• 242
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    242
    Shares

Ilham Bintang (tengah) bersama tim kuasa hukum

fokusbengkulu,jakarta – Wartawan senior Ilham Bintang memutuskan segera memasukkan gugatan perdata terhadap dua korporasi. Yakni perusahaan seluler PT Indosat Ooredoo yang berkantor di Jalan Merdeka Barat Nomor 21 Jakarta Pusat. Serta, bank asing Commonwealth Bank yang berkantor di gedung WTC lantai 6, Jalan Jenderal Sudirman Kavling 24-31.

Ia menilai kedua korporasi tersebut bertanggung jawab atas dibajaknya simcard telepon seluler dan rekening bank miliknya oleh sindikat pembobol rekening bank.

Gugatan yang diajukan, selain kerugian materiil, juga kerugian inmateriil sebesar Rp 100 miliar.

Tim pengacara untuk gugatan perdata ini adalah Wina Armada, Purwaning, Gabril Mahal, dan Ryan Dwianto. Jika taka ada aral melintang, gugatan akan didaftarkan hari ini Senin (26/10/2020) ke Pengadilan Negeri (PN).

“Sejak awal kasus pembajakan HP Indosat dan dikurasnya uang tabungan saya di Commonwealth Bank masuk pengadilan, saya sudah merasakan kejanggalan hukum,” kata Ilham.

Dia tak terima, sebab hanya pelaku kejahatan yang diadili. Sedangkan korporasi besar yang seharusnya bertanggung jawab mengamankan identitas privasi, termasuk uang tabungannya di bank, lepas tangan.

“Sama sekali tidak ikut diadili,” ujar Ilham.

Para sindikat pembobolan bank Ilham, Rabu lalu, 21 Oktober 2020 telah divonis bersalah oleh Majelis Hakim PN Jakarta Barat. Dijatuhi hukuman bervariasi dari dua hingga empat tahun penjara.

Ilham menghormati keputusan majelis hakim. Tapi, ia menilai vonis itu tidak akan berdampak kuat pada penjeraan provider kartu ponsel dan perbankan untuk menjamin rahasia privasi publik serta simpanan di bank.

Masyarakat sudah lama resah akibat seringnya kasus pembajakan nomor SIM Hp dan berlanjut pembobolan uang tabungan nasabah bank di berbagai kota.

Bahkan, setelah kasusnya ditangani pihak berwajib, korban kejahatan simcard dan perbankan terus berjatuhan.

“Semula saya berharap, kasus saya akan menjadi momentum pamungkas dibangunnya sistem pengamanan yang lebih ketat terhadap rahasia privasi identitas publik yang dilayani korporasi besar yang sudah meraup keuntungan besar dari konsumennya,” ungkap dia.

Tapi, setelah di pengadilan, lanjut Ilham, wakil korporasi besar tidak diadili dan seperti terkesan tidak ikut bertanggung jawab atas kerugian nasabah mereka.

“Itu saya rasa sangat tidak adil. Makanya bersama tim pengacara, kami bertekad menchallenge kejanggalan itu,” kata wartawan senior yang dikenal sebagai pelopor jurnalisme infotainment itu.

Kasus dibajaknya HP dan dikurasnya tabungan Ilham sebesar AUD $ 25.263 dan tabungan rupiah sebesar Rp 16 juta terjadi awal Januari 2020.

Beberapa hari setelah Ilham bersama 14 anggota keluarganya berlibur akhir tahun ke Australia sekaligus menjenguk putri bungsu keluarga itu yang sedang studi di Melbourne.

Di awal perjalanan, Ilham sempat mengalami gangguan akses selama beberapa hari. Belakangan, dia sangat kaget, ketika akan mengambil uang tabungannya di Comonwealth Bank via ATM, dana tabungannya ternyata sudah dikuras habis oleh orang tidak dikenal melalui 94 kali penarikan/transaksi.

Ayah empat anak itu kemudian mengadukan kasus pembobolan bank di kantor Commonwealth Bank setempat.

Dan terpaksa mengakhiri jadwal liburan keluarga di Australia. Setiba di tanah air pendiri group media Cek&Ricek yang aktif menulis itu, bergerak cepat melaporkan kasus ini sambil mengekspos kasus pahit yang menimpa dia dan keluarganya di akun Fb.

Tulisan itu kemudian ramai dikutip media arus utama. Maka, sontak kasus tersebut mendapat perhatian besar. Polisi bertindak cepat dan berhasil membongkar jaringan sindikat di belakangnya.

Berkat kerja keras polisi dan jaksa, kasus tindak pidana pembobolan tabungan bank itu bisa diadili. Setelah menjalani beberapa kali sidang selama kurang lebih 4 bulan, majelis hakim menjatuhkan vonisnya Rabu pekan lalu. (red)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Telegram Netralitas Polri Terbit, Kabid Humas : Tak Pandang Pangkat dan Jabatan

Senin, 23 Nov 2020 12:52 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Pilkada serentak tahun 2020 sudah di depan mata. Polri sebagai instrumen terpenting dalam menjaga keamanan dan...

Begini Tunanetra Memilih

Minggu, 22 Nov 2020 05:14 WIB

fokusbengkulu,lebong – Simulasi pemungutan dan penghitungan suara (Putungsura) yang digelar KPU (Komisi Pemilihan Umum) Lebong, Sabtu (21/11/2020),...

Siang Bolong, Pria Paruh Baya di Rejang Lebong Ini Gagahi Anak Keterbelakangan Mental

Minggu, 22 Nov 2020 01:50 WIB

Pelaku berinisial SA saat diperiksa polisi  fokusbengkulu,rejanglebong – Unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Sat Reskrim Polres Rejang...

7 Personel Terpapar Covid-19, Kapolres Rejang Lebong Bantu Sembako dan Obat-obatan

Sabtu, 21 Nov 2020 07:40 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno S.IK MH, Jum’at (20/11/2020) membesuk anggotanya yang terpapar Covid-19...

Meski Pandemi, Pemilih Tak Perlu Khawatir Datang ke TPS

Sabtu, 21 Nov 2020 04:17 WIB

Komisioner KPU Lebong Yoki Setiawan saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan simulasi fokusbengkulu,lebong – Meski pelaksanaan Pilkada...

Ikuti Webinar Pemulihan Ekonomi, Ada e-Sertifikat Gratis dan Doorprize

Jumat, 20 Nov 2020 08:24 WIB

fokusbengkulu,lebong – Untuk mengurangi dampak Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Pemerintah...

Cerita Rozali dan Sisran Haropi yang Bertahun-tahun Jadi Sopir Ambulans Kopli Care

Jumat, 20 Nov 2020 05:24 WIB

Ambulans Kopli Care fokusbengkulu,lebong – Tak ada yang tak kenal Kopli Ansori di Lebong. Pengusaha muda yang juga Ketua DPD PAN (Partai Amanat...

Ditikam, Karyawan SPBU Pasar Kepahiang Tewas

Jumat, 20 Nov 2020 12:40 WIB

fokusbengkulu,kepahiang – Warga Kelurahan Pasar Kepahiang gempar. Seorang karyawan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), Gery Sutrodo (26)...

Pastikan Prokes Ketat Saat Pencoblosan, KPU Lebong Gelar Simulasi Putungsura

Jumat, 20 Nov 2020 09:24 WIB

Yoki Setiawan fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong akan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara...

Diduga Aniaya Anak di Bawah Umur, Oknum Kades dan Perangkat Diamankan

Kamis, 19 Nov 2020 09:45 WIB

fokusbengkulu,kaur - Oknum Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur berinisial YD beserta dua perangkatnya NP dan SO, terpaksa...