Home / Daerah / Lebong / Panwascam Topos Terlibat Parpol Dipecat, Bobi : Kenapa Meloloskan Saya saat Pendaftaran ?

Ketua Bawaslu Lebong Jefriyanto SP 

fokusbengkulu,lebong – Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Lebong Jefriyanto SP telah menandatangani Surat Keputusan pemberhentian tetap salah seorang anggota Panwascam Topos atas nama Bobi Saputra. Pemberhentian tersebut tertuang dalam SK Nomor 95/K.BE-06/HK.01.01/X/2020 tertanggal 21 Oktober 2020.

Dalam surat itu, pemberhentian Bobi berdasarkan berita acara hasil rapat pleno Bawaslu membahas dugaan pelanggaran yang dilakukan Bobi dengan nomor 90/K.BE-06/X/2020 tanggal 20 Oktober 2020.

Dugaan pelanggaran yang dimaksud, bahwa Bobi tercatat sebagai pengurus Partai Politik (Parpol) di tingkat kecamatan.

Bawaslu mengklaim, mereka sudah mengantongi bukti berupa fisik KTA (Kartu Tanda Anggota) yang sesuai dengan nama dan NIK yang bersangkutan.

Ada yang menggelitik di balik pemberhentian Bobi. Dia sudah menjalankan tugas sebagai Anggota Panwascam Topos selama kurang lebih 10 bulan.

Kok bisa Bobi lulus seleksi ? Bukankah saat pendaftaran, ada verifikasi atau penelitian administrasi ? Bawaslu kecolongan ?

“Kenapa sekarang keputusannya ?, kenapa tidak dari dulu dan kenapa meloloskan saya sama sekali saat pendaftaran dulu. Saya ini adalah produk Bawaslu Lebong, saya melihat Komisioner Bawaslu Lebong terkesan diskriminatif dan tidak pernah menerima penjelasan dari saya,” beber Bobi, Senin (26/10/2020) siang, seperti dilansir dari pedomanbengkulu.com.

Dia menegaskan, dirinya tidak tahu menahu soal namanya masuk dalam kepengurusan Parpol di tingkat kecamatan.

Sejak awal namanya mencuat, dia sudah berkali-kali memberikan klarifikasi. Termasuk juga pernyataan klarifikasi pengurus DPC kepada Bawaslu Lebong.

Sayangnya, pembelaan yang ia sampaikan tidak pernah digubris Bawaslu Lebong.

“Berbulan-bulan saya selalu memenuhi undangan klarifikasi, bukti penguatan bahwa saya bukan anggota parpol sudah ada dan dari parpol juga ada. Kenapa sekarang baru diputuskan dan saya merasa mereka (Komisioner Bawaslu,red) tidak pernah menimbang semua yang saya sampaikan. Padahal selama ini saya sudah berkerja sesuai arahan mereka,” ungkap Bobi dengan nada kesal.

Dia juga menuturkan, Bawaslu Lebong sebelumnya sempat meminta dirinya mundur. Jika tidak, maka masalahnya akan dibahas dalam rapat pleno.

“September 2020 lalu saat saya menyatakan tidak akan mengundurkan diri, mereka menjawab terpaksa akan rapat pleno membuat putusan bahwa saya akan diberhentikan. Kalau saya melanggar, berarti Bawaslu Lebong juga melanggar karena sudah meloloskan saya,” pungkas Bobi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lebong Jefriyanto SP mengatakan, yang bersangkutan sudah tidak memenuhi syarat sebagai anggota Panwascam. Dia juga membantah jika Bawaslu kecolongan karena meloloskan pengurus parpol jadi anggota Panwascam.

“Kalau disebutkan kecolongan tidak. Kita sudah verifikasi, kita kan tidak ada pengurus parpol tingkat kecamatan waktu itu tidak ada. KTA waktu itu kita tidak pegang. Tahu-tahu ada SK (parpol tingkat kecamatan,red) dan itu juga kita memberikan kesempatan pembelaan diri,” katanya.

Setelah dilakukan penelusuran, sambung dia, unsur keterlibatan Bobi di parpol sudah terpenuhi dengan adanya bukti fisik KTA sesuai dengan nama dan NIK KTP dan kesesuaian nama.

Selanjutnya terkait surat keputusan yang terkesan lambat, dia berdalih, karena Bawaslu Lebong memberikan ruang pembelaan diri bagi Bobi untuk membuktikan secara nyata bahwa dirinya bukan pengurus parpol.

“Hasil klarifikasi pengurus parpol seingat mereka bukan pengurusnya. Tapi kita melihat bukti di atas kertas, kita melihat KTA dan KTP namanya sama dengan nama dalam SK Parpol tingkat kecamatan,” tandas Jefriyanto. (red)

 

Baja Juga

News Feed

Bupati Kopli Ansori Berhasil Pangkas Angka Kemiskinan

Selasa, 21 Mei 2024 03:29 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sejak resmi dipercaya memegang tampuk pimpinan sebagai Bupati Lebong pada 26 Februari 2021 lalu, Kopli Ansori bergerak cepat...

Ikut Penjaringan 5 Parpol, Bukti Keseriusan Mustarani Dampingi Helmi Hasan di Pilgub Bengkulu

Senin, 20 Mei 2024 05:55 WIB

fokusbengkulu,bengkulu – Keseriusan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong H Mustarani Abidin SH MSi untuk maju mendampingi Ketua DPW Partai...

Jalan Putus Total, 3 Excavator Dikerahkan Buka Lajur Sementara

Minggu, 19 Mei 2024 08:10 WIB

fokusbengkulu,lebong – Longsor susulan yang terjadi pada Minggu (19/5/2024), mengakibatkan akses jalan provinsi di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo...

Sebelum Berangkat, 97 Jemaah Haji Dapat Uang Saku dari Bupati Kopli Ansori

Minggu, 19 Mei 2024 06:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebanyak 97 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Lebong Tahun 2024 / 1445 H punya kesan tersendiri terhadap Bupati Kopli...

Tronton Bawa Alat Berat Nyangkut di Talang Ratu, Jalan Patah dan Terancam Putus Total

Minggu, 19 Mei 2024 11:46 WIB

fokusbengkulu,lebong – Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Lebong – Rejang Lebong, tepatnya di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo...

Bupati Kopli Ansori Tegas Tolak Jalan Kabupaten Dilewati Truk Batu Bara

Sabtu, 18 Mei 2024 04:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar terkait perusahaan tambang batubara yang ada di Kecamatan Pinang Belapis kembali beroperasi, rupanya memicu...

HUT ke-44 Perpusnas RI, Lebong Terima Bantuan Mobil dan Sepeda Motor

Sabtu, 18 Mei 2024 04:09 WIB

fokusbengkulu,jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mendapatkan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dan empat unit sepeda motor...

Tindaklanjuti Arahan Bupati, Disperkan Lebong Bersihkan Lahan Sawah Terdampak Banjir

Jumat, 17 Mei 2024 07:54 WIB

fokusbengkulu,lebong – Banjir bandang akibat luapan Sungai Ketahun yang terjadi pada Selasa (16/4/2024) lalu, diketahui telah memporak-porandakan...

Hadiri HUT Dekranas yang Dibuka Ibu Negara, Begini Kesan Elvi Sukaisih Kopli

Jumat, 17 Mei 2024 06:05 WIB

fokusbengkulu,jawatengah – Ketua TP PKK Kabupaten Lebong Elvi Sukaisih Kopli Ansori didampingi Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kabupaten...

KPU Lebong Umumkan Nama-nama PPK Terpilih , Cek di Sini

Rabu, 15 Mei 2024 09:45 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menetapkan 5 nama terpilih sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus