makmur, Harapan Maju, Danau Liang Jaya, dan Bina Makmur.

Panen raya yang digelar tersebut bukan kali pertama. Tahun lalu, kegiatan serupa dilaksanakan di dua lokasi. Yakni di Desa Daneu Liang dan Sawah Sam Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan.

Kerberhasilan program MT 2 juga sebagai bukti sinergitas PT PGE Hululais dengan Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan).

“Ini wujud kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitar perusahaan dan mendukung program Pemkab Lebong,” ujar Project Manager PT PGE Proyek Hululais, Uus R Kurniawan.

Ditambahkannya, dengan program MT 2, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Uus mengakui, PT PGE Hululais yang sejauh ini masih berstatus sebagai proyek, masih terbatas dalam memberikan dukungan kepada masyarakat di sekitar WKP.

Kondisi tentu akan berbeda, kata dia, jika nanti PT PGE Hululais sudah menjadi area alias sudah berproduksi.

“Besar harapan kami agar petani yang tergabung dalam Poktan Geo Tani Makmur dan lainnya ini tetap konsisten dalam melaksanakan program MT 2 ke depannya, dan juga dapat diikuti para petani padi lainnya,” ujar Uus.

Lebih jauh, dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat PT. PGE Proyek Hululais melalui CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggungjawab sosial perusahaan.

“Di tahun 2020 ini ada peningkatan luas areal persawahan yang melakukan MT 2 yaitu seluas 35 hektar. Tentu ini peningkatan yang signifikan dibandingkan 2019 yaitu hanya berkisar 11,3 hektar,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Poktan Geo Tani Makmur Desa Daneu Liang, Rasali menyampaikan, berkat pendekatan, dukungan, dan bantuan PT PGE Proyek Hululais, Tripika Lebong Tengah, Kades Daneu Liang, serta pendampingan dari Disperkan Kabupaten Lebong. Jumlah Poktan dan petani yang mengikuti program MT 2 di Desa Daneu Liang bertambah. 

“Alhamdulillah semakin lama yang mengikuti program MT 2 ini semakin bertambah. Awalnya hanya 1 kelompok tani sekarang sudah 4 kelompok tani yaitu Poktan Harapan Maju, Danau Liang Jaya, Bina Makmur, dan Geo Tani Makmur,” kata Rasali.

Dengan begitu, tentu luas persawahan pun bertambah. Dia berterima kasih kepada PT PGE Proyek Hululais, Disperkan Lebong, Tripika Lebong Tengah, dan pihak pemerintah desa.

Di kesempatan yang sama, Kades Daneu Liang Endang Karyawan juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian PT. PGE dalam upaya ikut serta pemberdayaan masyarakat petani di desa yang ia pimpin.

“Mewakili pemerintah desa dan masyarakat Daneu Liang saya mengucapkan terima kasih kepada PT. PGE Proyek Hululais telah melaksanakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini,” kata Kades.

Berkat program ini, tambahnya, di Tahun 2020, MT 2 sudah merambah areal persawahan seluas 35 hektar.

“Dari 52 hektar luas persawahan yang ada di Desa Daneu Liang,” ujar dia lagi. 

 

Tak jauh berbeda, Kepala Disperkan Kabupaten Lebong Emiwati SE M.Ak selain menyampaikan ucapan terima kasih, sebagai reward dari Pemkab Lebong, juga diserahkan Alsintan.

“Tentu saja kegiatan ini sangat membantu kami dalam merubah perilaku dan mengajak petani kita agar mau melakukan MT 2. Dan juga program seperti ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan petani,” sampai Emiwati.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Camat Lebong Tengah Sugiarto SH, Danramil Kapt Inf Sumardi, BP3 Karang Anyar, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Daneu Liang. (rls)

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Eksekutif – Legislatif Sepakati APBD Lebong 2023

Jumat, 2 Des 2022 01:37 WIB

fokusbengkulu,lebong - Setelah melalui proses pembahasan yang cukup panjang dan alot, eksekutif dan legislatif akhirnya menyepakati Rancangan...

Dinas PUPR Gelontorkan Rp 800 Juta Perbaiki Jalan di Kota Arga Makmur

Jumat, 2 Des 2022 08:54 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) menggelar kegiatan...

Didampingi Kadis PUPR, Bupati Pantau Perbaikan Jalan di Bengkulu Utara

Jumat, 2 Des 2022 08:37 WIB

fokusbengkulu,bengkulutara - Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian memantau secara langsung proses perbaikan jalan di beberapa titik di Kabupaten Bengkulu...

Khidmat, Wabup Arie Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru

Jumat, 2 Des 2022 08:16 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Utara Arie Septia Adinata SE MAP memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Guru...

Komisi I Kebut Bahas Rancangan APBD Bengkulu Utara 2023

Selasa, 29 Nov 2022 01:12 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi I DPRD Bengkulu Utara 'ngebut' melaksanakan rapat kerja bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis guna...

Dewan Kebut Bahas Rancangan APBD

Selasa, 29 Nov 2022 11:30 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi I DPRD Bengkulu Utara 'ngebut' melaksanakan rapat kerja bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis guna...

Komisi II Gelar Rapat Kerja Bersama OPD, Bahas R-APBD Bengkulu Utara 2023

Selasa, 29 Nov 2022 09:52 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi II DPRD Bengkulu Utara menggelar rapat kerja pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah...

Sonti Bakara Kunjungi Stan Pameran Pekan Raya Arga Makmur

Selasa, 22 Nov 2022 07:56 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Ketua DPRD Bengkulu Utara Sontin Bakara SH mengunjungi stan pameran Pekan Raya Arga Makmur di Alun-alun Rajo Malim...

Ketua Komisi I DPRD Bengkulu Utara Hadiri Wisuda Universitas Ratu Samban

Senin, 21 Nov 2022 11:50 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Ketua Komisi I DPRD Bengkulu Utara Hasdiansyah menghadiri wisuda ke- XIV  Program Sarjana dan Ahli Madya Universitas...

Ketua DPRD Hadiri Rapat Bahas Soal Penanganan Konflik di Bengkulu Utara

Jumat, 18 Nov 2022 01:12 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara Sonti Bakara SH menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim)...

%d blogger menyukai ini: