Home / Daerah / Lebong / Bersama Petani, PT PGE Proyek Hululais Panen Raya Lagi
IDUAL ADHA 24

Bersama Petani, PT PGE Proyek Hululais Panen Raya Lagi

Jumat, 16 Okt 2020 07:10 WIB
Editor : Emzon Nurdin

fokusbengkulu,lebong – PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Proyek Hululais kembali melaksanakan panen raya program Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani (Poktan) di sekitar Ring 1 Wilayah Kerja Perusahaan (WKP), Kamis (15/10/2020).

Lokasinya, di areal persawahan samping Cluster D, Desa Daneu Liang Kecamatan Lebong Tengah. Ada empat Poktan di Desa Daneu Liang yang terlibat dalam program ini, Poktan Geo Tani Makmur, Harapan Maju, Danau Liang Jaya, dan Bina Makmur.

Panen raya yang digelar tersebut bukan kali pertama. Tahun lalu, kegiatan serupa dilaksanakan di dua lokasi. Yakni di Desa Daneu Liang dan Sawah Sam Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan.

Kerberhasilan program MT 2 juga sebagai bukti sinergitas PT PGE Hululais dengan Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan).

“Ini wujud kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitar perusahaan dan mendukung program Pemkab Lebong,” ujar Project Manager PT PGE Proyek Hululais, Uus R Kurniawan.

Ditambahkannya, dengan program MT 2, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Uus mengakui, PT PGE Hululais yang sejauh ini masih berstatus sebagai proyek, masih terbatas dalam memberikan dukungan kepada masyarakat di sekitar WKP.

Kondisi tentu akan berbeda, kata dia, jika nanti PT PGE Hululais sudah menjadi area alias sudah berproduksi.

“Besar harapan kami agar petani yang tergabung dalam Poktan Geo Tani Makmur dan lainnya ini tetap konsisten dalam melaksanakan program MT 2 ke depannya, dan juga dapat diikuti para petani padi lainnya,” ujar Uus.

Lebih jauh, dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat PT. PGE Proyek Hululais melalui CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggungjawab sosial perusahaan.

“Di tahun 2020 ini ada peningkatan luas areal persawahan yang melakukan MT 2 yaitu seluas 35 hektar. Tentu ini peningkatan yang signifikan dibandingkan 2019 yaitu hanya berkisar 11,3 hektar,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Poktan Geo Tani Makmur Desa Daneu Liang, Rasali menyampaikan, berkat pendekatan, dukungan, dan bantuan PT PGE Proyek Hululais, Tripika Lebong Tengah, Kades Daneu Liang, serta pendampingan dari Disperkan Kabupaten Lebong. Jumlah Poktan dan petani yang mengikuti program MT 2 di Desa Daneu Liang bertambah. 

“Alhamdulillah semakin lama yang mengikuti program MT 2 ini semakin bertambah. Awalnya hanya 1 kelompok tani sekarang sudah 4 kelompok tani yaitu Poktan Harapan Maju, Danau Liang Jaya, Bina Makmur, dan Geo Tani Makmur,” kata Rasali.

Dengan begitu, tentu luas persawahan pun bertambah. Dia berterima kasih kepada PT PGE Proyek Hululais, Disperkan Lebong, Tripika Lebong Tengah, dan pihak pemerintah desa.

Di kesempatan yang sama, Kades Daneu Liang Endang Karyawan juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian PT. PGE dalam upaya ikut serta pemberdayaan masyarakat petani di desa yang ia pimpin.

“Mewakili pemerintah desa dan masyarakat Daneu Liang saya mengucapkan terima kasih kepada PT. PGE Proyek Hululais telah melaksanakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini,” kata Kades.

Berkat program ini, tambahnya, di Tahun 2020, MT 2 sudah merambah areal persawahan seluas 35 hektar.

“Dari 52 hektar luas persawahan yang ada di Desa Daneu Liang,” ujar dia lagi. 

 

Tak jauh berbeda, Kepala Disperkan Kabupaten Lebong Emiwati SE M.Ak selain menyampaikan ucapan terima kasih, sebagai reward dari Pemkab Lebong, juga diserahkan Alsintan.

“Tentu saja kegiatan ini sangat membantu kami dalam merubah perilaku dan mengajak petani kita agar mau melakukan MT 2. Dan juga program seperti ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan petani,” sampai Emiwati.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Camat Lebong Tengah Sugiarto SH, Danramil Kapt Inf Sumardi, BP3 Karang Anyar, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Daneu Liang. (rls)

 

Baja Juga

News Feed

Bupati Kopli Saksikan Peresmian Pasar Ajai Siang oleh Mendag Zulkifli Hasan

Jumat, 14 Jun 2024 10:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Dr (HC) Zulkifili Hasan SE MM menginjakkan kaki di Bumi Rafflesia pada Jum’at (14/6/2024)....

Bupati Kopli Ansori akan Perpanjang Masa Jabatan 27 Kades

Kamis, 13 Jun 2024 09:51 WIB

fokusbengkulu,jakarta– Sebagai tindaklanjut atas berlakunya Undang Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 6...

Kabar Baik, Pemkab Lebong Segera Gelar Operasi Katarak Gratis, Ini Jadwalnya

Selasa, 11 Jun 2024 08:36 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar baik bagi warga Kabupaten Lebong yang menderita penyakit katarak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas...

Legislatif Sampaikan Pandangan Umum terhadap Pertanggungjawaban APBD Lebong 2023

Selasa, 11 Jun 2024 12:53 WIB

fokusbengkulu,lebong - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi...

Wabup Fahrurrozi Dorong Pelaku Usaha Daftarkan Kekayaan Intelektual

Senin, 10 Jun 2024 09:47 WIB

fokusbengkulu,lebong – Wakil Bupati (Wabup) Lebong Drs Fahrurrozi MPd menghadiri kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual yang...

Imbas Banjir, Batu Bergelimpangan Tutupi Jalan, Lalin Lebong – Curup Sempat Lumpuh

Senin, 10 Jun 2024 07:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lebong pada Senin (10/6/2024) sore sejak sekitar pukul 15.30 WIB...

Monev di RSUD Lebong, Tim Kemenkes Puas dengan Kinerja Dokter Spesialis

Sabtu, 8 Jun 2024 12:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan mengutus tim untuk melakukan monitoring...

Bupati Kopli Ansori Hadiri Mediasi Tapal Batas

Kamis, 6 Jun 2024 07:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebagai tindaklanjut dari putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) RI terkait sengketa batas wilayah Kabupaten Lebong dengan...

Didukung Penuh Bupati Kopli, Kafilah Lebong Ikuti MTQ di Bengkulu Utara

Rabu, 5 Jun 2024 10:47 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melepas keberangkatan 57 orang kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)...

Dihadiri Bupati, DPRD Lebong Gelar Rapat Paripurna Pertanggungjawaban APBD

Selasa, 4 Jun 2024 09:58 WIB

fokusbengkulu,lebong -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong menggelar dua rapat paripurna bertempat di ruang sidang Sekretariat...