• 272
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    272
    Shares

fokusbengkulu,lebong – PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) Proyek Hululais kembali melaksanakan panen raya program Musim Tanam (MT) ke-2 bersama Kelompok Tani (Poktan) di sekitar Ring 1 Wilayah Kerja Perusahaan (WKP), Kamis (15/10/2020).

Lokasinya, di areal persawahan samping Cluster D, Desa Daneu Liang Kecamatan Lebong Tengah. Ada empat Poktan di Desa Daneu Liang yang terlibat dalam program ini, Poktan Geo Tani Makmur, Harapan Maju, Danau Liang Jaya, dan Bina Makmur.

Panen raya yang digelar tersebut bukan kali pertama. Tahun lalu, kegiatan serupa dilaksanakan di dua lokasi. Yakni di Desa Daneu Liang dan Sawah Sam Kelurahan Mubai Kecamatan Lebong Selatan.

Kerberhasilan program MT 2 juga sebagai bukti sinergitas PT PGE Hululais dengan Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan).

“Ini wujud kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitar perusahaan dan mendukung program Pemkab Lebong,” ujar Project Manager PT PGE Proyek Hululais, Uus R Kurniawan.

Ditambahkannya, dengan program MT 2, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Uus mengakui, PT PGE Hululais yang sejauh ini masih berstatus sebagai proyek, masih terbatas dalam memberikan dukungan kepada masyarakat di sekitar WKP.

Kondisi tentu akan berbeda, kata dia, jika nanti PT PGE Hululais sudah menjadi area alias sudah berproduksi.

“Besar harapan kami agar petani yang tergabung dalam Poktan Geo Tani Makmur dan lainnya ini tetap konsisten dalam melaksanakan program MT 2 ke depannya, dan juga dapat diikuti para petani padi lainnya,” ujar Uus.

Lebih jauh, dia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat PT. PGE Proyek Hululais melalui CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggungjawab sosial perusahaan.

“Di tahun 2020 ini ada peningkatan luas areal persawahan yang melakukan MT 2 yaitu seluas 35 hektar. Tentu ini peningkatan yang signifikan dibandingkan 2019 yaitu hanya berkisar 11,3 hektar,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Poktan Geo Tani Makmur Desa Daneu Liang, Rasali menyampaikan, berkat pendekatan, dukungan, dan bantuan PT PGE Proyek Hululais, Tripika Lebong Tengah, Kades Daneu Liang, serta pendampingan dari Disperkan Kabupaten Lebong. Jumlah Poktan dan petani yang mengikuti program MT 2 di Desa Daneu Liang bertambah. 

“Alhamdulillah semakin lama yang mengikuti program MT 2 ini semakin bertambah. Awalnya hanya 1 kelompok tani sekarang sudah 4 kelompok tani yaitu Poktan Harapan Maju, Danau Liang Jaya, Bina Makmur, dan Geo Tani Makmur,” kata Rasali.

Dengan begitu, tentu luas persawahan pun bertambah. Dia berterima kasih kepada PT PGE Proyek Hululais, Disperkan Lebong, Tripika Lebong Tengah, dan pihak pemerintah desa.

Di kesempatan yang sama, Kades Daneu Liang Endang Karyawan juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian PT. PGE dalam upaya ikut serta pemberdayaan masyarakat petani di desa yang ia pimpin.

“Mewakili pemerintah desa dan masyarakat Daneu Liang saya mengucapkan terima kasih kepada PT. PGE Proyek Hululais telah melaksanakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini,” kata Kades.

Berkat program ini, tambahnya, di Tahun 2020, MT 2 sudah merambah areal persawahan seluas 35 hektar.

“Dari 52 hektar luas persawahan yang ada di Desa Daneu Liang,” ujar dia lagi. 

 

Tak jauh berbeda, Kepala Disperkan Kabupaten Lebong Emiwati SE M.Ak selain menyampaikan ucapan terima kasih, sebagai reward dari Pemkab Lebong, juga diserahkan Alsintan.

“Tentu saja kegiatan ini sangat membantu kami dalam merubah perilaku dan mengajak petani kita agar mau melakukan MT 2. Dan juga program seperti ini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan petani,” sampai Emiwati.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Camat Lebong Tengah Sugiarto SH, Danramil Kapt Inf Sumardi, BP3 Karang Anyar, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Daneu Liang. (rls)

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Telegram Netralitas Polri Terbit, Kabid Humas : Tak Pandang Pangkat dan Jabatan

Senin, 23 Nov 2020 12:52 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Pilkada serentak tahun 2020 sudah di depan mata. Polri sebagai instrumen terpenting dalam menjaga keamanan dan...

Begini Tunanetra Memilih

Minggu, 22 Nov 2020 05:14 WIB

fokusbengkulu,lebong – Simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) yang digelar KPU (Komisi Pemilihan Umum) Lebong, Sabtu (21/11/2020),...

Siang Bolong, Pria Paruh Baya di Rejang Lebong Ini Gagahi Anak Keterbelakangan Mental

Minggu, 22 Nov 2020 01:50 WIB

Pelaku berinisial SA saat diperiksa polisi  fokusbengkulu,rejanglebong – Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Sat Reskrim Polres Rejang...

7 Personel Terpapar Covid-19, Kapolres Rejang Lebong Bantu Sembako dan Obat-obatan

Sabtu, 21 Nov 2020 07:40 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno S.IK MH, Jum’at (20/11/2020) membesuk anggotanya yang terpapar Covid-19...

Meski Pandemi, Pemilih Tak Perlu Khawatir Datang ke TPS

Sabtu, 21 Nov 2020 04:17 WIB

Komisioner KPU Lebong Yoki Setiawan saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan simulasi fokusbengkulu,lebong – Meski pelaksanaan Pilkada...

Ikuti Webinar Pemulihan Ekonomi, Ada e-Sertifikat Gratis dan Doorprize

Jumat, 20 Nov 2020 08:24 WIB

fokusbengkulu,lebong – Untuk mengurangi dampak Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Pemerintah...

Cerita Rozali dan Sisran Haropi yang Bertahun-tahun Jadi Sopir Ambulans Kopli Care

Jumat, 20 Nov 2020 05:24 WIB

Ambulans Kopli Care fokusbengkulu,lebong – Tak ada yang tak kenal Kopli Ansori di Lebong. Pengusaha muda yang juga Ketua DPD PAN (Partai Amanat...

Ditikam, Karyawan SPBU Pasar Kepahiang Tewas

Jumat, 20 Nov 2020 12:40 WIB

fokusbengkulu,kepahiang – Warga Kelurahan Pasar Kepahiang gempar. Seorang karyawan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), Gery Sutrodo (26)...

Pastikan Prokes Ketat Saat Pencoblosan, KPU Lebong Gelar Simulasi Putungsura

Jumat, 20 Nov 2020 09:24 WIB

Yoki Setiawan fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong akan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara...

Diduga Aniaya Anak di Bawah Umur, Oknum Kades dan Perangkat Diamankan

Kamis, 19 Nov 2020 09:45 WIB

fokusbengkulu,kaur - Oknum Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur berinisial YD beserta dua perangkatnya NP dan SO, terpaksa...