Home / Daerah / Lebong / Bangunan SMP 4 Lebong Dituding Asal Jadi, Bupati Respons Cepat, Ternyata Tak Terbukti
IDUAL ADHA 24
Bupati Lebong Kopli Ansori mencongkel salah satu sisi tiang gedung SMPN 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang menggunakan pahat dan palu untuk memastikan apakah tudingan terkait gedung di sekolah itu dibuat asal jadi, benar atau tidak, Rabu (10/5/2023)
Bupati Lebong Kopli Ansori mencongkel salah satu sisi tiang gedung SMPN 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang menggunakan pahat dan palu untuk memastikan apakah tudingan terkait gedung di sekolah itu dibuat asal jadi, benar atau tidak, Rabu (10/5/2023)

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori merespons cepat terkait video yang beredar luas melalui pesan berantai WhatsApp (WA) dan sempat viral baru-baru ini. Di dalam video itu, seorang warga Kelurahan Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang diduga menuding bahwa bangunan gedung SMP Negeri 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang yang dibangun tahun 2022 lalu, dibuat asal jadi. Tak ingin permasalahan tersebut mengambang berlama-lama dan bikin resah para wali murid, Bupati langsung mendatangi sekolah itu pada Rabu (10/5/2023) siang.

Bupati tidak sendiri. Ia tampak didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd, Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi dan Plt Kepala Dikbud Elvian Komar SAg. Menariknya, dua pimpinan lembaga penegak hukum juga ikut serta. Mereka adalah Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK dan Kajari Arief Indra Kusuma Adhi SH MHum.

Usai beribincang-bincang sebentar di ruang Kepala Sekolah (Kepsek), sekira pukul 14.30 WIB, Bupati kemudian berkeliling mengecek kondisi gedung. Lalu, memeriksa tiang penyanggah gedung yang disebut-sebut tanpa menggunakan material batu dan besi.

Tak ingin sekedar menduga-duga, Bupati pun meminta pendapat kepada Kapolres dan Kajari, termasuk kepada konsultan pengawas untuk mencongkel tiang tersebut menggunakan pahat dan palu. Saat dicongkel, terdapat besi dan batu di dalamnya yang menurut konsultan, sesuai dengan spesifikasi teknis yang telah ditetapkan.

Tidak berhenti sampai di situ, Bupati lalu meminta salah satu awak media untuk memvideokan kayu kuda-kuda gedung UKS sekolah yang disebut menggunakan kayu lama. Setelah dicek, ternyata kayu yang digunakan adalah kayu Kelas II yang baru.

“Kita ingin anak-anak kita yang belajar di sekolah ini, merasa aman dan nyaman. Nah, untuk menjamin kegiatan belajar mengajar di sekolah ini, termasuk para gurunya juga. Kami tentu mengutamakan kualitas,” sampai Bupati saat dikonfirmasi awak media.

Tim teknis Pemkab Lebong saat menunjukkan dokumen RAB pembangunan gedung SMPN 04 Lebong kepada Bupati Kopli Ansori

 

Bupati berujar, untuk memastikan gedung sekolah yang dibuat memiliki kualitas yang baik, sejak awal ia telah menginstruksikan jajarannya agar menyusun perencanaan yang matang. Kemudian, melakukan pengawasan secara ketat hingga pada proses serah terima pekerjaan (Provisional Hand Over).

“Jadi, bukan hanya sekedar dibangun tanpa memperhatikan kualitas,” ujar dia lagi. Terkait dengan peran pengawasan masyarakat, kata dia, yang mengklaim bahwa tiang gedung tanpa menggunakan Sirtu (Pasir Batu) atau split dan besi, ternyata tidak benar.

“Hari ini sudah kita buktikan. Ternyata tidak benar,” ucapnya. Selanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Lebong tersebut mengimbau kepada seluruh orang tua atau wali murid SMP 04 Lebong agar tak perlu khawatir dan was-was menitipkan anak-anak mereka untuk bersekolah di tempat itu.

“Kita ingin memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan di Kabupaten Lebong. Bagi anak-anak generasi penerus kita. Salah satunya dengan membangun gedung sarana belajar yang aman dan nyaman. Kemudian, masyarakat kita imbau juga untuk tidak cepat mempercayai informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” demikian Bupati.

Penelusuran fokusbengkulu.com, Pemkab Lebong menggelontorkan anggaran miliran rupiah untuk pembangunan gedung-gedung di SMPN 4 Lebong pada Tahun Anggaran (TA) 2022 lalu. Seperti, pembangunan ruang laboratorium komputer beserta perabotnya dengan pagu Rp 601.711.000. Paket pembangunan ini dimenangkan oleh CV Berkah Ilahi dengan nilai kontrak Rp 595.841.000,00.

Berikutnya, ada pembangunan ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Pagunya Rp 256.648.000. Keluar sebagai pemenang lelang yakni CV Berkah Ilahi dengan nilai kontrak Rp 254.000.000.

Lalu, ada pembangunan ruang tata usaha beserta perabotnya dengan pagu Rp 551.302.000. Pelaksana paket ini adalah CV Pelabai Bahtera Mandiri dengan nilai kontrak Rp 536.590.000. Kemudian, ada paket pembangunan ruang laboratorium IPA beserta perabotnya dengan pagu Rp 601.711.000. Keluar sebagai pemenang lelang CV Abdi Jang Karya dengan nilai kontrak Rp 600.950.000.(wez)

Baja Juga

News Feed

Bupati Kopli Saksikan Peresmian Pasar Ajai Siang oleh Mendag Zulkifli Hasan

Jumat, 14 Jun 2024 10:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Dr (HC) Zulkifili Hasan SE MM menginjakkan kaki di Bumi Rafflesia pada Jum’at (14/6/2024)....

Bupati Kopli Ansori akan Perpanjang Masa Jabatan 27 Kades

Kamis, 13 Jun 2024 09:51 WIB

fokusbengkulu,jakarta– Sebagai tindaklanjut atas berlakunya Undang Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 6...

Kabar Baik, Pemkab Lebong Segera Gelar Operasi Katarak Gratis, Ini Jadwalnya

Selasa, 11 Jun 2024 08:36 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar baik bagi warga Kabupaten Lebong yang menderita penyakit katarak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas...

Legislatif Sampaikan Pandangan Umum terhadap Pertanggungjawaban APBD Lebong 2023

Selasa, 11 Jun 2024 12:53 WIB

fokusbengkulu,lebong - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi...

Wabup Fahrurrozi Dorong Pelaku Usaha Daftarkan Kekayaan Intelektual

Senin, 10 Jun 2024 09:47 WIB

fokusbengkulu,lebong – Wakil Bupati (Wabup) Lebong Drs Fahrurrozi MPd menghadiri kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual yang...

Imbas Banjir, Batu Bergelimpangan Tutupi Jalan, Lalin Lebong – Curup Sempat Lumpuh

Senin, 10 Jun 2024 07:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lebong pada Senin (10/6/2024) sore sejak sekitar pukul 15.30 WIB...

Monev di RSUD Lebong, Tim Kemenkes Puas dengan Kinerja Dokter Spesialis

Sabtu, 8 Jun 2024 12:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan mengutus tim untuk melakukan monitoring...

Bupati Kopli Ansori Hadiri Mediasi Tapal Batas

Kamis, 6 Jun 2024 07:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebagai tindaklanjut dari putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) RI terkait sengketa batas wilayah Kabupaten Lebong dengan...

Didukung Penuh Bupati Kopli, Kafilah Lebong Ikuti MTQ di Bengkulu Utara

Rabu, 5 Jun 2024 10:47 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melepas keberangkatan 57 orang kafilah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)...

Dihadiri Bupati, DPRD Lebong Gelar Rapat Paripurna Pertanggungjawaban APBD

Selasa, 4 Jun 2024 09:58 WIB

fokusbengkulu,lebong -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong menggelar dua rapat paripurna bertempat di ruang sidang Sekretariat...