•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Finalis Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu

fokusbengkulu,kotabengkulu – Sudrajat Prawijaya asal Kabupaten Rejang Lebong dan Khimaya Turrusda dari Kabupaten Seluma berhasil keluar sebagai Juara I pada Grand Final ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu (PPKB) Tahun 2021 yang dihelat di Adeeva Hotel & Convention, Kamis (1/4/2021).

Sementara, Runner Up 1 diraih Ahmad Kemal Prasadda dan Grace Anggraini dari Kota Bengkulu. Di posisi Runner Up 2, ada nama Edo Gio Pernando dari Kabupaten Lebong dan Shintya Pandan Wangi dari Kabupaten Bengkulu Selatan. (Selengkapnya lihat daftar).

Pasangan yang dinobatkan sebagai juara I PPKB selanjutnya akan mewakili Provinsi Bengkulu di ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia. Sudrajat dan Khimaya diharapkan mampu mengharumkan nama Bumi Rafflesia di tingkat Nasional.

“Mari kita dukung terus generasi muda Bengkulu (Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu) sebagai motor penggerak edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu,” kata Founder PPKB Reko Serasi.

Dia menambahkan, pemuda-pemudi yang tergabung dalam Ikatan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu agar dapat mengemban amanah atau tanggung jawab dengan komitmen yang tinggi untuk edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu.

“Dan mampu memberikan dampak positif ke masyarakat dan generasi muda di bidang kebudayaan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mengatakan, PPKB merupakan bentuk nyata dukungan dari pemerintah terhadap upaya edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu oleh generasi muda.

“Bengkulu adalah provinsi yang kaya akan budaya, banyak cagar budaya nasional yang ada di sini. PPKB inilah yang akan menjadi ujung tombak kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu di lapangan,” kata Eri.

Ia berharap PPKB ke depan lebih aktif membangun kolaborasi dengan berbagai instansi seperti OPD yang dipimpinnya, Museum Negeri Bengkulu, Taman Budaya, dan elemen lainnya.

“Generasi muda yang tergabung dalam PPKB yang dituntut kreatif sehingga PPKB menjadi ikatan pemuda terbaik di Provinsi Bengkulu di bidang kebudayaan,” sampai Eri.

Dalam kesempatan yang sama, Penasihat PPKB Khrisna Gamawan berharap, PPKB harus selalu fokus pada kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

“Inilah yang menjadi pembeda mendasar antara PPKB dengan komunitas atau duta lainnya di Provinsi Bengkulu,” kata Khrisna.

Untuk diketahui, PPKB merupakan wadah bagi pemuda pemudi Bengkulu yang memiliki kepedulian dan keinginan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

Ratusan pemuda dan pemudi dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sebelumnya telah berkompetisi menjadi yang terbaik sejak tahap seleksi dimulai.

Kemudian para finalis mengikuti rangkaian karantina sebelum tiba di Grand Final yang merupakan acara puncak PPKB 2021.

Pada masa karantina, finalis berkesempatan belajar banyak hal. Tak hanya kebudayaan, juga ekonomi, public speaking, dan hal-hal lain dari pemateri-pemateri yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Malam Grand Final PPKB 2021 sendiri turut dihadiri Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 Diky Nuryulia Arby dari Yogyakarya dan Naomy T Tiffany Kitu dari Nusa Tenggara Timur. Kehadiran  keduanya tentu saja akan berdampak positif bagi kebudayaan Bengkulu.

Mengingat, mereka juga turut mengangkat kebudayaan Bengkulu di sosial medianya masing-masing sehingga bisa menjadi perhatian nasional.

Selain itu, PPKB pun mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu yang mempersembahkan kategori khusus sebagai bentuk support OJK terhadap generasi muda yang tak hanya fokus dalam hal edukasi dan pelestarian Kebudayaan.

Tapi juga berpengetahuan luas termasuk di sektor jasa keuangan. Oleh sebab itu, OJK memberikan dua predikat yakni Duta Inklusi Keuangan OJK yang diraih oleh Royen Cristoper dari Kabupaten Lebong dan Khimaya Turrusda dari Seluma. (red)

Berikut daftar pemenang Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu 2021 :

  • Juara 1            : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Khimaya Turrusda (Seluma)
  • Runner Up 1    : Ahmad Kemal Prasadda (Kota Bengkulu) dan Grace Anggraini (Kota Bengkulu)
  • Runner Up 2    : Edo Gio Pernando (Lebong) dan Shintya Pandan Wangi (Bengkulu Selatan)
  • Runner Up 3    : Royen Cristoper (Lebong) dan Amanda Anisa (Bengkulu Tengah)
  • Runner Up 4    : Denta Mustofa (Kota Bengkulu) dan Monica Badsty (Bengkulu Selatan)
  • Putera Puteri Intelegensi         : Puja Pratama (Mukomuko) dan Nherdatila (Kaur)
  • Putera Puteri Best Advokasi    : Muhammad Hanafi (Kota Bengkulu) dan Rahayu Oktaviani (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Persahabatan     : Akbil Revando (Kota Bengkulu) dan Eninda Rizky Irawan (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Favorit               : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Ferly Yorenza (Lebong)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Banjir dan Longsor di Lebong Selatan, Lalu Lintas Sempat Lumpuh

Rabu, 21 Apr 2021 10:47 WIB

Luapan air disertai material batu dan tanah menutupi badan jalan di Desa Kutai Donok (Foto : Net) fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat yang...

Gara-gara Petasan, Pelajar Ini Terkapar Kena Tikam

Senin, 19 Apr 2021 11:32 WIB

Tersangka MU sata diperiksa polisi fokusbengkulu,kaur – Haris (18), warga Desa Padang Genteng Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur terkapar...

Bawa Sabu, Eks Anggota Dewan Rejang Lebong Ditangkap di Depan Mapolsek

Senin, 19 Apr 2021 05:19 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Er alias Fe (48) warga Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Timur yang belakangan diketahui merupakan mantan (eks)...

Jangan Unggah Konten Berbau SARA di Medsos, Ada Polisi Virtual yang Memantau

Sabtu, 17 Apr 2021 11:02 WIB

Foto : Ilustrasi fokusbengkulu,jakarta – Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Pol Slamet Uliandi mengingatkan...

KARMA KEHIDUPAN

Jumat, 16 Apr 2021 11:01 WIB

Oleh : Zacky Antony Pesan orangtua kita dulu, hati-hati, dalam hidup ini berlaku hukum karma. Apa yang kita lakukan, itulah yang akan dituai. Siapa...

Polres Rejang Lebong Tangkap Pelaku Curanmor yang Beraksi di Tiga TKP

Kamis, 15 Apr 2021 08:28 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong - Sat Reskrim Polres Rejang Lebong Polda Bengkulu berhasil menangkap pelaku Curanmor (Pencurian Kendaraan Bermotor)...

Ngeri, Jurang Puluhan Meter Intai Pengendara

Kamis, 15 Apr 2021 11:23 WIB

Kondisi jalan yang rusak di Desa Talang Ratu fokusbengkulu,lebong – Salah satu titik ruas jalan provinsi yang menghubungkan Desa Talang Ratu -...

Bupati Kopli Ansori Turun ke Sawah Temui Petani

Rabu, 14 Apr 2021 11:17 WIB

Bupati Kopli Ansori saat ikut memotong padi fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori turun ke areal persawahan di Desa Talang Leak I...

Parah, Mobnas Pemkab Lebong Dikembalikan Tanpa Roda

Rabu, 14 Apr 2021 04:46 WIB

fokusbengkulu,lebong – Satu unit Mobil Dinas (Mobnas) milik Pemkab Lebong jenis Mitsubishi Strada Single Cabin warna hitam Nopol BD 9021 HY yang...

Baru Menjabat, Nama Komandan Brigif Dicatut, Korban Tertipu Rp 10 Juta

Senin, 12 Apr 2021 08:56 WIB

AKBP Puji Prayitno S.IK MH fokusbengkulu,rejanglebong – Penipuan dengan modus mencatut nama perwira TNI terjadi di Kabupaten Rejang Lebong. Kali...

%d blogger menyukai ini: