Home / Daerah / Lebong / Bangunan SMP 4 Lebong Dituding Asal Jadi, Bupati Respons Cepat, Ternyata Tak Terbukti
Bupati Lebong Kopli Ansori mencongkel salah satu sisi tiang gedung SMPN 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang menggunakan pahat dan palu untuk memastikan apakah tudingan terkait gedung di sekolah itu dibuat asal jadi, benar atau tidak, Rabu (10/5/2023)
Bupati Lebong Kopli Ansori mencongkel salah satu sisi tiang gedung SMPN 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang menggunakan pahat dan palu untuk memastikan apakah tudingan terkait gedung di sekolah itu dibuat asal jadi, benar atau tidak, Rabu (10/5/2023)

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori merespons cepat terkait video yang beredar luas melalui pesan berantai WhatsApp (WA) dan sempat viral baru-baru ini. Di dalam video itu, seorang warga Kelurahan Rimbo Pengadang Kecamatan Rimbo Pengadang diduga menuding bahwa bangunan gedung SMP Negeri 04 Lebong di Kelurahan Rimbo Pengadang yang dibangun tahun 2022 lalu, dibuat asal jadi. Tak ingin permasalahan tersebut mengambang berlama-lama dan bikin resah para wali murid, Bupati langsung mendatangi sekolah itu pada Rabu (10/5/2023) siang.

Bupati tidak sendiri. Ia tampak didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd, Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi dan Plt Kepala Dikbud Elvian Komar SAg. Menariknya, dua pimpinan lembaga penegak hukum juga ikut serta. Mereka adalah Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK dan Kajari Arief Indra Kusuma Adhi SH MHum.

Usai beribincang-bincang sebentar di ruang Kepala Sekolah (Kepsek), sekira pukul 14.30 WIB, Bupati kemudian berkeliling mengecek kondisi gedung. Lalu, memeriksa tiang penyanggah gedung yang disebut-sebut tanpa menggunakan material batu dan besi.

Tak ingin sekedar menduga-duga, Bupati pun meminta pendapat kepada Kapolres dan Kajari, termasuk kepada konsultan pengawas untuk mencongkel tiang tersebut menggunakan pahat dan palu. Saat dicongkel, terdapat besi dan batu di dalamnya yang menurut konsultan, sesuai dengan spesifikasi teknis yang telah ditetapkan.

Tidak berhenti sampai di situ, Bupati lalu meminta salah satu awak media untuk memvideokan kayu kuda-kuda gedung UKS sekolah yang disebut menggunakan kayu lama. Setelah dicek, ternyata kayu yang digunakan adalah kayu Kelas II yang baru.

“Kita ingin anak-anak kita yang belajar di sekolah ini, merasa aman dan nyaman. Nah, untuk menjamin kegiatan belajar mengajar di sekolah ini, termasuk para gurunya juga. Kami tentu mengutamakan kualitas,” sampai Bupati saat dikonfirmasi awak media.

Tim teknis Pemkab Lebong saat menunjukkan dokumen RAB pembangunan gedung SMPN 04 Lebong kepada Bupati Kopli Ansori

 

Bupati berujar, untuk memastikan gedung sekolah yang dibuat memiliki kualitas yang baik, sejak awal ia telah menginstruksikan jajarannya agar menyusun perencanaan yang matang. Kemudian, melakukan pengawasan secara ketat hingga pada proses serah terima pekerjaan (Provisional Hand Over).

“Jadi, bukan hanya sekedar dibangun tanpa memperhatikan kualitas,” ujar dia lagi. Terkait dengan peran pengawasan masyarakat, kata dia, yang mengklaim bahwa tiang gedung tanpa menggunakan Sirtu (Pasir Batu) atau split dan besi, ternyata tidak benar.

“Hari ini sudah kita buktikan. Ternyata tidak benar,” ucapnya. Selanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Lebong tersebut mengimbau kepada seluruh orang tua atau wali murid SMP 04 Lebong agar tak perlu khawatir dan was-was menitipkan anak-anak mereka untuk bersekolah di tempat itu.

“Kita ingin memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan di Kabupaten Lebong. Bagi anak-anak generasi penerus kita. Salah satunya dengan membangun gedung sarana belajar yang aman dan nyaman. Kemudian, masyarakat kita imbau juga untuk tidak cepat mempercayai informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” demikian Bupati.

Penelusuran fokusbengkulu.com, Pemkab Lebong menggelontorkan anggaran miliran rupiah untuk pembangunan gedung-gedung di SMPN 4 Lebong pada Tahun Anggaran (TA) 2022 lalu. Seperti, pembangunan ruang laboratorium komputer beserta perabotnya dengan pagu Rp 601.711.000. Paket pembangunan ini dimenangkan oleh CV Berkah Ilahi dengan nilai kontrak Rp 595.841.000,00.

Berikutnya, ada pembangunan ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Pagunya Rp 256.648.000. Keluar sebagai pemenang lelang yakni CV Berkah Ilahi dengan nilai kontrak Rp 254.000.000.

Lalu, ada pembangunan ruang tata usaha beserta perabotnya dengan pagu Rp 551.302.000. Pelaksana paket ini adalah CV Pelabai Bahtera Mandiri dengan nilai kontrak Rp 536.590.000. Kemudian, ada paket pembangunan ruang laboratorium IPA beserta perabotnya dengan pagu Rp 601.711.000. Keluar sebagai pemenang lelang CV Abdi Jang Karya dengan nilai kontrak Rp 600.950.000.(wez)

Baja Juga

News Feed

SOTK Baru, Direktur RSUD Lebong Pimpin Rapat Perdana

Kamis, 28 Mar 2024 06:00 WIB

fokusbengkulu,lebong – Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Lebong Rachman SKM MSi memimpin rapat perdana bersama jajarannya yang mengisi Susunan...

Safari Ramadan, Bupati Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid Tertua di Lebong

Selasa, 26 Mar 2024 11:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi kembali melanjutkan agenda...

Usai Mutasi, Pejabat Pemkab Lebong Tandatangani Perjanjian Kinerja di Hadapan Bupati

Senin, 25 Mar 2024 08:19 WIB

fokusbengkulu,lebong – Usai mutasi besar-besaran beberapa waktu lalu yang berlangsung dalam tiga jilid, Bupati Lebong Kopli Ansori SSos meminta...

Mutasi Jilid III, Bupati Kopli Lantik 38 Pejabat Administrasi

Jumat, 22 Mar 2024 11:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali menggelar mutasi untuk yang ketiga kalinya (Jilid III) sepanjang bulan Maret Tahun...

Bupati Kopli Ansori Ganti Enam Pjs Kades

Kamis, 21 Mar 2024 09:43 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos memutuskan mengganti enam Penjabat Sementara (Pjs) Kades di Kabupaten Lebong. Ini...

Gubernur Gelar Safari Ramadan di Lebong, Bupati Kopli : Momentum Pererat Silaturahmi

Rabu, 20 Mar 2024 11:56 WIB

fokusbengkulu,lebong – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MA menggelar Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 di Masjid Al-Falah Desa Lokasari...

Pemkab Lebong Gelar Safari Ramadan di 22 Masjid, Berikut Lokasinya

Senin, 18 Mar 2024 07:52 WIB

fokusbengkulu,lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bakal menggelar Safari Ramadan 1445 H di 22 masjid yang tersebar di beberapa kecamatan....

ASN yang Pernah Jadi Jurnalis Ini Kembali Dipercaya Pimpin Diskominfo Lebong

Sabtu, 16 Mar 2024 01:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos kembali mempercayakan Danial Paripurna SE untuk menduduki jabatan Sekretaris Dinas...

Bupati Kopli Ansori Rombak Pejabat Eselon II, III dan IV, Ini Daftar Lengkapnya

Kamis, 7 Mar 2024 05:17 WIB

fokusbengkulu,lebong – Mutasi besar-besaran kembali digelar oleh Bupati Lebong Kopli Ansori di triwulan pertama Tahun 2024. Pelantikan dan...

Bupati Kopli Ansori Sambut Kunjungan Kerja Kajati di Lebong

Selasa, 5 Mar 2024 07:39 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori ikut menyambut kunjungan kerja (Kunker) Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu Rina Virawati...