Home / Daerah / Lebong / Bangunan SMP 4 Lebong Dituding Asal Jadi, Bupati Respons Cepat, Ternyata Tak Terbukti
Bupati Lebong Kopli Ansori mencongkel salah satu sisi tiang gedung SMPN 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang menggunakan pahat dan palu untuk memastikan apakah tudingan terkait gedung di sekolah itu dibuat asal jadi, benar atau tidak, Rabu (10/5/2023)
Bupati Lebong Kopli Ansori mencongkel salah satu sisi tiang gedung SMPN 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang menggunakan pahat dan palu untuk memastikan apakah tudingan terkait gedung di sekolah itu dibuat asal jadi, benar atau tidak, Rabu (10/5/2023)

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori merespons cepat terkait video yang beredar luas melalui pesan berantai WhatsApp (WA) dan sempat viral baru-baru ini. Di dalam video itu, seorang warga Kelurahan Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang diduga menuding bahwa bangunan gedung SMP Negeri 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang yang dibangun tahun 2022 lalu, dibuat asal jadi. Tak ingin permasalahan tersebut mengambang berlama-lama dan bikin resah para wali murid, Bupati langsung mendatangi sekolah itu pada Rabu (10/5/2023) siang.

Bupati tidak sendiri. Ia tampak didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd, Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi dan Plt Kepala Dikbud Elvian Komar SAg. Menariknya, dua pimpinan lembaga penegak hukum juga ikut serta. Mereka adalah Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK dan Kajari Arief Indra Kusuma Adhi SH MHum.

Usai beribincang-bincang sebentar di ruang Kepala Sekolah (Kepsek), sekira pukul 14.30 WIB, Bupati kemudian berkeliling mengecek kondisi gedung. Lalu, memeriksa tiang penyanggah gedung yang disebut-sebut tanpa menggunakan material batu dan besi.

Tak ingin sekedar menduga-duga, Bupati pun meminta pendapat kepada Kapolres dan Kajari, termasuk kepada konsultan pengawas untuk mencongkel tiang tersebut menggunakan pahat dan palu. Saat dicongkel, terdapat besi dan batu di dalamnya yang menurut konsultan, sesuai dengan spesifikasi teknis yang telah ditetapkan.

Tidak berhenti sampai di situ, Bupati lalu meminta salah satu awak media untuk memvideokan kayu kuda-kuda gedung UKS sekolah yang disebut menggunakan kayu lama. Setelah dicek, ternyata kayu yang digunakan adalah kayu Kelas II yang baru.

“Kita ingin anak-anak kita yang belajar di sekolah ini, merasa aman dan nyaman. Nah, untuk menjamin kegiatan belajar mengajar di sekolah ini, termasuk para gurunya juga. Kami tentu mengutamakan kualitas,” sampai Bupati saat dikonfirmasi awak media.

Tim teknis Pemkab Lebong saat menunjukkan dokumen RAB pembangunan gedung SMPN 04 Lebong kepada Bupati Kopli Ansori

 

Bupati berujar, untuk memastikan gedung sekolah yang dibuat memiliki kualitas yang baik, sejak awal ia telah menginstruksikan jajarannya agar menyusun perencanaan yang matang. Kemudian, melakukan pengawasan secara ketat hingga pada proses serah terima pekerjaan (Provisional Hand Over).

“Jadi, bukan hanya sekedar dibangun tanpa memperhatikan kualitas,” ujar dia lagi. Terkait dengan peran pengawasan masyarakat, kata dia, yang mengklaim bahwa tiang gedung tanpa menggunakan Sirtu (Pasir Batu) atau split dan besi, ternyata tidak benar.

“Hari ini sudah kita buktikan. Ternyata tidak benar,” ucapnya. Selanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Lebong tersebut mengimbau kepada seluruh orang tua atau wali murid SMP 04 Lebong agar tak perlu khawatir dan was-was menitipkan anak-anak mereka untuk bersekolah di tempat itu.

“Kita ingin memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan di Kabupaten Lebong. Bagi anak-anak generasi penerus kita. Salah satunya dengan membangun gedung sarana belajar yang aman dan nyaman. Kemudian, masyarakat kita imbau juga untuk tidak cepat mempercayai informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” demikian Bupati.

Penelusuran fokusbengkulu.com, Pemkab Lebong menggelontorkan anggaran miliran rupiah untuk pembangunan gedung-gedung di SMPN 4 Lebong pada Tahun Anggaran (TA) 2022 lalu. Seperti, pembangunan ruang laboratorium komputer beserta perabotnya dengan pagu Rp 601.711.000. Paket pembangunan ini dimenangkan oleh CV Berkah Ilahi dengan nilai kontrak Rp 595.841.000,00.

Berikutnya, ada pembangunan ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Pagunya Rp 256.648.000. Keluar sebagai pemenang lelang yakni CV Berkah Ilahi dengan nilai kontrak Rp 254.000.000.

Lalu, ada pembangunan ruang tata usaha beserta perabotnya dengan pagu Rp 551.302.000. Pelaksana paket ini adalah CV Pelabai Bahtera Mandiri dengan nilai kontrak Rp 536.590.000. Kemudian, ada paket pembangunan ruang laboratorium IPA beserta perabotnya dengan pagu Rp 601.711.000. Keluar sebagai pemenang lelang CV Abdi Jang Karya dengan nilai kontrak Rp 600.950.000.(wez)

Baja Juga

News Feed

Kunjungi Lebong, Dandim 0409 RL yang Baru Disambut Hangat Bupati Kopli

Rabu, 28 Feb 2024 10:35 WIB

fokusbengkulu,lebong – Setelah beberapa hari dilantik dan resmi memegang tampuk pimpinan Komando Distrik Militer (Kodim) 0409 Rejang Lebong (RL),...

Seleksi Paskibraka Dimulai, Ratusan Pelajar Bersaing

Selasa, 27 Feb 2024 09:09 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah resmi memulai tahapan seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)...

Bupati, Wabup dan Sekda Kompak Hadir, Festival Perahu Naga di Danau Tes Meriah

Rabu, 6 Des 2023 02:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lebong yang ke-20 Tahun 2023, Pemkab Lebong melalui Dinas Pemuda...

Meriahkan HUT Lebong ke-20, Bupati Lepas Ribuan Peserta Lomba Baris Berbaris

Rabu, 6 Des 2023 01:21 WIB

fokusbengkulu,lebong – Rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lebong ke-20 Tahun 2023 telah dimulai sejak...

Aktif Sampaikan Peluang Investasi, Pemkab Lebong Raih Penghargaan Treasury Award

Senin, 4 Des 2023 08:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong meraih penghargaan dalam acara Treasury Award yang digelar oleh Kementerian Keuangan...

Tutup Kegiatan Survei Akreditasi RSUD, Bupati Tegaskan Komitmen Tingkatkan Mutu Pelayanan

Rabu, 29 Nov 2023 10:13 WIB

fokusbengkulu,lebong – Survei penilaian akreditasi RSUD Lebong yang berlangsung selama dua hari, mulai Senin (27/11/2023) hingga Selasa...

Puncak Peringatan HKN, Kopli Ansori Beri Penghargaan kepada Nakes Teladan

Rabu, 29 Nov 2023 01:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023,...

Lebong Tercepat di Provinsi Bengkulu Sahkan APBD, Bupati Instruksikan Jajaran Bekerja Maksimal

Selasa, 28 Nov 2023 09:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabupaten Lebong tercatat sebagai kabupaten atau daerah tercepat di Provinsi Bengkulu yang mengesahkan Rancangan Peratuan...

Hadiri HUT Provinsi Bengkulu ke-55, Bupati Kopli Harap Kesejahteraan Masyarakat Makin Merata

Minggu, 19 Nov 2023 12:50 WIB

fokusbengkulu,kotabengkulu -  Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi istri tercinta yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Lebong Elvi Sukaisih menghadiri...

Ikut Panen Padi MT-2 di Desa Garut, Bupati Kopli Ansori Puji Kegigihan Petani

Kamis, 16 Nov 2023 09:51 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kegigihan petani di Desa Garut Kecamatan Amen dalam menyukseskan program tanam dan panen dua kali dalam setahun atau yang...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus