•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Launching JMSI Award di Hotel Mercure Bengkulu, Kamis (30/9/2021)

fokusbengkulu,kotabengkulu – Dear jurnalis, ajang JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia) Award dengan tema ‘Bersemi Kala Pandemi’ sudah resmi dimulai. Ini ditandai dengan launching dan press rilis oleh Pengurus Daerah (PengDa) JMSI Bengkulu, di Hotel Mercure Kota Bengkulu, Kamis (30/9/2021). Ajang penganugerahan karya jurnalistik ini melombakan delapan kategori yang bisa diikuti oleh seluruh insan pers di Provinsi Bengkulu, bahkan se Indonesia.

Baik cetak, elektronik, terlebih lagi media online atau siber. Kategori utama terdiri dari tajuk/editorial, indepth news (Berita berkedalaman), feature, foto, dan video. Berikutnya, kategori khusus, merupakan anugerah yang diberikan kepada media siber JMSI terbaik, media siber Bengkulu terbaik, dan wartawan Bengkulu terbaik. Yuk ikuti ajang bergengsi ini.

Ketua JMSI Provinsi Bengkulu Riki Susanto saat press rilis menjelaskan, puncak atau malam penganugerahan JMSI Award akan dilaksanakan bertepatan dengan momentum peringatan HUT Provinsi Bengkulu ke-53.

“Program ini diselenggarakan dalam rangka memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap insan pers dan media massa yang telah berkontribusi aktif mendukung laju pembangunan, perlawanan terhadap pandemi Covid-19, dan merawat bingkai kebhinekaan dalam proses berdemokrasi di tanah air,” ungkap Bos Media Online Bengkuluinteraktif.com ini.

Dia menjelaskan, JMSI Award merupakan program kolaborasi bersama segenap elemen bangsa yang peduli terhadap insan pers dan media massa, yang diinisiasi PengDa JMSI Provinsi Bengkulu yang kemudian disetujui oleh Pengurus Pusat JMSI menjadi event nasional dan berkelanjutan.

Ke depan, provinsi lain di Indonesia akan menjadi tuan rumah JMSI Award yang waktu penyelenggaraannya menyesuaikan HUT masing-masing provinsi.

Dalam konteks Kebengkuluan, Riki mengatakan, JMSI Award juga digelar lantaran minimnya ruang apresiasi yang diberikan kepada para wartawan yang telah berjibaku mendukung laju pembangunan.

“Berangkat dari keprihatinan bersama, kami melihat minimnya ruang apresiasi yang diberikan, baik dari lembaga pers itu sendiri maupun lembaga pemerintahan juga pihak swasta. Secara nasional tentu ide besarnya kita ingin menciptakan ekosistem pers yang baik dan profesional,” papar Riki.

Sementara itu, Sekretaris JMSI Bengkulu Doni Supardi berujar, baginya JMSI Award adalah pesta (party) bagi insan pers dan media massa setelah dalam kurun waktu dua tahun terakhir terus berjibaku dengan kerja-kerja jurnalistiknya di tengah ancaman kesehatan akibat wabah, belum lagi ditambah terpuruknya perekonomian.

“Sederhananya kenapa kita menggagas JMSI Award, kita ingin ajang ini menjadi party-nya kita-kita para insan pers dan media massa, kalau politisi punya pesta lima tahunan lewat pesta demokrasinya, kita juga lewat ajang ini jadi pestanya kita-kita,” kata Donni.

Kawah Candradimuka Wartawan

Penyelenggaraan JMSI Award diapresiasi Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (DK PWI) Ilham Bintang yang sekaligus menjadi salah satu Dewan Juri JMSI Award. Baginya ajang ini adalah kawah candradimuka bagi para wartawan untuk mengevaluasi diri.

“Saya senang sekali meski JMSI baru berusia dua tahun tapi sudah terpikir untuk memasuki program pelatihan ini,” katanya. Lomba karya jurnalistik itu, kata Ilham, agar dibaca sebagai medan latihan, kawah candradimuka bagi para wartawan untuk selalu mengukur dirinya, dan mengukur kemampuannya.

“Serta mengoreksi apa-apa yang yang belum tepat atau yang belum benar dalam dunia jurnalisme,” ujar Ilham.

Sementara itu, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa menyebut, ajang JMSI Award menjadi penting karenanya harus terus digulirkan setiap tahun di provinsi yang berbeda. Dengan harapan tradisi pers yang taat kode etik dapat dilestarikan.

“Pun tradisi membangun perusahaan pers yang sehat dapat terjaga,” ungkap Teguh.

Di kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana JMSI Award Mahmud Yunus menginformasikan bahwa pihaknya telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp 150 juta dan award khusus pemenang pertama masing-masing kategori. Untuk kategori khusus, poin pentingnya adalah keikutsertaan wartawan atau media pada lima kategori utama.

“Sederhananya masing-masing wartawan atau media yang menjadi peserta berpeluang menyabet anugerah khusus tersebut apabila mengirimkan karya pada semua kategori utama. Kalau wartawan ya ikut di Indepth, Feature, Foto, dan Video. Kalau media, semuanya ikut, termasuk pada kategori tajuk,”  papar Mahmud.(rls)

Berikut informasi selengkapnya :

JMSI AWARD

Anugerah Karya Jurnalistik

Kategori Utama :

  1. Tajuk
  2. Indepth News
  3. Feature
  4. Video
  5. Foto

Kategori/Anugerah Khusus :

  1. Media Siber JMSI Terbaik
  2. Media Siber Bengkulu Terbaik
  3. Wartawan Bengkulu Terbaik

Rincian Hadiah :

Tajuk

Juara I 10.000.000 + Sertifikat + Award

Juara II 7.500.000 + Sertifikat

Juara III 5.000.000 + Sertifikat

Indepth News

Juara I 12.500.000 + Sertifikat + Award

Juara II 10.000.000 + Sertifikat

Juara III 7.500.000 + Sertifikat

Feature

Juara I 7.500.000 + Sertifikat + Award

Juara II 5.000.000 + Sertifikat

Juara III 2.500.000 + Sertifikat

Foto

Juara I 5.000.000 + Sertifikat + Award

Juara II 4.000.000 + Sertifikat

Juara III 3.000.000 + Sertifikat

Juara Harapan I 2.000.000

Juara Harapan II 1.000.000

Video

Juara I 15.000.000 + Sertifikat + Award

Juara II 10.000.000 + Sertifikat

Juara III 5.000.000 + Sertifikat

Media Siber JMSI Terbaik 15.000.000 + Sertifikat + Award

Media Siber Bengkulu Terbaik 12.500.000 + Sertifikat + Award

Wartawan Bengkulu Terbaik Rp 10 Juta + Sertifikat + Award

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Sempat Mangkir, Kades yang Diduga Korupsi DD Ini Tak Berkutik saat Dijemput Polisi

Rabu, 20 Okt 2021 11:30 WIB

Tersangka Ma (kanan) saat diperiksa penyidik Tipikor Sat Reskrim Polres Kepahiang fokusbengkulu,kepahiang – Oknum Kades Kelobak Kecamatan...

Gerebek Galian C Ilegal di Lubuk Penyamun, Polisi Amankan Dua Orang

Rabu, 20 Okt 2021 09:49 WIB

fokusbengkulu,kepahiang - Unit Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) bersama Tim Jupi Sat Reskrim Polres Kepahiang menggerebek tambang Galian C yang...

Kasus Covid-19 Menurun Drastis, Dinkes Rejang Lebong Tetap Geber Vaksinasi

Selasa, 19 Okt 2021 08:12 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong menurun drastis sejak beberapa pekan terakhir. Saat ini, kasus aktif hanya...

Luar Biasa, BNNP Bengkulu Gagalkan Penyeludupan 143 Kilogram Ganja Senilai Rp 700 Juta

Sabtu, 16 Okt 2021 09:01 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong –  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu menorehkan prestasi luar biasa dalam memberantas peredaran...

Baru Sepekan Dilantik, Oknum Pejabat Pemprov Bengkulu Diciduk Gegara Tipu Warga Ratusan Juta

Sabtu, 16 Okt 2021 01:38 WIB

Hr saat diperiksa penyidik Reskrim Polres Bengkulu fokusbengkulu,kotabengkulu – Seorang oknum penjabat Pemprov Bengkulu yang baru sekitar sepekan...

Tersandung UU ITE, Eks Anggota Polri di Rejang Lebong Malah Ketahuan Tanam Ganja

Kamis, 14 Okt 2021 11:06 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Apes dialami seorang pria berinisial AYH (40). Ia ditangkap tim gabungan Sat Resnarkoba dan Sat Reskrim Polres Rejang...

Pemkab Lebong Tetapkan Pilkades Serentak 14 Desember 2021

Kamis, 14 Okt 2021 05:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong menetapkan jadwal pelaksanaan pemungutan suara atau hari H Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang...

Verifikasi Faktual di Bengkulu Selesai, JMSI Selangkah Lagi Jadi Konstituen Dewan Pers

Rabu, 13 Okt 2021 09:17 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu – Rangkaian verifikasi faktual (Verfak) yang dilaksanakan oleh Dewan Pers terhadap 12 Pengurus Daerah (Pengda) Jaringan...

Perburuan Tikus Lanjut Tahun Depan, Pemkab Lebong Bakal Gelontorkan Rp 900 Juta

Selasa, 12 Okt 2021 06:18 WIB

Bupati Lebong Kopli Ansori saat dikonfirmasi di sela-sela acara panen raya di Desa Kota Baru, Kamis (7/10/2021) fokusbengkulu,lebong –...

Usai Sertijab, Hartoni Fokus Persiapkan Pilkades Serentak Desember Ini

Selasa, 12 Okt 2021 04:36 WIB

Plt Kepala Dinas PMDSos Hartoni (kanan) dan Kepala Dinas Perkim Reko Haryanto saat sertijab, Senin (11/10/2021) fokusbengkulu,lebong – Mantan...

%d blogger menyukai ini: