Home / Daerah / Kota Bengkulu / Sudrajat dan Khimaya Wakili Bengkulu di Ajang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia

Finalis Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu

fokusbengkulu,kotabengkulu – Sudrajat Prawijaya asal Kabupaten Rejang Lebong dan Khimaya Turrusda dari Kabupaten Seluma berhasil keluar sebagai Juara I pada Grand Final ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu (PPKB) Tahun 2021 yang dihelat di Adeeva Hotel & Convention, Kamis (1/4/2021).

Sementara, Runner Up 1 diraih Ahmad Kemal Prasadda dan Grace Anggraini dari Kota Bengkulu. Di posisi Runner Up 2, ada nama Edo Gio Pernando dari Kabupaten Lebong dan Shintya Pandan Wangi dari Kabupaten Bengkulu Selatan. (Selengkapnya lihat daftar).

Pasangan yang dinobatkan sebagai juara I PPKB selanjutnya akan mewakili Provinsi Bengkulu di ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia. Sudrajat dan Khimaya diharapkan mampu mengharumkan nama Bumi Rafflesia di tingkat Nasional.

“Mari kita dukung terus generasi muda Bengkulu (Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu) sebagai motor penggerak edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu,” kata Founder PPKB Reko Serasi.

Dia menambahkan, pemuda-pemudi yang tergabung dalam Ikatan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu agar dapat mengemban amanah atau tanggung jawab dengan komitmen yang tinggi untuk edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu.

“Dan mampu memberikan dampak positif ke masyarakat dan generasi muda di bidang kebudayaan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat mengatakan, PPKB merupakan bentuk nyata dukungan dari pemerintah terhadap upaya edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu oleh generasi muda.

“Bengkulu adalah provinsi yang kaya akan budaya, banyak cagar budaya nasional yang ada di sini. PPKB inilah yang akan menjadi ujung tombak kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu di lapangan,” kata Eri.

Ia berharap PPKB ke depan lebih aktif membangun kolaborasi dengan berbagai instansi seperti OPD yang dipimpinnya, Museum Negeri Bengkulu, Taman Budaya, dan elemen lainnya.

“Generasi muda yang tergabung dalam PPKB yang dituntut kreatif sehingga PPKB menjadi ikatan pemuda terbaik di Provinsi Bengkulu di bidang kebudayaan,” sampai Eri.

Dalam kesempatan yang sama, Penasihat PPKB Khrisna Gamawan berharap, PPKB harus selalu fokus pada kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

“Inilah yang menjadi pembeda mendasar antara PPKB dengan komunitas atau duta lainnya di Provinsi Bengkulu,” kata Khrisna.

Untuk diketahui, PPKB merupakan wadah bagi pemuda pemudi Bengkulu yang memiliki kepedulian dan keinginan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu.

Ratusan pemuda dan pemudi dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sebelumnya telah berkompetisi menjadi yang terbaik sejak tahap seleksi dimulai.

Kemudian para finalis mengikuti rangkaian karantina sebelum tiba di Grand Final yang merupakan acara puncak PPKB 2021.

Pada masa karantina, finalis berkesempatan belajar banyak hal. Tak hanya kebudayaan, juga ekonomi, public speaking, dan hal-hal lain dari pemateri-pemateri yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Malam Grand Final PPKB 2021 sendiri turut dihadiri Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 Diky Nuryulia Arby dari Yogyakarya dan Naomy T Tiffany Kitu dari Nusa Tenggara Timur. Kehadiran  keduanya tentu saja akan berdampak positif bagi kebudayaan Bengkulu.

Mengingat, mereka juga turut mengangkat kebudayaan Bengkulu di sosial medianya masing-masing sehingga bisa menjadi perhatian nasional.

Selain itu, PPKB pun mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu yang mempersembahkan kategori khusus sebagai bentuk support OJK terhadap generasi muda yang tak hanya fokus dalam hal edukasi dan pelestarian Kebudayaan.

Tapi juga berpengetahuan luas termasuk di sektor jasa keuangan. Oleh sebab itu, OJK memberikan dua predikat yakni Duta Inklusi Keuangan OJK yang diraih oleh Royen Cristoper dari Kabupaten Lebong dan Khimaya Turrusda dari Seluma. (red)

Berikut daftar pemenang Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu 2021 :

  • Juara 1            : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Khimaya Turrusda (Seluma)
  • Runner Up 1    : Ahmad Kemal Prasadda (Kota Bengkulu) dan Grace Anggraini (Kota Bengkulu)
  • Runner Up 2    : Edo Gio Pernando (Lebong) dan Shintya Pandan Wangi (Bengkulu Selatan)
  • Runner Up 3    : Royen Cristoper (Lebong) dan Amanda Anisa (Bengkulu Tengah)
  • Runner Up 4    : Denta Mustofa (Kota Bengkulu) dan Monica Badsty (Bengkulu Selatan)
  • Putera Puteri Intelegensi         : Puja Pratama (Mukomuko) dan Nherdatila (Kaur)
  • Putera Puteri Best Advokasi    : Muhammad Hanafi (Kota Bengkulu) dan Rahayu Oktaviani (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Persahabatan     : Akbil Revando (Kota Bengkulu) dan Eninda Rizky Irawan (Kota Bengkulu)
  • Putera Puteri Favorit               : Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Ferly Yorenza (Lebong)

Baja Juga

News Feed

Bupati Kopli Ansori Berhasil Pangkas Angka Kemiskinan

Selasa, 21 Mei 2024 03:29 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sejak resmi dipercaya memegang tampuk pimpinan sebagai Bupati Lebong pada 26 Februari 2021 lalu, Kopli Ansori bergerak cepat...

Ikut Penjaringan 5 Parpol, Bukti Keseriusan Mustarani Dampingi Helmi Hasan di Pilgub Bengkulu

Senin, 20 Mei 2024 05:55 WIB

fokusbengkulu,bengkulu – Keseriusan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong H Mustarani Abidin SH MSi untuk maju mendampingi Ketua DPW Partai...

Jalan Putus Total, 3 Excavator Dikerahkan Buka Lajur Sementara

Minggu, 19 Mei 2024 08:10 WIB

fokusbengkulu,lebong – Longsor susulan yang terjadi pada Minggu (19/5/2024), mengakibatkan akses jalan provinsi di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo...

Sebelum Berangkat, 97 Jemaah Haji Dapat Uang Saku dari Bupati Kopli Ansori

Minggu, 19 Mei 2024 06:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebanyak 97 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Lebong Tahun 2024 / 1445 H punya kesan tersendiri terhadap Bupati Kopli...

Tronton Bawa Alat Berat Nyangkut di Talang Ratu, Jalan Patah dan Terancam Putus Total

Minggu, 19 Mei 2024 11:46 WIB

fokusbengkulu,lebong – Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Lebong – Rejang Lebong, tepatnya di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo...

Bupati Kopli Ansori Tegas Tolak Jalan Kabupaten Dilewati Truk Batu Bara

Sabtu, 18 Mei 2024 04:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar terkait perusahaan tambang batubara yang ada di Kecamatan Pinang Belapis kembali beroperasi, rupanya memicu...

HUT ke-44 Perpusnas RI, Lebong Terima Bantuan Mobil dan Sepeda Motor

Sabtu, 18 Mei 2024 04:09 WIB

fokusbengkulu,jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mendapatkan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dan empat unit sepeda motor...

Tindaklanjuti Arahan Bupati, Disperkan Lebong Bersihkan Lahan Sawah Terdampak Banjir

Jumat, 17 Mei 2024 07:54 WIB

fokusbengkulu,lebong – Banjir bandang akibat luapan Sungai Ketahun yang terjadi pada Selasa (16/4/2024) lalu, diketahui telah memporak-porandakan...

Hadiri HUT Dekranas yang Dibuka Ibu Negara, Begini Kesan Elvi Sukaisih Kopli

Jumat, 17 Mei 2024 06:05 WIB

fokusbengkulu,jawatengah – Ketua TP PKK Kabupaten Lebong Elvi Sukaisih Kopli Ansori didampingi Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kabupaten...

KPU Lebong Umumkan Nama-nama PPK Terpilih , Cek di Sini

Rabu, 15 Mei 2024 09:45 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menetapkan 5 nama terpilih sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus