• 653
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    653
    Shares

fokusbengkulu,lebong – Debat terbuka antar Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lebong yang digelar di Aula Setdakab Lebong, di kawasan perkantoran Tubei, Sabtu (31/10/2020) pagi, berlangsung cukup seru. Debat ini disiarkan secara langsung RBTv (Rakyat Bengkulu Televisi). Diikuti oleh keempat Paslon yang bertarung di Pilkada Lebong 9 Desember 2020 mendatang.

Mereka adalah paslon nomor urut satu Dalhadi Umar-Wawan Fernandez. Paslon nomor urut dua Armansyah Mursalin – Masropen Iriadi. Kemudian, paslon nomor urut tiga Kopli Ansori – Fahrurrozi, serta paslon nomor urut empat Teguh Raharjo Eko Purwoto – Nasirwan. 

Di sesi tanya jawab, sebelum closing statement, para paslon diberikan waktu 1 menit untuk memberikan pertanyaan kepada paslon lainnya.

Kemudian, kandidat yang mendapat giliran menjawab, diberikan waktu selama dua menit. Sesi ini menarik. Seperti pertanyaan menohok yang diajukan oleh Cabup (Calon Bupati) nomor urut 3 Kopli Ansori.

Saat mengajukan pertanyaan, Kopli menyorot masa pemerintahan 2005-2010. Kala itu, kata dia, diduga, banyak pembangunan yang direalisasikan tidak tepat sasaran.

Sehingga terjadi pemborosan anggaran. Dia mencontohkan, seperti pembangunan GOR terpusat di Kelurahan Taba Anyar Kecamatan Lebong Selatan dan pembangunan mess pemda.

“Mohon penjelasannya,” sampai Kopli.

Saat paslon nomor urut empat mendapat giliran menjawab. Nasirwan yang diberi kesempatan mengatakan, bangunan seperti mess pemda dan GOR terpusat, itu menjadi aset Pemkab Lebong yang nantinya bisa diperbaiki untuk kemudian dimanfaatkan masyarakat Lebong.

Menariknya, saat Dalhadi Umar menjawab. Dia sama sekali tidak menyinggung terkait pembangunan mess pemda dan GOR seperti yang ditanyakan Cabup Kopli.

Dalhadi justru menyorot terkait permasalahan Padang Bano yang lepas dari Kabupaten Lebong dan soal pertambangan.

“Artinya, sampai sekarang, masyarakat di sana (Padang Bano,red) goyang. Karena persoalan tapal batas itu akan berakibat pada berpengaruhnya seluruh tapal batas sampai ke Rejang Lebong,” sampai Dalhadi.

Lalu, giliran paslon jalur independen Armansyah Mursalin-Masropen Iriadi. Armansyah menjawab terkait opini Disclaimer dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) selama periode pemerintahan 2005-2010.

“Disclaimer ini, belum tentulah..bahwa penggunaan anggaran itu tidak tepat sasaran. Ada tiga pendapat BPK, pertama disclaimer, kedua WDP dan ketiga WTP. Apakah, kabupaten itu mendapatkan WTP, tidak ada persoalan? Ada persoalan. Jadi, intinya, kalau disclaimer ini, di mana kekurangan kita? Terutama, pegawai, administrasi. Aset pun itu bisa mengakibatkan disclaimer, karena tidak terdata dengan baik. Jadi, disclaimer itu bukan pemborosan,” papar Armansyah.

Itu merupakan salah satu pertanyaan yang cukup ‘menusuk’ yang disampaikan oleh kandidat dalam sesi tanya jawab.

Pertanyaan-pertanyaan lain yang diajukan kandidat beragam. Seperti yang disampaikan Nasirwan.

Cawabup yang juga pernah duduk sebagai Anggota DPR RI ini lebih menekankan terkait bagaimana strategi meningkatkan perekonomian di Kabupaten Lebong.

Mengingat, Lebong merupakan kabupaten yang memiliki wilayah terluas ketiga se Provinsi Bengkulu dengan potensi sumber daya alam yang cukup melimpah.

Sementara, pertanyaan dari paslon nomor urut satu yakni terkait langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk memperkokoh NKRI melalui semboyan Swarang Patang Stumang.

Pantauan fokusbengkulu.com, kendati sempat terlontar pertanyaan yang menohok, serta ada juga statemen yang cukup tajam disampaikan oleh para kandidat. Debat berlangsung hangat. Sesekali, tampak para kandidat berbincang singkat dengan kandidat lain sembari tersenyum.

Di akhir debat, ada yang saling berpelukan. Debat ini dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Lebong, para Ketua-Ketua Parpol (Partai Politik) pengusung dan undangan lainnya.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan pengawalan ketat pihak kepolisian dan tetap mematuhi protokol kesehatan. (wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Diduga Tilep Dana Desa Rp 277 Juta, Mantan Kades Semelako II Diamankan

Sabtu, 28 Nov 2020 12:12 WIB

Ilustrasi/net fokusbengkulu,lebong – Mantan Kades Semelako II Kecamatan Lebong Tengah berinisial FS menambah daftar orang yang terseret kasus...

Tragis, Pondok Dilalap Si Jago Merah, Petani di Rejang Lebong Ini Tewas Terbakar

Sabtu, 28 Nov 2020 11:26 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Tragis menimpa seorang petani warga Desa Air Pikat Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong, Dahwan (25). Si jago...

Serius Cegah Covid-19, Pjs Bupati Lebong Teken SE Larang Keramaian

Jumat, 27 Nov 2020 09:33 WIB

H Herwan Antoni (kiri) di salah satu acara yang digelar Pemkab Lebong baru-baru ini fokusbengkulu,lebong – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Lebong...

Pemkab Lebong Sarat Prestasi, Raih WTP dan Diganjar Penghargaan Kemenkeu

Jumat, 27 Nov 2020 09:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Masyarakat Bumi Swarang Patang Stumang patut berbangga. Meski usia Kabupaten Lebong baru menginjak 16 tahun. Namun, seabrek...

Pria Beristri Rudapaksa IRT Muda di Pondok Kebun

Jumat, 27 Nov 2020 01:22 WIB

Ilustrasi/net fokusbengkulu,lebong – Malang nasib Bulan ---nama samaran---, Ibu Rumah Tangga (IRT) muda berusia 18 tahun, warga Kecamatan Topos....

Oknum ASN Penusuk Ketua Panwascam Seluma Utara Tersangka

Kamis, 26 Nov 2020 01:07 WIB

Tersangka berinisial Kh  fokusbengkulu,seluma – Sat Reskrim Polres Seluma menetapkan Kh (43) yang diketahui merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara)...

Kukuhkan Pengurus Pusat, Bamsoet Yakin JMSI Komit Perangi Hoax

Kamis, 26 Nov 2020 09:53 WIB

fokusbengkulu,jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan besar kehadiran Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) akan semakin...

Webinar Sukses, Pjs Bupati Lebong : Pemerintah Hadir Pulihkan Ekonomi

Rabu, 25 Nov 2020 10:56 WIB

Pjs Bupati Lebong Herwan Antoni dan Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Donni Swabuana saat webinar berlangsung fokusbengkulu,lebong – Penjabat Sementara...

Ketua MPR Hadiri Pengukuhan Pengurus Pusat JMSI

Rabu, 25 Nov 2020 12:46 WIB

Ketua Umum JMSI Teguh Santosa (kiri) dan Sekjen JMSI Mahmud Marhaba (kanan) fokusbengkulu,jakarta – Pengurus Pusat (PP) Jaringan Media Siber...

Ketua Panwascam di Seluma Ditikam, Polisi Gerak Cepat Amankan Pelaku

Rabu, 25 Nov 2020 09:46 WIB

Polisi saat berada di TKP  fokusbengkulu,seluma – Peristiwa penikaman Ketua Panwascam Seluma Utara Husnul Hamidiah oleh pelaku berinisial KH...