fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori berkomitmen mendorong digitalisasi di Kabupaten Lebong. Untuk itu, pada semester kedua tahun 2021 lalu, Bupati bersama segenap jajaran Dinas Kominfo-SP bergerak cepat. Tak hanya bermanuver di daerah, kepala daerah termuda se Provinsi Bengkulu tersebut juga berjuang hingga ke pusat yakni DPR RI dan Kementerian Kominfo. Tak berhenti sampai di situ, Bupati kemudian menjajal kerja sama dengan PT Telkom Witel Bengkulu dan Telkomsel.

Kerja keras Bupati bersama segenap jajarannya berbuah manis. Tiga menara telekomunikasi atau Tower BTS (Base Transceiver Station) baru pun dibangun di Lebong.

Lokasinya di Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei, Desa Sukau Datang Kecamatan Lebong Atas dan Kelurahan Amen Kecamatan Amen. Ketiga menara BTS tersebut sudah on air alias berfungsi dan diresmikan oleh Bupati pada Rabu (15/6/2022) siang, bertempat di Kantor Camat Lebong Sakti di Desa Muning Agung.

Launching ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi GM PT Telkom Witel Bengkulu Eko Yuliyanto dan Manager Network Service Telkomsel Bengkulu Surya Hamdani. Ikut mendampingi Kajari Arief Indra Kusuma Adhi SH MHum, perwakilan dari Polres Lebong dan TNI. Kemudian, ada Sekretaris Daerah H Mustarani Abidin SH MSi dan Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Danial Paripurna SE.

Selain peluncuran 3 tower BTS dan acces point atau Wifi gratis di tujuh lokasi, Bupati juga meneken nota kesepahaman (MoU) bersama GM PT Telkom Witel Bengkulu terkait Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan Aplikasi Satu Data Indonesia (SDI).

“Di era digitalisasi ini, perluasan dan penguatan jaringan internet memang sangatlah penting. Inilah yang terus kita upayakan. Alhamdulillah, hari ini kita bisa melaunching tiga tower BTS baru. Dengan begitu, cakupan sinyal internet di Kabupaten Lebong semakin kuat dan luas,” ungkap Bupati saat memberikan sambutan dan arahan.

Penyerahan plakat oleh pihak Telkomsel kepada Bupati

 

Bupati mengakui, bahwa masih ada beberapa titik yang sama sekali tidak terjangkau sinyal internet. Yakni di Desa Sungai Lisai dan Sebelat Ulu Kecamatan Pinang Belapis. Serta, Desa Tik Sirong Kecamatan Topos. Selain itu, beberapa titik juga masih masuk kategori lowspot (lemah sinyal). Pemkab Lebong, kata dia, akan terus berupaya agar permasalahan itu bisa teratasi.

“Kerja sama dengan PT Telkom Bengkulu dan Telkomsel akan terus kita bangun. Sehingga, nanti masyarakat kita bisa merdeka digital,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong Danial Paripurna SE saat dibincangi usai acara menuturkan, dengan bertambahnya tiga menara BTS baru, total sudah ada 23 tower BTS di Kabupaten Lebong. Senada dengan Bupati, Danial berujar, upaya pemerataan dan penguatan akses internet akan terus dilakukan.

Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong Danial Paripurna SE saat menyampaikan laporan kegiatan

 

“Kita upayakan, ada penambahan tiga tower BTS lagi di tahun ini,” ungkap pria yang pernah bertugas di salah satu Kementerian ini.

Berkenaan dengan acces point atau Wifi gratis di tujuh titik yang disediakan oleh Dinas Kominfo-SP, lanjut Danial, saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat. Lokasinya, dua titik di Taman Smart City Karang Nio di kawasan perkantoran Tubei.

Kemudian, satu titik di Masjid Agung Sultan Abdullah, satu titik di Tugu Presidium Kelurahan Tanjung Agung dan satu titik di Puskesmas Muara Aman Kecamatan Lebong Utara. Lalu, di Kantor Camat Lebong Sakti serta RSUD Lebong.

“Sebagaimana diarahkan terus menerus oleh Pak Bupati dan Pak Sekda. Bahwa kita harus membangun dari hulu. Maka, wifi gratis ini adalah turunan dari BTS itu tadi,” sampai Danial.

Lebih lanjut, ia meminta dukungan dari segenap masyarakat Lebong agar upaya untuk pemerataan dan penguatan jangkauan intrenet bisa berjalan maksimal.

“Selain itu, kami juga mengajak seluruh masyaraat Lebong untuk memanfaatkan internet dengan bijak,” tandas Danial. Diketahui, launching tiga Tower BTS ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Lebong Shalahuddin Al Khidr SE, Ketua Panwaslu Jefrianto SP dan perwakilan instansi vertikal lainnya. Kemudian, hadir pula para kepala OPD, camat, kades dan beberapa pimpinan stasiun TV di Provinsi Bengkulu.(wez)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed

Bobol Sekolah, Dua Anak di Bawah Umur Gasak Puluhan Notebook

Sabtu, 25 Jun 2022 09:59 WIB

fokusbengkulu,kepahiang – Gedung SMPN 1 Kepahiang yang berlokasi di Desa Sumber Sari Kecamatan Kabawetan disatroni maling pada Kamis (23/6/2022)....

Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI Dukung Pengembangan Desa Wisata di Lebong

Selasa, 21 Jun 2022 10:10 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Komisi X DPR RI mendukung penuh pengembangan sektor...

GANN Lebong Siap Bersinergi Perangi Narkoba dan Radikalisme

Senin, 20 Jun 2022 09:35 WIB

fokusbengkulu,lebong – Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Kabupaten Lebong siap bersinergi alias bekerja sama dengan pemerintah daerah,...

Tahun Ini Sedot Rp 3,4 Miliar, Kapan Pasar Modern Muara Aman Bisa Ditempati ? Begini Penjelasan Dinas PUPRP

Minggu, 19 Jun 2022 11:01 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pembangunan Pasar Modern Muara Aman di Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara kembali dilanjutkan tahun ini dan...

Hujan Lebat Picu Longsor, Rumah di Lebong Selatan Jebol

Sabtu, 18 Jun 2022 02:31 WIB

Warga bersama anggota Polri membersihkan material longsor fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sebagian besar...

Polres Lebong Dalami Dugaan Penyelewengan DD-ADD Semelako Atas

Kamis, 16 Jun 2022 04:21 WIB

Foto (Tribunbengkulu.com) : Kasat Reskrim Iptu Alexander SE  fokusbengkulu,lebong – Masih ingat dengan pengaduan terkait dugaan penyelewengan...

MT-II Berhasil, Giliran Petani Lebong Sakti Panen Padi

Rabu, 15 Jun 2022 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Program unggulan Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi MPd yakni tanam minimal dua kali setahun untuk...

Dorong Digitalisasi, Bupati Kopli Launching Tiga Tower BTS dan Teken MoU dengan PT Telkom

Rabu, 15 Jun 2022 08:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori berkomitmen mendorong digitalisasi di Kabupaten Lebong. Untuk itu, pada semester kedua tahun 2021...

Diskominfo Lebong Jalin Kerja Sama dengan PT Telkom, Bangun Tiga Menara BTS

Selasa, 14 Jun 2022 11:19 WIB

Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong, Danial Paripurna SE fokusbengkulu,lebong – Pemkab Lebong melalui Dinas Komunikasi Informatika...

Bupati Sampaikan Pertanggungjawaban APBD 2021, Dewan Apresiasi Raihan WTP

Senin, 13 Jun 2022 10:05 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah...

%d blogger menyukai ini: