Home / Daerah / Lebong / Gandeng Pemda, Polres Lebong Gelar Aksi Tanam 1000 Pohon

Gandeng Pemda, Polres Lebong Gelar Aksi Tanam 1000 Pohon

Rabu, 23 Agu 2023 08:46 WIB
Editor : Emzon Nurdin
Kiri : Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK bersama Ketua Bhayangkari Cabang Lebong saat menyiram pohon usai ditanam. Kanan : Bupati Lebong Kopli Ansori menyiram pohon yang baru ditanam di dekat bunndaran kawasan perkantoran Tubei, Rabu (23/8/2023)
Kiri : Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK bersama Ketua Bhayangkari Cabang Lebong saat menyiram pohon usai ditanam. Kanan : Bupati Lebong Kopli Ansori menyiram pohon yang baru ditanam di dekat bunndaran kawasan perkantoran Tubei, Rabu (23/8/2023)

fokusbengkulu,lebong – Polres Lebong menggandeng Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lebong menggelar aksi tanam 1000 bibit pohon bertempat di kawasan perkantoran Tubei, pada Rabu (23/8/2023) pagi sekira pukul 08.00 WIB. Diketahui, kegiatan penanaman pohon yang dimotori Polri dengan mengusung tagline ‘Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini’ ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Bupati Lebong Kopli Ansori bersama Wabup Drs Fahrurrozi MPd terjun langsung dalam aksi ini. Tampak ikut hadir Kajari Arief Indra Kusuma Adhi SH MHum, Danramil, para PJU Polres Lebong, segenap pengurus Bhayangkari, serta sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemkab Lebong. Lalu, ada Ketua KPU Yoki Setiawan SSos, Ketua MUI Mukhlas SPd, dan unsur instansi vertikal lainnya.

Saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah awak media usai penanaman pohon, bupati menegaskan bahwa Pemkab Lebong sangat mendukung program penghijauan yang digagas oleh Polri. Menurutnya, program tersebut selaras dengan upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Lebong hijau.

“Kita akan membuat Lebong hijau dan memelihara Lebong hijau. Jadi, konsep kota hijau (green city,red), ada konsep yang dibuat menjadi hijau dan ada konsep hijau yang dipelihara,” kata bupati.

Bupati berujar, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan mengimplementasikan kosep kota hijau. Ia mencontohkan, di antaranya adalah untuk menjaga agar udara tetap segar, menyerap polusi sehingga menciptakan lingkungan yang sejuk dan nyaman. Selain itu, tambah dia, upaya penghijauan tersebut juga tidak mengganggu pembangunan infrastruktur.

“Dan harapan kita nantinya, pohon-pohon yang ditanam itu berbuah dan masyarakat kita bisa memetik manfaatnya. Jadi, dalam kesempatan ini saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat kita untuk menggalakkan penghijauan,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Lebong AKBP Awilzan SIK mengatakan, program penanaman seribu pohon yang digelar serentak di seluruh Indonesia tersebut bertujuan untuk menjaga dan melestarikan Indonesia sebagai paru-paru dunia.

“Kemudian, penghijauan ini tentu sangat bermanfaat bagi setiap individu. Karena dengan lingkungan yang hijau, akan menyerap racun dan zat-zat berbahaya dari udara. Mengingat besarnya manfaat, kami dari Polri mengajak agar masyarakat Lebong gemar menanam pohon,” terangnya.

Sementara, untuk jenis bibit yang ditanam di Kabupaten Lebong, tambah kapolres, didominasi bibit tanaman buah. Seperti durian, mangga, nangka dan ketapang kencana.

“Untuk jenis pohon menyesuaikan dan tergantung dengan ketersediaan bibit yang ada di KLH, kalau di daerah itu DLH (Dinas Lingkungan Hidup,red). Karena memang kita kerja sama dengan KLH. Nah, yang kita tanam hari ini ada juga bibit buah-buahan,” jelas kapolres.

Selanjutnya, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kopli Ansori beserta OPD teknis terkait atas dukungan penuh terhadap kegiatan itu.

“Terkhusus kepada Pak Bupati, yang hadir terus di lokasi. Mulai dari pengecekan bibit hingga, dalam proses persiapan tempat hingga terselenggaranya acara pada hari ini,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan tanam pohon ini dilaksanakan serentak oleh Mabes Polri, 34 Polda dan 503 polres se Indonesia. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama para delegasi ASEAN melaksanakan kegiatan penghijauan di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur.(wez)

Baja Juga

News Feed

Sebelum Berangkat, 97 Jemaah Haji Dapat Uang Saku dari Bupati Kopli Ansori

Minggu, 19 Mei 2024 06:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebanyak 97 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Lebong Tahun 2024 / 1445 H punya kesan tersendiri terhadap Bupati Kopli...

Tronton Bawa Alat Berat Nyangkut di Talang Ratu, Jalan Patah dan Terancam Putus Total

Minggu, 19 Mei 2024 11:46 WIB

fokusbengkulu,lebong – Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Lebong – Rejang Lebong, tepatnya di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo...

Bupati Kopli Ansori Tegas Tolak Jalan Kabupaten Dilewati Truk Batu Bara

Sabtu, 18 Mei 2024 04:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar terkait perusahaan tambang batubara yang ada di Kecamatan Pinang Belapis kembali beroperasi, rupanya memicu...

HUT ke-44 Perpusnas RI, Lebong Terima Bantuan Mobil dan Sepeda Motor

Sabtu, 18 Mei 2024 04:09 WIB

fokusbengkulu,jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mendapatkan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dan empat unit sepeda motor...

Tindaklanjuti Arahan Bupati, Disperkan Lebong Bersihkan Lahan Sawah Terdampak Banjir

Jumat, 17 Mei 2024 07:54 WIB

fokusbengkulu,lebong – Banjir bandang akibat luapan Sungai Ketahun yang terjadi pada Selasa (16/4/2024) lalu, diketahui telah memporak-porandakan...

Hadiri HUT Dekranas yang Dibuka Ibu Negara, Begini Kesan Elvi Sukaisih Kopli

Jumat, 17 Mei 2024 06:05 WIB

fokusbengkulu,jawatengah – Ketua TP PKK Kabupaten Lebong Elvi Sukaisih Kopli Ansori didampingi Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kabupaten...

KPU Lebong Umumkan Nama-nama PPK Terpilih , Cek di Sini

Rabu, 15 Mei 2024 09:45 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong menetapkan 5 nama terpilih sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di...

Pasca Banjir, Tim Medis Beri Pelayanan Kesehatan di Topos, Bupati Apresiasi

Selasa, 14 Mei 2024 11:32 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu bersama Dinkes Kabupaten Lebong menggelar pelayanan kesehatan gratis di Desa...

Temui Konstituen, DPRD Lebong Serap Aspirasi

Selasa, 14 Mei 2024 06:30 WIB

fokusbengkulu,lebong – 25 Anggota DPRD Lebong kembali menggelar agenda tahunan. Para legislator tersebut turun ke Daerah Pemilihan (Dapil)...

Wow ! Anggaran Perjalanan Dinas BPKD Rejang Lebong Capai Miliaran Rupiah

Jumat, 10 Mei 2024 09:39 WIB

fokusbengkulu,rejanglebong – Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Rejang Lebong mengalokasikan anggaran yang cukup fantastis untuk...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus