Finalis Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu

fokusbengkulu,kotabengkulu – Sudrajat Prawijaya asal Kabupaten Rejang Lebong dan Khimaya Turrusda dari Kabupaten Seluma berhasil keluar sebagai Juara I pada Grand Final ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu (PPKB) Tahun 2021 yang dihelat di Adeeva Hotel & Convention, Kamis (1/4/2021).

Sementara, Runner Up 1 diraih Ahmad Kemal Prasadda dan Grace Anggraini dari Kota Bengkulu. Di posisi Runner Up 2, ada nama Edo Gio Pernando dari Kabupaten Lebong dan Shintya Pandan Wangi dari Kabupaten Bengkulu Selatan. (Selengkapnya lihat daftar).

Pasangan yang dinobatkan sebagai juara I PPKB selanjutnya akan mewakili Provinsi Bengkulu di ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia. Sudrajat dan Khimaya diharapkan mampu mengharumkan nama Bumi Rafflesia di tingkat Nasional.

“Mari kita dukung terus generasi muda Bengkulu (Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu) sebagai motor penggerak edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu,” kata Founder PPKB Reko Serasi.

Dia menambahkan, pemuda-pemudi yang tergabung dalam Ikatan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu agar dapat mengemban amanah atau tanggung jawab dengan komitmen yang tinggi untuk edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu.

“Dan mampu memberikan dampak positif ke masyarakat dan generasi muda di bidang kebudayaan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mengatakan, PPKB merupakan bentuk nyata dukungan dari pemerintah terhadap upaya edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu oleh generasi muda.

“Bengkulu adalah provinsi yang kaya akan budaya, banyak cagar budaya nasional yang ada di sini. PPKB inilah yang akan menjadi ujung tombak kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu di lapangan,” kata Eri.

Ia berharap PPKB ke depan lebih aktif membangun kolaborasi dengan berbagai instansi seperti OPD yang dipimpinnya, Museum Negeri Bengkulu, Taman Budaya, dan elemen lainnya.

“Generasi muda yang tergabung dalam PPKB yang dituntut kreatif sehingga PPKB menjadi ikatan pemuda terbaik di Provinsi Bengkulu di bidang kebudayaan,” sampai Eri.

Dalam kesempatan yang sama, Penasihat PPKB Khrisna Gamawan berharap, PPKB harus selalu fokus pada kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

“Inilah yang menjadi pembeda mendasar antara PPKB dengan komunitas atau duta lainnya di Provinsi Bengkulu,” kata Khrisna.

Untuk diketahui, PPKB merupakan wadah bagi pemuda pemudi Bengkulu yang memiliki kepedulian dan keinginan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

Ratusan pemuda dan pemudi dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sebelumnya telah berkompetisi menjadi yang terbaik sejak tahap seleksi dimulai.

Kemudian para finalis mengikuti rangkaian karantina sebelum tiba di Grand Final yang merupakan acara puncak PPKB 2021.

Pada masa karantina, finalis berkesempatan belajar banyak hal. Tak hanya kebudayaan, juga ekonomi, public speaking, dan hal-hal lain dari pemateri-pemateri yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Malam Grand Final PPKB 2021 sendiri turut dihadiri Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 Diky Nuryulia Arby dari Yogyakarya dan Naomy T Tiffany Kitu dari Nusa Tenggara Timur. Kehadiran  keduanya tentu saja akan berdampak positif bagi kebudayaan Bengkulu.

Mengingat, mereka juga turut mengangkat kebudayaan Bengkulu di sosial medianya masing-masing sehingga bisa menjadi perhatian nasional.

Selain itu, PPKB pun mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu yang mempersembahkan kategori khusus sebagai bentuk support OJK terhadap generasi muda yang tak hanya fokus dalam hal edukasi dan pelestarian Kebudayaan.

Tapi juga berpengetahuan luas termasuk di sektor jasa keuangan. Oleh sebab itu, OJK memberikan dua predikat yakni Duta Inklusi Keuangan OJK yang diraih oleh Royen Cristoper dari Kabupaten Lebong dan Khimaya Turrusda dari Seluma. (red)

Berikut daftar pemenang Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu 2021 :

  • Juara 1            : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Khimaya Turrusda (Seluma)
  • Runner Up 1    : Ahmad Kemal Prasadda (Kota Bengkulu) dan Grace Anggraini (Kota Bengkulu)
  • Runner Up 2    : Edo Gio Pernando (Lebong) dan Shintya Pandan Wangi (Bengkulu Selatan)
  • Runner Up 3    : Royen Cristoper (Lebong) dan Amanda Anisa (Bengkulu Tengah)
  • Runner Up 4    : Denta Mustofa (Kota Bengkulu) dan Monica Badsty (Bengkulu Selatan)
  • Putera Puteri Intelegensi         : Puja Pratama (Mukomuko) dan Nherdatila (Kaur)
  • Putera Puteri Best Advokasi    : Muhammad Hanafi (Kota Bengkulu) dan Rahayu Oktaviani (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Persahabatan     : Akbil Revando (Kota Bengkulu) dan Eninda Rizky Irawan (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Favorit               : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Ferly Yorenza (Lebong)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Tok ! DPRD Lebong Sahkan Perubahan APBD 2022

Kamis, 29 Sep 2022 08:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – DPRD Lebong menggelar rapat paripurna dengan agenda pendapat akhir fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)...

Polisi Tangkap Pria Ngaku Wartawan Usai Peras Ketua Poktan

Rabu, 28 Sep 2022 04:23 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Seorang pria berinisial SE (40) warga Desa Turan Baru Kecamatan Curup Selatan ditangkap personel Polsek Bermani Ulu...

DPRD Bahas Polemik Perpindahan Penduduk, Kades dan Ketua Adat Silang Pendapat

Rabu, 28 Sep 2022 03:18 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara – DPRD Bengkulu Utara melalui Komisi I menggelar rapat dengar pendapat (RDP) atau hearing terkait polemik perpindahan...

Soal Dokumen Legalitas, Komisi III Nilai PT SIL Bertele-tele

Rabu, 28 Sep 2022 02:22 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara -  Komisi III DPRD Kabupaten Bengkulu Utara tampaknya begitu getol memperjuangkan aspirasi masyarakat Bumi Ratu Samban...

Hearing dengan Komisi III, PT SIL Akui Garap Kawasan Hutan Register 71 Air Bintunan

Rabu, 28 Sep 2022 01:47 WIB

fokusbengkulu,bengkuluutara - Komisi III DPRD Bengkulu Utara kembali memanggil manajemen PT Sandabi Indah Lestari untuk mengikuti Rapat Dengar...

Heboh, Warga Bermani Ulu Temukan Tengkorak Manusia

Selasa, 27 Sep 2022 11:00 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Warga Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong pada Senin (26/9/2022) sore sekira pukul 15.45 WIB,...

Bupati Prioritaskan Anggaran Pilkades dan Rekrutmen P3K di Perubahan APBD

Senin, 26 Sep 2022 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – DPRD Kabupaten Lebong menggelar tiga rapat paripurna dengan agenda berbeda secara maraton pada Senin (26/9/2022) bertempat...

BUMDes Nangai Tayau I Gulung Tikar, Inspektorat Segera Audit

Senin, 26 Sep 2022 07:54 WIB

fokusbengkulu,lebong – Inspektorat Kabupaten Lebong memastikan akan segera mengaudit Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nangai Tayau I Kecamatan Amen....

Giliran BRIN Dukung Percepatan Pembangunan di Lebong

Jumat, 23 Sep 2022 08:53 WIB

fokusbengkulu,lebong – Upaya Bupati Lebong Kopli Ansori yang terus menggalang dukungan dari pemerintah pusat agar terwujud percepatan pembangunan...

Usai Asesmen, Peserta Lelang JPTP akan Ikuti Uji Gagasan

Jumat, 23 Sep 2022 06:44 WIB

fokusbengkulu,lebong – Peserta Seleksi Terbuka (Selter) atau lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkup Pemkab Lebong kembali akan...

%d blogger menyukai ini: