Home / Daerah / Bengkulu Utara / HUT PMI ke-78, Pendonor Darah Bengkulu Utara Diganjar Penghargaan

HUT PMI ke-78, Pendonor Darah Bengkulu Utara Diganjar Penghargaan

Kamis, 14 Sep 2023 12:47 WIB
Editor : Emzon Nurdin
Para pendonor darah PMI Bengkulu Utara yang mendapatkan penghargaan pada momen peringatan HUT PMI ke-78 dan Penutupan Bulan Dana di Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (11/9/2023)
Para pendonor darah PMI Bengkulu Utara yang mendapatkan penghargaan pada momen peringatan HUT PMI ke-78 dan Penutupan Bulan Dana di Balai Raya Semarak Bengkulu, Senin (11/9/2023)

fokusbengkulu,bengkuluutara – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bengkulu Utara telah menjadi motor sosial yang sudah banyak mengambil peran dalam situasi-situasi darurat medis. Tak hanya itu saja, eksistensinya di lingkungan pemerintah dan masyarakat, juga tak diragukan lagi. PMI Bengkulu Utara selalu turun dalam kegiatan donor darah serta edukasi tentang pentingnya berdonor darah.

Bakti sosial kepada masyarakat yang telah dilakukan PMI Bengkulu Utara selama ini, berbuah manis. Pada momen Peringatan HUT PMI ke-78 dan Penutupan Bulan Dana PMI Tahun 2023 di Balai Semarak Bengulu, Senin (11/9) Pukul 13.00 WIB, PMI Bengkulu Utara diganjar penghargaan atas dedikasi para pendonor darah teladan.

Partner PMI itu, di antaranya Misjaani, seorang perempuan berumur 57 tahun. Tercatat sudah 75 kali mendonorkan darahnya. Ia pun berhak mendapatkan Penghargaan langsung dari Ketua PMI Pusat yakni Jusuf Kalla. Perempuan ini, tercatat melakukan donor darah kali pertamanya pada 15 September 1994.

Berikutnya adalah seorang Polisi yang bertugas di Polres Bengkulu Utara atas nama Erwin Nadeak. Pria 41 tahun itu, mendapatkan penghargaan langsung tingkat provinsi. Jumlah donor kumulatif per Agustus 2023, tercatat dirinya sudah 70 kali mendonorkan darahnya, sejak kick off sebagai “donatur” darah mulai 2003 silam.

Selanjutnya ada Anggoro Sukonugroho SPd yang tercatat sudah mendonorkan 63 kantung darah hingga periodisasi rekap terakhir. Pria 34 tahun ini, aktif dalam PMI.

Selanjutnya Yosef Rizal, 33 tahun sudah 52 kantong darah didonorkan sejak tahun 2006. Ada juga Cintya Klana Titik Nurmala, yang mencatatkan 51 kali donor darah sejak 22 Januari 2006.

Ketua UDD PMI RSUD Arga Makmur dr Jessie Ariani mengatakan, dengan adanya apresiasi atas kiprah di bidang sosial itu, akan menstimulasi tumbuh kembang aktivis darah di daerah. Ia meyakini, lewat aksi donor darah, bisa menyelamatkan nyawa manusia yang tengah dalam kondisi darurat atau pun harus menjalani perawatan medis periodik, karena sakit tertentu.

Contohnya Thalasemia, yakni penyakit yang disebabkan kelainan darah, karena kurangnya hemoglobin (Hb) yang normal pada sel darah merah.

“Apresiasi setinggi-tingginya kami berikan kepada rekan-rekan yang terlibat, termasuk para aktivis darah. Semoga kian memberikan edukasi moril, sehingga pendonor darah semakin bertambah,” katanya.

Membaca kumulasi donor para pendonor darah, itu artinya kiprah PMI kini semakin dekat menuju penghargaan lencana dari Presiden RI. Seperti diketahui, ketentuannya adalah 50 kali donor maka mendapatkan penghargaan dari Ketua PMO provinsi, 75 kali penghargaan dari Ketua PMI Pusat. Sedangkan 100 kali, Lencana Penghargaan langsung dari Presiden.

“Penghargaan merupakan apresiasi moril. Dan itu pun akan memberikan motivasi positif. Karena donor darah ini, adalah panggilan. Adalah sebuah kesadaran. Selain, secara medis donor darah ini sangatlah menyehatkan. Dengan catatan, sesuai aturan,” paparnya.

Dia menerangkan, mengacu pada Permenkes Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Transfusi Darah, interval donor darah bisa dilakukan dua bulan sekali.

“Yang terpenting tentu kondisi kesehatan si pendonor haruslah dalam keadaan baik,” tuturnya. Dia akhir perbincangan, Jessie menghaturkan terima kasih atas dukungan segenap elemen, mulai dari pemerintah daerah, rumah sakit, masyarakat dan stake holder yang sering terlibat dalam aksi donor darah periodik atau donor darah massal.

“Seperti TNI-Polri, lembaga vertikal di daerah dan pemerintah daerah,” demikian Jessie.(cha)

Baja Juga

News Feed

Banjir Surut, Bupati Kopli Ansori Salurkan Bantuan Pangan dan Air Bersih

Rabu, 17 Apr 2024 09:24 WIB

fokusbengkulu,lebong - Bupati Lebong Kopli Ansori SSos menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana berupa kebutuhan pangan kepada warga yang...

Banjir di Lebong : Ratusan Rumah Terendam, Sawah Hancur, Mobil hingga Ternak Tersapu

Selasa, 16 Apr 2024 05:26 WIB

fokusbengkulu,lebong – Masyarakat Lebong sedang berduka. Banjir bandang akibat luapan air Sungai Ketahun menerjang sedikitnya 7 desa pada Selasa...

Empat Posisi Ini Sepi Peminat, Pendaftaran Lelang JPTP Diperpanjang

Senin, 15 Apr 2024 09:01 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebanyak empat posisi atau jabatan eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang dilelang, diketahui sepi...

Besok ASN Masuk Kerja, Lusa Halal Bihalal

Senin, 15 Apr 2024 08:53 WIB

fokusbengkulu,lebong – Seluruh ASN, baik PNS maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebong...

Bank Bengkulu Luncurkan Kredit Konsumer, Bebas Biaya Administrasi dan Provisi

Kamis, 4 Apr 2024 11:41 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bank Bengkulu Cabang Muara Aman (BaBe MaMan) terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada segenap nasabah yang ada di...

Jelang Idul Fitri, Dinas PUPRP Lebong Ambil Alih Perbaikan Jalan Provinsi

Rabu, 3 Apr 2024 07:32 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP) Kabupaten Lebong mengambil alih perbaikan ruas jalan provinsi...

Tak Hanya Berobat Gratis, Kopli Juga Siapkan Bantuan untuk Pendamping Warga yang Sakit

Rabu, 3 Apr 2024 12:22 WIB

fokusbengkulu,lebong – Komitmen Bupati Lebong Kopli Ansori SSos untuk memberikan layanan kesehatan prima kepada masyarakat, khususnya warga miskin,...

Momen Ramadan, Ketua DPRD Lebong Santuni Anak Yatim

Senin, 1 Apr 2024 05:42 WIB

fokusbengkulu,lebong - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong Carles Ronsen SSos memanfaatkan momentum Ramadan 1445 H Tahun...

Safari Ramadan, Bupati Ungkap Komitmennya Tingkatkan Pelayanan Dasar bagi Masyarakat

Jumat, 29 Mar 2024 09:59 WIB

fokusbengkulu,lebong - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong kembali melanjutkan agenda Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 pada Kamis (28/3/2024) malam....

10 Kursi Jabatan Eselon II Kosong, Pemkab Lebong Gelar Seleksi Terbuka

Kamis, 28 Mar 2024 06:53 WIB

fokusbengkulu,lebong – Sebanyak 10 kursi jabatan eselon II.b atau setara Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Lebong saat ini...

Berita Terbaru

International

Sorry, we couldn't find any posts. Please try a different search.

Fokus