Home / Daerah / Lebong / Gandeng Pemda, Polres Lebong Gelar Aksi Tanam 1000 Pohon
IDUAL ADHA 24

Gandeng Pemda, Polres Lebong Gelar Aksi Tanam 1000 Pohon

Rabu, 23 Agu 2023 08:46 WIB
Editor : Emzon Nurdin
Kiri : Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK bersama Ketua Bhayangkari Cabang Lebong saat menyiram pohon usai ditanam. Kanan : Bupati Lebong Kopli Ansori menyiram pohon yang baru ditanam di dekat bunndaran kawasan perkantoran Tubei, Rabu (23/8/2023)
Kiri : Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK bersama Ketua Bhayangkari Cabang Lebong saat menyiram pohon usai ditanam. Kanan : Bupati Lebong Kopli Ansori menyiram pohon yang baru ditanam di dekat bunndaran kawasan perkantoran Tubei, Rabu (23/8/2023)

fokusbengkulu,lebong – Polres Lebong menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebong menggelar aksi tanam 1000 bibit pohon bertempat di kawasan perkantoran Tubei, pada Rabu (23/8/2023) pagi sekira pukul 08.00 WIB. Diketahui, kegiatan penanaman pohon yang dimotori Polri dengan mengusung tagline ‘Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini’ ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi MPd terjun langsung dalam aksi ini. Tampak ikut hadir Kajari Arief Indra Kusuma Adhi SH MHum, Danramil, para PJU Polres Lebong, segenap pengurus Bhayangkari, serta sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemkab Lebong. Lalu, ada Ketua KPU Yoki Setiawan SSos, Ketua MUI Mukhlas SPd, dan unsur instansi vertikal lainnya.

Saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media usai penanaman pohon, bupati menegaskan bahwa Pemkab Lebong sangat mendukung program penghijauan yang digagas oleh Polri. Menurutnya, program tersebut selaras dengan upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Lebong hijau.

“Kita akan membuat Lebong hijau dan memelihara Lebong hijau. Jadi, konsep kota hijau (green city,red), ada konsep yang dibuat menjadi hijau dan ada konsep hijau yang dipelihara,” kata bupati.

Bupati berujar, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan mengimplementasikan kosep kota hijau. Ia mencontohkan, di antaranya adalah untuk menjaga agar udara tetap segar, menyerap polusi sehingga menciptakan lingkungan yang sejuk dan nyaman. Selain itu, tambah dia, upaya penghijauan tersebut juga tidak mengganggu pembangunan infrastruktur.

“Dan harapan kita nantinya, pohon-pohon yang ditanam itu berbuah dan masyarakat kita bisa memetik manfaatnya. Jadi, dalam kesempatan ini saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat kita untuk menggalakkan penghijauan,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK mengatakan, program penanaman seribu pohon yang digelar serentak di seluruh Indonesia tersebut bertujuan untuk menjaga dan melestarikan Indonesia sebagai paru-paru dunia.

“Kemudian, penghijauan ini tentu sangat bermanfaat bagi setiap individu. Karena dengan lingkungan yang hijau, akan menyerap racun dan zat-zat berbahaya dari udara. Mengingat besarnya manfaat, kami dari Polri mengajak agar masyarakat Lebong gemar menanam pohon,” terangnya.

Sementara, untuk jenis bibit yang ditanam di Kabupaten Lebong, tambah kapolres, didominasi bibit tanaman buah. Seperti durian, mangga, nangka dan ketapang kencana.

“Untuk jenis pohon menyesuaikan dan tergantung dengan ketersediaan bibit yang ada di KLH, kalau di daerah itu DLH (Dinas Lingkungan Hidup,red). Karena memang kita kerja sama dengan KLH. Nah, yang kita tanam hari ini ada juga bibit buah-buahan,” jelas kapolres.

Selanjutnya, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kopli Ansori beserta OPD teknis terkait atas dukungan penuh terhadap kegiatan itu.

“Terkhusus kepada Pak Bupati, yang hadir terus di lokasi. Mulai dari pengecekan bibit hingga, dalam proses persiapan tempat hingga terselenggaranya acara pada hari ini,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan tanam pohon ini dilaksanakan serentak oleh Mabes Polri, 34 Polda dan 503 polres se Indonesia. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama para delegasi ASEAN melaksanakan kegiatan penghijauan di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.(wez)

Baja Juga

News Feed

Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades, Bupati Kopli Minta Terus Bantu Rakyat

Kamis, 4 Jul 2024 05:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd secara resmi mengukuhkan dan mengesahkan perpanjangan...

Longsor Hantui Pengendara, DPUPRP Lebong akan Bangun Jalan Baru di Talang Ratu

Sabtu, 29 Jun 2024 09:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPURP) Kabupaten Lebong tak tinggal diam menyikapi kondisi ruas jalan...

Pesan Bupati Kopli Usai Lantik Mahmud Siam Jadi Pj Sekda : Bekerjalah Sepenuh Hati

Kamis, 27 Jun 2024 09:59 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos melantik Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Mahmud Siam SP MM sebagai Penjabat (Pj)...

Mediasi Soal Batas Wilayah Deadlock, Pemkab Lebong Tunggu Putusan MK

Sabtu, 15 Jun 2024 08:29 WIB

fokusbengkulu,jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah menjalankan putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) RI dengan mebuka ruang mediasi...

Bupati Kopli Saksikan Peresmian Pasar Ajai Siang oleh Mendag Zulkifli Hasan

Jumat, 14 Jun 2024 10:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Dr (HC) Zulkifili Hasan SE MM menginjakkan kaki di Bumi Rafflesia pada Jum’at (14/6/2024)....

Bupati Kopli Ansori akan Perpanjang Masa Jabatan 27 Kades

Kamis, 13 Jun 2024 09:51 WIB

fokusbengkulu,jakarta– Sebagai tindaklanjut atas berlakunya Undang Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 6...

Kabar Baik, Pemkab Lebong Segera Gelar Operasi Katarak Gratis, Ini Jadwalnya

Selasa, 11 Jun 2024 08:36 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar baik bagi warga Kabupaten Lebong yang menderita penyakit katarak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas...

Legislatif Sampaikan Pandangan Umum terhadap Pertanggungjawaban APBD Lebong 2023

Selasa, 11 Jun 2024 12:53 WIB

fokusbengkulu,lebong - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong melaksanakan rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi...

Wabup Fahrurrozi Dorong Pelaku Usaha Daftarkan Kekayaan Intelektual

Senin, 10 Jun 2024 09:47 WIB

fokusbengkulu,lebong – Wakil Bupati (Wabup) Lebong Drs Fahrurrozi MPd menghadiri kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual yang...

Imbas Banjir, Batu Bergelimpangan Tutupi Jalan, Lalin Lebong – Curup Sempat Lumpuh

Senin, 10 Jun 2024 07:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Lebong pada Senin (10/6/2024) sore sejak sekitar pukul 15.30 WIB...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus