• 216
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    216
    Shares

Ketua Bawaslu Lebong Jefriyanto SP 

fokusbengkulu,lebong – Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Lebong Jefriyanto SP telah menandatangani Surat Keputusan pemberhentian tetap salah seorang anggota Panwascam Topos atas nama Bobi Saputra. Pemberhentian tersebut tertuang dalam SK Nomor 95/K.BE-06/HK.01.01/X/2020 tertanggal 21 Oktober 2020.

Dalam surat itu, pemberhentian Bobi berdasarkan berita acara hasil rapat pleno Bawaslu membahas dugaan pelanggaran yang dilakukan Bobi dengan nomor 90/K.BE-06/X/2020 tanggal 20 Oktober 2020.

Dugaan pelanggaran yang dimaksud, bahwa Bobi tercatat sebagai pengurus Partai Politik (Parpol) di tingkat kecamatan.

Bawaslu mengklaim, mereka sudah mengantongi bukti berupa fisik KTA (Kartu Tanda Anggota) yang sesuai dengan nama dan NIK yang bersangkutan.

Ada yang menggelitik di balik pemberhentian Bobi. Dia sudah menjalankan tugas sebagai Anggota Panwascam Topos selama kurang lebih 10 bulan.

Kok bisa Bobi lulus seleksi ? Bukankah saat pendaftaran, ada verifikasi atau penelitian administrasi ? Bawaslu kecolongan ?

“Kenapa sekarang keputusannya ?, kenapa tidak dari dulu dan kenapa meloloskan saya sama sekali saat pendaftaran dulu. Saya ini adalah produk Bawaslu Lebong, saya melihat Komisioner Bawaslu Lebong terkesan diskriminatif dan tidak pernah menerima penjelasan dari saya,” beber Bobi, Senin (26/10/2020) siang, seperti dilansir dari pedomanbengkulu.com.

Dia menegaskan, dirinya tidak tahu menahu soal namanya masuk dalam kepengurusan Parpol di tingkat kecamatan.

Sejak awal namanya mencuat, dia sudah berkali-kali memberikan klarifikasi. Termasuk juga pernyataan klarifikasi pengurus DPC kepada Bawaslu Lebong.

Sayangnya, pembelaan yang ia sampaikan tidak pernah digubris Bawaslu Lebong.

“Berbulan-bulan saya selalu memenuhi undangan klarifikasi, bukti penguatan bahwa saya bukan anggota parpol sudah ada dan dari parpol juga ada. Kenapa sekarang baru diputuskan dan saya merasa mereka (Komisioner Bawaslu,red) tidak pernah menimbang semua yang saya sampaikan. Padahal selama ini saya sudah berkerja sesuai arahan mereka,” ungkap Bobi dengan nada kesal.

Dia juga menuturkan, Bawaslu Lebong sebelumnya sempat meminta dirinya mundur. Jika tidak, maka masalahnya akan dibahas dalam rapat pleno.

“September 2020 lalu saat saya menyatakan tidak akan mengundurkan diri, mereka menjawab terpaksa akan rapat pleno membuat putusan bahwa saya akan diberhentikan. Kalau saya melanggar, berarti Bawaslu Lebong juga melanggar karena sudah meloloskan saya,” pungkas Bobi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lebong Jefriyanto SP mengatakan, yang bersangkutan sudah tidak memenuhi syarat sebagai anggota Panwascam. Dia juga membantah jika Bawaslu kecolongan karena meloloskan pengurus parpol jadi anggota Panwascam.

“Kalau disebutkan kecolongan tidak. Kita sudah verifikasi, kita kan tidak ada pengurus parpol tingkat kecamatan waktu itu tidak ada. KTA waktu itu kita tidak pegang. Tahu-tahu ada SK (parpol tingkat kecamatan,red) dan itu juga kita memberikan kesempatan pembelaan diri,” katanya.

Setelah dilakukan penelusuran, sambung dia, unsur keterlibatan Bobi di parpol sudah terpenuhi dengan adanya bukti fisik KTA sesuai dengan nama dan NIK KTP dan kesesuaian nama.

Selanjutnya terkait surat keputusan yang terkesan lambat, dia berdalih, karena Bawaslu Lebong memberikan ruang pembelaan diri bagi Bobi untuk membuktikan secara nyata bahwa dirinya bukan pengurus parpol.

“Hasil klarifikasi pengurus parpol seingat mereka bukan pengurusnya. Tapi kita melihat bukti di atas kertas, kita melihat KTA dan KTP namanya sama dengan nama dalam SK Parpol tingkat kecamatan,” tandas Jefriyanto. (red)

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Bupati Larang ASN Lebong Mudik, Apalagi Gunakan Mobnas

Selasa, 4 Mei 2021 07:21 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Ini peringatan bagi seluruh ASN di lingkup Pemkab Lebong. Khususnya bagi pejabat eselon yang...

Bupati dan Ketua DPRD Lebong Teken Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Selasa, 4 Mei 2021 05:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori dan Ketua DPRD Carles Ronsen SSos menandatangani kesepakatan rancangan awal Rencana Pembangunan...

Toyota Hilux Jatuh ke Jurang, Sopir Patah Pinggang

Minggu, 2 Mei 2021 09:50 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kecelakaan tunggal terjadi di ruas jalan provinsi di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang pada Minggu (2/5/2021) siang...

HIPMI dan JMSI Bengkulu Berkolaborasi

Minggu, 2 Mei 2021 02:18 WIB

Dari kiri ke kanan : Dewan pakar JMSI Marsal Abadi, Ketua JMSI Riki Susanto, Ketum HIPMI Undang Sumbaga dan Dewan Pembina HIPMI Yuan...

BPD Berperan Wujudkan Lebong Bahagia dan Sejahtera

Sabtu, 1 Mei 2021 10:58 WIB

Bupati Kopli Ansori saat melantik anggota BPD fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori meminta seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa...

Enam Kali Bersurat ke DPUPR Minta Jalan Provinsi Diperbaiki, Toso : Tak Pernah Direspons

Kamis, 29 Apr 2021 11:48 WIB

Plt Kabid Bina Marga Haris Santoso ST fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP)...

Penyidikan Korupsi di Setwan Lebong Terus Bergulir, Delapan Auditor Hitung Kerugian Negara

Rabu, 28 Apr 2021 11:48 WIB

Kasis Pidsus Kejari Lebong Ronald Thomas Mendrofa SH fokusbengkulu,lebong – Penyidikan kasus dugaan korupsi anggaran rutin di Sekretariat Dewan...

Waduh, Oknum Polisi di Bengkulu Utara Simpan Sabu, Ganja hingga Senpi Rakitan

Selasa, 27 Apr 2021 08:54 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Subdit III Direktorat Resnarkoba Polda Bengkulu menangkap oknum polisi berinisial BH yang diketahui berdinas di Polres...

Tindaklanjuti Larangan Mudik, Polda Bengkulu Dirikan Lima Pos di Perbatasan

Minggu, 25 Apr 2021 02:30 WIB

Rakor Lintas Sektoral yang dihadiri Wagub Dr E H Rosjonsyah  fokusbengkulu,kotabengkulu – Polda Bengkulu mendirikan lima pos di perbatasan...

Polisi Tangkap Sejoli di Bengkulu yang Nekat Edar Sabu

Sabtu, 24 Apr 2021 11:56 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Seorang pria berinisial AF (30) dan perempuan berinisial WA (24) ditangkap tim Sat Resnarkoba Polres Bengkulu pada...

%d blogger menyukai ini: