Home / Daerah / Lebong / Safari Ramadan, Bupati Ungkap Komitmennya Tingkatkan Pelayanan Dasar bagi Masyarakat
Bupati Lebong Kopli Ansori (kedua dari kanan) usai memberikan bantuan Rp 20 juta untuk masjid Al Aman Kelurahan Amen Kecamatan Amen saat menggelar kegiatan Safari Ramadan, Kamis (28/3/2024)
Bupati Lebong Kopli Ansori (kedua dari kanan) usai memberikan bantuan Rp 20 juta untuk masjid Al Aman Kelurahan Amen Kecamatan Amen saat menggelar kegiatan Safari Ramadan, Kamis (28/3/2024)

fokusbengkulu,lebong – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong kembali melanjutkan agenda Safari Ramadan 1445 H Tahun 2024 pada Kamis (28/3/2024) malam. Safari hari ke-17 Ramadan sekaligus memperingati Nuzulul Qur’an ini, digelar di Masjid Al Aman Kelurahan Amen Kecamatan Amen. Hadir dalam kegiatan itu Bupati Lebong Kopli Ansori, Wabup Drs Fahrurrozi MPd, Sekretaris Daerah (Sekda) H Mustarani Abidin SH MSi beserta segenap pejabat eselon di lingkup Pemkab Lebong.

Ikut pula Caleg DPRD Provinsi Bengkulu terpilih dari PAN Suprisman SSos yang diketahui merupakan kakak kandung Bupati Kopli Ansori.

Serangkaian kegiatan dilaksanakan. Mulai dari pelaksanaan Salat Isya dan Taraweh berjamaah. Dilanjutkan dengan penyaluran bantuan masjid senilai Rp 20 juta hingga ceramah agama yang disampaikan Ustaz Sirajun Nahari MPd.

Saat memberikan sambutan, Kopli Ansori kembali mengungkapkan komitmennya untuk mewujudkan masyarakat Lebong yang bahagia dan sejahtera melalui program-program pro rakyat. Program yang merupakan bentuk pelayanan dasar bagi masyarakat. Khususnya, di bidang kesehatan, pendidikan hingga ketersediaan air bersih.

Bupati Kopli Ansori saat memberikan sambutan

 

Kopli berujar, pelayanan dasar tersebut menjadi prioritas karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Di sektor kesehatan, Kopli menegaskan, tidak boleh lagi ada warga kurang mampu yang sulit mangakses layanan kesehatan hanya karena terkendala biaya. Sebab, Pemkab Lebong telah mengalokasikan anggaran puluhan miliar untuk menyediakan layanan kesehatan gratis melalui BPJS Kesehatan.

“Saya tidak mau mendengar lagi ada masyarakat kita yang mengeluh karena terkendala biaya untuk berobat. Atau mengeluhkan sulitnya mendapatkan layanan kesehatan. Kita sudah bayar puluhan miliar ke BPJS setiap tahunnya, termasuk tahun ini. Manfaatkan program tersebut,” ungkap Kopli disambut tepuk tangan seluruh jemaah.

Selanjutnya, berkenaan dengan ketersediaan air bersih yang masih kerap menjadi keluhan masyarakat di beberapa wilayah, Kopli berujar, sejak menjabat di tahun 2021 lalu, ia secara bertahap telah berupaya untuk menuntaskan permasalahan tersebut. Di tahun 2024 ini, sambungnya, Pemkab Lebong kembali akan membenahi instalasi air bersih PDAM Tirta Tebo Emas (TTE).

“Tahun 2024, Kita anggarkan kurang lebih Rp 10 miliar untuk memperbaiki instalasi air bersih. Untuk sumber air Air Musnau dan Pabes,” ucap dia.

Kemudian, Kopli juga menyerukan terkait program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan. Pemkab Lebong, kata dia, telah merealisasikan program satu desa satu sarjana. Siswa/i yang berprestasi akan diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ternama, seperti IPB, UGM dan beberapa universitas unggulan lainnya.

“Setelah menempuh pendidikan, kita ingin anak-anak kita yang berprestasi bisa mengabdikan diri untuk kemajuan Kabupaten Lebong yang kita cintai ini,” ujarnya.

Di akhir penyampaiannya, Kopli juga menggarisbawahi bahwa untuk menyukseskan program-program tersebut, butuh peran aktif seluruh jajaran pemerintahan mulai dari tingkat paling bawah. Seperti RT/RW, perangkat desa, lurah, kades, hingga camat.

Baca juga :  10 Kursi Jabatan Eselon II Kosong, Pemkab Lebong Gelar Seleksi Terbuka

“Dengan peran aktif semua pihak, kita harapkan program-program pemerintah daerah ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Lebong,” demikian Kopli.

Sementara itu, Lurah Amen M Zainal menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan perhatian Bupati Kopli Ansori beserta jajaran terhadap masyarakat, khususnya di Kelurahan Amen.

Baca juga :  SOTK Baru, Direktur RSUD Lebong Pimpin Rapat Perdana

“Kami tentu akan terus meningkatkan peran kami sebagai pemerintah kelurahan agar program-program Pak Bupati bisa betul-betul dirasakan oleh masyarakat manfaatnya. Sekali lagi terima kasih Pak Bupati telah memberikan perhatian melalui kegiatan safari ramadan ini,” kata Zainal.(wez/adv)

 

Baja Juga

News Feed

Politisi PKB Ini Resmi Jabat Waka II DPRD Lebong

Rabu, 17 Jul 2024 11:33 WIB

fokusbengkulu,lebong - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lebong menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda pelantikan Pengganti...

Diskominfo Gelar Live Music dan Nobar di PTM Muara Aman, Kopli – Fahrurrozi Mesra

Selasa, 16 Jul 2024 11:59 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong berkolaborasi dengan Dinas...

Bupati Resmikan Unit Dialisis RSUD Lebong, Cuci Darah Kini Tak Mesti ke Luar Daerah

Kamis, 11 Jul 2024 09:55 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos meresmikan (launching) Unit Dialisis RSUD Lebong di Desa Muning Agung Kecamatan Lebong...

Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan Kades, Bupati Kopli Minta Terus Bantu Rakyat

Kamis, 4 Jul 2024 05:18 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos didampingi Wabup Drs Fahrurrozi MPd secara resmi mengukuhkan dan mengesahkan perpanjangan...

Longsor Hantui Pengendara, DPUPRP Lebong akan Bangun Jalan Baru di Talang Ratu

Sabtu, 29 Jun 2024 09:02 WIB

fokusbengkulu,lebong – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPURP) Kabupaten Lebong tak tinggal diam menyikapi kondisi ruas jalan...

Pesan Bupati Kopli Usai Lantik Mahmud Siam Jadi Pj Sekda : Bekerjalah Sepenuh Hati

Kamis, 27 Jun 2024 09:59 WIB

fokusbengkulu,lebong – Bupati Lebong Kopli Ansori SSos melantik Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Mahmud Siam SP MM sebagai Penjabat (Pj)...

Mediasi Soal Batas Wilayah Deadlock, Pemkab Lebong Tunggu Putusan MK

Sabtu, 15 Jun 2024 08:29 WIB

fokusbengkulu,jakarta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah menjalankan putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) RI dengan mebuka ruang mediasi...

Bupati Kopli Saksikan Peresmian Pasar Ajai Siang oleh Mendag Zulkifli Hasan

Jumat, 14 Jun 2024 10:57 WIB

fokusbengkulu,lebong – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Dr (HC) Zulkifili Hasan SE MM menginjakkan kaki di Bumi Rafflesia pada Jum’at (14/6/2024)....

Bupati Kopli Ansori akan Perpanjang Masa Jabatan 27 Kades

Kamis, 13 Jun 2024 09:51 WIB

fokusbengkulu,jakarta– Sebagai tindaklanjut atas berlakunya Undang Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang Undang Nomor 6...

Kabar Baik, Pemkab Lebong Segera Gelar Operasi Katarak Gratis, Ini Jadwalnya

Selasa, 11 Jun 2024 08:36 WIB

fokusbengkulu,lebong – Kabar baik bagi warga Kabupaten Lebong yang menderita penyakit katarak. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas...