Home / Daerah / Lebong / Dorong Digitalisasi, Bupati Kopli Launching Tiga Tower BTS dan Teken MoU dengan PT Telkom
IDUAL ADHA 24

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori berkomitmen mendorong digitalisasi di Kabupaten Lebong. Untuk itu, pada semester kedua tahun 2021 lalu, Bupati bersama segenap jajaran Dinas Kominfo-SP bergerak cepat. Tak hanya bermanuver di daerah, kepala daerah termuda se Provinsi Bengkulu tersebut juga berjuang hingga ke pusat yakni DPR RI dan Kementerian Kominfo. Tak berhenti sampai di situ, Bupati kemudian menjajal kerja sama dengan PT Telkom Witel Bengkulu dan Telkomsel.

Kerja keras Bupati bersama segenap jajarannya berbuah manis. Tiga menara telekomunikasi atau Tower BTS (Base Transceiver Station) baru pun dibangun di Lebong.

Lokasinya di Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei, Desa Sukau Datang Kecamatan Lebong Atas dan Kelurahan Amen Kecamatan Amen. Ketiga menara BTS tersebut sudah on air alias berfungsi dan diresmikan oleh Bupati pada Rabu (15/6/2022) siang, bertempat di Kantor Camat Lebong Sakti di Desa Muning Agung.

Launching ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi GM PT Telkom Witel Bengkulu Eko Yuliyanto dan Manager Network Service Telkomsel Bengkulu Surya Hamdani. Ikut mendampingi Kajari Arief Indra Kusuma Adhi SH MHum, perwakilan dari Polres Lebong dan TNI. Kemudian, ada Sekretaris Daerah H Mustarani Abidin SH MSi dan Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Danial Paripurna SE.

Selain peluncuran 3 tower BTS dan acces point atau Wifi gratis di tujuh lokasi, Bupati juga meneken nota kesepahaman (MoU) bersama GM PT Telkom Witel Bengkulu terkait Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan Aplikasi Satu Data Indonesia (SDI).

“Di era digitalisasi ini, perluasan dan penguatan jaringan internet memang sangatlah penting. Inilah yang terus kita upayakan. Alhamdulillah, hari ini kita bisa melaunching tiga tower BTS baru. Dengan begitu, cakupan sinyal internet di Kabupaten Lebong semakin kuat dan luas,” ungkap Bupati saat memberikan sambutan dan arahan.

Penyerahan plakat oleh pihak Telkomsel kepada Bupati

 

Bupati mengakui, bahwa masih ada beberapa titik yang sama sekali tidak terjangkau sinyal internet. Yakni di Desa Sungai Lisai dan Sebelat Ulu Kecamatan Pinang Belapis. Serta, Desa Tik Sirong Kecamatan Topos. Selain itu, beberapa titik juga masih masuk kategori lowspot (lemah sinyal). Pemkab Lebong, kata dia, akan terus berupaya agar permasalahan itu bisa teratasi.

“Kerja sama dengan PT Telkom Bengkulu dan Telkomsel akan terus kita bangun. Sehingga, nanti masyarakat kita bisa merdeka digital,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong Danial Paripurna SE saat dibincangi usai acara menuturkan, dengan bertambahnya tiga menara BTS baru, total sudah ada 23 tower BTS di Kabupaten Lebong. Senada dengan Bupati, Danial berujar, upaya pemerataan dan penguatan akses internet akan terus dilakukan.

Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong Danial Paripurna SE saat menyampaikan laporan kegiatan

 

“Kita upayakan, ada penambahan tiga tower BTS lagi di tahun ini,” ungkap pria yang pernah bertugas di salah satu Kementerian ini.

Berkenaan dengan acces point atau Wifi gratis di tujuh titik yang disediakan oleh Dinas Kominfo-SP, lanjut Danial, saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat. Lokasinya, dua titik di Taman Smart City Karang Nio di kawasan perkantoran Tubei.

Kemudian, satu titik di Masjid Agung Sultan Abdullah, satu titik di Tugu Presidium Kelurahan Tanjung Agung dan satu titik di Puskesmas Muara Aman Kecamatan Lebong Utara. Lalu, di Kantor Camat Lebong Sakti serta RSUD Lebong.

“Sebagaimana diarahkan terus menerus oleh Pak Bupati dan Pak Sekda. Bahwa kita harus membangun dari hulu. Maka, wifi gratis ini adalah turunan dari BTS itu tadi,” sampai Danial.

Lebih lanjut, ia meminta dukungan dari segenap masyarakat Lebong agar upaya untuk pemerataan dan penguatan jangkauan intrenet bisa berjalan maksimal.

“Selain itu, kami juga mengajak seluruh masyaraat Lebong untuk memanfaatkan internet dengan bijak,” tandas Danial. Diketahui, launching tiga Tower BTS ini juga dihadiri oleh Ketua KPU Lebong Shalahuddin Al Khidr SE, Ketua Panwaslu Jefrianto SP dan perwakilan instansi vertikal lainnya. Kemudian, hadir pula para kepala OPD, camat, kades dan beberapa pimpinan stasiun TV di Provinsi Bengkulu.(wez)

Baja Juga

News Feed

Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades, Bupati Kopli Minta Terus Bantu Rakyat

Kamis, 4 Jul 2024 05:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd secara resmi mengukuhkan dan mengesahkan perpanjangan...

Longsor Hantui Pengendara, DPUPRP Lebong akan Bangun Jalan Baru di Talang Ratu

Sabtu, 29 Jun 2024 09:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPURP) Kabupaten Lebong tak tinggal diam menyikapi kondisi ruas jalan...

Pesan Bupati Kopli Usai Lantik Mahmud Siam Jadi Pj Sekda : Bekerjalah Sepenuh Hati

Kamis, 27 Jun 2024 09:59 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos melantik Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Mahmud Siam SP MM sebagai Penjabat (Pj)...

Mediasi Soal Batas Wilayah Deadlock, Pemkab Lebong Tunggu Putusan MK

Sabtu, 15 Jun 2024 08:29 WIB

fokusbengkulu,jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah menjalankan putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) RI dengan mebuka ruang mediasi...

Bupati Kopli Saksikan Peresmian Pasar Ajai Siang oleh Mendag Zulkifli Hasan

Jumat, 14 Jun 2024 10:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Dr (HC) Zulkifili Hasan SE MM menginjakkan kaki di Bumi Rafflesia pada Jum’at (14/6/2024)....

Bupati Kopli Ansori akan Perpanjang Masa Jabatan 27 Kades

Kamis, 13 Jun 2024 09:51 WIB

fokusbengkulu,jakarta– Sebagai tindaklanjut atas berlakunya Undang Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 6...

Kabar Baik, Pemkab Lebong Segera Gelar Operasi Katarak Gratis, Ini Jadwalnya

Selasa, 11 Jun 2024 08:36 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar baik bagi warga Kabupaten Lebong yang menderita penyakit katarak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas...

Legislatif Sampaikan Pandangan Umum terhadap Pertanggungjawaban APBD Lebong 2023

Selasa, 11 Jun 2024 12:53 WIB

fokusbengkulu,lebong - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi...

Wabup Fahrurrozi Dorong Pelaku Usaha Daftarkan Kekayaan Intelektual

Senin, 10 Jun 2024 09:47 WIB

fokusbengkulu,lebong – Wakil Bupati (Wabup) Lebong Drs Fahrurrozi MPd menghadiri kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual yang...

Imbas Banjir, Batu Bergelimpangan Tutupi Jalan, Lalin Lebong – Curup Sempat Lumpuh

Senin, 10 Jun 2024 07:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lebong pada Senin (10/6/2024) sore sejak sekitar pukul 15.30 WIB...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus