•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Finalis Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu

fokusbengkulu,kotabengkulu – Sudrajat Prawijaya asal Kabupaten Rejang Lebong dan Khimaya Turrusda dari Kabupaten Seluma berhasil keluar sebagai Juara I pada Grand Final ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu (PPKB) Tahun 2021 yang dihelat di Adeeva Hotel & Convention, Kamis (1/4/2021).

Sementara, Runner Up 1 diraih Ahmad Kemal Prasadda dan Grace Anggraini dari Kota Bengkulu. Di posisi Runner Up 2, ada nama Edo Gio Pernando dari Kabupaten Lebong dan Shintya Pandan Wangi dari Kabupaten Bengkulu Selatan. (Selengkapnya lihat daftar).

Pasangan yang dinobatkan sebagai juara I PPKB selanjutnya akan mewakili Provinsi Bengkulu di ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia. Sudrajat dan Khimaya diharapkan mampu mengharumkan nama Bumi Rafflesia di tingkat Nasional.

“Mari kita dukung terus generasi muda Bengkulu (Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu) sebagai motor penggerak edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu,” kata Founder PPKB Reko Serasi.

Dia menambahkan, pemuda-pemudi yang tergabung dalam Ikatan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu agar dapat mengemban amanah atau tanggung jawab dengan komitmen yang tinggi untuk edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu.

“Dan mampu memberikan dampak positif ke masyarakat dan generasi muda di bidang kebudayaan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mengatakan, PPKB merupakan bentuk nyata dukungan dari pemerintah terhadap upaya edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu oleh generasi muda.

“Bengkulu adalah provinsi yang kaya akan budaya, banyak cagar budaya nasional yang ada di sini. PPKB inilah yang akan menjadi ujung tombak kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu di lapangan,” kata Eri.

Ia berharap PPKB ke depan lebih aktif membangun kolaborasi dengan berbagai instansi seperti OPD yang dipimpinnya, Museum Negeri Bengkulu, Taman Budaya, dan elemen lainnya.

“Generasi muda yang tergabung dalam PPKB yang dituntut kreatif sehingga PPKB menjadi ikatan pemuda terbaik di Provinsi Bengkulu di bidang kebudayaan,” sampai Eri.

Dalam kesempatan yang sama, Penasihat PPKB Khrisna Gamawan berharap, PPKB harus selalu fokus pada kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

“Inilah yang menjadi pembeda mendasar antara PPKB dengan komunitas atau duta lainnya di Provinsi Bengkulu,” kata Khrisna.

Untuk diketahui, PPKB merupakan wadah bagi pemuda pemudi Bengkulu yang memiliki kepedulian dan keinginan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

Ratusan pemuda dan pemudi dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sebelumnya telah berkompetisi menjadi yang terbaik sejak tahap seleksi dimulai.

Kemudian para finalis mengikuti rangkaian karantina sebelum tiba di Grand Final yang merupakan acara puncak PPKB 2021.

Pada masa karantina, finalis berkesempatan belajar banyak hal. Tak hanya kebudayaan, juga ekonomi, public speaking, dan hal-hal lain dari pemateri-pemateri yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Malam Grand Final PPKB 2021 sendiri turut dihadiri Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 Diky Nuryulia Arby dari Yogyakarya dan Naomy T Tiffany Kitu dari Nusa Tenggara Timur. Kehadiran  keduanya tentu saja akan berdampak positif bagi kebudayaan Bengkulu.

Mengingat, mereka juga turut mengangkat kebudayaan Bengkulu di sosial medianya masing-masing sehingga bisa menjadi perhatian nasional.

Selain itu, PPKB pun mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu yang mempersembahkan kategori khusus sebagai bentuk support OJK terhadap generasi muda yang tak hanya fokus dalam hal edukasi dan pelestarian Kebudayaan.

Tapi juga berpengetahuan luas termasuk di sektor jasa keuangan. Oleh sebab itu, OJK memberikan dua predikat yakni Duta Inklusi Keuangan OJK yang diraih oleh Royen Cristoper dari Kabupaten Lebong dan Khimaya Turrusda dari Seluma. (red)

Berikut daftar pemenang Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu 2021 :

  • Juara 1            : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Khimaya Turrusda (Seluma)
  • Runner Up 1    : Ahmad Kemal Prasadda (Kota Bengkulu) dan Grace Anggraini (Kota Bengkulu)
  • Runner Up 2    : Edo Gio Pernando (Lebong) dan Shintya Pandan Wangi (Bengkulu Selatan)
  • Runner Up 3    : Royen Cristoper (Lebong) dan Amanda Anisa (Bengkulu Tengah)
  • Runner Up 4    : Denta Mustofa (Kota Bengkulu) dan Monica Badsty (Bengkulu Selatan)
  • Putera Puteri Intelegensi         : Puja Pratama (Mukomuko) dan Nherdatila (Kaur)
  • Putera Puteri Best Advokasi    : Muhammad Hanafi (Kota Bengkulu) dan Rahayu Oktaviani (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Persahabatan     : Akbil Revando (Kota Bengkulu) dan Eninda Rizky Irawan (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Favorit               : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Ferly Yorenza (Lebong)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Pelarian Mufran Imron Berakhir

Minggu, 9 Mei 2021 05:21 WIB

Mufran Imron (topi hitam) saat diperiksa kesehatannya sebelum ditahan fokusbengkulu,kotabengkulu – Pelarian tersangka kasus korupsi dana hibah...

Ibu Muda di Lebong Gantung Diri, Anaknya yang Masih Balita Kini Piatu

Sabtu, 8 Mei 2021 11:44 WIB

Korban saat akan dibawa ke RSUD Lebong fokusbengkulu,lebong – Seorang ibu muda berinisial DS (20) yang berdomisili di Kelurahan Kampung Jawa...

Bupati Kopli Pastikan Normalisasi Sungai Piantan di 2022

Sabtu, 8 Mei 2021 12:38 WIB

Bupati saat berdiskusi di pinggir sungai Air Piantan fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori memastikan normalisasi sungai Air Piantan...

Bupati Larang ASN Lebong Mudik, Apalagi Gunakan Mobnas

Selasa, 4 Mei 2021 07:21 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori fokusbengkulu,lebong – Ini peringatan bagi seluruh ASN di lingkup Pemkab Lebong. Khususnya bagi pejabat eselon yang...

Bupati dan Ketua DPRD Lebong Teken Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Selasa, 4 Mei 2021 05:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori dan Ketua DPRD Carles Ronsen SSos menandatangani kesepakatan rancangan awal Rencana Pembangunan...

Toyota Hilux Jatuh ke Jurang, Sopir Patah Pinggang

Minggu, 2 Mei 2021 09:50 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kecelakaan tunggal terjadi di ruas jalan provinsi di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang pada Minggu (2/5/2021) siang...

HIPMI dan JMSI Bengkulu Berkolaborasi

Minggu, 2 Mei 2021 02:18 WIB

Dari kiri ke kanan : Dewan pakar JMSI Marsal Abadi, Ketua JMSI Riki Susanto, Ketum HIPMI Undang Sumbaga dan Dewan Pembina HIPMI Yuan...

BPD Berperan Wujudkan Lebong Bahagia dan Sejahtera

Sabtu, 1 Mei 2021 10:58 WIB

Bupati Kopli Ansori saat melantik anggota BPD fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori meminta seluruh anggota Badan Permusyawaratan Desa...

Enam Kali Bersurat ke DPUPR Minta Jalan Provinsi Diperbaiki, Toso : Tak Pernah Direspons

Kamis, 29 Apr 2021 11:48 WIB

Plt Kabid Bina Marga Haris Santoso ST fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP)...

Penyidikan Korupsi di Setwan Lebong Terus Bergulir, Delapan Auditor Hitung Kerugian Negara

Rabu, 28 Apr 2021 11:48 WIB

Kasis Pidsus Kejari Lebong Ronald Thomas Mendrofa SH fokusbengkulu,lebong – Penyidikan kasus dugaan korupsi anggaran rutin di Sekretariat Dewan...

%d blogger menyukai ini: